31 Okt 2015

Air..... Nikmat yang Terkadang Lupa Disyukuri


Persediaan air di sumurku saat itu begitu kerontang sehingga tak ada setetes air pun yang bisa di angkut mesin pemompa air menuju bak mandi.  Terbayang bagaimana repotnya saya dan keluarga saat itu.  Pagi-pagi mengangkut anak-anak yang akan ke sekolah mampir ke 'kantor' untuk  mandi.  Agak siangan sedikit ketika suami dan anak-anak pergi, harus ngangkut-ngangkut air dari tetangga untuk keperluan memasak dan mencuci.  Malamnya suami pun mengangkut air dari 'kantor' untuk persediaan malam.  Begitulah, tak ada air memang sangat merepotkan, keberadaannya baru sangat terasa berharga saat ia tiada.

Status jeritan hatiku takkala tak ada air
Memang musim kemarau tahun ini terasa cukup panjang, bulan-bulan berakhiran "Ber" yang dari kecil kuingat sebagai bulan saatnya turun hujan satu demi satu terlewati, tapi musin hujan belum juga mulai.  Satu demi satu tetanggaku pun akhirnya membuat sumur bor dengan kedalaman sekitar 40 meter seperti yang dengan terpaksa akhirnya kulakukan agar bisa hidup dengan 'normal' kembali.

Alkisah, sepuluh tahunan yang lalu daerah tempatku tinggal adalah daerah yang kaya akan air.  Dari namanya saja bisa terlihat bahwa CIMAHI, Ci artinya air dan Mahi artinya cukup, jadi arti Cimahi itu adalah Cukup Air.  Diberi nama Kota Cimahi karena kota ini dulu berlimpah dengan air, menggali beberapa meter  saja, air bersih pun sudah mulai keluar, bahkan kita sudah bisa menyiduknya dengan tangan.

Tapi kini....setelah sepetak demi sepetak lahan hijau pun menghilang berganti dengan bangunan mulai dari yang biasa sampai yang  mewah. Bangunan itu hadir dengan  puluhan kamar  termasuk sumur bornya tentu saja, karena harus menyediakan air untuk para penghuninya yang tidak sedikit.  Lalu kemudian bermunculanlah rumah makan-rumah makan, bermunculanlah laundry-laundry,  semua mengikuti hukum alam ada permintaan maka munculah penawaran. Itu hal biasa terjadi disebuah lingkungan yang dekat dengan kampus.  Lalu apa yang terjadi sebagai dampaknya ?

Satu demi satu tetanggaku pun membuat sumur bor dengan kedalaman 40 meteran
Kini saat musin kemarau panjang sudah mulai terasa betapa menyusutnya persediaan air di daerahku, terlihat dari permukaan tanah yang semakin menurun.  Air terus menerus dieksploitasi untuk konsumsi kehidupan sehari-hari maupun untuk industri dan jasa.  Sementara penambahan volume air tanah terhenti di saat musim kemarau, bahkan di saat musim hujan pun, saat cucuran air yang berlimpah,  air yang terserap sangat tidak maksimal, karena air hujan banyak yang hanya menjadi air permukaan yang mengakibatkan banjir dimana-mana.  Begitulah yang selama ini terjadi, kekeringan di musim kemarau dan kebanjiran di musim hujan.

Konon katanya menurut  hasil penelitian penyebab terjadinya penurunan permukaan tanah di kota-kota besar adalah penyedotan air tanah dengan pompa yang berlebihan.  17,5%  - 18% penurunan tanah disebabkan oleh sumur bor, sementara sisanya disebabkan karena beban bangunan, kondisi alam serta kendaraan.

Apa yang Harus Dilakukan ?

Pengalaman adalah guru yang terbaik, memang sebuah kutipan yang bermakna yang harus dicamkan dalam kehidupan kita.  Bagi saya pribadi pengalaman saat kebanjiran di musim hujan dan saat musim kemarau kekurangan air bahkan sampai tak memiliki pasokan air setetes pun dari dalam sumur adalah pengalaman yang berharga sekali.  Pengalaman yang memberikan kesadaran betapa air sesuatu yang sangat bernilai yang tak tergantikan yang keberadaannya jarang kita syukuri.

Mensyukuri keberadaan air yang kita nikmati memiliki arti memanfaatkan, menggunakan dan menjaga kelestariannya semaksimal mungkin dan seefisien yang kita mampu.  Seperti itulah yang harus dilakukan kita semua agar nikmat tersebut tidak dicabut dalam diri kita.

Apa yang harus kita lakukan sebagai diri pribadi yang merasakan betapa air adalah sesuatu yang sangat berharga dalam hidup kita ?   Kita harus menyadari bahwa persediaan air dalam bumi bisa saja habis, dan kita memiliki tanggung jawab untuk melestarikan keberadaan air untuk sekarang dan masa yang akan datang.

Banjir saat musim hujan
Hal yang bisa kita lakukan adalah dengan memanfaatkan air gratis dari langit pemberian yang Maha Kuasa yaitu air hujan.  Sebagai negara dengan curah air hujan yang tinggi, kita harus bisa memanfaatkan potensi yang besar ini.  Gerakan  Rain Water Harvesting (memanen air) harus mulai kita galakan. Bagaimana caranya?

  • Perluas daerah resapan air di  sekitar rumah kita. Jangan biarkan air hujan menjadi air permukaan yang hanya mengalir ke selokan, upayakan semaksimal mungkin agar banyak air yang bisa terserap ke dalam tanah.
  • Buat sumur resapan dan biopori di sekitar rumah kita 
  • Tampung dan manfaatkan air hujan dengan cara membuat bak tandon dengan diameter satu sampai dua meter disesuaikan dengan keadaan rumah kita.  Hidupkan kearifan lokal orang tua kita dulu dimana hampir tiap rumah memiliki bak atau kolam untuk memelihara ikan atau merendam kayu.  Air tadah hujan ini bisa digunakan untuk mencuci baju, mencuci peralatan rumah tangga, mencuci kendaraan, menyiram toilet, menyiram tanaman dan lain-lain.
  • Tanamkan dan ajarkan gemar hemat  menghargai air mulai dari sendiri, kemudian orang terdekat kita yaitu keluarga kita baik itu anak atau pasangan kita kemudian lingkungan sekitar kita.
  • Tanamkan dan ajarkan kepedulian akan lingkungan hidup dalam diri kita, keluarga dan orang-orang terdekat kita  Ajarkan senang menanam dan menyukai penghijauan karena akar pohon dapat membantu proses  penyerapan air saat dimusim hujan.
Pemerintah pun harus mau belajar dari negara-negara lain yang telah berhasil dalam hal pengelolaan air.  Contoh terdekat adalah Singapura yang merupakan negara terdepan dalam pengelolaan air yang terintegrasi.  Tata kelola air di negara ini adalah salah satu yang terbaik di dunia.

