blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

29 Agt 2015

Sebuah Jawaban Untukmu....

Menjadi seorang istri kemudian menjadi seorang ibu adalah sebuah karunia yang besar dari Allah SWT yang patut disyukuri.  Tapi dibalik itu tentu ada sebuah amanat besar yang ada di atas pundak kita, amanah yang kelak dikemudian hari akan dimintai pertanggung jawabannya.  Sebuah hadist mengatakan Kullu mauludin yuladu alal fitrah fa  abawahu yuhawidanaihi aw yunashironihi aw yumajisanihii bahwa setiap anak terlahir dalam keadaan fitrah, orang tuanya lah yang menjadikannya yahudi, nasrani atau majusi.

Tentu saja, saya sebagai ibu dari lima orang putra-putri memahami betapa berat amanah ini.  Yang saya dan suami lakukan adalah berupaya memberikan dasar agama yang kokoh kepada anak-anak, ketika ada godaan datang dari luar dengan pemahaman agama yang kokoh tentulah relatif lebih kuat dalam menghadapinya.

Sebuah dilema mulai muncul ketika mengetahui anak sulung saya memiliki bakat yang cukup tinggi dalam bidang menulis.  Hasil test psikologinya menunjukkan IQ 141 dengan kemampuan tertinggi di bidang bahasa.  Kayaknya ini sedikit menurun dariku, walau tidak dikembangkan dengan baik, dari dulu saya senang mempelajari bahasa dan relatif diberi kemudahan dalam mempelajarinya dibandingkan dengan pelajaran lainnya.  Soal kemudian saya malah terdampar dalam bidang akuntansi itu mungkin suratannya seperti itu hehe... toh akhirnya saya lari ke dunia bahasa dalam hal ini tulis menulis walaupun hanya sambilan saja.

Sumber: peesee86.blogspot.com


Ya dilema itu adalah antara membiarkan imajinasinya melayang terbang liar atau membatasinya dengan aturan yang memang seharusnya mulai ia pahami dengan konsekuensi mungkin akan menghambat imajinasinya.

Ini terjadi dibukunya yang terbaru #23Days, buku yang proses pembuatannya saya ketahui tetapi saya tidak diberi kesempatan untuk menjadi first readernya.  Padahal hampir semua karyanya saya selalu diberi kesempatan untuk membacanya, kecuali cerpen-cerpen di koran dan majalah yang tiba-tiba ujug-ujug ada saja... tapi sejauh ini isinya memang bagus, motivasi, masalah sosial di masyarakat, saya merasa cukup puas dan bangga akan kepeduliannya kepada masalah-masalah sosial yang muncul padahal saat itu kaka masih SD.

Sumber: Twetten Mizan Media Utama
Mungkin kakak merasa itu bukan segmen uminya, Seri Fantasteen yang berkembang saat ini memang patut diacungi jempol dalam hal imajinasi serta dahsyatnya para remaja kita bereksplorasi tetapi dari tema memang cukup menyedihkan.  Tema tentang hantu dan sejenisnya serta segala sesuatu yang menakutkan dengan segmentasi remaja memang bidikkan Seri Fantasteen saat ini.

Setelah buku ini sudah ada kepastian diterbitkan barulah saya diberi kesempatan untuk membacanya.  Rame, seru dan penuh misteri memang...sedikit berbeda dari fantasteen lain yang sempat saya baca.  Banyak pembaca yang mengapresiasinya. bahkan membaca di twicsy.com termasuk 10 buku yang direkomendasikan di Mizan Media Utama nomor dua setelah Dilannya Pidi baiq  Saya sudah berbicara dengan kaka tentang masalah ini, tentang hubungannya dengan akidah seorang muslim, misi hidup seorang muslim dan saya tau kaka sudah mulai memahaminya.  Walau awalnya dia banyak menolak dan sedikit kontra tapi seiring dengan pemahamannya mungkin ia akan semakin memahami.

Saya cukup terhibur dengan ulasannya di fesbuk..

Fantasteen : 23 Days
Aku mau ulas dikit tentang novelku ini '-'
Jadi, novel ini aku tulis pas kenaikan kelas ke SMA, jadi sekitar setengah tahun ngerjainnya. Lama? Wks emang iya, soalnya aku ngerjain pas libur doang._. Dan emang baru aku kirim januari lalu, ga nyangka bisa terbit secepat ini :')
Sebenarnya tokoh utama dari buku ini adalah El sendiri. Aku ngeliat dari sudut pandang El yang harus mencabut nyawa seorang Riana. El emang tertarik banget sama Riana dari awal. Soalnya Riana itu nyentrik, freak, beda xD
Dan itulah yang jadi kesalahan terbesarnya; dia harus menjalankan misinya sesuai waktunya atau dia yang mati.
Jeng jeng jeng._.

