**/ Cerita Ida : Belajar dan Bermain Makin Asyik dengan Teknologi 4 Dimensi +

blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

5 Jun 2015

Belajar dan Bermain Makin Asyik dengan Teknologi 4 Dimensi +

Dunia anak-anak adalah dunia bermain, sebagai orang tua kita tidak boleh merusak masa-masa keemasan di empat tahun pertama dengan menjejalinya  dengan berbagai tuntutan agar anak-anak kita tidak ketinggalan kereta api eh tidak ketinggalan perkembangannya.  Etapi bukan berarti anak-anak tidak boleh belajar lho.  Kalau caranya menarik anak, balajar sambil bermain malah bagus juga menstimulan mereka sejak dini dengan berbagai pengetahuan tanpa membebani mereka.

Sumber octagon studio

Nah salah satunya ada lho kartu ajaib yang bisa memperkenalkan anak abjad tanpa menggurui, selain itu anak bisa hapal nama-nama binatang dalam bahasa Inggris.  Ceritanya beberapa hari yang lalu saya mendapat kiriman dari seorang teman.  Kirimannya kecil mungil seukuran kartu karena memang isinya kartu.  Yang menerima kiriman itu suami dan si kecil Maghfira yang berusia tujuh tahun.  Langsung deh tebak-tebak buah manggis.... "Umi dapat kiriman hape...." teriaknya...hahaha dasar bocah.

Begitu dibuka Maghfi ga begitu tertarik melihat tumpukan kartu bergambar binatang berwarna hitam putih itu dengan tulisan nama binatang berbahasa Inggris dibagian bawahnya.  "Ini kartu ajaib lho..." saya menerangkan. "Tapi harus mengunduh dulu aplikasinya ya...nanti umi punya permainan keren buat Maghfi...." Imbuhku

Penampakan karatu yang seperti biasa aja, tanpa keistimewaan

Dengan bantuan si sulung yang sudah SMA karena si Uminya lagi sibuk akhirnya kaka mengunduh aplikasinya di sini karena hape umi android, selain android untuk pengguna hape dari apple alias iphone bisa mengunduh di sini.

Luar biasa..... begitu selesai mengunduh, anak-anak asyiik bahkan nyaris berebut mempermainkan permainan ini.  Dengan menghadapkan kartu di depan kamaera, tiba-tiba gambar dua dimensi itu berubah bentuk seperti sebuah hologram binatang empat dimensi.  Meski kelima anak-anakku sudah besar etapi asyik juga bermain dengan permainan yang diperuntukkan buat anak-anak balita mengenal abjad ini. Hihi... keren ya.  Bahkan anakku yang kedua yang sedang belajar membuat aplikasi game ini di SMP nya terlihat paling menikmati, hampir tiap hari sepulang sekolah lansung deh cekrek-cekrek men screenshoot nya.


Sebetulnya siih memperkenalkan binatang dalam bahasa inggris ini selain dengan suaranya diperkenalkan juga dengan jenis makanannya.  Berhubung printernya sedang rusak, jadi gak bisa bikin tambah asyik permainan ini.  Tinggal unduh dan print gambar makanannya, kalau memang gambar makanannya cocok dengan binatangnya maka binatang itu akan mendekat dan memakannya.  Keren ya... hihi...

Kata suami sih ini teknologi baru yang sudah mulai rame dibahas, namanya Augment Reality disingkat (AR).  Nah katanya sih teknologi AR ini merupakan teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan tiga dimensi ke dalam lingkunan nyata tiga dimensi yang kemudian diproyeksikan ke dalam waktu nyata... jadi seperti hologram ya...


O iya sebetulnya di tiap kartu yang sudah terscan itu ada keterangan lebih detail tentang binatang ini, tetapi kayaknya kalau untuk anak-anak harus kita jelaskan karena berbahasa inggris selain itu tulisannya juga enggak terlalu besar.



Selain untuk balita, anak-anak yang lebih besar bisa belajar lebih banyak tentang binatang yang ia sukai selain itu anak-anak bisa meniru pelafalan nama binatang ini dalam bahasa Inggris, O ya, kalau aplikasinya bisa kita unduh dengan gratis, tapi kalau kartunya tentu engga gratis lah hihi... Harga kartunya adalah Rp 50.000 saja, gak mahal kan? Dibanding nilai manfaat yang didapat tentu saja kita tidak akan rugi. Daripada anak-anak main gadget dengan aplikasi yang nggak jelas, dengan bermain ini anak-anak mendapat nilai plus plusnya.... Satu set kartu terdiri dari 26 kartu yang bergambar binatang mulai dari  huruf A sampai Z plus sebuah kartu yang berisi instruksi pemakaian.

Asyik kan ya.... ? Yuuk ajak anak kita belajar sambil bermain dengan menyenangkan ^_^




10 komentar :

  1. Iya ih, bagus ^^
    Makasih infonya, Mak ^^

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  3. Wuih... mainan anak-anak sekarang semakin canggih. Bahkan imajinasi anak-anak bisa langsung diwujudkan seketika. Keren dan kreatif.

    BalasHapus
  4. Wuaaaa, keren banget inii! Pengeeeen! Anakku bisa heboh kalo liat nih :)))

    BalasHapus
  5. Wah parenting sekarang toolsnya hebat2 ya :))

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  7. Pengen belajar bahasa inggris lebih baik lagi, KAMPUNG INGGRIS PARE adalah tempat yang tepat dengan metode yang tepat pula.

    BalasHapus
  8. Thank you for this interesting article. I'm glad I was able to acquire new knowledge and skills thanks to your article.

    BalasHapus
  9. I like animals very much and tha is pretty interesting to get some information.

    BalasHapus
  10. That is so wanderful to have at hand such great developing games for our children. I am pleased. Thanks.

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^