Singapura berhasil mendiversifikasi keperluan airnya dan meminimalkan jumlah air yang hilang, salah satu kunci kesuksesan Singapura adalah pendekatan dengan menggabungkan analisis permintaan dan sediaan air yang terintegrasi.

Singapura, negara dengan tata kelola airnya termasuk salah satu terbaik di dunia   Sumber: www.hijauku.com

Semua stakeholder harus turut ambil bagian dalam upaya menjaga keberlangsungan lingkungan di masa depan.

Semua pihak harus bahu membahu menghadapi permasalahan ini, agar tidak lagi kekeringan di saat musim kemarau yang berkepanjangan.

Jangan sampai nikmat air yang berkelimpahan di negara kita ini  terhempas karena disebabkan kesalahan kita yang tidak mensyukuri limpahan karunia itu. Mensyukuri dengan menggunakannya seefektif, efisien mungkin, mengelolanya dengan cara yang terbaik dan menjaga kelestariannya untuk masa depan anak cucu kita.




Sumber:
http://www.hedihastriawan.wordpress.com
http://www.hijauku.com
http:// www. kompasiana/arifiadipatah


28 Okt 2015

Urband Cafe Memang Ngangenin

Jum'at sore menjelang malam kami sekeluarga meluncur menuju sebuah kafe di Jalan Diponegoro 25 Bandung.  Sebuah kafe yang sering kudengar namanya tapi belum sempat mencobanya, namanya Urband. Cafe. Konon katanya kafe ini adalah langganan para pejabat di lingkungan pemprov Jawa Barat, gak heran sih memang lokasinya juga berdekatan dengan Gedung Sate, kata suamiku rasanya memang enak, makanya saya penasaran sekali,

Alhamdulillah akhirnya berkesempatan juga untuk bisa mencicipi hidangan di kafe ini.  Ternyata meskipun kafe ini memiliki target pasar kalangan menengah ke atas, tampilannya ramah dan tidak terkesan terlalu 'wah' seperti kafe menengah ke atas pada umumnya.  Walaupun begitu tampilannya tetap apik dan cozy. Begitu datang kami langsung dipersilakan untuk naik ke lantai dua karena ternyata lantai pertama sudah penuh dipesan.

Urband Cafe

Pernah dengar kalau Kang Dedi Mizwar tuh  ke sini karena seneng banget sama combro ala Urband Cafe, juga mendengar dari misua kalau wadah combronya dibuat dari kudapan yang bisa dimakan, penasaran dong...maka kami memilih combro dan cireng bumbu rujak untuk cemilan.

Sementara untuk makanan utama saya memilih Nasi Kakap Dabu-Dabu, abinya memilih Norwegian Salmon, Mushab dan Aa Miqdad tadinya pesen Sushi, tapi berhubung sedang kosong akhirnya ngikutin kakak dan teteh memesan Beef Ramen, sementara itu si bungsu Maghfira memilih Spagheti Bolognase.

Untuk minumnya saya memilih Mango Juice, Kakak dan Abi memilih Fresh Orange, Aa Summer Mango, Fathiya Cookies Milkshake, Maghfira Vanila Milkshake, sementara itu Mushab lebih memilih ice cream pot dan minumnya memilih air putih saja.

comro cireng
Comro dan Cireng yg kami pesan

Nggak heran kenapa Dedy Mizwar suka sama combronya Urband Cafe ternyata memang enak, lebih asyik lagi wadahnya yang kerasa banget kejunya, jadi renyah - renyah asyik ... ih ngebayangin itu jadi pengen ke sana lagi deh... hihi... Satu porsi berisi lima buah combro plus kudapan lezat yang menjadi wadah ini harganya Rp 18.000.  Sementara cireng dengan saos bumbu rujak harganya Rp14.000 yang menonjol adalah rasa bumbu rujaknya yang pedes-pedes enak.

ramen spagheti
Beef Ramen dan Spagheti Bolognase


Saya enggak keburu nyoba spagheti karena keburu habis dilalap si bungsu Maghfira haha..., tapi saya nyoba ramen, dari keempat anak yang pesen ramen hanya Aa yang menyisakan sedikit ramen untukku heuheu...rasanya enak, sepertinya saya mengenali bentuk mienya kayak mie nya Indomie deh tapi rasa memang rasa ramenlah.  Spagheti Bolognase harganya Rp 34.000 dan Beef Ramen dipatok pada harga Rp 24.000.

Urband Cafe
Norwegian Salmon
Urband Cafe
Nasi Kakap Daabu Daabu

Kata abi Norwegian Salmonnya enak banget dan seperti biasa saya tidak sempat cicip-cicip juga hehe..Norwegian Salmon ini tampilannya apik, mengundang selera banget, harganya Rp 70.000.  Sementara pesenan saya Nasi Kakap Dabi-Dabu sayurannya rasa asem-asem sueger, cuman memang ngenyangin banget karena porsi nasinya yang cukup besar.  Nasi Kakap Dabu-Dabu harganya Rp 34.000 saja.
Urband Cafe

Nah untuk minumannya ada yg disajikan dalam gelas yang unik-unik, rasanya pun seger dan enak apalagi yang Summer Manggo yang dipesan Aa enak banget, unik rasanya.  Summer Mango harganya Rp 32.000.  Fresh Orange juice pesenan abi dan Kakak seger rasanya pas gak terlalu asam gak terlalu manis harganya Rp 18.000.  Milkshake pilihan Maghfira juga enak harganya Rp 20.000.

