**/ Cerita Ida : Betulkah Kita Ingin Sukses

blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

30 Mei 2015

Betulkah Kita Ingin Sukses

Yang saya pahami, kalau sesuatu itu penting bagi kita maka sesuatu itu akan menjadi hal yang kita utamakan dan tidak kita sepelekan.  Ketika kita ditanya tentang sesuatu itu maka otomatis kita bisa menjawabnya dengan lantang karena sudah ada di bawah alam sadar kita, karena sesuatu itu penting bagi kita.  Setujukah?

Yang jadi masalah adalah ketika menganggap sesuatu itu penting tetapi ketika ditanya tentang sesuatu itu kita membutuhkan waktu yang lama untuk menjawabnya.  Apakah benar sesuatu itu penting dalam hidup kita?

Sumber: Kikasyafii.com

Itulah yang terjadi, kita menganggap sesuatu itu penting tetapi dalam kenyataannya kita sudah menyepelekan dan itu berarti kita menganggapnya sudah tidak penting.  Seseorang ditanya apa yang paling penting yang ingin anda capai?  Dan ia menjawab "Saya ingin sukses" Lalu mengapa Anda ingin sukses?  Ketika orang itu perlu berpikir lama atau memberikan jawaban yang tidak jelas maka ia sudah menganggap keinginannya yang paling penting itu tidak penting.

Seorang yang sukses sudah tau pasti untuk apa ia sukses.  Dan ketika ia ditanya kenapa ia ingin sukses, ia dengan lantang akan menjawabnya, karena itu sudah ada di bawah alam sadarnya, karena itu sudah menjadi hal yang penting bagi dirinya. Right?  *haha ketularan Ipho

Kita bisa sukses menjadi apa saja yang kita inginkan ketika sukses itu menjadi hal yang penting bagi kita, ini dibuktikan dengan adanya alasan yang kuat yang sudah terekam erat dalam memori bawah sadar kita. Dan alasan itu adalah Value, nilai, sesuatu yang berharga yang harus dicapai. Semakin tinggi nilai sesuatu semakin bersemangatlah kita mencapainya.

Value atau nilai memiliki peran sebagai filter yang beroperasi di bawah alam sadar kita yang menentukan fokus kita dan bagaimana kita memanfaatkan waktu.  Semakin bernilai sesuatu itu semakin banyak waktu yang kita gunakan untuk melakukan itu. Value ini adalah sumber motivasi, Value seseorang bisa berubah sesuai perkembangan dan pertumbuhan diri kita.

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa pengaruh bawah sadar terhadap diri manusia sebesar 90% sementara pikiran sadarnya hanya 10%.  Bisa kita pahami mengapa seseorang belum sukses karena ternyata alam sadarnya belum menginginkan itu walau alam sadarnya mengatakan ingin sukses. Ia tidak fokus dalam mengejar impiannya, mudah terganggu dan mudah goyah dan sesuatu yang dikerjakan tidak fokus maka hasilnya tidak akan maksimal.

Seperti halnya kita menggunakan kaca pembesar untuk membakar kertas dengan menfokuskan matahari menjadi satu titik.  Hal ini tidak mungkin dicapai bila sebentar-sebentar kita menggerakkan kaca pembesar itu.  Motivasi untuk mempertahankan fokus ditentukan oleh seberapa penting menurut pikiran kita, kita perlu membakar kertas itu.

Jadi sudahkah sukses menjadi hal yang penting dalam diri kita dan sudah terekam kuat di alam bawah sadar kita?

Disarikan dari
Live Value: The Source of Motivation
Kesalahan Fatal dalam Mengejar Impian  (Adi W Gumawan)

6 komentar :

  1. Kadang kita suka tidak fokus saat mengejar mimpi, itu yang bikin penghalang mimpi terwujud jadi kenyataan ya mbak. Tulisannya sanget menyentil nih, hahahaaa. Makasih yaa :D

    BalasHapus
  2. Kesannya sepele, masak ada sih orang yang ngga kepengen sukses ya, tapi inginnya juga harus yang sungguh2 iya kan maak

    BalasHapus
  3. Definisi sukses bisa berbeda setiap orang. Namun kesuksesan akan tercapai bila yang bersangkutan benar-benar ingin mewujudkan impian untuk menjadi orang sukses seperti yang ia mau.

    BalasHapus
  4. Iya ya, gampang banget orang bilang sukses tp nggak bisa mendeskripsikan sukses yg gimana, apa sukses sampai punya duit sekian, sukses jadi direktur atau sukses punya keluarga bahagia. Sukses jd sesuatu yg abstrak. Manusia yg tak sempurna tak mungkin sukses semua bidang. Kudu fokus.

    BalasHapus
  5. Ternyata fokus adalah salah satu jalan menuju sukses ya mak... selama ini masih suka kehilangan fokus sama rencana yang udah dibuat... hiks

    BalasHapus
  6. Sukses adalah pilihan, siapapun yg mau sukses harus mencapainya dengan sungguh-sungguh dan kerja keras,,

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^