30 Jun 2015

Meraih Sukses dengan Sholat

Meraih Sukses dengan Sholat

Sebagai seorang muslim kita semua memahami bahwa sholat adalah tiang agama, barang siapa yang mendirikan sholat berarti ia telah menegakkan agamanya dan barang siapa yang tidak mendirikan sholat berarti ia telah meruntuhkan agamanya.  Sholat adalah pembeda yang jelas antara muslin dan non muslim. Lalu mengapa sholat mempunyai peran begitu penting hingga barangsiapa yang mendirikan sholat dikatakan menegakkan agamanya?

Tidak banyak yang bisa menggali hikmah dari sholat, sholat dikatakan sebagai tiang agama tentu ada sesuatu yang mendalam yang bisa kita gali dari hikmah sholat itu.  Yuuk kita bahas apa saja yang bisa kita ambil hikmah dari sholat.

Sumber: akirafirdhie.worpress.com


1.  Sholat mengajarkan disiplin akan waktu

Sepertinya hanya agama Islam yang sangat perhatian pada waktu di setiap perputaran harinya.  Coba saja tiap saat kita selalu diingatkan dengan waktu.  Di mulai dengan waktu shubuh, kita sudah diingatkan akan waktu, kemudian ada Dhuha, Dzuhur, Asar, Maghrib, Isya kemudian tengah malam hingga dini hari dengan Sholat Tahajud sampai Sholat Fajar.

Lihatlah begitu banyaknya Islam mengingatkan pentingnya waktu, hingga dalam al qur'an pun banyak yang mengingatkan masalah waktu ini.  Bahkan ada surat dan ayat yang langsung menyebutkan suatu saat.  Al Ashr  Demi waktu mengingatkan sesungguhnya manusia berada dalam kerugian kecuali mereka yang memanfaatkan waktu untuk beramal shaleh dan nasehat menasehati dalam kebenaran.  Al Lail, Adh Dhuha dan lainnya...

Begitu perhatiannya Islam pada waktu mengingatkan kita umat Islam untuk sangat menghargai waktu. Barangsiapa yang bisa memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya maka ia akan sukses.

2.  Sholat mengajarkan kebersihan

Sebetulnya Islam sangat perhatian dengan kebersihan, bahkan ada hadist yang mengatakan bahwa kebersihan sebagian daripada iman.  Sayangnya kita umat Islam banyak yang menjauh dari ajarannya, salah satunya tidak memberikan perhatian yang banyak pada kebersihan.

Perhatikan di dalam sholat, mulai dari tempat, pakaian hingga diri kita harus dalam keadaan bersih ketika mendirikan sholat.  Ini adalah petunjuk bahwa kita harus selalu menjaga kebersihan diri, tempat dan pakaian kita.  Bayangkan minimal lima kali sehari kita harus membersihkan badan kita dari kotoran dan najis.

3.  Sholat mengajarkan tumaninah.

Di dalam sholat kita diajarkan untuk bersikap tenang tidak tergesa-gesa. Ini bukan berarti berlambat-lambat, tetapi artinya tidak grasa - grusu, ada SOP yang jelas hingga semua dikerjakan dalam kendali yang jelas.

4.  Sholat mengajarkan fokus

Dalam meraih sukses kita harus bisa fokus dalam meraih cita-cita dan impian kita, sholat pun mengajarkan kita untuk bisa focus pada satu tujuan.  Hanya mengingat Allah, hanya berkat-kata sesuai yang diperintahkan di dalam sholat, tidak mudah tergoda oleh hal-hal di luar sholat.

5.  Sholat mengajarkan tawadlu

Dalam sholat ada saatnya kepala sejajar dengan kaki, hati yang selalu menunduk pada kebesaran Allah SWT, ini mengajarkan kita untuk senantiasa belajar rendah hati dan tidak sombong.  Salah satu kunci meraih sukses adalah tidak sombong, mau belajar dari siapa saja, mau menerima kelebihan dan kesuksesan orang lain.

6.  Sholat mengajarkan untuk tertib

Tertib sangat dibutuhkan untuk meraih sukses, tertib dalam menempatkan sesuatu pada tempatnya.  Dengan disiplin untuk tertib maka kita akan senantiasa rapi dalam segala hal.  Karena yang menyebabkan sesuatu berantakkan, yang menyebabkan rumah kita berantakan karena kita tidak menyimpan sesuatu pada tempatnya.

7.  Sholat mengajarkan untuk menyebarkan salam

 Diakhir sholat kita mengucapkan salam, sebuah garansi kepada yang lain bahwa diri kita harus menyebarkan kasih sayang, tidak merugikan orang lain.

Subhanalloh begitu agung dan sucinya ajaran Islam ini, hingga dari satu perintah saja, bila kita mendirikannya, tidak hanya melaksanakkannya saja kita bisa meraih sukses di dunia dan akhirat.  Marilah kita sama-sama belajar untuk tidak hanya melaksanakan sholat, tetapi mendirikan sholat, dalam arti kita aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari kita.

27 Jun 2015

Agar Ramadlan Kali Ini Lebih Baik

Agar Ramadlan kita kali ini lebih baik apa yang harus kita lakukan?  Hal ini harus benar-benar kita usahakan karena barangsiapa yang ramadlan kali ini sama dengan ramadlan tahun lalu ia termasuk orang yang merugi, dan ramadlan kali ini lebih buruk maka ia termasuk orang yang celaka.

Siapakah yang tahu kehebatan Bulan Ramadlan? Orang yang berilmu dan yang beriman.  Tetapi ada yang lebih tahu kehebatan Bulan Ramadlan. Siapakah dia?  Orang yang telah wafat.  Mereka yang telah wafat sangat tahu kehebatan Bulan Ramadlan ini, dan seandainya mereka masih hidup mereka akan sangat merindukan  suatu malam yang mana malam itu akan menghapus seluruh dosanya selama hidup di dunia hingga ia akan nyaman di alam kuburnya, yaitu malam lailatul qadar.

Sumber:thisismystorylah.blogspot.com

Lalu apa yang harus kita lakukan agar ramadlan kali ini lebih baik dari ramadlan tahun yang lalu?

Usia kita tidak akan bertambah, usia kita akan berkurang, akan sangat rugi bila setiap detik hidup kita tidak memberi nilai tambah dalam kehidupan kita.  Maka di Bulan Ramadlan ini kita harus manfaatkan waktu kita dengan sebaik-baiknya, selalu memberikan nilai tambah bagi kita.

Manfaatkan Waktu Sahur dengan Maksimal

Sahur merupakan amalan sunnah yang dilakukan oleh Rasulullah SAW, maka seyogyanya kita melaksanakan sahur ini dan usahakan jangan sampai tertinggal satu hari pun. Sahurlah walau hanya dengan seteguk air..

Sahur yang dicontohkan Rasulullah diakhir waktu, sepanjang 50 ayat yang dibaca tartil atau kurang lebih 30 menit.  Jadi waktu sahur terbaik kurang lebih 30 menit sebelum adzan berkumandang.

Banyaklah berdo'a saat sahur.  Saat waktu sahur adalah saat diijabahnya do'a. Mintalah ampun, mintalah rezeki, niscaya Allah akan mengabulkan do'a kita.

Banyak beristigfar pada waktu sahur  Jangan biarkan waktu sahur kita, kita gunakan untuk banyak tertawa dengan menonton hiburan di televisi. Sungguh merugilah kita, waktu terbaik kita biarkan dengan berlalai-lalai dari mengingat Allah SWT.


Manfaatkan Saat Berbuka dengan Sebaiknya

Segerakanlah berbuka syaum sesuai pada waktunya. Jangan ditunda-tunda. Berbukalah dengan kurma, itu yang disunahkan, bukan berbuka dengan yang manis atau berbuka dengan bala-bala.  Kurma, itu yang disunahkan dan disebutkan dalam hadist.  Kalau ada kurma basah sesuai yang disunahkan, kalau tidak ada dengan kurma kering.


Sumber: blogfyna.com
Lakukan Shalat Tarawih

Lakukanlah tarawih karena iman dan ridla Allah niscaya Allah akan mengampuni dosa kita. Lakukan dengan khusyu dan tidak tergesa-gesa.

Perbanyak Sedekah

Shadaqoh terbaik adalah saat ramadlan, maka perbanyak shodaqoh di bulan ini.  Niscaya Allah akan membalasnya dengan berlipat ganda.

Perbanyak Tilawah Al Qur'an

Bulan Ramadlan juga disebut Syahrul Qur'an.  Maka perbanyak membaca al qur'an di bulan ini.  Rasulullah mencontohkan bulan Ramadlan digunakan untuk belajar, setoran hapalan al qur'an kepada malaikat jibril.

Niatkan Beritikaf

Di Bulan Ramadlan kalau singgah ke masjid harus diniatkan itikaf, lebih baik lagi kita bisa menggunakan 10 hari yang terakhir dengan itikaf. Manfaat itikaf kita bisa merenungi masa lalu, memikirkan apa yang kita lakukan hari esok. Memberi ketenangan, ketentraman, dan memberikan cahaya pada hati yang penuh dosa. Beritikaf di 10 hari terakhir akan terbebas dari dosa-dosa karena disepuluh hari terakhir itu ada malam lailatul qadar.

Semoga Ramadlan kali ini adalah ramadlan yang terbaik untuk kita.... Aamiin Allohumma Aamiin ^_^










26 Jun 2015

Tiga Semangat di Bulan Ramadlan dari Aagym

Seperti biasa usai shalat shubuh di radio MQ selalu ada ceramah shubuh setelah sebelumnya diperdengarkan dzikir al matsurat atau lantunan ayat - ayat al qur'an.  Pun demikin dibulan suci ramadlan ini, dimana semua harus meningkatkan intensitas ibadahnya.  Bedanya karena shubuhnya agak siang dan ceramah dimulai tepat pukul 05.00 maka dzikir al matsurat selalu terpotong tidak sampai selesai.