Urband Cafe

Jus Mangganya disajikan dalalm gelas berbentuk lucu, rasanya seperti jus mangga pada umumnya cuman lebih kental, harganya Rp 20.000, pilihan Mushab Ice Cream Pot rasanya enak bentuknya mirip pot banget sampai abi mengira itu hiasan meja haha... Cookies Milskshake pesenan Fathiya juga enak rasanya harganya Rp 24.000.   Jangan protes ya..dari tadi saya bilang enak-enak melulu, emang aslinya enak kok hihi....Pokoknya semuanya enak deh.. iya ...serius.. pake bingits.

Kalau mau ceritain kekurangannya sih ada yaitu para pramusajinya kerajinan banget, makanan belum habis dan lagi buka-buka hape sudah ditanya "Ini sudah Bu..?"  Saya yang kagokan terpaksa ngeiyain... padahal masih pengen hahaha......

25 Okt 2015

Mengelola Keuangan untuk Masa Depan yang Lebih Baik

"Yah, Neng... maaf saja...saya lagi ga ada uang" Kataku saat itu.
Perempuan muda itu hanya menarik nafas panjang, sepertinya dia kebingungan sekali.  Bukan saya tak ingin menolong, tapi saya pikir dia sudah keseringan meminjam uang, sementara saya tahu persis kalau gaji temanku itu besar. Beban hidupnya pun tidak terlalu berat, karena penghasilannya hanya untuk dia sendiri,  hidup masih sendiri, keluarga besarnya pun berkecukupan.  Tapi hampir tiap bulan pasti mengeluh kekurangan uang dan sibuk pinjam kemana-mana.

Pernahkah kita menemukan orang seperti temanku itu?  Gaji besar tetapi selalu mengeluh kekurangan, tiap bulan bukannya bisa menabung malah selalu kekurangan dan akhirnya meminjam ke banyak orang.  Sepertinya temanku itu harus diajarkan memilih dan mengelola antara keinginan dan kebutuhan.  Karena lazimnya dua hal itulah yang menjadi pangkal  keborosan dalam mengelola keuangan pribadi maupun keluarga.

Menghabiskan uang memang sangat mudah, seseorang harus mempunyai perencanaan agar bisa mengelola uangnya dengan baik. Perencanaan memang hal yang kecil, tapi memiliki makna besar di kemudian hari, karena kita tahu bahwa langit tidak selamanya cerah, mungkin akan ada hujan disela-selanya.  Lalu apa yang harus dilakukan seseorang untuk memulai mengelola keuangannya dengan baik ?  




Aturlah Pengeluaran

Pernah dengar efek Hedonic Treadmill ?  Nafsu untuk membelanjakan materi akan terus bertambah seiring bertambahnya pendapatan kita, seperti berjalan di atas treadmill kebahagiaan kita tidak akan maju-maju.  Saat penghasilan kita 7 juta per bulan itu akan habis, setelah  penghasilan kita meningkat misalnya  40 juta per bulan itu juga akan habis.

Oleh karena itu kita harus bisa mengelola pengeluaran kita dengan baik dan bijak. Ada beberapa tips yang bisa kita ikuti agar bisa bijak dalam mengelola pengeluaran kita yaitu:

Pay yourself first, sisihkan penghasilan untuk menabung, utamakan menabung, jangan jadikan aktivitas menabung di sisa pengeluaran kita, tetapi harus di awal yaitu saat kita menerima uang.

Membuat pos-pos prioritas, yang disarankan para pakar agar kita efektif  mengelola pengeluaran,  idealnya pengalokasian pos-pos pengeluaran adalah: 40 % untuk kebutuhan pokok, 20% untuk cicilan (rumah atau mobil yang wajib dibayar tiap bulan), untuk investasi, asuransi, gaya hidup masing-masing 10%, pos sosial dan dana darurat masing-masing 5%.

Hemat,  buatlah catatan pemasukan dan pengeluaran kita, kemudian evaluasi pos-pos mana saja yang terlihat terlalu boros dan bisa kita hemat.

Miliki asuransi, ibarat payung dikala hujan, payung tidak bisa menghalangi datangnya hujan tetapi dengan payung setidaknya kita tidak akan basah kehujanan.  Demikian juga asuransi, tidak bisa menghilangkan musibah atau peristiwa yang tak terduga menimpa kita tetapi asuransi bisa melindungi kita dengan santunan klaimnya atau pengalihan resiko.

Jangan tergoda diskon, diskon adalah cara atau trik promo dari penjual agar kita tertarik untuk membeli.  Terkadang sale atau diskon bukan sebenar-benarnya diskon.  Hampir tiap bulan selalu saja ada diskon dengan nama yang berbeda-beda disesuaikan dengan momen yang ada seperti Gebyar Tahun Baru, Gebyar Hari Raya,  dan sebagainya.

Sumber: Brighter Life Indonesia


Miliki Banyak Investasi

Dengan fluktuasi inflasi di negara kita, kita harus pandai-pandai memilih tempat menyimpan uang yang menguntungkan,  investasi adalah tempat yang tepat untuk menyimpan uang kita agar tidak tergerus inflasi yang membuat nilainya semakin menurun. Investasi merupakan salah satu jaring pengaman masa depan keluarga, kita bisa memanfaatkannya untuk kebutuhan jangka panjang keluarga kita.

Ada tiga pilihan investasi yang bisa kita pilih, yaitu saham, reksadana dan properti.  Pemilihan investasi mana yang cocok dan efektif  untuk kita bisa didasarkan pada tujuan rencana keuangan kita.  Bila menyimpan untuk kebutuhan jangka panjang, kita bisa investasi di portofolio saham atau properti.  Namun untuk jangka pendek kita bisa mengambil reksadana sebagai pilihan investasi yang tepat. 

Pilihlah tempat investasi yang tepat dan terpercaya,  PT Sun Life Financial Indonesia sebagai salah satu pemain utama dalam hal investasi dan asuransi bisa menjadi pilihan utama kita. Memiliki  trade record nya yang baik, sudah berdiri selama 150 tahun tanpa terganggu krisis moneter apapun dan dimana pun hingga bisa memberikan rasa aman bagi nasabahnya. . Dan yang lebih penting bagi yang menginginkan investasi atau asuransi berbasis syariah PT Sun Life Financial pun menyediakannya.


