28 Nov 2014

"Little Voice" Penghambat Sukses Kita

Cimahi, 28 November 2014

Bismillah,


"Ah ini bukan passion kamu..."
"Ah atuda aku mah apa atuh..."
"Bagaimana kalau nanti rugi...?"
"Mampukah aku melakukannya...?"
"Sudahlah... cukup begini saja, tak usahlah terbang terlalu tinggi...nanti kamu jatuh, sakitnya tuh disini.."

Bukankah kata-kata seperti itu yang sering kita dengar, atau yang sering ada di benak kita ?  Kata-kata yang sedemikian seringnya hingga menghujam di dalam kalbu kita untuk kemudian mempengaruhi pikiran dan membuat keraguan dalam melangkah hingga membentuk sebuah paradigma dalam pikiran kita.

Di dalam Al Qur'an dalam surat An Naas ayat 6 dikatakan "Yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia".  Kata-kata seperti di ataslah salah satunya, kata-kata bervirus yang dibisikkan oleh syetan ke dada-dada manusia agar berhenti mengusahakan meraih impiannya.  Kata-kata yang menjadikan manusia hanya menjadi manusia yang tidak berguna dan tidak memberikan manfaat dalam kehidupannya.

Begitulah, syeitan berusaha menyebarkan virus - virus itu dengan berbagai macam cara,  membuat kita ragu untuk melangkah, membuat kita menunda hingga tiba saat yang tepat yang pada akhirnya tidak pernah terealisasikan.

Selain itu juga bisikan syetan bisa berupa godaan untuk mengalihkan fokus.  Ketika kita mengerjakan sesuatu lalu digodalah kita hingga kita teralih sejenak atau lupa sedang mengerjakan sesuatu tersebut.  Contoh soal yang 'gue banget' ketika nulis, tilawah atau murojaah di hp suka terganggu dengan pemberitahuan di fesbuk, yang akhirnya si aku membuka fesbuk dan lupalah kalau sedang mengerjakan sesuatu yang jauh lebih penting.

Bisikan syetan pun bisa berupa membatasi kemampuan kita untuk maju dengan meniupkan anggapan diri kita dengan citra negatif.  Potensi kita yang sesungguhnya besar kalau kita kerahkan akan menjadi tidak berarti apa - apa dengan pemikiran negatif kita. "Aku jelek, Aku ga mampu, aku mah apa atuh, aku mah beda dengan dia yang memang hebat.  Pengerdilan diri kita seperti analogi seekor jangkrik yang disimpan dalam kotak. Jangkrik yang sebenarnya berkemampuan melompat jauh lebih tinggi tetapi karena terkungkung, hanya mampu melompat sebatas kotak tersebut.

 
gbr diambil dari kuncimeraihsuksesblogdetik.com
Waktu adalah kehidupan, waktu adalah modal kita yang diberikan Allah SWT untuk meraih kebahagiaan di dunia dan akhirat.  Inilah yang suka dicuri oleh syetan dari kita.  Dengan sikap kita yang suka menunda - nunda pekerjaan.  Atau dibiarkannya kita terlena, melakukan perbuatan yang sia-sia, tidak berguna bagi diri kita bahkan mungkin saja menghancurkan kita.

Syetan jug membiarkan kita memiliki sebuah keyakinan yang salah.  Misalnya saja untuk memulai sesuatu harus memiliki modal, pengalaman.  Keyakinan yang salah yang membuat kita under estimate terhadap kemampuan kita, minder dengan diri kita yang tidak cantik, tidak tinggi, tidak putih.  Sebuah keyakinan palsu yang akan membuat kita kehilangan peluang-peluang besar dalamkehidupan kita.

Hal-hal seperti di atas itulah yang biasanya menghambat diri kita untuk maju meraih impian kita. Ragu melangkah, dan asyik di dalam zona nyaman kita. Jangan salahkan orang lain kalau kita sampai saat ini masih jalan di tempat, stagnan dan tidak meraih prestasi apa pun dalam kehidupan kita.  Pandanglah diri kita, intropeksi ke dalam diri kita itu jauh lebih baik dari pada menyalahkan keadaan atau orang lain atau bahkan Allah SWT atas segala kegagalan kita.

