**/ Cerita Ida : Gala Dinner | Belajar dari Seorang Pengusaha Perempuan Sukses dan Tangguh

blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

24 Feb 2015

Gala Dinner | Belajar dari Seorang Pengusaha Perempuan Sukses dan Tangguh

Saya sudah cerita kan kalau saya diundang Mizan dalam acara Annual Meeting 2015: Motherpreneur di Hotel Clarity Bandung bagi yang belum membaca sessi pertama sila mampir di sini ya.  Nah kali ini saya ingin cerita acara di sessi keduanya.  Sessi yang membuat saya semakin bersyukur banget memutuskan untuk kembali ngeblog.  Berkat ngebloglah saya diundang mengikuti acara berlimpah ilmu ini.  Alhamdulillah baru bulan Oktober 2014 kemarin memutuskan aktif kembali ngeblog sudah banyak yang saya peroleh meski masih jauhlah dibanding blogger yang sudah lama malang melintang di dunia perbloggan.

Berkat ngeblog saya dapat buku-buku gratis, uang, contoh produk, jalan-jalan gratis, spa dan yoga gratis, makan-makan gratis, doorprice dan  tis..tis lainnya.  Asyik kan hehe..padahal baru beberapa bulan, dan yang paling penting ilmu dan pengalaman yang luar biasa. Terima kasih kepada Allah SWT yang telah membuat saya bertobat dan kembali ngeblog di tengah kesibukan dan kariweuhan yang padat merayap juga kepada suamiku tercinta yang dengan rela antar jemput istrinya yang banyak maunya ini *alasannya sih katanya dari pada ga pulang lagi hehe.. dan juga anak-anakku yang menjadi motivasi semangat meraih doorprice di setiap acara... halaaah  *serasa acara penerimaan award hahaha... Tapi teteplah saya ngeblog withheart dan tidak ditargeti macam-macam kalaupun nanti dapat something and everything adalah semacam berkah ngeblog saja.
 
Kembali ke jalan yang lurus yu ah pemirsah hihi... Jadi di sessi kedua ini saya berkesempatan mengikuti acara gala dinner dengan konten acara sharing sesion bersama trainer muda, pengusaha muda serta CEO Keke busana yaitu Kang Rendy Saputra juga dengan seorang mompreneur sukses dan tangguh Ika Kartika Sari owner dari Keke Busana.

Suasana ruangan sebelum acara Gala Dinner berlangsung

Randy Saputra adalah sosok laki-laki ganteng *ya iyalah mosok cantik hehe... kelahiran Balik Papan 1 Juli1986,  memutuskan menikah saat masih kuliah di teknik pertambangan lebih spesifik lagi perminyakan ITB, saat itu usianya masih 21 tahun.  Kini diusianya yang ke 28 tahun ia telah memiliki tiga orang putra (putri).  Memutuskan untuk tidak menyelesaikan kuliahnya bukan berarti meninggalkan dunia kampus sama sekali, ia malah aktif melakukan diskusi dengan banyak mahasiswa dan menjadi staf ahli di unit religi terbesar di  kampus ITB.  Ia lebih menyukai berkarir di bidang entertaitment sebagai trainer muda dan perlu diketahui juga Rendy adalah pengusaha sukses yang mengelola berbagai macam jenis usaha yang bersistem.

Awal ia bergabung dengan Keke busana dan menjadi CEO nya karena diajak terus oleh Ika Kartika Sari yang dipanggilnya dengan sebutan bunda.  Saat itu keduanya sering bertemu dalam sebuah pertemuan coaching bisnis. Karena terus diajak dan diundang ngobrol di rumah bunda dan disuguhi MILO akhirnya Rendy menyerah dan menambah luas pengalaman berkarirnya dengan menjadi CEO di Keke Busana.  Jadi katanya ia memutuskan bergabung dengan Keke adalah karena MILO... hahaha.... *bukan iklan.

Di mata Rendy, bunda adalah sosok pekerja keras yang sepertinya tak pernah merasa lelah.  Pernah suatu saat Rendy dan bunda baru pulang dari sebuah acara di Tokyo Jepang, baru saja tiba di Indonesia ia sudah diminta bertemu dan melakukan meeting sampai jam tiga pagi.  Badan Rendy saat itu sudah terasa sangat rempong, eh paginya dia melihat bunda sudah siap bekerja dalam keadaan segar bugar.

Suasana saat sharing sesion
Sementara bunda Ika Kartika Sari yang saat ini menjabat sebagai Komisaris Keke Busana menambahkan bahwa awal ia memutuskan membuat bisnis sendiri adalah karena alasan anak.  Dengan kondisi ia yang kerja dari pagi sampai petang berangkatnya pun pagi sekali karena jarak yang jauh.  Serta suami yang jarang pulang karena kerjanya di pertambangan, ia berpikir bagaimana jadinya dengan masa depan anak-anaknya yang kurang mendapat perhatian dari kedua orang tuanya terutama dalam soal kuantitas waktu tentu saja.

Setelah awalnya memulai bisnis sambil bekerja, pulang kerja belanja kain malamnya ia merancang baju akhirnya ia memutuskan berhenti dari pekerjaannya sebagai Sekretaris Direksi PT Tiga Raksa.  Tanpa sepengetahuan suaminya ia berhenti, karena kalau minta izin suaminya tentu tidak akan diizinkan mengingat kondisi perekoomian keluarga yang belum bagus.