Siapkan Dana untuk Masa Depan

Kita harus menyadari bahwa biaya hidup akan semakin mahal, kehidupan kita di hari depan akan semakin besar.  Sebagai sebuah gambaran kita bisa melihat perkiraan harga bahan makanan pokok masyarakat Indonesia yaitu beras dari tahun ke tahun pada tabel di bawah ini :

Tahun
Harga Beras
2000
Rp     2.624
2003
Rp     3.062
2013
Rp     8.000
2023
Rp   19.185
 


Agar masa depan kita cerah kita harus berpikir "Nanti Bagaimana" bukan "Gimana Nanti".  Ada lima pos pengeluaran penting, yang harus kita persiapkan untuk masa depan kita yaitu:

- Pos pengeluaran untuk menikah
- Pos pengeluaran untuk tempat tinggal
- Pos pengeluaran untuk pendidikan anak-anak
- Pos pengeluaran untuk masa pensiun
- Pos pengeluaran untuk liburan

Kelima pos itu harus kita persiapkan dengan cerdas dan cermat, PT Sun Life Financial Indonesia memberikan berbagai program tabungan dan investasi bagi setiap tahapan kehidupan kita.  Perencanaannya pun dapat disesuaikan dengan kebutuhan pribadi kita.

Mempersiapkan pos-pos untuk masa depan harus kita persiapkan sedini mungkin, karena menunda itu mahal, makin lambat kita berinvestasi, maka makin besar yang harus kita sisihkan tiap bulannya.  Selain itu saat masih muda adalah masa keemasan dalam berkarir, tanggungan belum banyak, badan masih kuat dan sehat, sehingga saat itulah saat yang paling tepat kita mulai berinvestasi.

Ada banyak contoh di sekitar kita, teman, tetangga, saudara, selebriti atau siapa pun dia, bersenang-senang tanpa perencanaan di saat muda dan terpuruk di hari tua.  Atau mereka yang sukses merencanakan hidupnya sehingga bahagia di hari tua yang  bisa kita ambil hikmahnya.  Mari kita rencanakan dan kelola keuangan kita, siapa yang menanam dia akan menuai.....


22 Okt 2015

Fenomena Baru Online Shop di Indonesia

Sekarang ini, berbelanja dengan menggunakan cara online memang bisa di sebut sebagai hal yang baru. Sekarang ini banyak orang yang lebih memilih berbelanja dengan menggunakan cara online karena kemudahan transaksi hingga prosesnya. Untuk konsumen-konsumen yang ingin memperhatikan semua kebutuhannya namun tidak sempat untuk berbelanja, bisanya menggunakan cara online untuk memenuhi kebutuhannya. Namun, ada lagi yang lebih baru, yakni online shop yang menggunakan basis mall seperti MatahariMall. Anda bisa langsung segera membukanya di https://www.mataharimall.com.

Sumber: www.southbelot.lib.il.us

Sesuai dengan namanya, berbelanja dengan cara online ialah sistem jual beli yang mempergunakan sistem yang telah terintegrasi dengan media online. Belanja ini bisa dengan cara chatting maupun secara langsung dilakukan pada website yang memiliki fitur chat tersebut. Nah, jika Anda berbelanja dengan di sebuah website yang memiliki basis mall, tentu saja akan lebih lengkap. Berbagai macam barang yang Anda butuhkan akan ada di sana. Mulai dengan perlengkapan make up, fashion entah laki-laki maupun perempuan, hingga berbagai macam perlengkapan rumah tangga. Semua bisa di dapatkan dengan sangat mudah.

Termasuk ketika Anda berbelanja di MatahariMall. Semua barang akan dengan mudah Anda dapatkan di sini. Ketika mengunjungi situs ini, secara tidak langsung Anda akan memperoleh berbagai macam keuntungan. Seperti:

  1. Mudah. Anda tidak perlu bersusah payah untuk mengelilingi sebuah mall demi mencari informasi berbagai macam promo maupun diskon. Anda hanya perlu mengunjungi website dan melihat promo yang terbaru 
  2.  Membeli beraneka barang dengan mudah. Hal ini tidak terlepas dari kelengkapan barang yang diberikan oleh MatahariMall. Sehingga Anda serasa dimudahkan untuk melakukan transaksi
  3.  Lebih menghemat tenaga maupun waktu. Dikarenakan Anda tidak perlu kemana-mana, bahkan bisa menggunakan gadget Anda, tentu Anda akan lebih diuntungkan.

Bagaimana? Banyak sekali bukan keuntungan yang di berikan oleh online shop yang menggunakan basis mall. Sebenarnya ada berbagai macam online shop yang menggunakan basis mall, namun hanya MatahariMall yang memberikan kemudahan bertransaksi, diskon yang begitu unggulan, dan sangat terjamin dari segi keamanan.

20 Okt 2015

Ketika Terganggu Mantan

 Ketika Terganggu Mantan

Sore itu ia datang padaku, seorang perempuan muda yang cantik, usianya sekitar tiga puluh tahunan, berkerudung rapat hingga menutupi dadanya.  Saya mengenalnya sebagai ibu rumah tangga yang baik dengan dua anak yang masih balita.  Kehidupannya terlihat bahagia, di usia mudanya  sudah cukup mapan,  secara materi ia tidak kekurangan.  Saya mengenalnya di sebuah majelis taklim, sebagai seorang yang rajin datang mengikuti kajian.  Sebut saja Mawar namanya... (hihi.. ga kreatif ya ..Mawar terus yang dijadikan contoh ....)

Saya percaya ia perempuan sholihat terbukti permasalahan hati pun cukup mengganggu kehidupannya.  Ia datang padaku mengadukan permasalahannya, bahwa  beberapa bulan terakhir terganggu bayangan mantan kekasihnya saat masih kuliah dulu.  Al kisah dulu sebelum ia hijrah mempelajari Islam secara benar ia sempat berpacaran dengan kakak angkatannya.  Seorang laki-laki rupawan yang sangat simpatik yang berjanji untuk menikahinya.