*Sebuah self reminder




26 Nov 2014

Cita Rasa Asli Jepang di Marugame Udon

Cimahi 26 November 2014

Bismillah,

Aku termasuk jarang mencicipi makanan khas Jepang, bisa dihitung dengan jarilah menyengaja datang ke resto makanan Jepang bersama keluarga tercintah.  Makanya ketika ada tawaran untuk icip-icip makanan di Marugame Udon dan Tempura, dengan semangat membara dakuh pun ikut serta, tentu saja setelah mendapat exit permit dari si bageur sadunia my hubby tercintah tea hehe...

Dengan semangat empat kali lima pergilah daku ke Marugame Udon dan Tempura yang berlokasi di Trans Studio Mal jalan Gatot Soebroto Bandung. Ternyata daku agak telat, tapi untung acara pentingnya tidak terlewati, hanya sempat mendengarkan sedikit sambutan dari sang empunya acara.

Restoran ini asli beratmosfir Jepang, mengusung cita rasa yang Jepang asli  pula, terbukti dengan orang Jepangnya juga diimpor kesini yaitu Mr Kondoh yang juga merupakan GM nya resto ini hehe... kok buktinya itu siih... heuheu... ntahlah yang pasti itu jaminan dari mereka. Daku pun sempat berfoto ria bersama Mr Kondoh ini tapi ga punya fotonya, fotonya ada di Neng Rizka..... (Rizkaaaaaaa please atulah bagi fotona... :D )   


Yang paling asyik dan penting bagiku restoran ini menjamin kehalalan masakannya, sedang proses halal MUI sih dan baru keluar Januari 2015, tapi mereka menjamin kehalalannya karena katanya mereka menggunakan bahan-bahan lokal seperti tepung yang sudah jelas halalnya.  Ada juga beberapa bahan impor Jepang seperti bahan dasar sup (kake dashi soup), saus tempura dan teh ocha tapi pasti halal juga.

Asyiknya lagi resto ini mengusung konsep Open Kitchen, Freshly Cooked dan Self Service... asyik kan?  Asyikk atuh lah.... hehe. Dengan konsep ini kita dapat leluasa melihat proses memasak udon dan tempura langsung dari dapur, dan di display tidak terlalu lama, 20 menit saja kalau lebih dari itu akan diganti dengan yang baru.  Jadi fresh terus lah.. keren yak.

Aku icip icip apa yaah.... seperti biasa janjian sama temen-temen, mesen yang beda biar bisa saling icip hehe... tapi ternyata kita memesan hampir mirip-mirip karena jadi raribut pengen milih yang sama ya sudah akhirnya kita berdamai saja malu kan sudah pada gede parasea rebutan makanan  jadinya kita membiarkan diri kita memesan sesuai selera mata hihi.. ya iyalah mata karena lidah mah belum mencobanya.

Penampakan Udon dan Tempura yang aku pesan
Jadinya aku pilih Nuki Udon, sedangkan tempuranya kupilih Kakiage, Ebi Tempura dan Kisu Tempura minumnya Cold Ocha karena mereka tidak menyediakan yang lain, hanya itu teman... hanya ocha hot dan ocha cold.. !!  Minuman teh asli Jepang yang kalau di Indo mah itu adalah teh hijau namun rasanya lebih seger tapi tetep tawar.  Kalau untuk penikmat makanan sehat mah aku rekomendid bingits lah, teh hijau kan sehat hehe... Tapi aku enggak terlalu suka karena aku mah suka jus... kalau ada jus mah aku pasti pesan jus..

Apa yang terjadi ? Tenyata porsinya besar ... ihiks daku cuman bisa makan Nuki Udonnya saja, yang lainnya hanya icip-icip sedikit saja. Memandang sayang makanan enak di depan mata, tiga macam tempura, yang satu mah Kakiage namanya, mirip bala-bala rasanya dengan tampilan yang lebih aduhai menggoda mataku untuk memilihnya.

Makanan ini memang tidak untuk dibawa pulang, jadi mau minta dibungkusin pasti ga akan boleh, teringat sama kotak peralatan bloggerku yang berisi kamera, power bank, berbagai macam jenis kabel dan sebagainya, aku keluarkan semuanya.  dan akhirnya taraaaaaaa kotak tupperware biru itu resmi menjadi tempat tempura pesananku yang belum sempat kumakan karena kekenyangan setelah sebelumnya dikasih tisu bisi kotor hahaha.....  Sueeeeeeer bingit lho.. bukan sengaja aku bawa kotak itu buat bekal, kotak itu sudah bersemayam berhari-hari di tasku ...