Hanya dengan 40 potong baju hasil rancangannya sendiri yang ia jajakan sendiri akhirnya ia memulai bisnis busana tersebut.  Ternyata banyak orang yang menyukai hasil rancangan, pada tahun 2006 Bunda Ika pun memulai melabeli busana rancangannya dengan nama Keke yang diambil dari kata Keukeuh yang dalam bahasa sunda berarti teguh pada pendirian.

Keke dengan taglinenya   gbr diambil dari kekecollection.com

Singkat cerita setelah melalui perjuagan yang tentu saja tidak mudah perusahaan Keukeu terus membesar dari awalnya hanya beberapa orang pekerja kini telah mencapai lebih dari 500 pegawai yang sebagian besar adalah penduduk sekitar tempat usaha di Bojong Koneng Bogor.  Yang menarik penduduk Bojong Koneng yang tadinya terbelakang dengan latar belakang rata-rata lulusan SD dan SMP saja kini ekonominya mulai menggeliat.  Hampir di setiap rumah kini telah memiliki motor bahkan sampai ada yang tiga buah karena ada tiga orang yang menjadi pegawai Keke busana di rumah itu. Yang menjadi Kepala - Kepala Bagian dan posisi tinggi dan penting di Keke banyak yang lulusan SD dan SMP saja. Khusus untuk merancang baju, bunda Ika sendiri yang membuatnya dalam setahun ia membuat sampai 250 rancangan baju.

Dalam bidang keagamaan penduduk yang asalnya banyak yang tidak tahu sholat kini mereka mulai menjalankan sholat.  Di Keke ketika adzan berkumandang ratusan pegawai langsung menghentikan aktivitasnya dan langsung berbondong-bondong menjalankan sholat berjamaah. Syarat sebuah pabrik harus memiliki luas tanah 3.500 meter persegi.  Usaha Keke sendiri sudah memiliki area 3000 meter persegi untuk memenuhi syarat sebuah pabrik Keke telah membebaskan 500 meter persegi tanah dan digunakan untuk sekolah tahfidz gratis. Kini usahanya sudah merambah pada usaha jasa Umroh Tour dan travel karena banyak dari pegawai dan para marketing usahanya mendapat bonus umroh.

Suskses di bisnisnya tidak membuat bunda berputri tiga ini melupakan kodratnya sebagai ibu, menurut Rendy Bunda orang yang sangat care terhadap anak-anaknya.  Dua anaknya, muslimah berkerudung kuliah di Monas University dan salah satunya telah lulus dan menjadi lulusan terbaik di Monas University of Melbourne.

Bagi Bunda Ika sudah merasa cukup dengan usahanya itu sudah memberi manfaat yang besar bagi lingkungannya adalah kebahagiaan yang besar baginya.  Sementara bagi Mas Rendy Keke adalah perusahaan muslim yang harus besar dan lebih besar lagi agar kemanfaatannya dinikmati lebih banyak orang lagi.

Sangat menginspirasi ya pemirsah ... tanpa banyak kata sosok Bunda Ika Kartika Sari telah menjadi rahmatan lil alamin bagi penduduk di sekitarnya.  Luar biasa bukan?  Jadi ingat firman Alloh SWT yang artinya :

"Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum kecuali kaum itu sendiri yang mengubah apa-apa pada diri mereka" . QS 13:11

 Dan bunda Ika Kartika Sari sosok pekerja keras dan tekun telah membuktikan itu...
“Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum kecuali kaum itu sendiri yang mengubah apa apa yang pada diri mereka ” QS 13:11 - See more at: http://keke-busana.com/sukses-itu/#sthash.BGZm1G6R.dpuf
“Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum kecuali kaum itu sendiri yang mengubah apa apa yang pada diri mereka ” QS 13:11 - See more at: http://keke-busana.com/sukses-itu/#sthash.BGZm1G6R.dpuf
“Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum kecuali kaum itu sendiri yang mengubah apa apa yang pada diri mereka ” QS 13:11 - See more at: http://keke-busana.com/sukses-itu/#sthash.BGZm1G6R.dpuf

Ok..cukup sekian dulu ya...nantikan episode berikutnya reportase sessi tiga yang tak kalah menginspirasi  .... ^_^

9 komentar :

  1. Waahhh gara2 Milo ya judulnya ;). Btw itu beneran brand Milo susu coklat itu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya brand susu tp kyknya canda aja tuuuh hehe ^_^

      Hapus
  2. Inspiratif Mak ceritanya. Jadi termotivasi buat bikun usaha :).Tfs ya Mak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keren ya Mak... orgnya rajin n bugar banget hehe...

      Hapus
  3. Subhanallah maks menginspirasi sekali.
    Sering pake baju keke, tp baru baca muasalnya.
    Jd semakin cinta ma keke

    BalasHapus
  4. duh... jadi penasaran sama bunda Ika, semangat mompreuner kaya begini yang wajib ditiru. Thanks for sharing ya mak ida :-)

    BalasHapus
  5. wah asiknya ya mak bisa 'curi' ilmu langsung dr ahlinya :)

    BalasHapus
  6. Keren dan tangguh ya Bu Ika Kartika Sari ini. Semangatnya itu lho, sangat menginspirasi :)

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^