29 Mar 2015

Mendukung Program Bandung Kota Kreatif Teknopolis

Jum'at 18 Maret 2015 siang itu acara cukup padat merayap, ada dua undangan, saya harus meninggalkan keluarga lebih lama hari ini.  Mencoba berusaha menjadi seorang ibu yang baik, saya selalu mempersiapkan lebih detil kalau akan meninggalkan rumah.  Terus terang semenjak memutuskan untuk ngeblog kembali akhir tahun 2014 saya merasa lebih bisa berusaha memenej waktu, berusaha lebih dekat dengan anak di waktu tersisa. Lebih fokus ngeblog mulai saya lakukan setahap demi setahap biarlah anak-anakku sudah mulai besar, mulai suatu masa dimana saya memulai mengembangkan hobi yang bermanfaat ini.  Siang hari saya sudah mulai kesepian ditinggal anak-anak yang berangkat sekolah hingga sore hari. Bukanlah dengan semangat menulis kembali anak-anakpun seolah terhipnotis untuk semangat menulis, ya akhirnya akan tiga buku yang terbit dari dua anakku.  Alhamdulillah

Setelah persiapan di rumah selesai semua, dengan diantar my hubby yang baik luar biasa, mendukung hobiku ini, mengantar jemput kemana saya pergi, mumpung lagi luang karena mulai bulan depan beliau sudah sibuk kembali. Diantar hanya sampai jalan Abdurahman Saleh karena adzan sholat jumat  akan segera berkumandang.  Setelah dua kali ganti angkot akhirnya tibalah saya di PVJ, acara masih lama segera saya menuju mushola untuk sholat dzuhur.


Usai sholat ketemu teman sesama blogger Fauzan dan Bang Aswi serta Alya.  Diajak kumpul di BMC Cafe, eh sudah kumpul di sana Mba Dydi, Teh Yayu, Lalu bermunculanlah Om Hengky, Mba Ratri, Teh Efi dan lainnya.  Setelah mencicipi Spaghetti Bolognaise dan otak-otak serta Milkshake rasa strawberry akhirnya terdengar pengumuman acara akan segera dimulai, kami pun segera menuju tempat acara.

Hari ini PT XL Axiata Tbk (XL) operator telekomunikasi terbesar kedua di Indonesia meluncurkan penyediaan internet cepat 4G LTE.  Dihadiri oleh Dirjen SDPPI Kemenkominfo Dr Muhammad Setiawan, Walikota Bandung Ridwan Kamil dan Ongki Kurniawan Direktur Service Mananjemen, peluncuran ini merupakan bukti komitmen kuat dari XL untuk mendukung Kota Bandung menuju Banudng Kota Kreatif Teknoplis.  Peluncuran acara ini dipandu oleh MC Yuli dan Jodi yang memandu acara dengan menarik, sehingga acara berlangsung meriah dan penuh gelak tawa.

Foto dari Mba Dyah Prameswarie

Untuk menyelenggarakan layanan 4G LTE di Bandung ini XL telah menyiapkan 56 BTS 4G yang menjangkau hampir semua are keramaian dan pusat aktivitas bisnis, pendidikan pariwisata hiburan dan pemerintahan di Kota Bandung,  Pelanggan XL bisa mengakses layanan 4G secara gratis di lokasi tersebut dengan terlebih dahulu menukarkan kartu SIM XL ke kartu khusus 4G.

Sementara itu 4G LTE  sendiri merupakan teknologi jaringan telekomunikasi tercanggih saat ini yang mimiliki banyak keunggulan.  Kecepatan, efisinsi jaringan, jangkauan dan layanan merupakan keunggulan utama dari 4G LTE.

Ridwan Kamil dalam sambutannya saat itu mengatakan antara lain kegembiraannya atas dukungan XL terhadap Kota Bandung untuk membangun industri kreatif lebih maju dengan menyediakan internet lebih cepat.  Pada kesempatan itu Kang Emil mengungkapkan bahwa Bandung sebagai kota kedua yang paling aktif mengakses data telah dianugrahi sebagai kota yang paling siap IT dalam pelayanan publik.  Internet cepat 4G LTE ini akan sangat mendukung cita-cita Bandung menuju Kota Teknopolis yang nantinya akan dipusatkan di Gede Bage.  Menurut rencana untuk mendukung hal itu nanti akan segera dibuat kereta api super cepat Bandung - Jakarta, perjalanan yang biasanya memakan waktu dua jam akan dipangkas menjadi hanya 30 menit saja.

28 Mar 2015

Wisata Kuliner di Bandung ? Ya Bebek Kaleyo Dong... Resto yang Delicious Maknyuuuss

Horeeee...... Eh kok ujug-ujug horee sih..hihi....seneng dong saya, karena hari ini saya bareng teman-teman bisa mampir dan merasakan nikmatnya  Bebek Kaleyo, Resto yang terkenal dengan daging bebeknya yang gurih. lezat dan empuk.  Lho kok..  saya sedang di Jakarta kah?  Eh jangan salah... kini Bebek Kaleyo telah hadir di Bandung tepatnya di Jalan Pasir Kaliki no 185-189.  Sebetulnya sih sudah sejak tanggal 30 Januari 2015 yang lalu hadir di Bandung, tapi saya baru berkesempatan menjajalnya hari ini.  Nah buat warga Bandung kini punya tujuan wisata Kuliner Bandung  yang baru dan keren  yaitu.apalagi kalau bukan. Bebek Kaleyo Tempat Makan Enak dan Murah di Bandung

Resto Bebek Kaleyo dengan tempat parkirnya yang cukup luas

Sayang minggu tutup....