Ceramah kali ini diisi oleh Abdullah Gymnastiar alias Aa Gym, seperti biasa da'i kondang ini selalu membawakan materi tentang hal yang ringan namun penting dan bersifat praktis yang terjadi di kehidupan sehari-hari.  Di Bulan Ramadlan ini ceramahnya memang selalu berkaitan dengan syaum dan ramadlan. Karena menurut saya ceramah kali ini menarik, saya tertarik menuliskannya kembali, tidak persis sama, banyak ditambah dan dikurangi tapi esensinya sama tentang tiga semangat yang harus kita latih di Bulan Ramadlan ini.

Menurut Aa ada tiga semangat yang harus kita hidupkan dalam diri kita terkait dengan bulan Ramadlan ini.., melatih tiga semangat ini Bulan Ramadlan ini rasa-rasanya memang cocok, karena langsung teraplikasikan dalam kehidupan sehari-hari kita.  Lalu apa saja kah ketiga semangat itu..?

twitter.com

1.  Semangat Bersaudara

Seperti yang kita ketahui di bulan Ramadlan ini kita banyak dihadapkan pada banyak perbedaan yang terjadi di masyarakat.  Mulai dari perbedaan awal mulai syaum, banyak rakaat sholat tarawih sampai penetapan Hari Raya Iedul Fitri alias lebaran.

Perbedaan adalah sebuah keniscayaan, dalam kehidupan diluar ibadah pun kita selalu mendapati banyak perbedaan.  Seyogyanya hal ini disikapi dengan penuh kedewasaan agar tidak terjadi perselisihan tentang masalah khilafiah ini.  Setiap orang mempunyai alasan atau landasan dalam berpijak, selama mempunyai dasar kita harus menghormati itu.  Kita harus lebih mendahulukan semangat persaudaraan di atas segala perbedaan.  Karena sesama muslim itu pada hakikatnya adalah bersaudara.

2. Semangat Bersolusi

Kita banyak mengkritisi, atau memperbincangkan hal-hal yang salah terkait yang terjadi di masyarakat secara umum, atau lebih parah lagi bergunjing membicarakan orang lain.  Si A begini Si
Si B begitu. tanpa memikirkan manfaat kita berbicara tentang itu.

Kalau kita peduli pada sesuatu seharusnya yang kita pikirkan adalah solusinya bagaimana, bukannya malah hanya membicarakannya terus menerus, dimana-mana dan ke sana ke mari, takutnya nanti jatuh pada ghibah alias bergunjing yang katanya dosanya lebih besar daripada berzinah.  Bukan berarti mending berzinah kalau begitu seperti yang suka jadi bahan candaan orang - orang tidak paham, yang harus kita pikirkan berzinah saja sudah dosa besar apalagi bergunjing.

3.  Semangat Sukses Bersama

Sebagai makhluk sosial kita tidak boleh hanya memikirkan diri sendiri.  Di dalam Islam hal itu pun sangat diperhatikan, bukankah ada sebuah ayat yang mengatakan "Yang terbaik diantara kamu, adalah yang paling bermanfaat bagi yang lain..?" Ayat ini seharusnya menjadi sebuah semangat untuk kita untuk bisa sukses bersama-sama.

Bagi orang yang memiliki penyakit di hatinya, jangankan ingin sukses bersama, menerima keberhasilan orang lain dengan lapang dada kadang terasa sangat sulit.  Boro-boro mengucapkan selamat atas kebahagiaan atau keberhasilan seseorang yang ada perasaan dengki atau tidak senang dengan kesuksesan orang lain.  Butuh kebersihan hati untuk menerima dengan lapang dada keberhasilan orang lain, ketika hati kita bersih kita akan dengan mudah menerimanya dan ikut senang serta mampu mengucapkan selamat kepadanya.

Justru hati yang bersih, hati yang lapang, tidak dengki pada keberhasilan orang lain serta semangat untuk sukses bersama, itu adalah salah satu tanda kita suskses dalam hidup kita. Sukses menjadikan diri kita pribadi yang bersih yang tidak dengki pada keberhasilan orang lain.  Karena semua kesuksesan atau keberhasilan kita dan kebahagiaan kita harus berorientasi pada akhirat.  Allah ridla tidak?  Allah suka atau tidak?  Karena hidup kita yang abadi, hidup yang sebenarnya adalah di akhirat nanti.  Suka atau tidak suka, lama atau sebentar saat itu pasti akan datang.

Wallohu'alam

*Note: Tidak bermaksud menyindir siapapun, karena sebenarnya semua tausyiah itu akan menyindir semua hati2 yg merasa, hati2 yg msh bisa terketuk ^_^

25 Jun 2015

Perawatan Kulit Cantik Nan Sehat Ala DF Clinic

Siapa sih yang tak ingin cantik, semua orang tentu ingin kelihatan cantik.  Berbagai cara dilakukan oleh setiap orang agar terlihat cantik.  Sayangnya banyak yang ingin cantik dengan cara yang asal saja, asal kelihatan cantik, asal kulit putih dengan cara instant tanpa menggunakan akal sehatnya.  Cantik yang mungkin oleh sebagian besar orang diidentikan dengan kulit wajah yang putih mulus membuat orang - orang berlomba memutihkan wajahnya dengan berbagai cara.  Membeli krim wajah yang dijual bebas dipasaran, tanpa tahu asal-usul bebet-bobotnya... (kayak nyari jodoh aja bahasanya hihi..)

Berbicara tentang perawatan kulit wajah, dua pekan lalu saya bersama teman-teman blogger sempet rame-rame  mengunjungi sebuah klinik perawatan kulit di daerah Sukajadi, tepatnya Jalan Lemah Neundeut no 10 Bandung. DF Clinic namanya, tapi yang terpampang di depan gedung megah berlantai empat ini  tulisannya DF Centre ya.... 

Sebetulnya saya sudah tidak asing dengan DF clinic ini, karena ada salah satu pegawai saya yang anaknya kerja di DF tepatnya di pabrik racikan obatnya, wajah pegawai saya itu kinclong deh.. kebetulan juga wajah putih, meski sudah keliatan berumur karena memang usianya hampir lima puluh tahunan, tapi bersih dan segar tidak ada flek-flek hitamnya, selidik punya selidik dia menggunakan krim wajah dan perawatan lainnya dari DF yang ia dapatkan secara gratis dari anaknya. Saya juga akhirnya menggunakan pembersih wajah, toner, serta krim siang dan malam dari DF ini...alhamdulillah cocok.

Gedung DF Clinic Jl. Lemah Neundeut No 10 Setrasari Bandung

Siapa sangka kalau akhirnya saya bisa juga mendapat perawatan dari DF, mencoba treatment Micro Dermabrasi yaitu perawatan menghilangkan sel kulit mati dan penyumbat pori dengan teknik abrasi alias pengelupasan kulit. Usai di treatment ini perasaan kulit jadi bersih deh. Si sulung juga bilang "Iya..kulit wajah umi jadi beda...asa lebih cerah deh.." ehmm seneng atuh si Umi hehe... Iya betul, saya akhirnya ngambil treatment ini beberapa hari setelah ngobrol bareng di DF.  Jadi penasaran soalnya, eh percaya deh...setelah nyoba sekali jadi ketagihan.....

dr Sherley dan Kang Rhenza lagi memberi keterangan

Waktu kami ke sana kami bertemu dan ngobrol bareng dengan  salah satu dokter yang praktek di sana.  Namanya dolter Sherley, kulitnya putih bersih dan segar, ya iyalah masa dokter kulit yang menangani perawatan kulit wajahnya kusam hehe. Yang menarik dokter Sherley ini langsung bisa menebak 'kesalahan' pola hidup kita, cukup dengan memandang wajah kita beberapa detik.  Dengan gayanya yang ringan dan kocak dr Sherley langsung menembak kita dengan kata-kata "Lu jangan setresan ya...", "Lu kurang minum.." "Lu kurang tidur deh...".  Tapi dengan gayanya itu membuat kita nggak canggung dan enak untuk berkonsultasi.

Doctor First

DF Clinic berawal dari niat luhur sang owner bernama dokter David, yang tak ingin kisah mamanya teralami oleh orang lain.  Ceritanya mamanya dokter David  ditransplantasi silikon wajahnya tapinya hasilnya malah mengecewakan, bukan wajah cantik yang di dapat, tapi wajahnya jadi ga puguh, kayak bengkak-bengkak gitu....dokter David tak ingin kejadian yang dialaminya terulang, ia yang saat itu sedang kuliah kedokteran bertekad untuk memperdalam ilmunya di bidang kecantikan dan kelak ingin membuat kllinik perawatan wajah yang kredibel dan bertanggung jawab.

Pada akhirnya setelah lulus kuliah dr David berhasil merintis sebuah klinik perawatan, yang ia beri nama DF Clinic, berasal dari kata Doctor First sesuai dengan cita-cita dan niat luhurnya membuat klinik perawatan yang kredibel dan bertanggung jawab.   Df Clinic tumbuh menjadi sebuah klinik perawatan berkonsep Aesthetic & Anti Aging Clinic terpadu dengan konsep pelayanan "One Stop Service".  DF clinic memiliki hampir semua jenis perawatan dan pelayanan secara menyeluruh mulai dari rambut dan kepala, wajah, badan, spa,  rekonstruksi, laser dan anti aging.

DF Clinic ini didukung oleh Tim Dokter spesialis yang ahli dan profesional di bidangnya seperti spesialis Orto, spesialis bedah mulut untuk Dental, spesialis rehab medic untuk medical spa. Dengan American Board Certified untuk esthetika dan anti aging.

Jadi jangan harap kita datang ke DF terus langsung minta treatament tertentu, ternyata di DF tidak bisa langsung seperti itu.  Facial yg di salon kecantikan lain bisa langsung, di DF harus melalui konsultasi dokter dulu.  Harus ada diagnosa dari dokter setelah itu dirujuk facial apa yang cocok untuk wajah kita.

