**/ Cerita Ida : Tips Cerdas Finansial dari Reksadana Manulife

blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

28 Okt 2014

Tips Cerdas Finansial dari Reksadana Manulife

Cimahi, 28 Oktober 2014

Bismillah,



Beruntung sekali saya bisa mengikuti Roadshow Investalk 3I (Insyaf, Irit, Invest)  yang diadakan oleh Reksadana Manulife hari Minggu 26 Oktober 2014 di Giggle Box Istana Plaza Bandung.  Mengapa saya merasa beruntung ?  Karena saya mendapat banyak pencerahan dari acara tersebut, pengen dong saya share keburuntangan ini buat teman-teman.. okey deh saya share di blog ini saja ya...

Share ini dulu deh :)
Ada tiga langkah cerdas yang harus kita miliki ketika kita ingin masa depan kita terencana dengan baik.

1. Sadar

Sadar disini berarti kita mengetahui atau memahami bahwa:

Kebutuhan di hari tua itu besar
Harga akan semakin mahal
Hidup itu harus Nanti Bagaimana jangan Bagaimana Nanti

Rata-rata usia orang Indonesia sekarang adalah 75 tahunan, usia pensiun rata-rata 55 tahun.  Tersisa 20 tahun, saat dimana kita tidak memiliki penghasilan. 20 tahun kali 12 bulan adalah 240 bulan.  Ada 240 bulan masa pensiun tanpa penghasilan coba kita kalikan dengan biaya hidup kita sebulan.  Sejumlah itulah yang harus kita persiapkan untuk masa pensiun kita.

Sadar bahwa harga makin mahal, kita bandingkan saja ya.
Tahun                    Harga Beras
2000                          2.624
2003                          3.062
2013                          8.000
2023 (prediksi)         19.185

Sadar bahwa bila ingin masa depan kita cerah maka hidup kita harus Nanti Bagaimana jangan Gimana Nanti, berarti kita harus mempersiapkan segala sesuatunya untuk kehidupan kita nanti.

2, Irit

Tips irit yang paling penting adalah belanja harusnya lebih kecil daripada penghasilan.  Irit banyak caranya, yang paling utama adalah irit dalam kehidupan kita sehari-hari karena itu pengeluaran terbesar kita.  Selain itu langkah irit yang lain adalah Pay yourself first.  Kita harus menabung terlebih dahulu, baru sisanya untuk kehidupan sehari-hari kita. Dengan cara itu kita dipaksa untuk menabung dan dipaksa menggunakan uang sisa untuk kehidupan sehari-hari.

3,  Investasi





Dengan fluktuasi inflasi di negara kita, kita bisa lihat di gambar atas bahwa dengan berinvestasi keuntungan yang akan kita dapatkan lebih besar.  Daripada menabung di rumah atau bahkan di bank, bunga atau bagi hasil yang kita dapat tidak akan dapat mengejar kenaikan harga yang ada.

Reksadana Manulife memberikan sebuah alternatif investasi yang terjangkau alias murah karena dengan uang Rp 100,000 kita sudah bisa mulai investasi kita.  Mudah,  karena tidak ribet, uang kita dikelola oleh ahlinya.  Ada Manajer Investasi yang berpengalaman yang akan mengelola uang kita.  Bebas Pajak, transparan karena informasi Nilai Aktiva Bersih dan kinerja reksadana dapat diakses dengan mudah melalui surat kabar atau situs internet di bawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan sesuai dengan UU Pasar Modal.


Itulah tiga tips langkah cerdas finansial, jadi yang harus kita lakukan adalah :

  • Pay Yourself First,        amankan dulu hari depan kita baru yang lainnya.
  • Regular                         berinnvestasi secara regular (bulanan)
  • Act Now                      menunda itu mahal, makin lambat kita berinvestasi makin banyak                                              yang harus kita sisihkan dari pendapatan kita tiap bulannya
  • Disiplin                        bisa pakai fasilitas debet otomatis anti repot, anti lupa
  • Hubungi                      Reksadana Manulife........... :)       

Ok segitu deh sharing dari saya asyiik kan? Hehe... semoga bermanfaat ... jangan lupa untuk selalu merancanakan masa depan kita.


2 komentar :

  1. pastinya sangat bermanfat sekali ya mak sharing tentang investasi..
    dan jujur baru mulai sadar semenjak saat itu juga..
    capcus deh action ;v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mak Enci, kalau saya serasa diingatkan kembali pada sesuatu yang sudah terlupakan hihihi... :D

      Hapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^