Saking senengnya, saya langsung posting hehe.., biar teman-teman yang belum tahu jadi tahu juga, itu kan salah satu gunanya blogger sharing and caring each others ya kan? Oke deh saya mau mencoba menelusuri resto ini, karena menurut saya sebuah resto itu selain enak dan murah harus harus memiliki tempat yang representatif agar pengunjung menjadi nyaman ketika menikmati hidangan.

Tempat yang Luas, Bersih dan Nyaman

Dan... ternyata.. Bebek Kaleyo selain murah dan enak rupanya memiliki tempat yang luas bersih, nyaman  dan artistik pemirsah... membuat saya dan teman-teman betah berlama-lama di sini.  Udaranya pun terasa segar karena Resto Bebek Kaleyo menggunakan konsep ruang terbuka hingga tidak memerlukan ac, konsep yang ramah lingkungan.

Salah satu sudut Resto yang sangat nyaman


Dekorasi yang menarik dan enak dipandang mata

Contoh makanan yang dipejeng memudahkan kita untuk memilih dan mengetahui bentuk makanan yang kita pesan

Selain itu tempat parkirnya pun cukup luas, lokasi yang strategis yang berada di persimpangan jalan Pasteur dan Jalan Pasir Kaliki. Warga Bandung disemua penjuru akan mudah untuk mencapai tempat ini.

Harga yang Terjangkau  

Dengan tempat yang begitu nyaman saya sedikit agak khawatir dengan harganya walau saya tahu Bebek Kaleyo mempunyai visi Menjadi Icon Kuliner Indonesia yang terjangkau semua kalangan...tetep aja deg deg an takut merogoh saku terlalu dalam (hihi... emak-emak banget deh).  Eh tapi ternyata saya kaget juga melihat struk yang diberikan kasir.  Coba aja ya bagaimana saya tidak kaget niih ya saya buktikan pesanan saya:
Kerupuk  (uenak tenan lho..kerupuk Palembang asli  Rp   3,000
Dimsum Mix 4 buah                                                          14.000
Tumis Oncom 1 porsi                                                          4.500
Bebek Muda Cabe Ijo                                                        24.500     
Nasi Merah                                                                          7.000
Minuman Floridina                                                              5.500
Es Campur                                                                          12.000

Total Jendaral                                                                      70.500

Nah sesuai kan dengan visi nya ternyata Bebek Kaleyo itu walau murah tapi enak hehe...

Rasa yang Aduhai

Nah ini yang paling penting untuk sebuah resto, bagaimana dengan rasanya? Betulkah dengan apa yang sering saya dengar selama ini bahwa Bebek Kaleyo itu memang beda?  Saya memesan Bebek Muda Cabe Ijo karena ini yang sering saya dengar sebagai makanan yang meiliki sensasi yang luar biasa.   Bebek goreng bertabur sambal ijo ini ternyata benar memiliki rasa yang aduhai, dengan daging yang empuk tanpa ada rasa amis sedikit pun.  Rupanya Bebek Kaleyo memiliki resep rahasia yang membuat rasa amis bebek hilang tidak berbekas.

Penanpakan Bebek Nuda Cabe Ijo dengan Nasi Merah

Pun demikian halnya dengan sate bebek... hihi... jangan bilang-bilang ya ..ga kuat pengen nyobain sate bebek akhirnya saya bisik-bisik mesra sama teman sebelah pengen nyicip sedikit .... untung temanku baik, dia memberikan satu tusuk satenya padaku,.trims ya say ... Alamak ternyata rasanya nendang banget... bener deh saya sangat merekomendasikan sate bebek ini.  Uenaaak tenan. 

Dimsum Mix

Contoh minuman yg tersedia.... memudahkan pemesanan ya..
Dimsumnya juga asyik dengan varian rasa telur, ayam dan jamur.  Untuk minumannya saya memilih air putih dan es campur.  Rasanya juga seger deh.  Pokoknya secara umum makanan dan minumannya asyik punya, gak akan rugi makan dan minum di sini.

Pelayanan yang Memuaskan

Pengunjung sedang mengambil makanan

Walau antri panjang tetapi makan di Bebek Kaleyo ga pake lama, pelayannya baik-baik dan ramah lagi.  Ketika melihat saya membawa baki yang cukup banyak makanan dan minuman dengan sigap salah seorang dari mereka menyediakan diri untuk membawanya sampai ke meja saya, padahal kan sistemnya parasmanan lho..dan memang di sini kunci cepatnya layanan Resto Bebek Kaleyo.  Untuk menyiasati agar makanan tidak terlalu lama dihidangkan karena antrian pengunjung Bebek Kaleyo selalu panjang akhirnya manajemen resto Bebek Kaleyo membuat sistem baru untuk mempercepat yaitu dengan sistem mirip-mirip parasmanan.
                                   
Oke deh segitu aja ceritaku kali ini, semoga bermanfaat ya teman-teman..... ^_^


25 Mar 2015

Film Ada Surga di Rumahmu, Segelas Air di Tengah Dahaga

Setelah film Sang Murrobi dan Film Sang Pencerah rasanya sudah lama tidak disuguhi film yang bernafaskan Islam yang kental. Di tengah dahaganya akan film yang bernafas Islam kini telah hadir film Ada Surga di Rumahmu, sebuah film yang sarat dengan nilai-nilai dakwah Islam.  Film yang terinspirasi dari buku Best Seller karya Ust Ahmad Al Habsy ini mengambil syuting film di Palembang lengkap dengan pemandangan Sungai Musi, perahu dan rumah-rumah panggungnya yang khas dan cantik.  Film ini banyak menggunakan dialog bahasa Palembang tapi penonton tetap dapat menikmati film ini karena langsung diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.