Credit : Erry...  Teman - teman lagi menguji usia tubuh...sesuaikan dengan umur biologis kita?

Produk Kosmetik dan Obat yang Aman

Nah bagi teman yang suka pake krim malam, krim siang yang ada whiteningnya karena kulitnya ingin putih atau menggunakan kosmetik sembarang tanpa ada rekomendasi dokter, hati-hati lho...karena menurut Kang Rhenza sang General Manager DF yang sore itu bersama dr Sherley menemani kami, 80% produk yang beredar di pasaran sengaja dibuat agar membuat konsumen ketergantungan. Kalau kita berhenti menggunakan produknya akan berefek jelek ke wajah kita seperti timbulnya flek hitam dan sebagainya.  Bahkan untuk jangka panjang bisa menimbulkan kanker kulit...hiiiy...Nah lho.... hati-hati ya.... Kebanyakan produk kosmetik itu mengandung steroid yang dalam jumlah tertentu merupakan obat bagi kita, tetapi kalau kebanyakan atau tidak di bawah pengawasan dokter akan menjadi racun bagi kita.

Nah di DF Clinic ini beda, memang ada juga produk yang mengandung steroid tapi semua di bawah pengawasan dokter yang sudah mendiagnosis kulit wajah kita, jadi masing-masing orang akan mendapatkan produk yang berbeda disesuaikan dengan kondisi wajah kita. O ya DF Clinic ini punya pabrik sendiri jadi kualitas produknya sangat terkontrol, etapi ada juga beberapa produk yang bersifat obat diimport dari Kanada dan Australia.

Salah satu ruang tunggu di DF yang luas dan nyaman

credit: architia.architecture.com  ruang terapi DF

7 Layanan Unggulan Tratment Di DF Clinic

Nah lalu apa aja sih yang menjadi unggulan di DF ini....?  Ternyata ada tujuh unggulan treatmen di DF yaitu :
* Hair Expertyaitu program pertumbuhan rambut termasuk pertumbuhan alis dan bulu mata.  Khusus untuk rambut ada garansi kebotakan 3 bulan. Ada perjanjian di atas kertas bila 6 bulan tidak berhasil uang kembali.
* Facelift
Terapi ini berguna untuk mengencangkan kulit wajah dengan berbagai varian
*Perbaikan volume botoks dan filler
*Terapi untuk alergi
*Perbaikan bekas luka /scar
*Anti aging medicine
*Stemcell
*Clinic

Selain tujuh unggulan di atas, kita bisa mendapatkan pelayanan delivery order untuk produk kosmetik yang kita pesan. Tentu saja produk-produk yang dipesan ini yang tidak memerlukan resep dokter seperti sabun cuci muka, toner, sunblock, krim siang dan malam.  Selain itu keistimewaan lainnya adalah adanya baby spa.  Sementara emaknya di treatment anakpun bisa menikmati pelayanan menyenangkan di sini berupa yoga, swim dan massage....asyiik kan ? Tentu untuk ini ada budget yang harus kita siapkan hehe...

Bagaimana dengan harganya?  Jangan khawatir meskipun lebih dari 30% pelanggannya adalah selebritis tapi bagi kita yang uangnya tidak terlalu berlebih, di DF bisa lho disesuaikan, kita tinggal menyebut budget yang kita sediakan untuk perawatan kepada dokternya, nanti perawatan bisa disesuaikan dengan budget kita.

Keren ya DF, sayangnya ga punya cabang lain, jadi agak jauh dari rumah, tapi untuk kulit cantik dan sehat harus mau berkorban agak jauh deh kayaknya hehe... tadinya saya juga pengen ngajak suami untuk treatment di sini tapi sayang semua terapisnya perempuan...kalau saya ga mau dong wajah suami dielus - elus perempuan lain haha....Jadi kayaknya keren juga kalau ada terapis laki-laki khusus buat yang ingin dilayani terapis laki-laki.

Ok deh... segitu dulu ceritaku... pengalaman mengyasikkan di treatment di DF Clinic... Yuuk dicoba dijamin nanti ketagihan deh hihi....

20 Jun 2015

Restu Mande Membuat Kak Azizah Serasa Menjadi Chief Handal

"Mi.... kok ga ada makanan siih, lapar niih.. makan sama apa dong?" Terdengar suara kak Azizah dari seberang telepon.
"Iya maaf Kak..., Umi tadi gak sempat masak, ke Bu Rukun aja giih" Jawabku menyebut nama warung nasi seberang rumah.
"Nggak mau ah...gak suka.." Terdengar Kak Azizah menjawab
"Ya udah, Kakak masak rendang aja....."
"Rendang.... yang bener aja atuh mi, masa aku disuruh bikin rendang... dah lapar gini.. mana susah bikinnya juga..." Kak Azizah memotong.
"Makanya dengerin dulu atuh.... itu di lemari ada rendang kemasan... kakak ikutin aja caranya, kayaknya gampang banget kok..." Jawabku.
"Ya udah... umi pulang jam berapa..." Terdengar Kak Azizah menutup pembicaraan dengan pertanyaan.

Memang hari itu jadualku padat, harus wara wiri ke sana ke mari seperti harus mengambil LPA Mushab, harus membayar beberapa tagihan bulanan, sampai harus mencari kebaya buat wisudaan teh Fathiya, jadi engga sempat menyiapkan makanan buat anak-anak sepulang sekolah mereka.  Untung saja saya menyimpan Rendang Kemasan dari Restu Mande. Semenjak mencoba masakan padang ala Restu Mande yang pernah saya tulis di sini saya jadi ketagihan deh, makanya saya pesan lagi.

Sempat ketar-ketir juga takut Kak Azizah ga bisa masaknya, makanya begitu sampai rumah saya langsung tanya soal rendang filet ayam bikinan kakak.  Kak Azizah yang sudah selesai makan, langsung nyerocos "Enak...enak banget Mi...gampang lagi" katanya sambil mengacungkan jempol kanannya.  "Aku sempet foto-foto in juga kok Mi..sesuai pesanan Umi." tambahnya. Hihi... si Uminya minta Azizah moto buat apaan coba...?


Memang ternyata gampang banget ya tinggal buka kemasan, panaskan dalam microwave selama 30 detik, kalau ga punya microwave cukup direbus tanpa membuka kantung plastiknya selama 3 menit saja dan taraaaa....


 jadi deh..... ini hasil masakan kakak, difoto murni tanpa polesan, saya hanya tahu berapa sebetulnya isinya lewat foto ini saja karena begitu pulang hanya tersisa beberapa kerat saja sisa kakak dan adik-adiknya  hihi....


Dan begitu saya mencobanya..hmmm...onde mande lamak bana..mak...enaknyo, raos pisan haha...beneran lho...apalagi makannya pake nasi putih pulen dan panas.... hmmm nikmatnya.... Rendang kemasan dari Restu Mande memang enak, saya jadi percaya kalau rendang padang adalah makanan paling enak no 1 di dunia.  Paling enak no 1 sedunia? Iya gitu? Ini kata survey lho bukan kata saya,  survey yang dilakukan oleh CNN online (CNNgo).

Oya Rendang Kemasan Restu Mande ini tanpa bahan pengawet tapi kuat sampai 459 hari dalam kemasan,  keren ya...kok bisa? Rahasianya ada di higienitasnya alias kebersihannya yang sangat terjaga, proses pembuatannya serta pengepakan yang sempurna.

Sayang foto di atas penampakannya kurang menarik ya, saya gak tahu apa kak Azizah kurang bisa mengolahnya atau memang seperti itu hasilnya, saran saya sih di dalam kemasan dikasih contoh hasil setelah dipanaskan karena yang diluar itu kurang jelas, juga saran-saran lainnya, misalnya bumbu sisa bisa dijadikan nasi goreng, itu kan saya ngga tahu kalo engga ngobrol langsung dengan bu Nenden sang owner.

Pun begitu dengan Bumbu Padang Restu Mande, saran saya dikasih penjelasan kalau bahan utama bisa diganti seafood, telur atau lainnya.  Bumbu Padang? Memang ada ya? Iya kan saya sudah cerita di atas,  makanya di klik ya hehehe..... Jadi Rendang Kemasan  ini bukan satu-satunya produk dari Restu Mande tapi masih ada lagi yang lainnya. 

Kemarin saya sempat membuat Gulai Cincang dengan memakai bumbu gulai cincangnya Restu Mande, dibuat dari daging yang saya iris kecil-kecil, penampakannya jadi seperti ini nih..

Gulai Cincang

Duh rasanya mantap bo...lamak bana kata orang padang nya mah haha....  O iya seharusnya bumbu itu untuk 8 ons daging, tapi berhubung penghuni rumah sedang pada terbang hingga tinggal tiga orang saja, akhirnya saya buat 250 gram daging, sisa bumbunya? Sayang dong.... eits tak perlu khawatir, sisanya tersimpan rapi di dalam lemari es.  Kalau saya sih sisanya itu dilipat serapi dan serapat mungkin kemudian saya simpan di dalam freazer disimpan lebih dari seminggu juga ga apa-apa.  Tapi kata owner nya sih berhubung ngga pake pengawet cukup seminggu saja disimpannya.

Untuk bumbu padang tersedia 6 macam yaitu Bumbu Rendang, Gulai Ayam, Gulai Cincang/Tunjang, Gulai Kepala Kakap, Bumbu Asam Padeh, dan Bumbu Ayam/Ikan Bakar. Perlu diketahui juga sekarang Rendang Kemasan Restumande dan Bumbu Padang Restu Mande  ini, sudah tersedia di Transmart Carrefour Cimahi, Transmart Carrefour Cipadung, Careefour Kiaracondong/bypass, Carrefour Paris Van Java. 

