**/ Cerita Ida : Meraih Sukses dengan Sholat

blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

30 Jun 2015

Meraih Sukses dengan Sholat

Meraih Sukses dengan Sholat

Sebagai seorang muslim kita semua memahami bahwa sholat adalah tiang agama, barang siapa yang mendirikan sholat berarti ia telah menegakkan agamanya dan barang siapa yang tidak mendirikan sholat berarti ia telah meruntuhkan agamanya.  Sholat adalah pembeda yang jelas antara muslin dan non muslim. Lalu mengapa sholat mempunyai peran begitu penting hingga barangsiapa yang mendirikan sholat dikatakan menegakkan agamanya?

Tidak banyak yang bisa menggali hikmah dari sholat, sholat dikatakan sebagai tiang agama tentu ada sesuatu yang mendalam yang bisa kita gali dari hikmah sholat itu.  Yuuk kita bahas apa saja yang bisa kita ambil hikmah dari sholat.

Sumber: akirafirdhie.worpress.com


1.  Sholat mengajarkan disiplin akan waktu

Sepertinya hanya agama Islam yang sangat perhatian pada waktu di setiap perputaran harinya.  Coba saja tiap saat kita selalu diingatkan dengan waktu.  Di mulai dengan waktu shubuh, kita sudah diingatkan akan waktu, kemudian ada Dhuha, Dzuhur, Asar, Maghrib, Isya kemudian tengah malam hingga dini hari dengan Sholat Tahajud sampai Sholat Fajar.

Lihatlah begitu banyaknya Islam mengingatkan pentingnya waktu, hingga dalam al qur'an pun banyak yang mengingatkan masalah waktu ini.  Bahkan ada surat dan ayat yang langsung menyebutkan suatu saat.  Al Ashr  Demi waktu mengingatkan sesungguhnya manusia berada dalam kerugian kecuali mereka yang memanfaatkan waktu untuk beramal shaleh dan nasehat menasehati dalam kebenaran.  Al Lail, Adh Dhuha dan lainnya...

Begitu perhatiannya Islam pada waktu mengingatkan kita umat Islam untuk sangat menghargai waktu. Barangsiapa yang bisa memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya maka ia akan sukses.

2.  Sholat mengajarkan kebersihan

Sebetulnya Islam sangat perhatian dengan kebersihan, bahkan ada hadist yang mengatakan bahwa kebersihan sebagian daripada iman.  Sayangnya kita umat Islam banyak yang menjauh dari ajarannya, salah satunya tidak memberikan perhatian yang banyak pada kebersihan.

Perhatikan di dalam sholat, mulai dari tempat, pakaian hingga diri kita harus dalam keadaan bersih ketika mendirikan sholat.  Ini adalah petunjuk bahwa kita harus selalu menjaga kebersihan diri, tempat dan pakaian kita.  Bayangkan minimal lima kali sehari kita harus membersihkan badan kita dari kotoran dan najis.

3.  Sholat mengajarkan tumaninah.

Di dalam sholat kita diajarkan untuk bersikap tenang tidak tergesa-gesa. Ini bukan berarti berlambat-lambat, tetapi artinya tidak grasa - grusu, ada SOP yang jelas hingga semua dikerjakan dalam kendali yang jelas.

4.  Sholat mengajarkan fokus

Dalam meraih sukses kita harus bisa fokus dalam meraih cita-cita dan impian kita, sholat pun mengajarkan kita untuk bisa focus pada satu tujuan.  Hanya mengingat Allah, hanya berkat-kata sesuai yang diperintahkan di dalam sholat, tidak mudah tergoda oleh hal-hal di luar sholat.

5.  Sholat mengajarkan tawadlu

Dalam sholat ada saatnya kepala sejajar dengan kaki, hati yang selalu menunduk pada kebesaran Allah SWT, ini mengajarkan kita untuk senantiasa belajar rendah hati dan tidak sombong.  Salah satu kunci meraih sukses adalah tidak sombong, mau belajar dari siapa saja, mau menerima kelebihan dan kesuksesan orang lain.

6.  Sholat mengajarkan untuk tertib

Tertib sangat dibutuhkan untuk meraih sukses, tertib dalam menempatkan sesuatu pada tempatnya.  Dengan disiplin untuk tertib maka kita akan senantiasa rapi dalam segala hal.  Karena yang menyebabkan sesuatu berantakkan, yang menyebabkan rumah kita berantakan karena kita tidak menyimpan sesuatu pada tempatnya.

7.  Sholat mengajarkan untuk menyebarkan salam

 Diakhir sholat kita mengucapkan salam, sebuah garansi kepada yang lain bahwa diri kita harus menyebarkan kasih sayang, tidak merugikan orang lain.

Subhanalloh begitu agung dan sucinya ajaran Islam ini, hingga dari satu perintah saja, bila kita mendirikannya, tidak hanya melaksanakkannya saja kita bisa meraih sukses di dunia dan akhirat.  Marilah kita sama-sama belajar untuk tidak hanya melaksanakan sholat, tetapi mendirikan sholat, dalam arti kita aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari kita.

9 komentar :

  1. Jujur....aku masih bolong2 solate...hikz...semoga makin rajin ini :")

    BalasHapus
  2. dengan sholat, kita bisa menjadi lebih tenang :)
    sholat adalah kewajiban semua orang, semoga menjadi hamba yang selalu taat :)

    BalasHapus
  3. Sholat juga bagus untuk kesehatan.

    BalasHapus
  4. yaaah masih sering berlambat-lambat sholatnya, belum seluruhnya bersegera ketika adzan :(

    BalasHapus
  5. iyaa ,, setuju sekali shalat sangat meangjarlan kita untuk disiplin dan selalu mengingat waktu ..

    BalasHapus
  6. banyak sekali manfaat sholat. Terima kasih sudah diingatkan :)

    BalasHapus
  7. Aku sepakat, mak. banyak pembelajaran tentang filosofi shalat, termasuk mempererat silaturahim juga dengan tetangga dan teman2.

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  9. beruntunglah mereka yang tidak pernah meninggalkan sholat. merupakan bentuk nyata tingkat keimanan seorang muslim. artikel anda mengingatkan saya, untuk selalu ingat Tuhan YME.

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^