**/ Cerita Ida : Ngeblog, Antara Hobi dan Pundi-Pundi

blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

31 Okt 2014

Ngeblog, Antara Hobi dan Pundi-Pundi

Cimahi, 31 Oktober 2014

Bismillah

Sepekan ini mulai mendalami dunia perblogan kembali, jadi mulai mengerti dan paham ternyata di dunia blogger juga terdapat kubu-kubu an ya.  Ada istilah blog sampah ternyata... blog yang isinya curhat-curhatan doang katanya.  Ada yang menganggap memang itu fungsi blog mengeluarkan isi hati dan berbagi kalau mau bikin berita mah sudah saja jadi wartawan sekalian....

Awalnya saya ngeblog tahun 2007 di Multiply yang sekarang sudah wafat isinya kebanyakan tentang anak-anak. Perkembangan mereka, kejadian sehari-hari yang lucu, yang menegangkan apa pun tentang anak-anak rasa-rasanya saya tulis deh. Sedikit curhat juga ada, kalau mau dibilang blog "sampah" oleh mereka yang berpendapat demikian  mungkin iya juga hehe...

Sampai akhirnya multiply wafat yang membuat semangat ngeblog menjadi memudar. Ada waktu tenggang sih untuk memindahkan tulisan-tulisan tapi tetap saja membuat ribet dan saya tidak melakukan itu.  Hanya sebagian kecil isinya yang saya transfer ke blog ini.

Yang jelas dari ngeblog saya banyak menarik manfaat.  Kak Azizah bisa menghasilkan buku-buku juga karena awalnya ngeliat si umi ngeblog, ikutan ngeblog eh keasyikan nulis.   Kalau teteh Fathiya lebih karena kedorong-dorong aja.  Zaman dia mah uminya sudah jarang nulis.  Tapi alhamdulillah walau dia suka nulis dalam kondisi kepepet (pas perlu uang hahaha...buat dikirim ke media ) sudah ada buku antalogi juga, bahkan Fathiya lebih beruntung karena dia dari kecil sudah mulai kedorong-dorong nulis, bisa ikutan Konfrensi Penulis Cilik Indonesia sampai empat kali termasuk yang bulan November nanti,  KPCI ajang keren buat anak-anak pengalaman jauh dari ortu, nginep di hotel berbintang, ketemu penulis cilik se Indonesia, jalan-jalan ke tempat wisata, ada pelatihan gratisnya eh pulang2 dibekalin uang juga hehe...

Alhamdulillah hobi ini sangat baik, cuman si sayahnya aja yang maju mundur cantik haha... Yang jelas walau tidak diseriusin juga berawal dari ngeblog inilah saya punya beberapa buku antalogi tiga sudah terbit, beberapa gak jadi terbit, ada juga yang gak jelas... ya sudah rapopo. Beberapa kali menang lomba-lomba dapat hadiah ballpoint cantik, modem (yang dipake sekarang internetan),tas, buku-buku senilat jutaan rupiah itu juga dari ngeblog. Memang masih sangat-sangaaaat jauh dari teman-taman yang lainnya tapi pokoknya hobi ini memang sangat baik dan bermanfaat, selain itu manfaat lainnya antara lain  mengasah kemampuan menulis kita, ,memaksa untuk rajin membaca, mengisi waktu luang, menyalurkan hobi menulis, hobi curhat (curhat kok hobi xixixi...) dsb.  Tinggal saya seriusin pasti makin banyak manfaat yang saya dapat termasuk orderan menulis sampai jt jt seperti teman-teman yang sudah lama malang melintang di dunia perblogan atau minimal dari iklan-iklan yang dipasang.


Sepekan terakhir ini saya mulai aktif menulis lagi.  Belum seminggu sudah banyak yang saya dapatkan termasuk uang hasil reportase.  Waah senang dong dari hobi jadi duwit, walau sempat di protes anak-anak, karena yang biasanya si umi banyak stand by di rumah atau pun kalau pergi mereka bisa ikut, tiba-tiba mulai pergi-pergi an tanpa mereka boleh ikut serta.  Tapi alhamdulillah pas pulang bawa oleh-oleh hadiah dari penyelenggara. Wuiiih rebutan, mereka seneng juga uminya bawa oleh-oleh, ini berkat ngeblog kata si umi, padahal mah modus biar mereka tidak protes kalau si uminya ngelayap terus hehe...

Anak-anak sudah beranjak besar, misua sudah nawarin untuk meng upgrade blog biar diseriusin tinggal sayanya aja yang suka maju mundur cantik (keukeuh hihi..).  Bukan apa-apa siih, saya kan bussiness woman skala nasional (wkwk... Amin aja deh... ) jadi masih disibukkan sama hal-hal sedemikian itu yang terkadang menguras waktu, pikiran dan tenaga yang lumayan...belum urusan IRT dll.. jadi begitu deh.  Mudah-mudahan saja bisa, saya mau lihat lima - enam bulan ini, kalau saya konsisten oke deh.. saya seriusin.... 

Semoga bisa ya.... harus bisa ... insya Alloh bisa.... Aamiin Allohumma Aamiin

9 komentar :

  1. Semangat teh Ida,...

    saya mah bukan hanya maju mundur maju mundur cantiiikk.., tapi mogok ngedeprok sembari melongo .. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi....Sebenarnya sy jg seperti itu mak...cuma diperhalus saja hehe...maju selangkah mundurnta dua langkah...wk wk.. tp lg berusaha bangkit Mak.. yu ah bareng2 qt bsngkit *cari temen u bangkit :D

      Hapus
  2. waaah kita seangkatan di Multiply ternyata mak. Trus vakum lama dan sekarang baru mulai aktif lagi. Salam kenal mak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh... tos dulu dong hehe... dulu bllm sempat nyambung ya Mak... sama Mak semoet vakum mdh2an istiqomah dlm keaktifannya ya mak.. *hadeuhbahasanya xixixi...

      Hapus
  3. Ngeblog santai saja, Teh Ida :)
    Yang penting konsisten nulis, lama-lama pasti ada hasilnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh ada Mak Indah... hehe jadi pengen malu ...:)
      makasih sarannya Mak... makasih modem juga..hihi... modem hadiah dr KEB nya bermanfaat bingits sampai sekarang :D

      Hapus
  4. Assalamualaikum. Alhamdulillah ketemu di sini... Blognya seru... Serasa reunian ! Sukses terus ya. Happy blogging :)

    BalasHapus
  5. Whuaa ada teh Ani.... makasih sudah mampir teh,seneng banget bisa dikunjungi teh Ani.... hayu atuh urang reunian betulan ^_^

    BalasHapus
  6. Hy mbak Ida...

    cek blog ukhti ya : writewifheart.blogspot.com

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^