Bagi yang susah keluar atau ingin lebih simpel  bisa lho delivery service tinggal kirim WA atau SMS ke 08562306040 atau pin BB 5755BC09.  Kalau mau tahu lebih banyak tentang produk ini juga bisa main ke FB: Rendang Kemasan Restumande, twitternya @Restumande dan @BumbuPadang serta websitenya di www.restumande.com.  Duh lengkap bener ya serasa jadi PR nya Restu Mande deh hihi....

Bagi yang sedang ingin makan di luar juga ada lho Rumah Makan Restu Mande tempatnya gaul abis deh selain modern, keren dan nyaman ada wifinya lagi, tentu saja tanpa meninggalkan cita rasa padang aslinya ...ini nih penampakan Rumah Makan Padang Restu Mande.

Rumah Makan Restu Mande di Jl. Katamso 64 Bandung  Telp 022 7237360 .Sumber: restumande.com
Keren yak Restu Mande...  Sayangnya untuk rumah makannya Restumande tidak memiliki cabang..Jadi kalau ada di tempat lain itu mah plagiator alias KW modeon etapi gak ada kan ya?  Sudah pada paham lah takut terkena pasal pemalsuan dan UU hak paten pastinya...hihi...

Yang paling membuat saya senang dan suka banget dengan Restu Mande sih, kak Azizah yang masih ABG bisa masak makanan  padang dengan cita rasa padang asli...serasa kak Azizah jadi Chief handal deh, artinya untuk membuat masakan Padang dengan cita rasa padang asli sekarang sangat mudah.  Yuuk dicoba tapi hati-hati ya nanti ketagihan lho hehe..

Sticker Amal Shaleh

Sebagai seorang emak dari lima anak yang sudah beranjak besar, semestinya sudah tidak terlalu sulit mengajarkan anak untuk syaum di bulan ramadhan, sebetulnya iya sih...dari zaman masih TK anak-anak sudah terbiasa syaum dan tamat walau ada bolongnya.  Terlebih kak Azizah sudah dari TK ia bisa tamat syaum satu bulan penuh.

Lain anak lain pula sifat dan perangainya, pun begitu dengan anak bungsuku Maghfira, mungkin anak bungsu ya...lebih puas terperhatikan dan tidak terganggu kehadiran adik, bawaannya sedikit agak manja.  Paling deket sama umi abinya.  Padahal sebagai orang tua cinta kami 100% semua, ga bisa dibagi-bagi, Meski manja Maghfi paling rajin di rumah, kalau mau sekolah dari malam dia sudah menyiapkan baju dan buku pelajarannya sendiri. Jarang sekali saya mendampinginya belajar.

Nah termasuk dalam hal syaum ini, Maghfi yang tahun ini naik ke kelas tiga walau usianya masih 7,5 thn, tahun lalu agak sulit untuk menamatkan syaumnya, banyak bolongnya dibanding tamatnya. Sempat bingung juga untuk tahun ini, karena pengalaman kalau ikutan syaum sunnat suka batal tengah jalan.  Untungnya sekolahnya membuat tugas untuk membuat sticker amal shalih.  Penampakannya seperti ini nii...

Sticker Amal Shalih Buatan Maghfira

Saya gak tahu kenapa disebut sticker, karena gak ada penampakkan stickernya satu pun.  Kotak-kotak ini berbentuk saku-saku yang bisa diisi kertas warna - warni yang sudah dipotong panjang melebihi panjang masing-masing saku. Jadi ketika Maghfi tamat syaum simpan satu potongan kertas, sholat, infaq dan sebagainya, masing-masing amalan simpan satu  Di tiap saku diisi perputaran bulan dari hari ke hari dari mulai sabit, purnama sampai sabit kembali sesuai dengan tanggalannya.

Dengan sticker amal shalih ini alhamdulillah Maghfira tamat syaumnya walau hari pertama pengen batal jam 4 karena lemesnya minta ampun...diajak jalan-jalan juga gak mau saking lemesnya, sempet nangis-nangis juga, ga tega siih ...tapi sayang tinggal satu - dua jam lagi.  Alhamdulillah akhirnya syaumnya tamat lengkap dengan tarawih dan mencatat kultumnya dalam buku catatan plus infaq dari uang sisa tabungannya yang sudah dipecahkan buat beli baju hehe....

Hari kedua alhamdulillah lancar terkendali, malah ceria ga keliatan lemesnya lengkap dengan tarawih, infaq dan mencatat kultumnya di masjid.  Maghfi semangat sekali memasukkan sticker amal shalihnya dengan potongan kertas yang sudah ia potong.  "Umiii...belum peluk aku ya?  Kan aku sudah tamat puasanya..." Ujarnya gembira ketika syaumnya tamat di hari kedua....hahaha.....

Alhamdulillah, tanpa bujukan hadiah bisa syaum sampai tamat dua hari ini, semoga selanjutnya tetap semangat ya Maghfira., tetap sehat, kuat dan bisa menjalani ramadhan ini dengan sebaik-baiknya.... Tetep jadi anak shalihah yang pinter dan rajin kebanggaan umi ya.....Alhamdulillah ^_^

19 Jun 2015

Tips Sukses Ramadhan

Ramadhan baru saja kita mulai, mumpung masih baru menginjak hari-hari awal, mari kita bertekad agar Ramadhan ini menjadi Ramadhan terbaik yang pernah kita lalui.  Berpuluh kali ramadhan kita lalui, sudahkah menjadikan diri kita menjadi pribadi lebih baik?

Ramadhan adalah bulan discount, bulan dimana Allah mengobral pahala sedemikian besar.  Kalaulah untuk discount di mall - mall kita senang berburu untuk mendapatkannya, sudahkan discount untuk keperluan akhirat yang abadi kita buru sedemikian rupa?  Kalau jawabannya masih belum berarti kecintaan kita kepada dunia masih sangat besar.  Padahal dunia hanyalah tempat singgah sementara yang sangat sekejap saja bila dibandingkan keabadian akhirat. Dunia bila dikonversikan dengan waktu akhirat hanya sekitar 29 menit untuk kurang lebih 63 tahun usia kita di dunia.

sumber: percikaniman.org

Sungguh disayangkan bila bulan yang penuh berkah ini kita sia-siakan, keberkahan yang luar biasa ini kita biarkan berlalu begitu saja. padahal siapa yang akan menjamin bahwa kita besok masih bisa melaluinya.  Oleh karena itu hari-hari yang kita lalui harus kita maksimalkan dengan sebaik-baiknya.  Apa yang harus kita lakukan agar sukses di dalam ramadhan kita?

1.  Banyak beristigfar/taubat dengan taubatan nasuha.
Beristigfar kepada Allah, akan membuat kita selalu ingat kepada Allah, ingat kepada dosa-dosa kita.  Selain dari itu dibeberapa hadist disebutkan bahwa beristigfar akan memperlancar rezeki kita.  Seorang ustadz yang kini dikenal memiliki kekayaan yang berlimpah memberikan tipsnya bahwa ia mendawamkan lebih dari 2000 kali istigfar dalam seharinya.
Tentu saja niat kita hanya semata-mata ingin membersihkan diri dari dosa, adapun kelancaran rezeki adalah bonus yang Allah janjikan.

2.  Banyak Berdo'a
Berdo'a memohon kepada Allah agar bisa melalui bulan ini dengan sebaik-baiknya, bisa menggunakannya dengan maksimal yang kita mampu.  Apalah kita manusia ini tanpa bantuan Allah yang maha kuasa.

3.  Memperbaiki amalan sehari-hari
Dalam sehari semalam kita diwajibkan untuk sholat yang lima waktu, selain itu ada pula sunnah - sunnah rowatib yang menempurnakannya. Perbaiki itu dengan meningkatkan kualitasnya. Memahami bacaan2 sholat kita agar kita bisa lebih khusyu di dalam sholat kita.

4.  Birul Walidain
Di bulan ini marilah kita tingkatkan bakti kita kepada ibu bapak kita. Ada hadist yang mengatakan bahwa keridlaan Allah tergantung pada ridlanya ibu bapak kepada kita.  Tentu saja pada hal2 yang tidak bertentangan dengan perintah Allah SWT.  Minta maaflah pada keduanya, banyak-banyak mendo'akannya, kirimi hadiah yang ia sukai kalau kita mampu.

5. Perbanyak membaca al qur'an
Bulan ramdhan juga adalah syahrul qur'an, bulannya al qur'an.  Bulan dimana al qur'an diturunkan, mari tingkatkan dan perbanyak interaksi kita dengan al qur'an.  Tidak hanya membacanya tapi mentadaburinya juga.

6. Menjauhkan dari perbuatan sia-sia
sumber:pulsk.com
Mulut, mata, tangan, kaki telinga hati semua akan ada pertanggungjawabannya.  Mari kita gunakan untuk suatu hal yang berguna, kurangi atau jauhi mata dari hal-hal yang tidak baik, nonton hiburan dan tidak ada manfaatnya kita kurangi atau bahkan kita hilangkan. Jangan biarkan mulut kita membicarakan hal yang buruk termasuk gibah membicarakan orang lain. Bersihkan hati dari iri dengki.

7. Banyak menghadiri majelis ilmu, majelis taklim atau majelis dzikir

8. Memperbanyak aktivitas sosial, shodaqoh, zakat, dan memberi makan orang yang berbuka puasa

9. Tidak berlebihan dalam mempersiapkan hari Raya, seperti membuat kue yang menghabiskan waktu, belanja yang berlebihan.

10. Itikaf di sepuluh hari terakhir.
Sepuluh hari terakhir di bulan ramadhan telah Allah janjikan akan turun malam lailatul qadar, malam yang lebih baik dari seribu bulan,  mari kita jemput dengan amalan terbaik kita agar kita bisa mendapatkannya.