Kisah dimulai dengan menceritakan sosok Ramadhan kecil yang sekolah di sebuah madrasah kecil.  Sosok anak kecil tampan yang memiliki rotarika berdakwah yang menarik namun memiliki tipikal temperamental sehingga sering berkelahi.  Khawatir akan masa depan Ramadhan dengan emosinya yang labil akhirnya kedua orangtunya memutuskan untuk mengirimkan Ramadhan ke sebuah pesantren yang juga dipimpin oleh saudara sang Abuya ayah Ramadhan  (Budi Khaerul) yaitu Ustad Attar (Ust Ahmad Al Habsy).

Diiringi tangisan sedih ibunya (Elma Thiana), kedua adiknya serta Nayla ( Nina Septiani) seorang teman perempuan yang sepertinya menyimpan rasa senang kepada Ramadhan akhirnya Ramadhan pergi ke sebrang untuk mondok di pesantren.

Cerita bergulir dengan alur kehidupan Ramadhan di pesantren, Ramadhan yang sebenarnya bercita-cita ingin menjadi artis karena ingin terkenal dan banyak fansnya sering dihukum ustadz - ustadz di pesantren karena sifatnya yang badung sering kabur di malam hari untuk nonton televisi.  Ada satu kisah yang mengharukan saat Ramadhan diminta memukul tangan Ustadz Attar karena telah salah menghukum  dan menuduh Ramadhan telah berbohong.  Saat itu Ramadhan dihukum karena kabur dari pondok, saat ditanya apa alasan kabur ternyata jawaban Ramadhan adalah ingin menonton ceramah ustadz-ustadz terkenal di televisi dan Ustadz Attar menganggap itu bohong.

Cerita pun meloncat saat sepuluh tahun kemudian, Ramadhan kecil telah tumbuh menjadi pemuda gagah dan menjadi guru di pesantrennya bersama Ustadz Attar dan kedua temannya semasa mesantren.  Di sini konflik mulai muncul saat Ramadhan pergi ke Jakarta untuk mengikuti casting sebuah film laga atas rekomendasi kru film yang sedang syuting film yang menggunakan pesantren tempat Ramadhan menuntut ilmu dan mengajar sebagai lokasinya.  Saat syuting di pesantren ini pula Ramadhan bertemu dengan Kirana yang sedang mengikuti syuting sebagai figuran.

Ada konflik cinta segitiga antara Ramadhan, Kirana dan Nayla, karena dikemudian hari ternyata Ramadhan dipertemukan kembali dengan Kirana saat memenuhi undangan sebagai penceramah menggantikan Ustadz Attar di rumah orang tua Kirana.  Ada kisah Ramadhan  dengan honornya yang dibagi fitty fifty dengan sang ibu, ada kisah sang ibu sakit dan muntah di pesta ulang tahun pernikahan orang tua Kirana.  Ada cerita Ustadz Attar sebelum meninggal tentang pengorbanan Abuya Ramadhan yang mendonorkan ginjalnya untuk Ustadz Attar dengan imbalan agar sang Ustadz menyelipkan nama Ramadhan disela-sela do'anya.

Bila penasaran dengan film ini, silakan nonton film ini yang akan tayang mulai 2 April nanti.  Tidak akan rugi deh, sarat akan makna dan petuah tanpa menggurui.  Secara keseluruhan film ini menarik untuk ditonton walau ada satu dua yang mengganjal seperti misalnya saat Nayla ditawari dibonceng naik motor oleh Ramadhan Nayla menolak dengan kata - kata "Kan bukan muhrim.."  Eh tapi akhirnya ikut juga, jadi seolah kata-kata "Kan bukan muhrim" hanya candaan saja hehe...

Yang saya suka film ini hanya menjadikan kisah cinta segitiganya Ramadhan sekedar sebagai bumbu penyedap saja, hingga film ini cukup layak tonton juga untuk anak-anak.  Para pemeran film nya pun bermain total dan menghayati perannya dengan baik hingga membuat penonton terbawa suasana.  Dialog-dialog lucu pun diselipkan  membuat penonton tertawa, cukup menghibur.  Hanya saja pastikan kita membawa tisu karena kisah tentang perjuangan dan bakti kepada orang tua memang selalu menguras emosi kita.


Sebuah film layak tonton, seorang Ridwan Kamil pun berjanji akan mempromosikan film ini bukan karena pesan sponsor tetapi karena sarat akan nilai-nilai kebaikan yang tidak menggurui. Energi setelah nonton ini memang luar biasa ada niat, ada doa, ada kebaikan-kebaikan. Sementara Ustadz Ahmad Al Habsyi mengatakan bahwa cerita ini lebih karena untuk menghina dan memarahi kebodohan masa lalu diri, sibuk mencari kemuliaan tetapi hina di mata orang tua. Apalagi orang tua sosok yang sangat berjasa, istri ada istilah mantan, suami ada istilah mantan sementara ayah dan ibu tidak ada istilah mantan. Beliau titip pesan agar anak-anak yang mengingat jasa orang tua terutama ibu, kata beliau ibu ngeden keluar kita. tapi kita ngeden tidak keluar ibu.... hihi...

Nonton yuuk, serius deh.. betul sekali energi setelah nonton ini film ini memang luar biasa, saya aja besoknya langsung pergi ke rumah ibu, malamnya bermimpi ketemu bapak almarhum dan dalam mimpi kita pun berpelukan melepas rindu..bangun-bangun airmata pun mengalir tak tertahan.  Senang bisa melepas rindu walau hanya dalam mimpi......