Kenapa aku ngambil genre mistery kayak gini? Novel agak nyentrik dan beda dari naskah fantasteen yang udah banyak terbit?
Bukan berarti aku ga suka horor-_- Tapi aku ga bisa nulis biar ini jadi serem, aku ga tau cerita serem itu kayak gimana xD Jadi ya aku selipin sedikit dari cerita Riana yang punya indera keenam dan teman2nya, dan apa yang membuatnya begitu menderita dengan kemampuannya. Aku ga ngarep kalian ketakutan, karena menurutku ga serem :' aku cuma harap kalian bisa terhibur:')
Jadi ya gitu deh, moga bisa jadi terobosan baru dari Fantasteen. Meski fantasinya ringan (karena latar belakangnya cuma sekolah biasa), genrenya lebih ke friendship mungkin, dan .. romance ga yaa?? xD, ga begitu ada banyak hantu, dan tanpa sihir, Tapi aku harap kalian tetap sukaaa smile emotikon
Katanya sih, endingnya nyesek, tapi manis xD
Happy reading, writing, and inspiring^^

Niatnya semata untuk menghibur ternyata.... ^_^

Jadi untuk sementara ini yang saya lakukan adalah mendukungnya, memotivasinya terus sambil sedikit demi sedikit berusaha menambah pemahamannya.  Saya tak ingin mematikan potensinya, berusaha bersikap profesional dengan berusaha ikut mempromosikan buku ini.  Karena saya tahu Kak Azizah menulis juga tentu ada keinginan memiliki reward berupa materi.  Semoga ke depan lebih baik lagi ya Kak... I proud of you....



28 Agt 2015

Ih Umi Asyik Ih....Naik Bus Resto (Test Jaringan 4G Bareng XL)

 Test Jaringan 4G Bareng XL

Ih Umi asyiiiik ih......" seru si tengah Fathiya.  Sudah jadi kebiasaan kalau pulang acara blogger Fathiya yang paling semangat buka-buka hape uminya, yang pertama kali dilihat pasti goodybag eh salah..... foto-foto hasil jepretan umi maksudnya. "Mana...?" Maghfira dan Mushab serempak nyaris rebutan melihat   "Ih iya asyiiik... Umi naik bis resto yang ada di Majalah Bobo...?"  ujar Mushab.  "Emang ada di Majalah Bobo..?" tanyaku heran.

Memang sudah berbulan-bulan tak kusentuh lagi majalah itu, walau setiap hari Kamis Bobo rajin datang mengunjungi.  Tadinya rajin baca biar ketularan bisa nulis cerita anak etapi maklumlah emak-emak riweuh bin rempong, ngurusin lima anak tanpa asisten plus ngurusin usaha laundri juga ditambah bisnis online yang sedang dirintis jadi keteteran akhirnya. Makanya saya suka bela-bela in ikutan acara blogger, supaya dipaksa harus nulis, kalau tidak dipaksa, pasti bakalan jarang nulis ....beneran deh ....eh jadi curcol...hihi...

Hidangan di Bus Resto searah jarum jam, makanan pembuka, soup,mah penutup dan makanan utama

Eh sebetulnya saya mau cerita kalau saya diajakin XL seru-seruan naik Street Gourmet Bus, keliling Bandung sambil menyantap hidangan yang disediakan bus resto itu,  Mulai dari appertizer, makanan pembuka berupa salad, soup, main course hingga dessert berupa colenak yang ditampilkan begitu menawan serta cake coklat yang disebut Volano. Kebetulan saya duduk berdua dengan Teh Ulu akhirnya kami berbagi saling mencicipi aneka sajian malam itu...terlebih Ulu  fokus ngetwit jadi makannya sedikit...lengkaplah semua dari pembuka sampai penutup mendapat dua hidangan berbeda... Alhamdulillah enak man teman ... hihi...