Sumber: nyuyu.com

Benarlah mengapa Islam melarang pacaran, karena pacaran adalah bentuk ke sok tahuan kita akan takdir Allah. Mengapa kita berpacaran dengan seseorang padahal kita tidak tahu ia jodoh kita atau bukan.  Betapa banyak orang yang berpacaran bertahun-tahun tapi karena bukan jodoh, hubungan mereka tidak sampai ke pelaminan.

Pun demikian dengan Mawar, entah apa yang terjadi ia tidak melanjutkan hubungan dengan kekasih yang sangat ia cintai sampai ke pelaminan.  Ia tidak menceritakan itu padaku, tapi tersirat dia memahami itu sebagai sebuah takdir dari Allah SWT.  Akhirnya ia menikah dengan seorang laki-laki yang sholih yang sangat baik kepadanya.  Awalnya ia menikah bukan karena cinta, tapi lebih karena ia mempercayai dia sebagai jodohnya, hasil istikharoh memohon petunjuk kepada Allah SWT.

Seiring dengan berjalannya waktu, akhirnya Mawar dapat mecintai suaminya yang sangat baik itu.  Seorang lelaki yang lembut dan penuh tanggung jawab, ia pun memiliki karir yang cukup baik.  Lengkaplah kebahagiaan Mawar terlebih kemudian mereka diamanahi dua anak yang lucu-lucu.

Masalah kemudian datang, saat di sebuah acara ia bertemu dengan sang mantan.  Entah kenapa begitu pertama kali melihatnya kembali ada desiran indah yang lama ia tidak rasakan.  Hanya bersitatap sekejap, Mawar kemudian segera menghindar.  Namun dampaknya berbulan-bulan setelah itu ia jadi selalu teringat pada sang mantan.  Ada rindu melihat senyumnya, ada keinginan untuk berjumpa kembali.

Sumber: pinoci.net


Mawar menyadari itu adalah dosa, tapi bayangan sang mantan terus mengikutinya hingga terbawa mimpi. Ia rindu bercurhat ria pada mantannya, seperti yang ia lakukan dulu di waktu masih berpacaran.  Mantannya memang seorang lelaki penuh perhatian dan selalu mendengar keluh kesahnya dulu. Sementara suaminya meski begitu baik dan penuh perhatian, tetapi tak memiliki waktu yang cukup banyak karena kesibukannya.  Untuk berbagi keluh dengan suaminya, rasanya kasian karena suaminya pun  pasti capek setelah seharian kerja.

Tak ingin ini berlanjut Mawar curhat padaku......

Saya hanya mengatakan bersyukurlah karena menyadari ini adalah dosa, itu adalah langkah awal yang bagus.  Kedua harus menyadari bayangan tentang mantan adalah bayangan masa lalu, mantan yang dulu belum tentu tetap seperti yang dulu dengan kesibukannya yang sekarang mungkin ia juga bukan tempat yang tepat untuk berkeluh kesah untuk istrinya..... Yang ketiga, memahami apa yang Allah berikan kepada kita adalah yang terbaik  untuk kita, syukuri itu hingga Allah tidak mengambil kebahagiaan itu... Mensyukuri memiliki keluarga yang bahagia, suami yang baik, anak-anak yang lucu dengan cara fokus pada keadaan sekarang, berbuat yang terbaik dan lupakan masa lalu.... Terakhir banyak berdo'a kepada Allah SWT sang pembolak balik hati.

Satu lagi kisah yang menjadi peringatan kepada diri, kepada anak-anakku, kepada para pemuda-pemudi yang belum menikah bahwa pacaran memang sebuah kemaksiatan yang tidak ada gunanya.  Konon katanya 90% apa yg kita lakukan saat pacaran adalah kebohongan alias jaim karena selalu ingin terlihat bagus oleh sang kekasih hati. Jadi kalau ada yang mengatakan pacaran untuk mengenal lebih dekat adalah nonsen .... Mintalah sama Allah SWT niscaya Dia akan memberikan yang terbaik untuk kita



18 Okt 2015

Saat Asa Itu Bernama Fun Blogging

Tidak terasa sudah berusia satu tahun usia Fun Blogging... 
Perasaan baru sebulanan deh...hihi.. ya iyalah baru tanggal 5 September 2015 kemarin bergabung,....heuheu...  Rasa bahagia saya bergabung dengan fun blogging sepertinya sudah saya gambarkan di tulisan saya Dan Tuhan Pun Tidak Tidur yang mengantarkan saya mendapatkan hape Smartfren  4G LTE....alhamdulillah....alhamdulillah...


Aku.... Padamu...

Kala malam tiba, saat semesta sedang asyik masyuk 
bersama hiruk pikuknya sebuah permainan bernama bola
Saat sang pangeran biru sedang bertandang 
Saat sorak sorai kebahagiaan angka dua nol

Aku terduduk di sini...di depan Asus merah kesayanganku..
mengenang saat pertama kali aku mengenalmu...
tidak kah kau rasakan degup jantung kebahagiaanku saat itu..?
sebuah gejolak yang sulit kuungkapkan hanya dengan untai kata...

Tahukah kau...
aku jatuh cinta dipandang pertama padamu
ada harap...
ada sayang
ada bahagia
ada rindu..
ada cemburu...

ya kadang aku cemburu karena aku ada di sini
sebuah tempat yang jauh dari dirimu
sedang kencanmu  asyik di sana..
hingga asaku sedikit tersapu 
(hihi...)

Fun blogging...
tetaplah jadi asaku
tetaplah jadi inspirasiku
tetaplah bersamaku
karena aku bahagia disisimu

Fun Blogging..
Aku..padamu  ^_^

Untuk kau yang jauh di sana .....