11.  Iringi syaum ramadhan kita dengan syaum enam hari di bulan syawal.

Itulah sedikit tips agar sukses di bulan ramadhan, mari kita bertekad kuat untuk menjadikan ramadhan ini menjadi ramadahan yang terbaik dalam hidup kita.... Apabila kita menggunakan ramadhan dengan sebaik-baiknya, maka kita akan menjadi pribadi yang lebih baik, bagaikan kepongpong yang berubah menjadi kupu-kupu cantik.  Ramadhan adalah kepompong yang membuat kita pribadi yang semakin berkilau yang banyak menyebar manfaat bagi sesama.

Ada yang mau menambahkan...silakan dengan senang hati.. Selamat menunaikan ibadah di bulan ramadhan ini dengan ibadah terbaik kita.


17 Jun 2015

Siap Jadi Guru.....

Tahun ajaran sekolah sudah berakhir, tahun ajaran baru segera menjelang. Sekarang dimana-mana ramai acara wisudaan.  Dari anak TK sampai Tingkat SMA hampir semua sekolah mengadakan acara wisudaan.  Dulu zaman saya, mana ada anak TK,SD,SMP dan SMA di wisuda, yang ada hanya acara wisudaan untuk tingkat diploma ke atas.

Tidak bermaksud mempertentangkan masalah tersebut, karena zaman sudah berubah, cara berpikir pun sudah berkembang pesat.  Ada sisi positif ada sisi negatifnya.  Yang penting acaranya jangan sampai mubazir, hanya membuang waktu, tenaga dan uang saja.  Walau saya tidakpernah ikut aktif mempersiapkan, tapi dari teman-teman POMG yang ikut andil saya tahu bukan perkara mudah mempersiapkan segala sesuatunya.


Bukan tak ingin siih, senang-senang saja pastinya bisa ikut mempersiapkan acara itu, tapi saya tak memiliki waktu yang cukup untuk melakukan itu.  Jangankan ikut bersibuk ria, menghadiri acara wisudaan anak secara full saya pun tak bisa.

Ceritanya Fathiya anakku yang ketiga lulus SD Cipta Cendekia Indonesia tahun ini, dan hari Sabtu tanggal 13 Juni 2015 adalah prosesi wisudanya.  Acaranya mulai jam 7 sampai dengan selesai.  Karena banyak yang harus saya kerjakan, saya biarkan Fathiya pergi diantar abinya sampai sekolah, biarlah nanti orang tuanya menyusul, karena abinya harus balik lagi juga.

Ternyata strategiku cukup jitu, untuk tak datang tepat waktu hihi..., menjelang jam 9 setelah titip ini itu ke pegawai akhirnya saya bisa pergi, dan ternyata acaranya belum dimulai.  Kata temanku untung saya datangnya siang dia dari jam 7 asa dipelak menunggu.  Kalau saya sih pengalaman tahun lalu waktu Fathiya jadi pager ayu ya seperti itu, jadinya ga perlu berangkat pagi hehe...


Saya pun tidak bisa mengikuti acara sampai selesai, hingga pada prosesi pemberian bunga mawar untuk orang tua, Fathiya tidak bisa memberikannya padaku.  Tapi Fathiya tidak masalah, ia cuek bebek saja, syukurlah.... jalanmu masih panjang ya Nak, biarlah masih ada kesempatan lain, yang penting kau tahu umi abimu sangat mencintai dan menyayangimu.

Yang saya senang  lulus SD CCI, semua lulusan bisa jadi pengajar metode Ummi karena mereka semua lulus ujiannya...alhamdulillah.  Fathiya fasih sekali mengajinya, tajwid dan makhorijul hurufnya bagus, tanpa sadar ia selalu meralat umi abi atau kakak adiknya yang lagi ngaji, bila ada yang tidak tepat...alhamdulillah.... Kemarin mendengar Fathiya ngaji waktu tes saya bergetar mendengarnya, merdu dan bagus...indah...haha...si Emak muji anaknya. Selamat ya Fathiya semoga al qur'an selalu ada dihatimu....

Meski Nem belum diumukan tetapi, Fathiya rupanya sudah tidak peduli, karena sudah ada sekolah pilihannya, sebuah SMPIT dengan unggulan tahfidz yang meski masih baru namun terlihat sudah cukup bagus dengan bangunan fisik yang bagus dan luas serta udara yang segar, jauh dari polusi padahal lokasinya bisa pp dari rumah.  Alhamdulillah. Kemarin Fathiya dan teman-teman dari CCI di test ikut program bea siswa kalau lulus tes hapalan juz 30, Alhamdulillah tiga anak SD CCI lulus test program bea siswa bebas SPP 6 bulan termasuk Fathiya walau testnya ternyata susah karena menggunakan standar pengetesan nasional.

Ketiga anak SD CCI ini diikut sertakan dalam lomba tahfidz tingkat SMP bersama 3 orang kakak kelasnya.  Alhamdulillah Fathiya dan temannya masuk lima besar, bahkan juaranya pun semuanya dari sekolah ini.  Alhamdulillah.

Selamat untuk Fathiya dan teman-temannya dari SD CCI sudah bisa jadi pengajar metode ummi ya...semoga ilmunya bermanfaat... semoga Al qur'an selalu di hatimu dan menjadi jalan hidupmu.  Semoga ilmunya bisa diamalkan dan menjadi bekal bagi kebaikan hidup di dunia dan di akhirat.  Aamiin Allohumma Aamiin.  I love you full...

15 Jun 2015

Review Film Ayat-Ayat Adinda

Sebuah film berjudul Ayat-Ayat Adinda telah diluncurkan tanggal 11 Juni 2015 tepat pada masa anak-anak libur sekolah.  Film yang diproduseri Hanung Bramantyo ini menceritakan tentang kisah seorang anak bernama Adinda (Tissa Biani Az Zahra) yang terlahir dari sebuah keluarga yang terusir dan dikucilkan.  Ayah Adinda, Faisal (Surya Saputra) dikisahkan sebagai seorang ayah yang menganut ajaran yang dikatakan sesat oleh masyarakat umum.

Berada dalam posisi terusir dan dikucilkan membuat keluarga Faisal dalam kondisi yang tertekan dan ketakutan serta sensitif.  Hal ini terlihat dalam adegan saat Faisal berada di pasar, tempat ia mencari nafkah  dengan berjualan daging dituduh tetangganya sebagai seorang yang berasal dari kelompok yang terusir karena menutup diri dan tidak bergaul.  Faisal langsung mengangkat pisau dagingnya tinggi-tinggi dan mengusir tetangganya itu. Adegan itu terlihat oleh Adinda yang datang ke pasar untuk mendatangi ayahnya.

Sumber: Bintang.com
Adinda yang memiliki suara sangat merdu itu tumbuh menjadi gadis kecil yang penuh tekanan. Di sekolah ia terpilih menjadi penyanyi solo dalam paduan suara sekolahnya namun ia dilarang ayahnya.  Ibu Adinda (Cyntiasa Lamusu) pun tidak bisa berbuat banyak melihat kondisi Adinda karena ia sendiri dalam posisi yang sulit.  Dalam sebuah adegan Ayah Adinda menyuruh Adinda mengambil obat karena ibunya Adinda tiba-tiba sakit setelah bertemu tetangga lamanya.

Adinda yang sering menyaksikan rumahnya dijadikan tempat pertemuan sebuah pertemuan rahasia kelompok yang dianut ayahnya itu ingin menjadi anak yang dibanggakan dan dihormati hingga keluarganya tidak perlu lagi merasa ketakutan.  Cerita pun mengalir pada usaha Adinda menjadi seorang juara musabaqoh tilawatil al qur'an.   Dengan tekad ingin memenangkan lomba itu ia dibantu kedua sahabatnya berusaha sekuat tenaga meraih impiannya.

Sebuah film keluarga yang disutradai oleh Hestu Saputra ingin memberitahukan bahwa penunggalan sebuah identitas itu sebuah hal yang berbahaya.  Film yang diprakasai Haidar Bagir ketua Gerakan Islam Cinta (GIC) ini, bertujuan bagus, sayang saja dalam film ini tidak disebutkan sesatnya seperti apa, seolah ingin menggenalisir bahwa kita tidak boleh anti terhadap semua kelompok yang ada.  Padahal aliran sesat itu memang ada, dan sebuah film yang baik harus mencerdaskan.

Para pemain terlihat bermain total, bahkan Tissa Biani pendatang baru cilik ini bisa mengimbangi permainan cantik para seniornya.  Sayang banyak adegan yang janggal seperti saat lamaran yang tiba-tiba dibatalkan karena ayah sang mempelai putri harus menjadi ketua juri MTQ padahal sudah banyak undangan yang datang.  Secara logika seharusnya seorang kiyai yang tokoh masyarakat itu seorang yang cerdas, tidak mungkin ia membuat keputusan yang tidak masuk akal, dengan membuat acara lamaran pada saat dimana ia harus menjadi ketua juri, dan ditengah acara ia membatalkan acara penting itu.

Patut disayangkan Mizan yang biasanya memproduksi film-film bermutu kali ini terjebak pada keinginan menyampaikan sebuah misi tanpa terlalu  memperhatikan bobot sebuah film.

14 Jun 2015

Berbagi Kebahagiaan di Bulan Ramadhan Bersama XL

Bulan Ramadhan tinggal menghitung hari, berbagai persiapan telah dilakukan dalam menyambut bulan yang penuh dengan kemuliaan.  Bulan saat pahala amal kita dilipatgandakan, semua amal ibadah kita harus ditingkatkan hingga Ramadhan berhasil menerpa kita menjadi pribadi lebih baik dan bisa meraih gelar takwa.

Rupanya tidak hanya kita para individu yang bersiap, PT XL Axiata dengan operator selulernya XL ternyata bersiap-siap juga menghadapi bulan suci ini. PT XL Axiata telah bersiap dengan meluncurkan beberapa program di bulan Ramadhan ini dengan memberi nama program Kebahagiaan Ramadhan.

Apa saja sih program yang akan diluncurkan XL di bulan Ramadhan ini? Program yang bertujuan memberikan manfaat kepada para pelanggannya dan masyarakat luas secara umum ini terdiri dari peluncuran produk baru, program bandling dan aktivitas digital, roadshow dan transformasi jaringan.