Selain menikmati sajian di bis resto itu  yang utamanya sih diajak demo Extreme HD 360° Video untuk menunjukkan bagaimana kualitas layanan 4G LTE dari XL, kalau untuk demo  saja sudah bagus berarti Extreme HD 360° Video layanan super cepat XL juga akan cukup baik dong ya dalam mendukung layanan inovatif dan bermanfaat lainnya.

Layanan 4G LTE XL memang sudah menyebar ke delapan kota besar di Indonesia yaitu yaitu Medan, Jakarta, Bogor, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, dan Mataram-Lombok. Salah satu hal yang terus dilakukan XL adalah melakukan edukasi kepada pelanggan dan masyarakat mengenai manfaat layanan 4G LTE dari XL.

Salah satu upaya edukasi yang dilakukan XL adalah dengan demonstrasi “Extreme HD 360° Video" itulah mengapa saya dan teman blogger diundang mengikuti acara ini. O iya dengan “Extreme HD 360° Video ini kita bisa menyaksikan tampilan video dengan cara yang tidak biasa.  Sudut pandang video bisa mencakup 360°. Dan dengan layanan internet super cepat 4G LTE gambar dan suara video tidak terputus - putus alias lancar jaya.



Mengikuti acara itu saya jadi pengen banget deh segera pakai hape yang support untuk layanan 4G, sayang hape smartphone saya masih agak-agak jadul, etapi jangan khawatir sih bagi yang ngebet pengen menikmati layanan 4G ini, XL punya paket bundling yang dinamai Power Pack.  Nah dengan paket ini memudahkan kita untuk menukarkan secara gratis kartu SIM 3G kita dengan kartu  SIM 4G, paket data HotRoad yang asyiik plus bundling ponsel 4G.

Meski area yang sudah terlayani 4G masih sangat terbatas, namun antusias pelanggan untuk mendapatkan layanan 4G sangat tinggi. Sejak Januari 2015, sudah lebih dari 200 ribu pelanggan melakukan ganti kartu 4G (Usim). Data XL menunjukkan, lebih dari 400 ribu pelanggan di Jabodetabek sudah menggunakan ponsel 4G. Di Jabodetabek ada 20 lokasi XL Center  yang bisa melayani ganti kartu 4G gratis.


gbr punya kokonata.net
Sementara itu, untuk program bundling kerjasama dengan sejumlah produsen penyedia smartphone, XL sudah menyiapkan beberapa paket bundling, baik untuk  prabayar maupun pasca bayar. Ada 4 kategori paket berdasarkan harga, dengan pembayaran cicilan 12 bulan.
Katagori Harga Terjangkau
Paket ini dapat kita peroleh dengan cicilan Rp 149.000 per bulan, dengan fasilitas kuota data 1,5 GB, 200 menit nelpon ke sesama XL serta 300 SMS ke semua operator.  Paket Rp 199.000 per bulan mendapatkan kuota data 3GB, nelpon ke sesama XL dan 400 SMS ke semua operator.  Untuk handsetnya tersedia merek Xiaomi, Lenovo A6000 dan Redmi 2
 
Katagori Smarthphone Harga Menengah
Dengan mencicil Rp 249.000 per bulan kita akan mendapatkan kuota data 1,5GB, 200 menit nelpon ke sesama XL dan 300 SMS ke semua operator.  Paket Rp 249.000 per bulan akan mendapatkan kuota data 3GB, 300 menit nelpon ke sesama XL dan 400 SMS ke semua operator.  Untuk paket ini tersedia handset merek Asus Zenfone 2 (2G), Sony M2 Aqua dan Lenovo P70

Katagori Smarthphone Harga Atas
Untuk katagori ini tersedia merek Sony M4 Aqua dengan cicilan Rp 399.000 per bulan akan mendapatkan kuota data 3 GB, 300 menit nelpon ke sesama XL dan 400 Sms ke semua operator.

Paket iPhone6 ekslusif
Dengan paket ini kita akan mendapatkan kuota data 7GB, nelpon sepuasanya ke sesama XL dan SMS sepuasnya ke semua operator (dengan batas pemakaian wajar).  Selain itu pelanggan juga akan mendapatkan bonus nomor cantik, prioritas penggunaan jaringan dan customer service khusus.  Paket ini bisa anda dapatkan dengan cicilan Rp 999 per bulan.
 
O ya bagi yang ingin mendapatkan informasi dan produk 4G LTE dari XL, bisa datang ke lokasi-lokasi resmi layanan XL, baik itu XL Center, maupun XL XPLOR.