20 Mar 2015

Lomba Menulis Tipu-Tipu...Adakah?

Masih ingat betul pertama kalinya mendengar ada lomba ini saat mengikuti undangan dari Bea Cukai di Jakarta saat itu ada sosok yang belakangan saya ketahui ternyata salah satu juri lomba dengan semangat memberikan sambutan perwakilan dari blogger yang salah satu isinya mengemukakan dukungan kepada Bea Cukai yang berusaha untuk menjadi sebuah lembaga  yang bersih dan terpercaya.  Sosok yang begitu dihormati di kalangan blogger, saya baru pertama kalinya ketemu sempat heran melihat para blogger muda  Jakarta mencium tanngan beliau saat bertemu, saya engga dong, kan bukan muhrim ..hahaha.  Pada kesempatan itu pula beliau mengemukakan bahwa akan ada lomba berhadiah 10 juta yang diadakan sebuah gerakan anti korupsi dalam rangka menyambut hari korupsi.

Gbr diambil dari energitoday.com


Saat itu karena penasaran dengan lomba, saya mendekati beliau ke mejanya dan bertanya tentang lomba, beliau menjawab nanti ada informasi lebih lanjut di medsos.  Saya mencari tahu tentang beliau dan akhirnya saya meng add beliau di fesbuk agar mendapatkan informasi tentang lomba.  Benar saja tak lama kemudian pengumuman lomba pun muncul di medsos.  Saya melihat beliau mempostingnya dan mentag beberapa cabang gerakan anti korupsi itu dan yang pusat, ada juga  perorangan yang di tag.

Teman-teman blogger lainnya ada yang mendapatkan informasi dari Komunitas Blogger dan akun kompasiana juri tersebut.  Dalam pengumuman lomba disebutkan DL tanggal  5 Desember.  Pemenang akan mendapatkan hadiah total 10 juta rupiah untuk 3 pemenang dan akan diundang secara khusus saat Peringatan Hari Anti Korupsi di Pekalongan tanggal 9 Desember 2014.  Para Blogger seneng dong.... termasuk saya, dengan bersemangat saya mulai menulis tentang usaha kita dalam rangka ikut serta memberantas korupsi di negeri tercinta...Berusaha memenuhi syarat dari lomba itu denga hati-hati antara lain mengirim naskah via email ke Gerakan Anti Korupsi tersebut, dan email salah satu juri, di publish di blog masing2 sebelum DL dan di beberapa akun yang disebutkan dalam persyaratan. Salah satu persyaratan yang agak sulit dipenuhi adalah memposting naskah kita di blognya penyelenggara, mengapa susah? Karena permintaan pertemanan kami tidak kunjung di konfirm.  Mencarii cara karena takut dianggap tidak memenuhi persyaratan...akhirnya alhamdulillah sebelum DL saya dan beberapa teman blogger lainnya sempat memposting di akun gerakan tersebut di komen komentar postingan lomba.....Syarat beres dapat dipenuhi, kalau pun tidak terposting disitu bukan salah kami dong.. kenapa panitia lomba tidak kunjung meng add pertemanan yang kami ajukan.

Tunggu punya tunggu sampai peringatan hari korupsi tiba, pengumuman tak kunjung ada bahkan sampai akhir tahun belum juga ada. Bertanya bebepara kali pada sang juri tersebut tak kunjung dijawab.  Pun begitu dengan pertanyaan teman - teman blogger lainnya tak kunjung dijawab. Bahkan sampai tgl 20 februari 2015 belum ada kejelasan, saya menscreenshoot percakapan antara juri dan peserta yang merasa dipingpong oleh ketua Gerakan yang gelarnya berjejer itu dengan sang juri.  Saling tuding siapa yang bertanggung jawab.  Akhirnya sang Ketua menjelaskan bahwa terjadi konflik internal dan sang oknum sudah dipecat, terus alasannya lagi ada  juri lomba orangtuanya meninggal terus minta peserta bersabar, lomba pasti akan diumumkan dan beliau itu mengungkapkan alasan bahwa hampir 100% peserta tidak lolos verifikasi persyaratan.  Menurut beliau hampir semua persyaratan melewati DL lomba dan saat itu dikemukakan Dl nya tgl 22 November 2014, kemudian beliau memposting pengumuman lomba ber DL tgl 22 November.  Saat ditanya dimana pengumuman itu dipublish beliau menjawab di kantor gerakan tersebut... Whuahahaha peserta koor tertawa dong...yg berlaku yang disebar ke khalayak luar dong... dan selama penyebaran itu tidak ada ralat.  Sang ketua beralasan bahwa ada juri yang mengubah tgl DL tanpa sepengethuan lomba. Tapi kan pengumuman di tag dan terposting di akun gerakan tersebut....ga baca? baca dong... kalau salah koreksi dong...

Bagi saya peserta sebetulnya don't care lah ada masalah internal, terus ada juri yang mengubah DL yang jelas selama masa lomba berlangsung tidak pernah ada ralat, yang syah kan yang disebar ke masyarakat luas toh... semua tahu itu.  Lanjutin ke laptop ya... hehe... Nah kesal tak kunjung ada pengumuman akhirnya saya mendesak minta tanggal, teman-teman pun demikian.  Akhirnya pihak panitia menyebut tanggal yaitu Jum'at 28 Februari 2015, saya pun membalas pengumuman dengan itu tulisan Jumat tgl 27 Februari Pak... hehe..