Peluncuran Produk Baru

Ada dua paket internet baru yang diluncurkan yaitu XL HotRod 24 jam dan Paket Internet Hotrod Your Way dengan Ekstra Kuota.  Paket internet Hotrod merupakam paket yang berlaku selama 24 jam full tanpa pembagian waktu paket ini berlaku di jaringan 2G dan 3G. Dengan akses internet cepat mencapai 14,4 Mbps dan juga stabil, paket ini cocok untuk pelanggan yang memang membutuhkan internet super cepat . Ada tiga pilihan paket yaitu 600MB seharga 25rb/ 30 hari. 2 GB seharga 50rb/ 30 hari dan 5GB seharga 100rb/30 hari.


Pa Bangbang Parikesit sedang menjelaskan progan Kebahagiaan Ramadhan

Paket yang kedua Paket Internet Hotrod Your Way, dengan paket ini pelanggan dapat menikmati kuota 24 jam tanpa pembagian waktu dan juga mendapat ekstra kuota yang dapat dipilih sendiri waktunya siang pagi atau malam. Paket ini cocok untuk pelanggan yang membutuhkan banyak akses internet pada waktu tertentu.  Tersedia dengan tarif mulai 25rb/30 hari dengan kecepatan akses internet hingga 7,2 Mbps dan kuota tambahan sampai 1,2 GB

HotRod Gadget

Untuk mempermudah pelanggan dan masyarakat mendapatkan smarthphone dan layanan spesial internet super cepat XLHotrod, XL juga meluncurkan satu platform yang dimanai HotRod Gadget.  Di plataform ini pelanggan bisa menemukan beragam program bundling XL bekerjasama dengan berbagai penyedia smathphone terkemuka antara lain Sony, LG, Microsoft, Huawei, BenQ, Sharp. Lenovo, Asus, Acer dan Alcatel, selama program berlangsung pelanggan mendapatkan potongan harga khusus.

Aktivitas Digital XL

Dengan masuk ke mini site rumahsilaturahmi.xl.co.id, pelanggan dan masyarakat bisa mendapatkan beberapa layanan digital bertema  Ramadhan seperti Rumah Silaturahmi. Mudik cara XL, Personal call atau  sahur call. Ngabuburit show, Salam Salam XL, Amal XL. Zakat dan CSR.

Roadshow Kebahagian Ramadhan

Aktivitas di pusat pembelanjaan antara lain bazar gadget, experince center juga aksi sosial.  Selain itu program Posko Mudik tanggal 14-23 Juli dimana XL menyediakan sejumlah posko mudik yang unik.

Program Transformasi Jaringan

Program ini mempunyai tujuan meningkatkan kualitas jaringan XL dan memberikan layanan internet yang berkualitas hingga ke pelosok daerah. Tahun 2015 menargetkan transformasi jaringan untuk 10 kota selain Jakarta yaitu Medan, Palembang, Serang, Serang, Pandeglang, Semarang, Yogyakarta, Sidoarjo, Mataram, Banjarmasin dan Makasar.

Jaringan XL sejak beberapa tahun sebelumnya juga telah mengimplementasikan teknologi MSC pool dan SGSN in pool untuk 3G secara nasional untuk melindungi jaringan XL dari lonjakan tarif pada satu lokasi tertentu karena kapasitas jaringa tersebar di beberapa titik.


9 Jun 2015

Perlukah Anak Kita di Test Type Kecerdasannya ?

Sebetulnya saya sama sekali tidak berniat memeriksakan type kecerdasan.kepribadian anak saya terlebih untuk Fathiya, karena sebagai full mother mom saya merasa tau banget tentang Fathiya.  Emak-emak somse ini merasa Fathiya ga bermasalah.  Akademis bagus, pergaulan bagus, jadi saya pikir untuk apa meriksain dia.  Kemarin pas acara perpisahan di vila bersama guru dan teman-temannya Fathiya terpilih jadi Teman Terbaik versi guru dan teman-temannya (Jadi inget dulu Kak Azizah juga kepilih jadi Teman Terbaik versi teman-temannya).... jadi ga masalah kan...?

Tapi ternyata takdir berkata lain... hihi bawa-bawa takdir segala, Fathiya kan sudah saya daftarkan pada sebuah sekolah Islam, SMPIT baru siih, tapi dari promonya membuat oranag tua siswa yang mendaftarkan ke sana.  Jadi ada banyak teman Fathiya yang mendaftar ke sana.  Tempatnya juga luas, kalau dari fisik sih keren lah, terlebih udaranya masih segar karena berada di tempat ujung sono....hihi...

Nah ternyata ketika test masuk ke sana, include pemeriksaan type anak dengan metode pemeriksaan jari yang sedang in ya beberapa tahun belakang ini.  Jadilah anakku Fathiya diperiksa jari-jarinya dengan metode itu.

Sumber: personality.fuji.worpress
Sewaktu pengumuman keterima enggaknya siswa, ternyata ortunya juga harus hadir, padahal kan cuman ngumumin keterima tidaknya. Dan sudah pastilah keterima wong kapasitasnya jg besar, sementara yg daftar baru sedikit. Etapi ternyata bukan hanya mengumumkan kelulusan tapi sambil membagikan hasil pemeriksaan kepribadian.

Begitu saya melihat hasilnya, kaget dong. ternyata apa yg diungkapkan di pemaparan hasil tes, hasilnya Fathiya banget gitu lho... kok bisa ya.  Sayang waktu pemaparan terbatas, padahal kata ustadz yang nerangin tentang metode ini biasanya untuk menerangkan hasilnya perlu waktu tiga jam, ini paling dua jam kurang.  Tapi cukuplah buat saya sedikit memahami metode ini.  Etapi saya kan tukang job review niih... jadi untuk menghindari prasangka saya dibayar hahaha... saya umpetin deh nama metodenya tapi teman-teman yang baca pasti tau dong metode yang saya maksud....

Sang Ustadz pemapar...deuh penyakit emak-emak lupa deh namanya mengemukakan fakta-fakta orang -orang terkemuka di Indonesia tentang type kepribadiannya, seperti Jokowi itu tipe thingking, Habibie type Feeling yang dipaksa kondisi berada di type Thingking karena pak Habibie otaknya jenius, tapi feelingnya terlihat ketika beliau menjadi presiden, saat memberi referendum ke Timor Leste, di sini feelingnya yang berbicara, type yg mengutamakan perasaan, dan senang popularitas.  Padahal keputusan inilah yang membuat laporan pertanggunjawabannya ditolak oleh MPR.

Kembali ke metode ini, ternyata saya jadi tau tipe-tipe anak-anak saya yang lain, jadi saya pikir cukup satu saja yang diperiksa, seorang ibu bisa memahami kepribadian anak...etapi kalau untuk anak rada 'sulit' kayak si Aa perlu juga deh kayaknya, soalnya saya ga bisa nebak dia type apa hehe... Waktu saya tanyain itu, Pa Ustadznya bilang bisa aja, tapi kadang tidak akurat karena sifat anak-anak yang berubah dan si ibu harus tau betul karakter anaknya.

Terus terang saya kagum dengan mengetest jari, akan diketahui dimana belahan otak yang dominan, dan di belahan otak itu akan diketahui dimana lapisan otak yang dominan.  Test ini tidak memberi informasi lain selain menjawab dua pertanyaan ini.  Cara kerja dalam kepala ala kecerdasan tunggal dapat digambarkan dengan tepat dengan mengikuti fakta keseharian cara kerja kepala yang berulang dan konsisten.  Di sinilah pertanyaan terjawab, mengapa metode ini dapat menggambarkan type manusia dengan cukup akurat.

Pertanyaan saya yang selama ini diherankan dengan type anakku yang keempat -Mushab- yang seperti tidak memiliki tulang belakang, karena sering nyandar sama umi abinya, sedang apa pun dia.  Kadang saya suka kesel lagi nonton kakaknya bulu tangkis, tiba-tiba nyandar aja sama kita...kan berat haha... lagi makan nyandar.... Kayak yang leuleus gitu..padahal saya lihat dia itu calon atlit deh.  pemain bola yang jago ngoceknya hehe... ternyata di metode ini bisa terjawab tanpa saya bertanya.  Berdasarkan pemaparan sang ustadz ternyata Mushab itu type Sensing. Dan benar saja salah satu kunci type ini adalah otot...di sport...calon atlet.  Kalau kebutuhannya bersandar terpenuhi dia bakal merasa nyaman.  Cuman harus lebih didalami lagi dengan memperhatikan dia lebih detail dan membaca banyak tentang type ini baru akan jelas Mushab itu type Sensing yang introvert atau extrovert.

Jadi menurut saya untuk para orang tua perlu tahu deh metode ini, karena cukup akurat dan nanti bakal tahu cara belajar yang cocok untuk anak kita dan mengarahkan masa depan anak kita. Karena nanti dijelaskan juga karir yang cocok dengan type anak kita.