Ih asyiik ya... pengen juga sih pastinya biar dalam menjalankan tugas kenegaraanku sebagai blogger akan lebih mengasyikan lagi dan tampilan foto-fotoku lebih keren kayak temen-temen  hehe.......

24 Agt 2015

Mengenal Dunia Si Kembar Lebih Dekat

Sewaktu kecil dulu, saya sering minta punya adik kembar sama si mamah, rasanya gimana gitu kalau melihat anak-anak kembar.  Kebetulan waktu kecil saya punya teman dekat rumah yangkembar, sepantaranlah dengan usia saya Wida dan Widi namanya, di sekolah juga ada kakak kelas yang kembar, lucu banget liatnya segalanya selalu sam, kalau tidak mengenal mereka dengan dekat akan sulit membedakannya. Dan jawaban si mamahku atas permintaanku "Engga bisa atuh da leluhur mamah mah ga punya keturunan kembar..".  Oow harus keturunan ya ternyata...sayang dong....hihi...

Dan ketika menikah pun, di lubuk hati yang paling dalam adalah keinginan punya anak kembar, kalau ngobrol sama si mamah beliau suka bilang "Ih uyuhan...cape atuh..." Hehe iya juga ya...punya bayi satu aja suka kerasa capenya, gimana kalau langsung dua atau tiga ya...?  Tapi tetep aja kalau dikasih sama Allah SWT mau dong, etapi ya itu tadi ga punya keturunan kembar. 

Kenapa saya tiba-tiba nulis tentang kembar ya..? Hihi...bukan tanpa sebab lho...Adalah Evi dan Eva dua ibu muda kembar cantik, mereka berdua adalah pendiri Twin Universe, sebuah komunitas anak kembar yang mereka dirikan pada tanggal 3 Desember 2014.  Nah Eva dan Evi ini mengundang para Blogger Bandung khususnya untuk mengikuti acara Gathering Komunitas Kembar yang mereka adakan tanggal 2 Agustus 2015 yang lalu di Warung Upnormal Jalan Cihamplas Bandung, Eva dan Evi ini kembar identik, mereka berdua juga adalah penulis novel dan blogger. 



Pertama kali yang saya kenal adalah Evi seorang perempuan muda yang cantik dan ramah, sama sekali enggak menyangka kalau ternyata Evi itu mempunya saudara kembar.  seiring berjalannya pertemanan kami di komunitas Blogger Bandung akhirnya saya tau kalau Evi punya kembaran bernama Eva.  Jarang bertemu Eva karena waktu itu Eva masih tinggal di Jakarta.  Pertama ketemu sama Eva juga, dalam acara blogger di Jakarta.  Nah sekarang jadi sering ketemu keduanya karena Eva pun sudah pindah ke Bandung.

Eva dan Evi mendirikan Komunitas Twin Universe. karena pengalaman mereka sebagai dua anak kembar yang sering dibanding-bandingkan.  "Orang-orang suka membanding-bandingkan, hingga kami jadi berkompetisi.. padahal asyik kan kalau kembar itu kompak" Evi mengungkapkan hal itu saat Gathering Komunitas Kembar

Eva dan Evi membuka acara(atas)  Dua nara sumber diacara talkshow (bawah)

Ternyata seperti yang saya duga, acara berlangsung seru, gimana nggak seru melihat satu pasangan kembar aja sudah lucu apalagi ini komunitas kembar pasti asyik kan.. Nah ternyata selain acara seru-seruan ada acara serius tapi santainya yang membuat wawasanku tentang perkembaran bertambah, yaitu acara talkshow, menghadirkan dua pembicara yaitu seorang dosen komunikasi UNISBA bernama Ika Junita dan dr. Siska Nurohman, M.Sc seorang dokter lulusan dari Belanda.

Baik dokter Siska yang memandang dari sisi genetika maupun Ika Junita yang memandanga dari sisi psikis sepakat bahwa kembar itu tidak harus selalu sama.  Mereka adalah dua individu yang berbeda yang memiliki potensi masing-masing yang berbeda.  Ika Junita yang juga memiliki sepasang anak kembar bahkan menegaskan perbedaan itu dengan menamai anaknya berbeda yaitu Genina dan Raudah walaupun ternyata memiliki makna yang sama.

Perilaku orang tua yang selalu mendandani mereka selalu sama mulai dari rambut sampai ujung kaki memicu lingkungan sekitar untuk selalu membandingkan mereka.  Padahal hal itu tidak baik bagi perkembangan si kembar, diantara mereka akan timbul persaingan satu sama lain, bahkan bisa memicu sifat minder dari salah satunya ketika tidak secantik atau sepintar saudara kembarnya. 