Tanggal 28 Februari bukannya pengumuman pemenang yang di dapat, malah keputusan hasil rapat internal Pengurus dengan panitia bahwa menyetujui DL yang dibuat oleh sang juri.  Meminta waktu beberapa belas hari kerja hingga pengumuman akan diumumkan tgl 16 Maret 2015.  Ya sudah daripada ribut lagi kami terpaksa diam dan menanti saja.

Dan akhirnya tibalah tanggal 16 Maret itu...hasilnya ternyata .....jreng..jreng.... tidak ada satu pun pemenangnya saudara-saudara.  Mengapa karena semua peserta tidak memenuhi persyaratan. Whuahaha... setelah ingkar janji berbulan-bulan. memberi berbagai alasan masalah internal dan akhirnya kami di PHP kan....

Bagi saya bukan soal kalah menang, bukan tidak legowo karena soal kalah saya sudah terbiasa, dari belasan atau puluhan mungkin karena saya sudah lama off menulis dan baru memulai ikut lomba hanya sempat menang empat kali saja.  Jadi sudah kuat mental lah... tapi ini ..hiks... sedihnya yang ngadainnya gerakan anti korupsi lagi.  Saat mencari informasi tentang gerakan ini ternyata pada tahun 2012 ada statmen anggota  DPR RI yang mengatakan bahwa Gerakan ini tidak ada legal standingnya.  Saya hanya khawatir saja lembaga ini cuman semacam LSM yang mengakses dana dari pemerintah dan tidak amanah.  Terbukti untuk sebuah lomba saja mereka memperlakukannya seperti itu.

Sempat bertanya sama suami yang pernah menjadi anggota dewan yang lurus dan bersih (Ceilah muji... bener lho.. pernah dapat parcel saat lebaran suami meminta saya tidak membukanya dan akan mengembalikannya.... bangga dong sama kejujurannya...)  Menurut my hubbi tuh ya.. ada oknum LSM yang mengakses anggaran dari pemerintah yang digunakannya untuk kepentingan sendiri.

Saya heran ditengah-tengah berbondong-bondongnya lembaga dan perusahaan besar menggunakan jasa blogger untuk meningkatkan branding dirinya -hari ini saja saya akan menghadiri undangan sebuah provider yang dihadiri walikota dan menteri, malamnya sebuah undangan perusahaan besar lainnya.  Lusa ada lagi, pekan depan sudah ada lagi undangan untuk lounching sebuah rumah makan besar- ternyata masih ada lembaga menganggap blogger anak kecil yang gampang dibodoh-bodhin...

Semoga pengalaman saya ini bermanfaat buat teman-teman agar lebih berhati-hati dalam mengikuti lomba.... even yang mengadakan sebuah gerakan yang katanya anti korupsi seperti pengalaman saya ini, dan see untuk satu acara saja lembaga ini sudah melakukan minimal korupsi waktu, perbuatan tidak menyenangkan... wah kalau digali lebih dalam  masih ada lagi deh.... hehe...

T


15 Mar 2015

Gara-Gara Kopdar Akbar Guru Blogger Nasional, Nyesel Jadi Blogger

Alhamdulillah langit cerah di hari Minggu 15 Maret 2015 seolah memahami hatiku yang begitu cerah ceria.  Mengapa hatiku begitu cerah hari ini? Alhamdulillah bersyukur sekali bisa mengikuti Kopdar Akbar Guru Blogger Nasional Bersama Indosat di Gedung Pusat Indosat.  Pagi sekali bareng teman-teman Blogger Bandung sudah kumpul di meeting point yang sudah kami tentukan yaitu Gerbang Tol Pasir Koja.  Perasaan semangat diantara kami semua telihat dari canda ceria sepanjang perjalanan.

Nampang bareng dengan sebagian teman Blogger Bandung  



                                     
Sampai di Gedung Indosat tepat pukul delapan pagi.  Suasana masih agak sepi meski beberapa peserta sudah tampak mendatangi tempat acara. Selayaknya emak-emak yang lain, ga nyaman dong kalau langsung gabung dengan dandanan lecek karena perjalanan jauh, akhirnya kami serempak ke toilet untuk bebenah diri agar nyamn saat mengikuti acara.

Hmmm ... sueeger deh setelah bebenah,  kami pun segera naik ke lantai empat tempat acara berlangsung, whuaa ternyata sudah banyak yang hadir ternyata.  Segera kami mendaftar ulang dan berfoto bersama dulu.  Ditempat registrasi peserta diberi kesempatan untuk mendaftarkan diri di ICITY indosat.com.

Menjadi Blogger yang Menginspirasi

Setelah beberapa saat acara pun dimulai dengan dipandu dua MC keren teh Meti Mediya,,(whuaa ternyata teman bareng perjalan dari Bandung jadi MC yaahh hihi..ga bilang-bilang ih) ditemani Kang Ivan yang memandu acara dengan penuh semangat. Acara diawali dengan do'a bersama dipandu ustadz Bayu dari Bekasi, lalu sama-sama menyanyikan lagu Indonesia Raya.  Selanjutnya ada Bang Namin Sekjen Komunitas Sejuta Guru Nasional yang memberikan sambutan.  Bang Namin pun memanggil beberapa penasehat atau pini sepuh dari KSGN untuk tampil di pentas yang sudah disediakan.