Teman-temanku pun tersenyum mau haha ... mereka bingung juga lho mau disimpan dimana makanan mereka.  Beruntunglah daku hehe... tapi alhamdulillah berkat kerjasama yang baik akhirnya habis juga tempura-tempura enak itu.  Saran dariku siih kalau sudah pesen udon, cukup satu tempura saja yang dipesan karena itu pun sudah pasti membuat perut kita kenyang, (Eh ini mah kata perempuan yang perutnya bedalah mungkin sama perut laki-laki). Sekali lagi meureun eta oge.... hihi...

Akhirnya tempura-tempura itu dibawalah  ke rumah, biasa agak rebutan, kata mereka enak siih jadilah kita berencana mau main kesana terlebih masih punya dua voucher gretongan hehe..... gratis buat udonnya saja sih yang seharga Rp 33.000 - Rp 50.000 plus cold ocha nya deng.  paling tinggal nambah tempuranya yang berkisar di harga tujuh ribu rupiah sampai empat belas ribu rupiah sahaja.

Ini penampkan Baso yang uenak dan sehat karena kayaknya mengandung banyak ikan laut :)

Nah itulah sekilas perjalananku menjelah Marugame Udon dan Tempura.... Yuuuk ah mari dicoba ... :D

23 Nov 2014

Satu kata: Menjadi Lebih Baik

Cimahi, 23 November 2014

Bismillah,

adalah Niat Baik
............ adalah Komitmen
adalah Kesungguhan
............ adalah Semangat
adalah Kerja Keras
             untuk
Menjadi Lebih Baik

Bila kita semua memperhatikan, bila kita melihat tentu banyak hal yang berbeda dari Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Type Madya Pabean Soekarno Hatta.  Quotes tertulis di awal tulisan yang menjadi moto pabean  menjadi salah satu  ruh penggeraknya.  Seiring dengan iklim reformasi di tahun 2007 yang membawa perubahan paradigma yang diikuti dengan pembenahan strategis di berbagai lini, kantor yang terletak di Area Cargo Bandara Soekarno Hatta, mengawali debutnya menjadi kantor modern pada tahun 2008. 

Melakukan perubahan dalam penataan organisasi, sistem dan prosedur sumber daya manusia serta tata nilai budaya organisasi membuat kantor ini memberikan kontribusi penerimaan yang tinggi dengan target penerimaan bea cukai yang selalu tercapai bahkan terlampaui. Prestasi di bidang pengawasan pun tak kalah membanggakan puluhan kasus penyelundupan barang-barang ilegal dapat digagalkan.

Berbagai kasus penyelundupan berhasil digagalkan oleh kantor pabean cukai ini tak terlepas dari usaha mereka yang melakukan berbagai terobosan berkaitan dengan pengembangan sumber daya manuais diantaranya adalah :
  • Penandatanganan Pakta Integritas
  • Pelatihan Service Level agreement
  • Pelatihan Change Agent
  • Pelatihan Customs Tactical Unit
  • Pelatihan Bahasa Inggris, Persia, Jepang dan Mandarin
  • Passenger Analyzing Unit
  • Creating Service Culture
  • Action Plan
Selain dari itu sarana dan prasana terus diperbaharui dan dilengkapi.  Tercatat ada 27 titik bilik CCTV modern di terminal maupun cargo, mesin x-ray yang digunakan dalam pemeriksaan sarana impor dan ekspor, Mini lab yang digunakan sebagai alat untuk menganalisa jenis bahan kimia yang merupakan salah satu komoditas sarana ekspor impor di Bandara Soekarno Hatta, Narcotest Kit yang membantu petugas dalam menganalisa indikasi pemasukan narkotika dan obat serta berbagai sarana lain yang menunjang melakukan pengawasan.

Prestasi terbaru dari Kantor Pabean Bea Cukai Soekarno Hatta adalah berhasil mendeteksi pemasukan zat terlarang narkoba jenis baru yaitu berbentuk cairan.  Methamphetamine (Sabu) berbentuk cairan bening ini disembunyikan di dalam Guci arak oleh dua penumpang laki-laki WN Taiwan. eks penumpang pesawat hina Airline dengan rute penerbangan Kaoshiung-Hongkong-Jakarta.  Estimasi harga sabu tersebut Rp 2.915.000.000 dan Rp.2.994.000.000

Terdakwa kasus penyelendupan narkoba




Tercatat tujuh kasus upaya barang larangan dan pembatasan berupa narkoba yang berhasil digagalkan oleh Kantor Bea dan Cukai Pabean Soekarno Hatta dari tanggal 20 Oktober 2014 sampai dengan 2 November 2014. Total barang bukti 13.478 gram bruto shabu yang berpotensi merusak lebih dari 94.000 generasi penerus bangsa.  Dengan total estimasi nilai barang Rp. 18.188.000.000. Sedangkan selama tahun 2014 tercatat Rp 158.173.000.000 estimasi nilai barang terlarang yang berhasil digagalkan.