Selain talkshow berbagai lomba pun digelar ada lomba live tweet dan juga lomba kembar kompak 2015.  Ketika diuji kekompakannya ternyata mereka memang mengenal satu sama lain cukup dalam. Jawaban mereka hampir semua betul mengenai kesukaan dalam warna, makanan dan hal lainnya tentang pasangan kembar mereka.  Mereka pun didaulat untuk joget berdua yang terlebih dahulu dicontohkan pasangan Eva dan Evi.



Acara terakhir pengumuman pemenang lomba kembar paling kompak 2015, yang dimenangkan pasangan Dwi Wulan dan Eko.  Dwi dikenal sebagai blogger dan mengenakan hijab sementara Eko berkaca mata dan belum berhijab, keduanya dihadiahi sebuah smarthphone keren dan hadiah lainnya.

Gathering komunitas kembar memang agak berbeda dari gathering yang lainnya, menyaksikan pasangan kembar yang begitu mirip satu sama lain semakin mengingatkan kita akan kekuasaan dan kebesaran yang Maha Pencipta,  Sama tapi beda itu memang unik dan kita sebagai lingkungan disekitar pasangan kembar diharapkan mampu bersikap bijak untuk tidak selalu membandingkan mereka.

18 Agt 2015

Serunya Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke -70 : Sinergi BUMN untuk Rakyat

Tahun ini negara kita tercinta merayakan Hari Kemerdekaannya yang ke-70.  Hampir semua wargan warga di seluruh pelosok negeri ini merayakannya dengan penuh suka cita.  Berbagai acara dan perlombaan digelar untuk meramaikannya.  Dengan mengusung tema BUMN Hadir Untuk Negeri Telkom Indonesia bersama 11 BUMN di Jawa Barat lainnya tak ketinggalan turut serta merayakan hari kemerdekaan ini.

Saya dan beberapa teman #BloggerBdg yang meliput acara ini

Berbagai acara pun digelar, hampir keseluruhan acara digelar berpusat di Monumen Perjuangan Rakyat (Monju).  Pemilihan tempat di Monumen Perjuangan ini tak lepas dari peran Monumen Perjuangan sebagai ikon kota Bandung dalam mengenang jasa pejuang kemerdekaan di Jawa Barat.  Monumen ini didirikan dari tahun 1991-1995 secara bertahap, dirancang arsitek Bandung Slamet Wirasondajaja dan perupa Sunaryo.  Monumen mengambil bentuk Bambu Runcing sebagai lambang perlawanan rakyat terhadap penjajah.

Acara dimulai pukul 06.00 berupa acara Gerak Jalan Santai, acara ini diikuti kurang lebih 3000 peserta, tidak hanya warga Bandung saja ternyata, ada juga yang sengaja datang dari berbagai daerah seperti Cimahi, Garut dan Tasikmalaya.  Acara gerak jalan ini berlangsung semarak terlebih dengan banyaknya doorprice yang disediakan panitia dari mulai payung, jam dinding, sampai emas dan sepeda motor.

Kemeriahan Acara Gerak Jalan Santai

Selain acara jalan sehat Telkom Indonesia beserta 11 BUMN di Bandung juga mengadakan acara Bedah Rumah untuk 45 veteran di 9 kota dan 18 kabupaten terpilih, pemberian bantuan kepada 18  SMK tersebar di beberapa kabupaten.

Acara di Monumen Perjuangan dilanjut sore hari hingga malam harinya dengan mengadakan acara Layar Tancap yang menayangkan film Garuda di Dadaku 2, pagelaran seni yang mengangkat muatan-muatan lokal budaya Jawa Barat yang meliputi budaya seni tari, seni musik pertunjukkan wayang Tavip bertema Rakyat dan Sinergi BUMN Bagi Masyarakat, hingga jajanan khas Jawa Barat.  Selain itu pula ada pemberian   donasi 1000 paket sembako kepada warga Ciwidey, yang diberikan secara simbolis oleh Mentri BUMN Ibu Rini Soemarno kepada Kepala Desa Ciwidey.  Selain ibu menteri hadir pada kesempatan itu wakil gubernur H. Dedi Mizwar.