Tak kalah menarik tampil kemudian founder KSGN Bapak Wijaya Kusumah yang biasa disapa Om Jay, beliau menyampaikan rasa syukurnya karena KSGN sudah menginjak usia pertamanya.  Ibarat bayi baru lahir KSGN masih tertatih baru belajar berjalan dan menggemaskan.  KSGN lahir untuk mengajak para guru untuk bisa ikut ngeblog sebagai alat rekam jejak yang ajaib.  Om Jay berharap agar para guru bisa rajin menulis dan ngeblog mengembangkan kreatifitas masing-masing.  Om Jay pun menyampaikan pesan Mak Indah Juliani dari grup KEB "Menulislah dari hatimu kelak engkau akan menemukan pembaca setiamu..."  Cieee... keren ya kutipannya.

Selanjutnya ada Mba Gina koordinator dari ICITY indosat.com mengupas tuntas apa itu ICITY indosat.com. Forum ICITY berfungsi sebagai Online Support Community,  didayai oleh komunitas para pengguna Indosat.  Forum ini memberikan bantuan dan informasi tips, testimoni trik dan pengalaman pribadi seputar layanan indosat, minat serta aktivitas komunitas.


Sessi Pa Dedi dan Bu Amiroh yang menginspirasi

Acara yang bertabur hadiah alias doorprice keren ini kemudian menampilkan bincang inspiratif dengan  guru blogger inspiratif.  Pembicara pertama ada pak Dedi Dwitagama seorang guru yang sudah mempunyai banyak pengalaman inspiratif di bidang perbloggan.  Guru yang terpilih sebagai salah satu dari 17 Blogger paling inspiratif tahun 2014. menuturkan bahwa begitu banyak manfaat yang telah ia peroleh karena ngeblog baik itu personal branding maupun materi.  Bisa jalan-jalan ke luar negeri gratis sampai bisa berganti mobil tiap tahun.... whuaaaa.....

Nyesel jadi Blogger........

Terus terang mendengar penuturan pak Dedi ini membuat saya benar-benar menyesal menjadi blogger.  Kok menyesal?  Iya menyesal pake bingits hihi... menyesal karena tidak sungguh-sungguh menekuni dunia blogging. Menyesal karena tidak menjadi blogger yang profesional.  Karena bukan saja terinspirasi secara materi yang dihasilkan tapi juga manfaat dari blog yang bisa menginspirasi banyak orang.  Begitu banyak tulisan dari blog yang mengubah nasib dan kondisi seseorang.

Pembicara kedua adalah Ibu Amiroh seorang guru SMK 3 di Jombang yang terpilih sebagai salah satu guru inpiratif juga.  Beliau menyampaikan tentang niat ngeblog, serba serbi tentang ngeblog dan teknik-teknik ngeblog.  Keren memang ilmunya karena memang beliau ahli dibidang IT dan sudah pernah menulis buku tentang teknologi komputer.

Setelah panjang lebar bercerita tentang ngeblog, diakhir pembicaraannya beliau berpesan bahwa

  • Jangan ngeblog untuk mencari uang
  • Jangan memikirkan trafik
  • Jangan ngeblog untuk mencari popularitas


Muhammad Subakri Guru SD terpencil yang menginspirasi

Muhammad Subakri dari Lumajang pendidik guru SDN Jambekumbu 01 Kec Jambekumbu di sebelah hutan dan lembah dekat lereng Gunung Semeru ia mengajar dengan  naik sepeda motor 25 km.   Mempunyai blog dengan nama Ayo mendidik.wordpress.com guru ini sangat menginpirasi dengan pembaca blognya yang mencapai 4 juta lebih pembaca.

Dengan blognya Muhammad Subakri dapat menolong banyak orang salah satunya adalah Devika yang mengalami cacat mata.  Dengan bantuannya yang menulis tentang Devika akhirnya Devika dapat dioperasi gratis.

Duh..duh... acara yang keren kan temans... bertabur ilmu... bertabur hadiah..bertabur inspirasi, semoga acara ini membuat semangat ngeblogku dan teman-teman pembaca menjadi semakin membara dan terinspirasi menjadi pribadi yang lebih bermanfaat.











7 Mar 2015

Seru-seruan di Car Free Day Dago

Pada tahu dong kalau tiap hari Minggu di Bandung ada beberapa titik yang dijadikan hari bebas kendaraan ? Memang sih bagi pengendara motor atau mobil jadi sedikit ribet kalo mau lewat jalan yang lagi ada car free day nya.  Saya juga pernah sampai harus puter-puter dulu, mana sendirian lagi padahal ruas jalan alternatif di Bandung ga hapal duh ... Untung nanya-nanya akhirnya ngikutin yang di depan aja...alhamdulillah selamat sentosa hehe...Tapi moment CFD memang harus ada, jadi tempat asyik buat masyarakat Bandung menikmati hari Minggu paginya..

Jadi ngelantur  hihi.. nah saya ingin cerita kalau Minggu 1 Maret 2015 kemarin tuh ada yang lain di Car Free Day Dago, ada apakah ? Penasarankan ?  Oke deh saya mulai ceritain aja yaa.. acaranya seru-seruan, untung bawa anak-anak jadi mereka ikut fun lah menikmati hari Minggunya yang murmer tapi asyik dan seru...


Dalam rangka mendukung Bandung menjadi kota kreatif, Sygma Innovation mengadakan acara bertajuk Creatif.iSMIdi acara CFD tepatnya di depan Gedung Bank Muammalat deket banget sama ITB dan Masjid Salmannya.  Eh bener gitu Bandung kota kreatif?  Syukur Alhamdulillah Walikota yang baru ini memang orangnya super kreatif yang ingin menjadikan kota dan masyarakat Bandung menjadi lebih kreatif, bangga deh jadi urang Bandung, meski sekarang tinggal di Cimahi saya juga pituin Bandung lah.. lahir di tengah-tengah Kota Bandung, sekolah dari TK sampai kuliah juga di Bandung hehe...