16 Okt 2015

Surabi Bandung Jajanan Pasar yang Mendunia

"Mi.., aku lapar ah, cari makanan dulu ya..." Ujar Abi diperjalanan saat baru saja pulang mengantar Fathiya ekskul panahan di sekolah.
"Kenapa tadi gak sarapan dulu ?" Jawabku
"Enggak ah.." Jawabnya pendek. Memang dari kemarin suamiku mengeluh nggak enak perut, jadi waktu kuajak sarapan  dan menolak, saya tidak protes.
Sejurus kemudian suamiku menghentikan kendaraannya, menepi dekat sebuah warung sederhana.  Kupikir abi mau mencari tukang bubur atau kupat tahu ternyata yang dituju adalah warung kue surabi.  Kok saya baru sadar kalau dekat sekolah Fathiya ternyata ada warung kue surabi ya hihi.. harganya pun murah dari Rp 1.000,00  sampai Rp 3.000,00.

penampakan warung serabi

Kue Surabi
Ya, surabi atau serabi, siapa yang tak kenal dengan panganan yang satu ini, kue yang terbuat dari tepung beras dan santan ini memiliki bentuk mirip dengan pancake.  Bedanya kalau surabi dimasak di atas tungku berisi arang  dengan memakai wajan yang terbuat dari tanah liat. Rasanya gurih dan legit, bila menginginkan rasa yang manis bisa ditambahkan 'kinca' yaitu larutan gula merah. O ya ternyata surabi ini terdapat di berbagai daerah di nusantara tercinta. Surabi yang terkenal adalah Surabi Bandung, Jakarta, Purwokerto, Pekalongan dan Solo, tiap daerah memiliki kekhasannya tersendiri.

Penjual; Kue Surabi  di pasar

Di Kuningan Jawa Barat surabi dimakan dengan gorengan seperti bakwan sayur, cireng atau pun comro.  Di Jawa Tengah ada surabi yang disebut Serabi Solo, lebih mirip dengan Serabi  Jakarta yang kita kenal dengan Kue Ape karena teksturnya lebih lembut, hal ini karena bahannya menggunakan terigu dan susu. Di Solo yang paling melegenda adalah Serabi Notosumon, yang konsisten di dua rasa yaitu polos dan rasa coklat.  Di Minang serabi dihidangkan dengan kuah gula yang dicampur dengan buah-buahan seperti surabi kuah durian misalnya. Di Karawang ada Surabi yang terkenal hingga menjadi salah satu ciri khas daerahnya yaitu Surabi Hijau atau lebih dikenal Surabi Kuntilanak yang memiliki dua rasa original dan rasa durian, yang paling khasnya adalah olahan rempah-rempahnya yang sangat rahasia. Sementara Surabi Bandung biasanya lebih tebal dari serabi daerah lainnya, ukurannya pun sedikit lebih besar.



Kata surabi berasal dari kata Sura bahasa sunda yang berarti besar, dalam bahasa jawa Suro artinya juga sama yaitu besar.  Kue ini disukai tua dan muda, kakek, nenek, anak-anak dan dewasa sejak diciptakannya dulu sekitar tahun 1923.  Di Jawa Barat khususnya Bandung awalnya panganan ini hanya memiliki dua rasa saja yaitu rasa manis yang dituangi dengan saus gula merah dan rasa asin yang ditaburi adonan oncom pedas.  Cara pembuatannya pun gampang tepung beras diseduh dengan air panas kemudian diaduk-aduk bersamaan dengan kelapa parut hingga mengental.  Untuk rasa asin dicampur garam sementara untuk yang rasanya manis dicampur dengan gula.  Setelah adonan cukup matang masukan ke dalam cetakan khusus dan dimasak di atas tungku khusus.  Setiap selesai membuat surabi dan akan membuat surabi selanjutnya cetakan disapu dengan seikat sapu pare.
asin ) dan gula merah ( untuk surabi manis ). Setelah 
adonan cukup matang, kemudian dicetak ke dalam 
cetakan surabi dan dibakar di atas tungku khusus, 
setelah matang kemudian diangkat. Untuk mencetak 
surabi berikutnya maka cetakannya dibersihkan 
dengan cara disapu menggunakan seikat sapu pare.
- See more at: http://www.disparbud.jabarprov.go.id/wisata/dest-det.php?id=824&lang=id#sthash.P9APq4U8.dpuf
asin ) dan gula merah ( untuk surabi manis ). Setelah 
adonan cukup matang, kemudian dicetak ke dalam 
cetakan surabi dan dibakar di atas tungku khusus, 
setelah matang kemudian diangkat. Untuk mencetak 
surabi berikutnya maka cetakannya dibersihkan 
dengan cara disapu menggunakan seikat sapu pare.
- See more at: http://www.disparbud.jabarprov.go.id/wisata/dest-det.php?id=824&lang=id#sthash.P9APq4U8.dpuf

Foto: Serabi jengkol karya Anton/MTVN_Roni Kurniawan
Seiring perkembangan kuliner terutama di Bandung khususnya yang terkenal dengan kota kreatif dalam hal fashion dan kuliner,  panganan ini akhirnya naik derajatnya, tidak saja menjadi jajanan pasar yang dijual di pinggiran jalan atau di pasar-pasar. Kini panganan ini sudah merambah ke berbagai kafe, resto dan hotel dengan menambahkan beragam toping seperti keju, fla strawberry, meses coklat, ketan, pisang, sosis, kornet, jamur, es krim dan lain sebagainya.  Eh ada juga lho yang diberi aneka warna sehingga menjadi surabi rainbow namanya. Bahkan disebuah hotel di Bandung untuk memberikan sensasi yang unik pangan ini diberi toping jengkol, yaitu sejenis kacang-kacangan yang memiliki ciri bau yang khas :D

Surabi yang sudah berevolusiSumber: indonesiarestoguide.com
Surabi yang sudah berevolusi dengan berbagai toping dan tampilan menarik yang paling terkenal dan sudah menyebar ke berbagai daerah di seluruh Indonesia adalah Surabi Enhaii asal Bandung. Meskipun banyak sekali kue surabi modifikasi yang bermunculan di Kota Bandung, tapi Surabi Enhaii yang terlihat paling menonjol. Dengan membawa bendera Soerabi Bandung Enhaii,  panganan ini menjadi bisnis waralaba yang sudah menyebar ke berbagai daerah di Indonesia seperti Jakarta, Bekasi, Depok, Riau, Palembang, Medan dan beberapa daerah lainnya. 