Acara dimalam hari ini dihadiri masyarakat sekitar lokasi monument dan masyarakat Bandung secara umum, Komunitas Budaya Jawa Barat seperti Koperasi PKL, Sagala Awi Galengan Ki Baraya, Baraya Kota, Wadah Jaringan Pedagang, Komunitas Bersepeda Bandung, pejabat pemerintah dan tokoh masyarakat Jawa Barat.  Tamu Kehormatan yang berkesempatan hadir Menteri BUMN Wagub Jawa Barat, Anggota Veteran, Perwakilan SMK dan Jajaran Direksi BUMN se Jabar.  4000 PKL pun berpartisipasi dalam menyajikan jajanan rakyat.

Acara malam hari

Acara di malam hari ini ditutup dengan penayangan film Garuda di Dadaku 2, sebuah film yang bercerita tentang persepakbolaan.  Topik ini dirasakan cocok untuk meningkatkan nilai juang dalam rangka memajukan persepakbolaan di Jawa Barat khususnya, agar bisa tampil maksimal di kancah nasional maupun internasional.

Terima kasih Telkomsel Indonesia dan juga 11 BUMN lainnya yang telah bersinergi atas partisipasinya berbagi untuk negeri di perayaan Kemerdekaan Republik Indonesia.


6 Agt 2015

Kejutan Rasa Dari Kedai Kecil

Menyusuri Jalan Dipati Ukur, membuat kenangan lamaku hadir kembali, ya dulu belasan tahun yang lalu saya sempat sering ke tempat ini, yaitu ketika saya melanjutkan kuliah di UNPAD jurusan akuntansi.  Sudah banyak berubah memang, kini di sekitar kampus UNPAD banyak berdiri kafe-kafe tempat makan dan kongkow-kongkow mahasiswa.  Salah satunya ada sebuah tempat yang sebetulnya dari segi tempat tidak terlalu besar, bisa disebut kecil bahkan.  Don't judge the book from the cover kayaknya cocok deh dengan tempat ini, sesuai namanya tempat ini diberi nama Kedai Kecil.

cerah ceria, nyaman buat kongkow-kongkow ^_^

Menempati halaman sebuah rumah di Jalan Dipati Ukur no 36 dekat dengan Taman Gesit, Kedai Kecil memang kecil, awalnya saya underestime deh melihat tempatnya yang kecil, saya pikir kedai ini biasa saja seperti kebanyakan kafe lainnya.  Bersih memang, nyaman juga memang karena warnanya yang cerah ceria, dan ternyata dibalik semua itu tersimpan kejutan yang begitu menggoda.  Siapa yang mengira kalau tempat yang memang targetnya mahasiswa ini memiliki cita rasa yang aduhai seperti sebuah resto besar yang mahal.  Ga percaya ya? Hihi... Coba aja deh sendiri.... Bukan kata saya aja lho... menurut teman-teman yang bareng ngupi-ngupi cantik di sini juga semua ternyata berpendapat sama.

aneka minuman dengan citarasa yang aduhai

Kalau kita berpikir dengan rasanya enak pake bingits tentu harganya mahal, itu salah besar, karena di Kedai Kecil harganya cukup ramah dikantong ternyata.  Untuk minuman dengan cita rasa yang aduhai hanya dibandrol dengan harga 5 ribu sampai 15 ribu, cukup murah bukan?  Ada Blueberry Strewberry yang walau namanya pake strewberry tetapi kalau dari rasa dominan Blue Berry, dibandrol 15 ribu saja, menurut saya dan teman-teman rasanya mantaps dah, dan ternyata minuman ini merupakan minuman favorit di Kedai Kecil.  Ada juga Pinacolada campuran nanas dan santan yang suegeer, Oranye Pakchoi yang selain enak tentu saja menyehatkan, Nutella Millo minuman coklat dingin yang nikmat semua dibandrol 15 ribu.

Nasi yang ada di Kedai Kecil

Dari minuman saya  lanjut ngebahas aneka nasi, di sini ternyata nasi sudah satu paket dengan lauknya, jadi kita tidak perlu pesan lauknya lagi, praktis kan?.  Di atas ada foto empat jenis nasi yang disediakan di Kedai Kecil, searah jarum jam ya ada Nasi Rendang, Nasi Bimbimbap yang khas Korea, Nasi Kari dan Nasi Cabe Hijau, semuanya dibandrol dengan harga Rp 18.500 saja.