Ridwan Kamil sang walikota yang diusung partai PKS dan Gerindra ini memang keren abis, banyak inovasi-inovasi baru yang membuat penduduk kota Bandung meningkat index kebahagiaan hidupnya.  Dibuat taman-taman bertema, ada mobil Bandros keliling sampai Masjid Agung dan Alun-Alunnya disulap jadi tempat rekreasi yang murah meriah dan menyenangkan.  Belum lagi gebrakan penghijauan dan Sumur Bioporinya, bis gratis di setiap hari Senin dan Kamis buat pelajar, WiFi gratisan di Masjid-masjid dan lainnya....masih banyak kekurangannya, tapi kita bisa melihat keseriusan si Akang Emil dalam mengemban tugasnya.


Kembali ke laptop ya...nah di acara Creatif.iSMI itu Sygma ingin turut menyumbangkan dan mendukung program Kang Emil dengan mengajak masyarakat untuk bisa meningkatkan kreatifitasnya hal ini sesuai dengan Vision Passion dari Sygma Innovation Being Creative Solutions For All Creative Needs. Sygma innovtion yang merupakan bagian dari Sygma Creative Media Corporation (Sygma CORP) seperti kita ketahui juga sudah menciptakan berbagai produk kreatif dan inovatif yang terakhir yang saya tahu sih peluncuran Multimedia dan Digital Content bagi yang mau tahu banyak tentang ini bisa mampir ke Sini ya...

Hari itu dengan dua maskot robotnya yang berwarna biru dan oranye yang menjadi simbol kreatif menggelar acara-acara seru gratis untuk masyarakat kota Bandung.  Ada sketsa wajah gratis, belajar komik bareng, foto selfie berhadiah buku, bukunya juga boleh milih sendiri dari box yang disediakan. Acaranya diramaikan juga dengan penampilan grup perkusi dari SD Juara dengan alat perkusi dari barang-barang bekas..


Acaranya seru dan mengasyikan, disela-sela jalan-jalannya  para pejalan kaki di sekitar tempat berlangsung menyempatkan diri untuk berfoto selfie dan digambar sketsa wajahnya, ada juga yang nanya-nanya tentang proses pembuatan komik...  kayaknya rugi deh kalau tidak mampir, hadiah bukunya juga langsung, saya aja dapat tiga karena bawa dua anak.  Di foto di boots yang sudah disediakan terus di upload di fesbuk atau twitter dengan mengunakan hastag #creatif.iSMI...Asyiiik kan?


3 Mar 2015

Hihi... Benda Ini Yang Wajib Dibawa Saat Jalan-Jalan.... ^_^

Barusan blog walking nemu GA nya Mak Mira Anastasia jadi pengen ikutan deh....pas DL yak..duh ga apa-apa deh yang penting berpartisipasi, siapa tahu bisa menang hihi... *ngarep.   Tapi ga boleh  yang standar soalnya itu kan biasa ya.. hampir semua orang bawa.  Gaya blogger jalan-jalan ya HP/Kamera, Power Bank, Pulpen, Notes Book hampir semua blogger ya pasti seperti itulah.  Nah lalu apa dong yang setia menemaniku pergi saat jalan-jalan...? 

Barang-barang standar yang harus kubawa...
Sebagai emak - emak yang sudah lama jadi emak berarti anak-anaknya sudah besar dong ya... hihi.. jadi saya sudah tidak direpotkan lagi dengan barang-barang yang biasa kubawa saat anak-anak kecil seperti diapers, tempat susu, perlak, kayu putih, baju cadangan, picture book, tisu basah, mainan dan seperangkat lain kebutuhan batita atau balita...(Idiih jadi kangen masa-masa itu hihi... ngga deng sudah kenyang ah...)

Nah lalu apa dong benda wajib yang selalu kubawa setelah anak-anak beranjak besar?  Selain buku tentu saja, benda itu adalah... Tebak-tebak buah manggis yuuk.. Permen, biar gak ngantuk? Bukan.... Sapu tangan, tissu untuk lap keringat? Bukan ....Keresek? Bedak? Bukaaaaaaan.  Apa dong?  Gak ke tebak kan? Hehe...Sekarang sih selain yang standar di atas ya yang selalu ku bawa adalah... taraaa....Apakah itu?



Yap benda ini yang selalu kubawa sekarang, serba guna kalau lagi kegerahan tinggal semprot-semprot suegeeer, kalau di tempat ber AC biar kulit tidak menjadi kering.  Tentu saja nyemprotnya ga di depan umum.  Biasanya saya ke belakang dulu, atau sehabis wudlu biar tambah seger....

Itu aja deh benda wajib sekarang sambil kalau ada kesempatan ya jiwa mompreneurnya pun keluar hihi... tau dong lah ya......^_^

1st GA Benda yang Wajib Dibawa Saat Jalan-Jalan




Ikutan Developer Meet Up Bareng Saung IT

Sebagai Emak Emak Pengusaha loundry pasti sering dong saya berinteraksi dengan mahasiswa.  Sebagai warga negara yang tempat tinggalnya ditengah-tengah lingkungan kos-kosan sudah tak asing lagi bagi saya melihat gaya hidup mahasiswa.  Tapi kemarin berbeda, saya berinteraksi langsung dalam posisi yang berbeda, serasa menjadi mahasiswa kembali ikut hanya dalam semangat mereka meningkatkan kapasitas diri mereka masing-masng.