Bravo KPPBC Type Madya Pabean Soekarno Hatta semoga selalu lebih baik ..... ^_^

6 Nov 2014

"Kami Siap Berjuang Sampai Kiamat..."

Cimahi, 6 November 2014

Bismillah,

"Kami siap berjuang sampai kiamat..." kalimat itu terucap dari mulut kecilnya, tentu saja berbahasa arab.  Setelah diterjemahkan dalam bahasa Indonesia sontak saja takbir pun bergema di seantero masjid terbesar di kota Cimahi tersebut.  Suasana pun semakin mengharu biru.  Entahlah selalu ada perasaan sendu dan syahdu takkala berbicara tentang bumi terjajah.... bumi Palestina.

Kemarin sore,  hari Rabu 5 November 2014 Masjid Agung Cimahi kedatangan tamu istimewa.  Empat orang pemuda penghafal al qur'an dari kota Gaza Palestina. Empat orang perwakilan tersebut terdiri dari Omar 14 tahun, Salim 12 tahun, Husen 15 tahun serta guru mereka Syeh Muh Futur yang berusia 24 tahun.


Keempat pejuang Gaza ini adalah tiga hafidz terbaik dan seorang guru dari  sebuah pesantren al qur'an.  Sebuah pesantren yang berdiri atas bantuan Pesantren Daarur Qur'an Indonesia pimpinan bapak KH. Yusuf Mansyur.  Pesantren yang kini telah luluh lantak karena di bombardir oleh Israel laknatullah alaih,  Pesantren itu di bom dengan tiga bom dan tujuh bom disekitar area pesantren.  Mereka kemudian berpindah tempat menghapal al aqur'an di sebuah masjid.  Namun kembali masjid itu dihancurkan oleh Israel.  Akhirnya mereka semua pindah menghapal al qur'an di rumah masing-masing.

Menurut penuturan mereka Israel sangat takut terhadap para penghapal al qur'an hatta para penghapal al qur'an itu hanyalah anak-anak kecil, hatta para penghapal al qur'an itu seorang perempuan berusia 53 tahun.

Ketika ditanya apakah hafalannya terganggu saat ada perang, Salim menjawab bahwa ia tidak takut dengan perang, ia tidak takut dengan bom. Hapalan tetap ia lakukan walau dalam suasana perang.  Salim yang sangat cinta terhadap al qur'an itu terbukti dari cita-citanya yang ingin menjadi penghapal alqur'an, pengajar al qur'an pelaksana al qur'an. Ia selalu semangat menghapal al qur'an karena ia akan menjadi generasi penerus pelanjut perjuangan.  Bahkan ia berkata bahwa sampai kiamat pun kami akan selalu siap untuk berjuang. Dua puluh tiga orang keluarga besar Salim telah berhasil menjadi syahid menjemput syurga Allah SWT, Subhanalloh.....

Selain Salim ada Omar yang bercita-cita menjadi jenderal pasukan, Husen berusia 15 tahun, berbeda dengan Salim dan Omar yang tampak lebih ceria, Husen terlihat sedikit senyum dan berwajah sedih,  Ternyata dia baru beberapa hari ditinggal wafat ayahnya yang gugur di medan pertempuran.

Sungguh kehadiran mereka membuat para hadirin yang sebagian besar adalah anak-anak penghapal al qur'an kota cimahi menjadi lebih bersemangat dalam menghapal a qur'an.  Sungguh ...kehadiran mereka membuat kami para hadirin malu hati, karena dalam suasana yang jauh lebih nyaman kami tidak sesemangat mereka dalam menghapal al qur'an.  Sungguh dalam diammu, dalam ucapmu adalah tarbiyah bagi kami yang hadir saat itu.

Semoga kehadiran kalian wahai para pejuang kekasih Allah ... menyebarkan virus kepada kami, virus yang ingin merasa selalu dekat dengan petunjuk hidup kami, virus penyemangat bagi kami yang loyo, yang merasa cukup dan mungkin malah bangga dengan hanya sudah mampu berODOJ ria...... Semoga saja... Aamiin Allohumma Aamiin.....