Jangan bilang saya gembul atau rewog kata sundanya mah kalau saya bilang saya sudah coba semuanya ya hihi.... beneran..saya sudah coba semuanya, bukan berarti saya pesen empat mangkok, saya icip-iciplah pesanan temen.  Rasanya enak lho, Nasi Rendang yang begitu nendang, Nasi Bimbimbap pakai lalap yang bikin kalap (haha nah ini baru hiperbolis dah...) Nasi Kari yang bikin lidah menari-nari serta Nasi Cabe Hijau yang pedes-pedes membuat mulut berkicau.."Hmmmm alhamdulillah ...enak Mak..." hahaha.....

Aneka Mie instant dgn bumbu racikan khas Kedai Kecil

Yang pernah ngekost pasti tahu dong makanan kebangsaan anak kost...apa coba? Yap... betul pasti semua tahu jawabannya pasti mie instant.  Etapi mie instant di Kedai Kecil lain lho, walau mie nya pakai mie instant biasa tetapi bumbu yang dipakai bumbu hasil racikan chief di Kedai Kecil. Ada lima macam hidangan mie di Kedai Kecil yaitu Indomie Smoke Salmon, Indomie Tomyam, Indomie Rempah dan Indomie Rendang serta Indomie Kari, semua dibandrol Rp 15.000,- saja kecuali Indomie Smoke Salmon Rp 18.000,-  Oya penampakan Indomie Rempah mirip-mirip Indomie Rendang ya. Rasanya semuanya maknyus dengan racikan rempah yang tajam dipadu suwiran daging hmmm nikmat deh.  Khusus Indomie Tomyam..namanya juga Tomyam ya pake tomat dong, rasanya asam-asam suegerr.


Roti Tuna dan Roti Coklat Nutella
Selain Mie Instans di Kedai ada juga sajian Roti yang ditata apik menggiurkan.  Ada Roti Tuna, Roti Coklat Nutella dan Roti Raspberry.  Saya hanya nyicip Roti Tuna dan Coklat Nutella aja...rasanya? Serius deh pengen balik lagi ke sana hihi... tapi sayang kalau dari Cimahi kayaknya kemalaman uy...soalnya bukanya dari jam 16.00 sampai jam 24.00.  Etapi ga jadi galau deng soalnya ada layanan Go Food yang siap antar makanan yang kita pesan. Untuk Roti ini, mau Roti Coklat yang manis atau Roti Tuna yang cenderung asin dua-duanya mantap di lidah, penyajiannya pun begitu menggoda. Untuk Roti Raspberry dan Coklat Nutella dibandorl Rp 14.000,- sedangkan Roti Tuna Rp 18.000,- Murah juga kan?

Pancake dengan berbagai varian

Sebagai dessertnya nih ada berbagai varian dari Pancake yang lezato, Searah jarum jam juga ya Pancake Chocolate, Pancake Green Tea, Pancake Blueberry dan Pancake Banana Caramel sebetulnya masih ada satu jenis lagi yaitu Pancake Raspberry semua dibandrol Rp 22.000,-.  Rasanya? Jangan ditanya deh.... kagum sama chief Kedai Kecil yang katanya akan terus berinovasi menemukan menu-menu yang lezat untuk memanjakan lidah para tamu di Kedai Kecil.  Pancake yang paling saya suka ya Blueberry dong nyambung banget sama eskrimnya yang rasa vanila yang lembut langsung lumer di lidah, tapi ala kulli hal semuanya juga enak kok, cuman ukurannya cukup besar, kayaknya ga muat deh buat perut perempuan selangsing saya (eheeeem ditimpuk berjamaah sama pembaca deh hihi).  Jadi buat mahasiswa yang kantongnya lagi seret, cukup urunan sebelas ribu bareng teman kalau mau nyoba menu lezat ini.

Asyik ya kuliner saya kali ini bener-bener penuh kejutan deh, dari yang underestime karena tempatnya kecil (tapi nyaman siih..) akhirnya malah jadi bener-bener puas deh hehe..... Yang penting lagi Mas Aji sebagai salah satu founder Kedai Kafe (nama lengkapnya Muhammad Aji ya...) menjamin kalau semua menu di sini di jamin halal 100%.  Nah tunggu apa lagi dong...sudah murah, enak, halal lagi...yuuk dicoba...yuuk ^_^


Kedai Kecil
Jl. Dipati Ukur No 36 Bandung
Buka setiap hari jam: 16.00- 24.00
Twetter : @kedaikecil36
Instagram: @kedaikecil36




1 Agt 2015

Ramadlan Berlalu, Lalu Betulkah Syawal Artinya Peningkatan?