Sumber:Skripsi-tarbiyah.blogspot.com

Eh ada yang menarik ternyata 60% penduduk Indonesia termasuk type Feeling.  Senang ngomong, kongkow-kongkow, santai, perasa haha... gue banget gitu lho.  Waktu mengikuti acara Gapura yang diadakan Google saya mendengar pemaparan orang google yang sudah lama di negeri orang sana.  Kalau di negeri orang, ada kumpulan orang di cafe, di atas mejanya ada gadget berserakan yang disambung dengan power bank pastilah orang Indonesia, karena orang luar ga ada yang kayak gitu hahaha... tersinggung...? Tenang bukan hanya anda kok... puluhan juta orang di Indonesia pasti merasa tersinggung juga...termasuk saya dong hahaha.... Tapi type ini menikmati hidup dan bahagia banget kayaknya hihi...etapi jangan sampai lupa tujuan hidup kita di dunia ini untuk apa ya... Tiap detik kita, tiap kata kita ada pertanggung jawabannya di akhirat nanti..so kalau kongkow2.. ngomongin yang baik - baik dan yang produktif aja yaah ..hihi..*nunjuk ke diri sendiri




6 Jun 2015

Mencermati Masalah Finansial Kita dengan Cermati

Suatu negara baru dikatakan maju apabila tidak kurang 2% dari penduduknya adalah pengusaha. Maju mundurnya suatu negara sangat dipengaruhi oleh dominasi peran para pelaku usaha dan Indonesia masih jauh dari angka itu.  Sebuah tantangan bagi kita dan pemerintah untuk dapat memberdayakan generasi muda sejak dini agar menjadi pengusaha, memiliki minat dan jiwa wira usaha yang dipupuk sejak dini,

Salah satu kendala dalam berusaha adalah sektor modal, namun sebetulnya yang paling penting adalah kemauan yang tinggi, kerja keras dan kreatifitas kita.  Tapi peran modal pun dalam kenyataannya cukup berperan penting dalam memulai dan kemudian dalam proses mengembangkan usaha kita, Sebagai seorang yang bergelut di bidang ini saya tahu pasti itu.


Laundri jenis usaha yang sedang saya geluti...next menyusul yang lain Aamiin ^_^



Sebagai salah satu pelaku UKM tentu saya paham, ada saat dimana posisi usaha kita memerlukan suntikan dana segar dalam tempo harus cepat.  Kondisi seperti ini kadang membuat kita repot secara mental, pikiran dan tenaga.  Untung kalau masih ada simpanan atau asset yang likuid dalam arti mudah cair dalam sekejap seperti emas yang tinggal kita gadaikan atau kita jual. Kalau tidak, telepon sana-sini, sms sana-sini meminta pinjaman saudara atau handai tauland.  Mau pinjam ke bank juga mungkin ribet harus bolak balik karena kita tidak tahu syarat bagaimana mengajukan pinjaman, pencairannya pun belum tentu bisa sebentar. pokoknya kita berpikir pinjam ke bank pasti ribet.

Etapi jangan salah lho, di zaman  yang serba canggih dan segala sesuatu bisa lewat online ini ternyata ada juga informasi seputar masalah ini melalui online.  Kita tak perlu lagi ribet mencari informasi seputar pinjaman, simpanan, kartu kredit ke bank nya langsung atau mungkin ke situs masing-masing bank.

Sumber: wisegeek.com

Jalan-jalan di dunia maya, keliling sana keliling sini eh nemu deh sebuah situs keren yang memberikan informasi yang lengkap dan akurat seputar keuangan dan perbankan.  Mau tahu kan nama situs itu? Mau tahu apa mau tahu banget? Hihi... iya deh saya kasih tahu ya nama situsnya cermati.com.

Melalui situs ini kita bisa mengetahui banyak informasi seputar pinjaman, simpanan, kartu kredit, bahkan banyak artikel tentang keuangan yang mengedukasi kita seperti tips keuangan, tips berhemat, seputar bisnis dan investasi, karir, gaya hidup dan lain sebagainya. Dengan banyak membaca artikel di Cermati ini kita jadi belajar banyak cara menghemat uang, membuat keputusan finansial yang tepat dan cermat agar situasi keuangan kita sehat. Jadi  kesimpulan saya sih  Cermati itu membuat informasi finansial lebih mudah diakses tentu saja dengan menggunakan platform teknologi bernama internet. Selain itu dengan mencermati cermati kita bisa membuat keputusan finansial yang paling tepat dan cermat untuk situasi finansial kita.

Balik lagi ke masalah modal dan pinjaman itu ya, di Cemati juga ada informasi yang lengkap tentang pinjaman ini lho.  Saya juga baru tahu ada ya pinjaman tanpa agunan namanya Kredit Tanpa Agunan di sana tinggal klik Pinjaman terus ada deh pilihan Kredit Tanpa Agunan, Kredit Multi Guna dan Kredit Motor. Ketika kita mengklik Kredit Tanpa Agunan (KTA) kita akan melihat produk pinjaman tanpa aguanan lengkap dengan syarat, platfon, suku bunga dan plafond, lama pinjaman, cicilan per bulan, biaya-biaya dan lama pencairan. Lengkap yaah...bahkan kita bisa mengajukan aplikasinya secara online lho.. Pinjaman KTA ini diperuntukan untuk berbagai kebutuhan, bisa untuk pendidikan, usaha bahkan konsumtif sekalipun.

Nah kalau kita butuh dana pinjaman cepat dengan bunga rendah tetapi berlimit besar hingga miliaran rupiah, kita bisa klik Kredit Multi Guna, lain dengan KTA yang tanpa agunan, Kredit Multi Guna harus ada agunan yaitu bisa berupa BPKB Mobil, surat rumah atau tanah.

Kalau kita membutuhkan kredit motor dalam tempo cepat tinggal mengklik kredit motor maka informasi berbagai jenis motor lengkap dengan harga, uang muka dan cicilannya akan kita dapatkan.  Kita tinggal mengajukan aplikasinya, menentukan motor yang kita inginkan Cermati akan memberikan pilihan leasing terbaik yang mereka rekomendasikan lalu klik ajukan.  Prosesnya mudah dan cepat.

Sumber: cermati
Eh jadi ngelantur ke berbagai pinjaman ya, hihi... skip ah. Pokoknya dengan kemajuan teknologi sekarang ini semua jadi dipermudah ya... termasuk proses pinjam meminjam lewat cermati ini. Eh tapi bukan hanya pinjam meminjam ya, seperti yang sudah saya singgung di atas informasi perbankan lainnya pun ada, termasuk menjadi cerdas finansial dengan banyak membaca artikel di Cermati... ^_^

5 Jun 2015

Belajar dan Bermain Makin Asyik dengan Teknologi 4 Dimensi +

Dunia anak-anak adalah dunia bermain, sebagai orang tua kita tidak boleh merusak masa-masa keemasan di empat tahun pertama dengan menjejalinya  dengan berbagai tuntutan agar anak-anak kita tidak ketinggalan kereta api eh tidak ketinggalan perkembangannya.  Etapi bukan berarti anak-anak tidak boleh belajar lho.  Kalau caranya menarik anak, balajar sambil bermain malah bagus juga menstimulan mereka sejak dini dengan berbagai pengetahuan tanpa membebani mereka.

Sumber octagon studio

Nah salah satunya ada lho kartu ajaib yang bisa memperkenalkan anak abjad tanpa menggurui, selain itu anak bisa hapal nama-nama binatang dalam bahasa Inggris.  Ceritanya beberapa hari yang lalu saya mendapat kiriman dari seorang teman.  Kirimannya kecil mungil seukuran kartu karena memang isinya kartu.  Yang menerima kiriman itu suami dan si kecil Maghfira yang berusia tujuh tahun.  Langsung deh tebak-tebak buah manggis.... "Umi dapat kiriman hape...." teriaknya...hahaha dasar bocah.

Begitu dibuka Maghfi ga begitu tertarik melihat tumpukan kartu bergambar binatang berwarna hitam putih itu dengan tulisan nama binatang berbahasa Inggris dibagian bawahnya.  "Ini kartu ajaib lho..." saya menerangkan. "Tapi harus mengunduh dulu aplikasinya ya...nanti umi punya permainan keren buat Maghfi...." Imbuhku

Penampakan karatu yang seperti biasa aja, tanpa keistimewaan

Dengan bantuan si sulung yang sudah SMA karena si Uminya lagi sibuk akhirnya kaka mengunduh aplikasinya di sini karena hape umi android, selain android untuk pengguna hape dari apple alias iphone bisa mengunduh di sini.

Luar biasa..... begitu selesai mengunduh, anak-anak asyiik bahkan nyaris berebut mempermainkan permainan ini.  Dengan menghadapkan kartu di depan kamaera, tiba-tiba gambar dua dimensi itu berubah bentuk seperti sebuah hologram binatang empat dimensi.  Meski kelima anak-anakku sudah besar etapi asyik juga bermain dengan permainan yang diperuntukkan buat anak-anak balita mengenal abjad ini. Hihi... keren ya.  Bahkan anakku yang kedua yang sedang belajar membuat aplikasi game ini di SMP nya terlihat paling menikmati, hampir tiap hari sepulang sekolah lansung deh cekrek-cekrek men screenshoot nya.


Sebetulnya siih memperkenalkan binatang dalam bahasa inggris ini selain dengan suaranya diperkenalkan juga dengan jenis makanannya.  Berhubung printernya sedang rusak, jadi gak bisa bikin tambah asyik permainan ini.  Tinggal unduh dan print gambar makanannya, kalau memang gambar makanannya cocok dengan binatangnya maka binatang itu akan mendekat dan memakannya.  Keren ya... hihi...

Kata suami sih ini teknologi baru yang sudah mulai rame dibahas, namanya Augment Reality disingkat (AR).  Nah katanya sih teknologi AR ini merupakan teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan tiga dimensi ke dalam lingkunan nyata tiga dimensi yang kemudian diproyeksikan ke dalam waktu nyata... jadi seperti hologram ya...


O iya sebetulnya di tiap kartu yang sudah terscan itu ada keterangan lebih detail tentang binatang ini, tetapi kayaknya kalau untuk anak-anak harus kita jelaskan karena berbahasa inggris selain itu tulisannya juga enggak terlalu besar.



Selain untuk balita, anak-anak yang lebih besar bisa belajar lebih banyak tentang binatang yang ia sukai selain itu anak-anak bisa meniru pelafalan nama binatang ini dalam bahasa Inggris, O ya, kalau aplikasinya bisa kita unduh dengan gratis, tapi kalau kartunya tentu engga gratis lah hihi... Harga kartunya adalah Rp 50.000 saja, gak mahal kan? Dibanding nilai manfaat yang didapat tentu saja kita tidak akan rugi. Daripada anak-anak main gadget dengan aplikasi yang nggak jelas, dengan bermain ini anak-anak mendapat nilai plus plusnya.... Satu set kartu terdiri dari 26 kartu yang bergambar binatang mulai dari  huruf A sampai Z plus sebuah kartu yang berisi instruksi pemakaian.