Ceritanya hari Minggu tanggal 1 Maret 2015 kemarin ada undangan untuk blogger mengikuti sebuah acara oleh Saung IT di Cafe Halaman Jalan Taman Sari no 92 Bandung.  Sebagai emak-emak yang lagi haus pengetahuan tentang website dan segala sesuatunya yang berhubungan dengan IT ehem hihi... dengan semangat empat lima saya pun menyanggupi untuk mengikuti acara itu.  Sebetulnya saya blank sekali dengan acara yang bertajuk Developer Meet Up itu.  Tapi karena yang mengundang Saung IT saya pikir pastilah berhubungan dengan IT.  Kalau bukan saung IT pasti asosiasi kata developer langsung pada pengembang property berupa perumahan... hahaha... *pemikiran emak-emak banget.

Tadinya kupikir acaranya deket banget dengan Salman ITB jadi anak-anak yang baru ikutan acara seru-seruan di Freeday Car bisa bermain  di Salman sambil sesekali bolak-balik ke tempat emaknya, etapi ternyata lumayan jauh hingga tak mungkin meninggalkan mereka di Salman.  So jadinya saya minta izin sama Mas Rolly sang pengundang untuk membawa dua anakku dan ternyata boleh karena acaranya juga diseting santai dan bertema keluarga.

Me and my daughters, Mr Hendry from Buzz City and Mr Trisna from Saung IT ...^_^


Saung IT sebuah komunitas yang mewadahai mahasiswa dan umum yang tertarik dengan dunia IT memfasilitasi pertemuan Developet Meet Up ini yang rutin digelar sebulan sekali.  Kali ini menampilkan enam kelompok yang akan mempresentasikan project mereka yang sudah dirancang selama sebulan ini.

Penanpilan pertama adalah dari kumpulan beberapa mahasiswa UIN jurusan IT yang mempresentasikan aplikasi yang mereka buat yaitu Aplikasi Android Indonesiaku.  Aplikasi ini memberikan kemudahan bagi penggunanya yang memerlukan informasi tentang tempat-tempat parawisata di seluruh Indonesia.

Presentasi kedua berasal dari umum yaitu Pa Trisna yang mempresantikan aplikasi Sholat Yuuk...  Sebelum presentasi Pa Trisna mengungkapkan rasa syukurnya karena dengan memiliki semangat dan motivasi yang tinggi serta target ternyata komunitas ini telah berhasil membuat  enam aplikasi dalam satu bulan ini.  Sebuah pencapaian yang awalnya mereka anggap tidak mungkin.  Dalam mencapai sebuah gunung yang tinggi, mencapai bukit - bukit yang lebih rendah adalah proses.  Demikian juga aplikasi yang dibuat kelompok di komunitas ini adalah tahapan capaian-capaian sebelum membuat yang lebih bagus lagi.

Sementara itu aplikasi Sholat yuuk adalah aplikasi yang dibuat hanya selama 4 hari.  Aplikasi ini berfungsi untuk mengingatkan pemasang apliksi akan waktu-waktu sholat yang waktunya otomatis menyesuaikan dimana pun pengguna berada.  Selain itu ada lokasi masjid dan peta menuju masjid..  Aplikasi ini sedang dikembangkan lagi disesuaikan dengan kebutuhan dan input-input yang diterima.

Selanjutnya ada Prima dan Chandra dari BSI yang mempresentasikan Web Sepak Berita sebuah portal berita yang khusus memberitakan sebak bola secara real time dan uptodate.  Aplikasi ini memang untuk untuk para penggila bola.

Ada lagi Faisal yang juga MC acara ini, mepresantasikan Mobil Mading Unikom.  Aplikasi ini memungkinkan para pengguna khususnya mahasiswa Unikom yang memerlukan informasi dari mading mengaksesnya secara online

Presentasi kelima dibawakan oleh Afwan yang membuat sebuah aplikasi bernama Privat Market Place.  Aplikasi ini membantu memberi informasi kepada para pencari guru privat sekaligus untuk memesannya seandainya tertarik untuk menggunakan jasa guru tersebut.  Aplikasi ini juga bisa memberi like dan rate kepada para guru yang disukainya.

Sebelum presentase terakhir ada Mas Hendri dari Buzz City yang menerangkan tentang apa itu Buzz City.  Bahasa kerennya sih Buzz City itu sebuah Global Mobile Internet Advertising yaitu sebuah perusahaan yang memfasilitasi mengiklankan produk-produk di seluruh dunia. Buzz City juga bekerjasama dengan para publisher melalui mobile website, website, aplikasi mobile dan blog widget.  Pada kesempatan itu pula Mas Hendry menjelaskan market overview di Indonesia, Smart Phone User Behaviour dsb yang intinya siih menggambarkan betapa masih luasnya pasar di dunia maya bagi mereka yang dapat memanfaatkannya.

Mahasiswa dan Mas Hendri, Kang Rolly berfoto bersama sesaaat setelah acara usai




 

Terakhir presentasi dari beberapa mahasiswa UIN yang membuat website Je bol.com yaitu sebuah website yang membantu penggunanya membuat kostum bola klub kebanggaan masing-masing jadi  Make your jersey yourself gitu loh.... Bagi mereka yang kesulitan mendesain dan tidak mengerti aplikasi pembuatan design jersey. Je bol.com membantu dengan memberikan fitur-fitur yang sangat mudah sehingga siapapun bisa membuat design jersey nya dengan mudah.

Sungguh pengalaman yang mengasyikan bisa mengetahui ada komunitas seperti ini dan ada mahasiswa-mahasiswa yang semangat menggunakan masa mudanya untuk sesuatu yang positif.  Bravo Saung IT.. aku padamu deh...hihi...