Ramadlan telah berlalu cukup jauh, Bulan Syawal pun sudah kita lalui, suasana lebaran berangsur-angsur mulai memudar auranya.  Target syaum kita adalah ketaqwaan kita  (berhasilkah-puasa-kita?) dan usai Ramadlan kita akan kembali menuju fitri.  Melihat fonomena yang terjadi di sekitar kita, terbesitkah pertanyaan di benak kita benarkah kita kembali kepada fitri yang katanya seperti bayi yang baru lahir.  Lalu benarkah syawal itu artinya peningkatan?

Ternyata kembali kepada fitri itu bukan hanya berarti bersih kembali seperti bayi baru lahir, makna fitri lebih pada kembalinya kepada akidah asal, akidah Islam yang lurus. Seorang yang telah melaksanakan syaum dengan sungguh-sungguh, baik dan benar tentu saja ia akan terhapus dosanya karena ia mendapat ampunan dari Allah SWT, tapi tidak semua orang yang berpuasa lalu terhapus dosanya, karena Allah SWT lebih tahu mana yang syaumnya diterima dan mana yang tidak mana yang layak mendapat ampunan dariNya mana yang tidak.

Sumber: keepcalm-o-matik.co.uk

Sementara bulan Syawal secara bahasa memang artinya peningkatan, Ibnul Allan asy Safii mengatakan  bahwa "Penamaan bulan Syawal diambil dari kalimat Sya-lat al Ibil yang maknanya unta itu mengangkat/menegakkan ekornya.  Syawal dimaknai demikian karena dulu orang-orang Arab menggantungkan alat-alat perang mereka, disebabkan sudah dekat dengan bulan-bulan haram yaitu bulan larangan untuk berperang". (Dalil al Falihin li Syah Riyadhad al Shalihin)

Keadaan di jazirah Arab di jaman jahiliyah, pada saat itu, saat unta betina enggan dikawini unta jantan, hingga ketika unta jantan mendekatinya, maka ia akan menegakkan ekornya.  Keadaan ini menimbulkan pemahaman pada mereka bahwa menikah di bulan syawal akan menimbulkan kesialan. Sehingga pada saat itu mereka mengharamkan pernikahan di bulan Syawal. Pemahaman ini kemudian diluruskan saat kedatangan Islam, untuk membantah mitos ini Rasulullah kemudian menikahi istrinya di bulan Syawal.

Jadi adalah pemahaman yang salah kalau dikatakan dinamai bulan Syawal yang berarti peningkatan karena bulan ini bulan setelah Ramadlan.  Terbukti penamaan bulan syawal telah ada saat zaman jahiliah saat Islam belum hadir untuk mencerahkan.  Jadi bukan berarti peningkatan di sini dihubungkan dengan paska Ramadlan dalam arti peningkatan amal.  Kalau kita mau jujur, justru setelah Ramadlan amal kebanyakan kita banyak yang menurun.  Membaca Al Qur'an kembali hanya ODOJ one day one juz, atau bahkan mungkin berkurang karena sibuk mudik dan silaturahmi  padahal di bulan Ramadlan kita bisa lebih dari 1 juz.  Syaum kita, sholat malam kita, infaq sodaqoh kita hampir semua amal kita berkurang drastis.  Alhamdulillah kalau bisa istiqomah, tapi fenomena yang terjadi di sekitar kita justru yang ada adalah penurunan dalam beramal.

Mengingatkan untuk meningkatkan amal memang sangat baik, tetapi jangan sampai dihubungkan dengan penamaan bulan Syawal karena kedua hal ini memang tidak berhubungan.  Alla kulli hal marilah kita jadikan momen Ramadlan yang baru saja berlalu menjadi sebuah charger yang kuat untuk mengarungi bulan-bulan berikutnya dengan lebih baik lagi.  Syawal masih cukup panjang, yang belum menggenapkan syaumnya dengan syaum syawal yuu kita lakukan mumpung Allah masih memberi kita waktu, hadirkan suasana Ramadlan di rumah kita, walau Ramadlan sudah berlalu, mau tidak mau, masih lama atau sebentar lagi kematian dan hari pembalasan itu suatu saat pasti akan tiba, kita harus selalu siap menghadapinya. Wallohu'alam.