Warung Surabi di Berlin Jerman  Sumber:live.viva.co.id
Penyebaran surabi ternyata tidak hanya menyebar di seluruh nusantara saja, surabi kini sudah merambah sampai ke luar negeri.  Tercatat di Berlin, Jerman ada sebuah kedai bernama Warung Surabi yang khusus hanya menjual kue surabi.  Sang pemilik yang bernama Thomas Hartwig yang juga seorang koki yang sudah beberapa kali ke Bandung memodifikasinya dengan toping keju, bebek, salmon atau ayam.  Sementara untuk para vegetarian ia menyediakan campuran tempe jamur atau ubi. Thomas Hartwig mematok harga untuk setiap buahnya seharga tiga sampai lima euro atau paling mahal per buahnya sekitar Rp 70.000,00.

Surabi yang dulunya dianggap makanan kelas rendah kini sudah berevolusi menjadi makanan yang jauh lebih bergengsi dan bercita aneka rasa dan bahkan sudah menjadi bisnis waralaba yang menguntungkan, hal ini terbukti dengan semakin menyebarnya bisnis waralaba ini ke berbagai daerah. Sudah mencoba surabi yang sudah berevolusi ini?  Yuuk ah kita coba...  ^_^

http://www.sarihusada.co.id/Nutrisi-Untuk-Bangsa/Aktivitas/Jelajah-Gizi/Jelajah-Gizi-3-Makanan-Daerah-Yang-Mendunia


Sumber:
www.bandungoke.com
http://emak2blogger.web.id
www.live.viva.co.id
http://www.disparbud.jabarprov.go.id

13 Okt 2015

Tiga Tips Penting dalam Mengelola Keuangan (Belajar dari Sebuah Keterpurukan)

Udara siang itu terasa panas, adikku menutup ceritanya dengan meneguk segelas es jeruk yang ada dihadapannya.   Sesaat setelah adikku selesai bercerita tiba-tiba saja bermacam rasa berkecamuk di dada.  Sedih, kecewa, iba dan marah menjadi satu. Adikku bercerita tentang kisah hidup tanteku yang kini hidup dalam kesusahan. Terpuruk pada sebuah kondisi yang mungkin tidak pernah diduganya. Selama ini ia mungkin merasa berada di zona aman dan nyaman dengan kehidupannya. Suaminya yang bekerja sebagai pegawai negeri sipil menempati posisi  'basah', mempunyai banyak 'orderan'  sehingga memiliki banyak pendapatan diluar gajinya.  Sama sekali ia tidak menyangka kalau langit tak selamanya cerah, tiba-tiba saja sang suami mengalami stroke  dan akhirnya meninggal dunia, kini tante dan ketiga anaknya hidup dalam kondisi kekurangan.

Saya masih ingat bagaimana menyebarnya berita dikalangan keluarga besarku kala  tanteku itu jalan-jalan ke luar negeri untuk berbelanja bersama para sahabatnya beberapa tahun yang silam. Kisah hidup orang tuanya yang juga merupakan kakekku dari pihak ayah tidak menjadi pelajaran baginya. Benarlah kata Mas Safir Senduk dalam sebuah pelatihan keuangan yang kuikuti, kalau karakter seseorang itu mempengaruhi gaya hidup, mempengaruhi cara dia mengelola keuangan, dan karakter itu sangat mungkin terbentuk dalam sebuah wadah bernama  keluarga.

Cerita ibuku,  dulu kakekku dari pihak ayah adalah seorang pengusaha yang memiliki usaha penginapan, pom bensin dan beberapa usaha lainnya.  Namun entah kenapa usaha mereka malah bangkrut dan akhirnya terpuruk. Kakek dan nenekku menikmati sisa hidupnya disebuah rumah kecil.  Saya juga  masih ingat kalau rumah terakhirnya yang besar mereka jual, dan dibelikan sebuah rumah kecil di perumahan, entah untuk apa sisanya, yang kuingat mereka menyisihkan sebagian untuk jalan-jalan ke sebuah tempat wisata idaman banyak orang. 

Dimasa tuanya kakeku harus berjibaku  menjadi tukang obras untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Miris, masa tua yang seharusnya dilalui dengan tenang, harus dijalani kakekku dalam keadaan yang cukup sulit. Dan kini kisah itu diduplikasi salah seorang anaknya.


Sumber: Brighter Life Indonesia

Bukan ingin membuka aib keluarga besar sendiri, tapi saya ingin apa yang telah mereka alami bisa menjadi pelajaran berharga bagi siapa saja terutama tentu saja untuk saya sendiri. Bahwa kemampuan untuk mengelola keuangan dan perencanaan dengan baik itu sangat penting supaya hidup kita tidak terpuruk dalam kondisi yang tidak kita inginkan.

Kisah di atas memberikan sebuah pelajaran  bahwa kita harus memiliki pengetahuan tentang bagaimana mengelola keuangan dengan baik dan bijak. Alhamdulillah, beruntung sekali saya mendapat sebuah pencerahan di sebuah acara bertema tentang pengelolaan keuangan bersama  seorang Perencana Keuangan terkemuka di Indonesia, Safir Senduk.

Menurut Safir Senduk kecenderungan seseorang didalam menggunakan otaknya juga sangat berpengaruh terhadap cara seseorang dalam mengelola keuangan termasuk di dalamnya mengelola penghasilan, mengatur pengeluaran, memilih asset dan investasi.  

Para pengguna otak kanan mungkin sangat mudah mengeluarkan uang tanpa perencanaan karena mereka adalah orang yang easy going, santai dan tidak ribet dalam memikirkan sesuatu.  Seandainya ia memiliki pengetahuan keuangan yang baik ia juga akan dengan mudah melakukan investasi untuk persiapan masa depannya.  Sedangkan orang yang menggunakan otak kiri akan lebih terencana dalam mengelola keuangannya tetapi ia juga agak ribet dalam berinvestasi.  Seimbang diantara keduanya dan menempatkan pada posisi yang seharusnya itulah yang terbaik.

