**/ Cerita Ida : Empat Hal Penting yang Harus Dipersiapkan Menghadapi Ramadhan

blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

5 Mei 2015

Empat Hal Penting yang Harus Dipersiapkan Menghadapi Ramadhan

Tidak sampai dua bulan lagi kita akan menghadapi bulan yang penuh keberkahan, bulan ramadhan yang mulia. Sayang sekali  kalau ramadhan berlalu begitu saja. Ada malam yang lebih baik dari seribu bulan, yang apabila kita beribadah pada malam itu maka pahalanya sama dengan beramal  seribu bulan.  Ada gelar takwa yang akan kita raih bila sukses menjalaninya. Ada surga sebagai balasannya.

Berpuluh kali kita bertemu dengan bulan ramadhan, tetapi apakah gelar takwa telah kita raih?  Apakah kita meyakini bahwa kita pernah terpilih sebagai pribadi yang mendapatkan malam lailatul qadar?  Apakah selepas ramadhan kita menjadi lebih baik, amalan kita tidak menurun bahkan bertambah? Hanya diri kita sendiri yang mampu menjawabnya.

sumber: portalmahasiswa.com

Kita tak ingin bulan suci itu berlalu begitu saja, tanpa memberi kebaikan dalam kehidupan kita,  Agar dapat menjalaninya dengan lebih baik tentu harus ada persiapan khusus sebelumnya.  Kalau Rasulullah SAW dan para sahabat mempersiapkan jauh sebelum bulan itu tiba, maka kita pun harus berupaya melakukan persiapan agar dapat meraih ketakwaan.  Persiapan apa saja yang harus kita lakukan?  Yuuk kita simak empat persiapan penting dalam menghadapi bulan ramadhan ini, mumpung masih ada waktu sebulan lebih lagi...

1.  Persiapan Fikriah
Persiapan Fikriah adalah persiapan yang berkaitan dengan ilmu yang berhubungan dengan bulan Ramadhan, terutama fiqih syaum, kita harus memahami hal-hal apa saja yang menyebabkan syaum kita batal, atau berkurang pahalanya.

2. Persiapan Ruhiyah
Persiapan ruhiyah adalah persiapan yang berkaitan dengan kesiapan ruhani kita.  Meningkatkan kedekatan diri kita kepada Allah SWT agar kita diberi kemudahan dan kesuksesan dalam menjalaninya.  Caranya adalah dengan meningkatkan amalan yaumiyah kita, baik itu sholat wajib dan sunnah, memperbanyak syaum sunnah, memperbanyak tilawah al qur'an, memperbanyak infak dan shodaqoh serta amal sholih lainnya.

3. Persiapan Jasadiyah
Persiapan Jasadiyah adalah persiapan yang berkaitan dengan fisik kita.  Agar kita bisa sehat dan prima dalam menjalani puasa kita, maka kita harus mempersiapkan fisik kita agar selalu sehat dengan berolah raga teratur, makan yang halal dan thoyib, tidak memforsir tubuh kita diluar kemampuan kita. Sangat disayangkan kalau di bulan ramadhan yang berkah ini kita sakit karena kita tidak akan optimal melaksanakan syaum kita.  Selain itu kita harus banyak berdoa agar diberi kesehatan dan kemudahan dalam menjalani bulan ramadhan nanti.

4.  Persiapan Maliyah
Persiapan Maliyah adalah persiapan yang berkaitan dengan harta atau guyonnya persiapan rupiah.  Amal ibadah di bulan ramadhan diberi pahala berlipat, alangkah bahagianya kita bila pada bulan ramadhan dapat berinfak yang lebih banyak dari bulan lainnya.  Selain pahala berlipat, berinfak pada bulan ini memiliki kemanfaatan lebih karena pada bulan ini kita bisa memberikan makanan untuk orang yang berpuasa.  Selain itu juga biasanya kebutuhan hidup di bulan ini lebih meningkat, walau sebenarnya justru di bulan ramadhan seharusnya kita bisa hidup lebih hemat.  Tetapi budaya, adat istiadat serta kebiasaan kita menjelang lebaran membuat kebutuhan pada bulan ini meningkat. Sebuah realita yang tidak sesuai dengan idealitanya memang, tapi sampai saat ini belum bisa kita hilangkan.

Itulah empat persiapan yang harus kita lakukan menjelang bulan ramadhan, semoga kita semua bisa lulus dalam menjalaninya dan dapat meraih target bulan ramadhan yaitu menjadi manusia yang bertaqwa.  Aamiin Allohumma Aamiin

5 komentar :

  1. Ramadhan memang jadi bulan yang ditunggu-tunggu ya mak. Terima kasih sudah berbagi informasinya. InsyaAllah bermanfaat..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul sekali. Sama-sama Mak. Alhamdulillah kalau bermanfaat ^_^

      Hapus
  2. Alhamdulillah dibekali info ttg persiapan puasa di bln RAMADHAN. trims bu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sami-sami kang... lg ngereminder diri sendiri juga ^_^

      Hapus
  3. yuk siap-siap bekel Ramadhan....

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^