Asyik kan ya.... ? Yuuk ajak anak kita belajar sambil bermain dengan menyenangkan ^_^




3 Jun 2015

Berkenalan dengan Multiple Sklerosis

Ada yang pernah mendengar Multiple Sklerosis ?  Konon katanya almarhum Bang Pepeng "Jari-jari" sebelum menghembuskan nafas terakhirnya menderita penyakit yang disingkat MS ini sejak tahun 2005.  Terus terang kalau saya baru mendengar namanya ketika ada undangan untuk blogger mengikuti Talk Show Peringatan Hari Multiple Sklerosis Sedunia 2015 di lt 3 Bandung Indah Plaza. Berbekal penasaran akhirnya saya pun ikut acara ini.

Rabu 29 Mei bersama Fathiya anakku yang ketiga saya bergegas dari rumah pagi jam 9.00 walaupun acara dimulainya jam 11 tapi berhubung kami tinggal di Cimahi yang jaraknya lumayan jauh, juga sekalian ikut misua yang akan pergi ke kantor nebeng sampai jalan raya.  Kali ini saya membawa Fathiya kebetulan lagi libur sekolah karena baru saja mengikuti ujian kelulusan.  Lagi deg-deg an juga niih nunggu hasilnya.  Membawa Fathiya, sekalian buat alasan ke misua kalau mau anter Fathiya ke Gramedia sambil ada acara, biar exit permit nya lancar hahaha... soale seminggu ini acara rada full, suami sudah nge warning pakai lirikan mata dahsyat hihi.. Duh saya ngerti dong, kalau belio keberatan kalau saya terlalu sering keluar rumah.

Jadi ngelantur, kembali ke laptop ya, nah kami sampai di BIP jelang jam 11 an.  Jadi acara belum dimulai dong.. tapi sudah mulai penuh dengan hadirin berbaju oranye.  Belakangan saya tahu kalau mereka itu komunitas penderita MS dan ada juga beberapa tenaga kesehatan seperti dokter dan perawat.  Melihat mereka seperti bukan orang dengan 'sesuatu bernama penyakit' lho... cantik-cantik, ceria dan keliatan tajir-tajir hehe... Tambah penasaran dong apa itu MS kok penderitanya seceria ini...


Untung acara segera dimulai setelah pembukaan langsung di daulat Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung untuk menjadi pembicara pertama, dr Ahyani Raksanagara seorang dokter perempuan setengah baya yang ceria berkenan menjadi pembuka acara sekaligus memaparkan usaha-usaha apa yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kota Bandung dalam melayani dan membantu penderita MS ini masih standar, pemerikasaan primer dan memberi rujukan, selain itu mensosialisasikan keberadaan penyakit MS ini.  Dikatakan oleh dr Ahyani bahwa gejala MS ini sulit dideteksi karena setiap orang memiliki gejala yang berbeda.  Beliau mengingatkan memiliki jaminan kesehatan itu jauh lebih baik.  Diingatkannya pula agar masyarakat lebih aware terhadap gejala-gejala penyakit yang ada dalam tubuh.

Pertanyaan tentang MS belum terjawab dong ya..hihi... Pembicara kedua Kanya Puspokusomo Presiden Multipel Sklerosis Indonesia.  Kania akrab beliau disapa adalah seorang penulis, penerjemah dan editor bahasa Inggris, Jepang dan Perancis.  Lulusan paska sarjana bidang bahasa, sastra dan pendidikan serta filsafat Jepang di beberapa universitas dalam dan luar negeri.

Kalau lihat dari curriculum vite dan penampilannya yang cantik dan ceria saya tak akan menyangka kalau Kanya itu penderita MS.  Benar juga tebakanku kalau penderita MS itu tajir-tajir karena ternyata biaya pengobatan MS itu mahal pakai bingits.  Kania aja harus bolak balik Singapura untuk pengobatannya dengan harga 1 kali suntik seharga 2 juta rupiah, padahal dalam satu minggu harus disuntik 3 kali, .kebayang kan berapa banyak biaya yang sudah dikeluarkan untuk mengatasi ini penyakit ini tanpa ada jaminan sembuh pula, karena selama ini penyakit ini belum pernah bisa tuntas terobati.

Pertama kali Kania menderita penyakit ini tahun 1997 saat itu tiba-tiba ia mengalami kelumpuhan selama satu minggu, dan didiagnosa stroke ringan.  Hal yang sama terjadi beberapa tahun kemudian tepatnya tahun 2001 saat Kania kuliah di Jepang, ia mengalami kelumpuhan selama satu bulan.  Untungnya Jepang lebih maju dari Indonesia, di sinilah penyakit ini ditemukan, Kania didiagnosa MS setelah melalui pemeriksaan MRI dandiambil cairan dari sum-sum tulang belakang.

Merasa sendiri, tidak begitu mengenal MS akhirnya Kania searching tentang MS ini yang mengantarkannya untuk tergabung dengan Murtiple Sklerosis International Federation yang bermarkas di London UK. Dengan niat memperkenalkan MS lebih dekat kemasyarakat dan membantu penderitanya dalam menghadapi penyakit MS ini Kania pun membentuk lembaga non profit Multipel Sklerosis Indonesia (MSI) dimana sekarang ia menjabat menjadi presidennya.

Kania dan teman-teman dikomunitasnya sekarang sedang berjuang untuk mendapatkan pelayanan medis yang terbaik.  Ia berharap pula agar obat-obatan yang selama ini belum bisa tercover BPJS bisa segera ditutupi BPJS.

Berfoto sesaat setelah seeson pertama usai

Blogger Bdg saat santap siang


Pertanyaan seputar MS baru terjawab setelah istirahat, sholat makan siang dan menikmati live music.  Melalui pemaparan dr Nani Kurniani, SpS(K) dari bagian Neurologi RSHS Bandung yang dimoderatori dr Sucipto lah teka teki MS mulai terkuak.  Ternyata MS itu adalah penyakit autoimun yang menyerang sistem syaraf pusat dengan gejala kelumpuhan atau stroke berulang diselingi fase remisi atau penyembuhan.

Live music

Menurut dr Nani, MS masih sulit terdiagnosa karena keterbatasan sarana kesehatan dan informasi pengetahuan tentang MS selama ini masih diambil dari negara lain. Ditandaskan oleh Nani bahwa MS terjadi karena sistem kekebalan tubuh penderita terlalu aktif hingga menyerang pelindung bagian sarat yang disebut Mielin.  Karena Mielin rusak maka hantaran saraf menjadi melambat dan ini menyebabkan berbagai gejala.

Selanjutnya seorang Bapak menceritakan pengalaman anaknya yang menderita MS, pada awalnya penglihatan yang terganggu yang didiagnosa oleh dokter umum bahwa syaraf kornea anaknya terserang virus.  Saat kelas dua SMA anaknya terserang penyakit di lambung yang kemudian mengakibatkan lumpuh, namun kemudian sembuh.  Kejadian terus berulang hingga lulus SMA.  Selama 10 tahun terus diserang selama 11 kali,  Baru tiga tahun yang lalu ia didiagnosa MS setelah melalui pemeriksaan darah, mata dan MRI.

dr Nani dan moderator dr Sucipto

Dijelaskan dokter Nani bahwa penyakit MS ini biasanya menyerang wanita muda, dan bukan penyakit menular.  Langkah utama ketika seseorang mengalami gejala awal MS adalah. pertama segera berobat ke dokter spesialis saraf dan yang kedua dukungan keluarga yang penuh terutama dalam memenej stres dan emosi.  Kedua hal ini merupakan pemicu kekambuhan yang dapat merusak sistem syaraf yang lebih besar lagi.

Pembicara selanjutnya adalah dr Riwanti Estiasari,SpS(K) yang berbicara tentang pengobatan MS.  Dokter yang juga dari bagian Neurologi RSHS ini mengungkapkan bahwa belum ada teori yang menjelaskan mengapa seseorang terkena MS sedang yang lainnya tidak.  Keadaan sistem imun pasien diibaratkan seperti antara tentara pemberontak dan tentara militer. 

Dokter yang terlihat masih muda ini menjelaskan bahwa obat MS sampai sekarang belum ditemukan, yang ada hanyalah obat yang berfungsi untuk mengurangi atau menghilangkan gejala saja.  Tujuan pengobatan dimaksudkan agar pasien selama mungkin tidak terkena fase relaps.  Kalau tidak diobati maka fase relaps dan durasi fase relaps frekuensinya akan terus bertambah.

dr Dewi dan Moderator dr Jan S Purba Phd

Pengobatan relaps dan terapi jangka panjang adalah dua jenis pengobatan dalam menghadapi penyakit MS ini.  Pengobatan fase relaps menggunakan steroid dosis tinggi yang berfungsi hanya untuk memodifikasi sistem imun.  Mengendalikan sel pemberontak supaya tidak terlalu buas tetapi obat ini tidak dapat menghilangkan sel pemberontak yang sudah salah terbentuk ini.

Sedangkan pengobatan jangka panjang dalam bentuk suntikan dan oral. Biasanya pengobatan dilakukan selama kurang lebih dua tahun yang disesuaikan dengan gejala dan tipe MS kemudian dilihat hasilnya untuk menentukan langkah selanjutnya,

Diakhir acara Kania menegaskan kembali harapan dirinya beserta komunitasnya agar pemerintah memberikan perhatian yang lebih kepada penyakit dan penderita MS ini. Acara ditutup dengan menyerukan seloga MS oleh semua peserta "Together we are stronger than MS".

Alhamdulillah, sebuah ilmu baru membuat kita harus selalu bersyukur atas nikmat sehat yang selalu Allah SWT limpahkan kepada kita.  Alhamdulillah.