Hal yang paling penting dalam mengelola keuangan adalah bagaimana kita bisa mengatur arus keluar masuk uang dari penghasilan yang kita dapatkan atau biasa disebut mengatur cash flow.  Terdapat tiga macam jenis cash flow yaitu yang pertama cash flow orang kaya dimana ia memiliki sisa penghasilan dan ia gunakan untuk investasi, kedua cash flow kelas menengah dimana  terdapat sisa penghasilan tapi digunakan untuk kebutuhan konsumtif dan cash flow orang miskin yaitu penghasilan dan pengeluaran besarnya sama sehingga ia tidak memiliki sisa penghasilan...  Ayo coba ada di cashflow manakah kita berada... ? ^_^

Tiga Tips Penting yang Harus Dilakukan Dalam Mengelola Keuangan

Ada tiga hal penting yang harus dilakukan bila ingin mengelola keuangan dengan baik  dan bijak yaitu:

1.  Miliki Banyak Investasi


Penghasilan besar bukan segalanya, banyak orang yang berpenghasilan besar tetapi mereka tidak memiliki apa-apa.  Uangnya habis untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka dan memenuhi gaya hidupnya yang mahal.  Seberapa besar pun penghasilan kita, kalau tidak mampu mengelolanya dengan baik maka akan selalu merasa kurang dan tak bersisa.

Hal yang harus dilakukan dalam mengelola penghasilan kita adalah mengelolanya dengan bijak.  Utamakan menabung lebih dulu, hidup dengan sederhana dan berhemat. Lakukanlah skala prioritas, bedakan antara keinginan dan kebutuhan.  Kemudian sisanya diinvestasikan dalam berbagai macam investasi.


Sumber: Brighter Life Indonesia


Seorang pengusaha Amerika Serikat bernama Warren Edward Buffet yang dikenal sebagai salah satu orang terkaya di dunia dan seorang investor tersukses di dunia, mengatakan do not save what is left after spending but spend what is left after saving. Utamakan berhemat, gunakan sisanya dengan bijak. Begitulah, rahasia psikologi investasi pertama Buffet adalah hidup sederhana dan jangan menghamburkan uang. Tabunglah sebanyak mungkin pendapatan kita untuk kemudian diinvestasikan agar uang kita berkembang. Selain itu Buffet sangat menghindari pembelanjaan dan hutang."Tunda kesenangan dan terus membangun aset, demikian prinsip hidup Warren Buffet juga Robert Kiyosaki dan pakar finansial Indonesia Tung Desem Waringin.

Ada tiga pilihan invesestasi yang baik yang dapat kita pilih, yang pertama adalah saham, memiliki saham sama dengan memiliki bisnis atau usaha tanpa kita harus ribet dalam pengelolaannya.  Keuntungan yang kita peroleh dari saham berasal dari deviden dan harga jual kembali saham yang kita miliki.

Pilihan investasi yang kedua adalah investasi pada manajer investasi ini berupa reksadana dan unit link.  Reksadana dan unit link bisa dibeli di asset manajemen dan perusahaan asuransi. Berinventasilah di perusahaan yang terpercaya, PT Sun Life Financial bisa menjadi pilihan karena trade record nya yang baik, dan sudah berdiri selama 150 tahun dan selama ini tidak terganggu krisis ekonomi apapun dan dimana pun.

Pilihan ketiga adalah investasi di properti, melakukan investasi di properti  janganlah kita fokus pada harganya yang selalu naik tapi fokuslah dalam usaha sewa menyewa properti seperti usaha menyewakan rumah atau tempat tinggal, apartemen, rukan / ruko dan kios.  Ada tips yang bagus dalam hal menyewakan yaitu sewakan pada banyak orang (kos-kos an) dan sewakan dalam jangka yang pendek, lengkapilah dengan furniture sehingga memberi nilai tambah yang akan memberikan keuntungan lebih banyak kepada kita.

2.  Siapkan Dana untuk Masa Depan

Tips yang kedua dalam mengelola keuangan adalah tentang perencanaan masa depan. Ada banyak hal yang terkait dengan keuangan yang harus kita persiapkan untuk masa depan kita.  Seiring bertambah usia bertambah pulalah tanggung jawab dan beban yang kita miliki, menikah, memiliki anak, mendidik dan membesarkan anak-anak dan tentu saja mempersiapkan masa tua kita nanti.  

Di usia tua tentu produktivitas kita sudah mulai berkurang, tubuh sudah mulai tidak sekuat waktu saat masih muda, jadi saat masih muda dan produktivitas masih tinggi kebutuhan di masa depan harus sudah dipersiapkan. Selain itu juga, agar kita dapat menikmati hari tua dengan indah kita juga harus selalu membiasakan gaya hidup sehat dengan mengosumsi makanan yang sehat menjauhi junk food, olah raga teratur serta cek kesehatan secara berkala.

Masa depan bukanlah sebuah misteri kalau kita mempersiapkan dengan seksama, dan kita memang harus mempersiapkan semua itu agar kita tidak mengalami kesulitan nantinya. Ada lima pos pengeluaran penting  yang harus kita persiapkan untuk masa depan kita yaitu:

-  Dana untuk menikah (bagi yang belum menikah tentu saja)

Biaya pernikahan tentulah bukan hal yang murah, ini harus kita persiapkan, segala sesuatu bila sudah terencana dan dipersiapkan dengan baik maka akan membuat kita tenang dan insya Allah akan lebih baik daripada tidak direncanakan sebelumnya.  Buatlah pesta pernikahan yang sesuai dengan kemampuan, jangan sampai memaksakan diri dengan meminjam uang atau menjual asset yang kita miliki.

-  Dana untuk tempat tinggal / rumah

Kalau kita memiliki uang tentu saja membeli rumah secara tunai itu lebih aman dan menguntungkan, terlebih lagi kalau kita mempunyai rasio keuangan sehat, memiliki dana darurat dan dana menganggur serta fungsi proteksi.  Namun kalau kita tidak memiliki dana tunai maka untuk pembelian properti tidak ada salahnya apabila kita membeli dengan kredit karena nilai properti biasanya akan terus naik mencapai 15% -20% per tahunnya.

Pengajuan kepemilikan rumah bisa melalui bank konvensional maupun bank syariah, bila melalui bank konvensional akadnya adalah akad kredit dengan bunga progresif berubah sesuai suku bunga, bila suku bunga naik maka bunga cicilan kita naik tetapi kalau suku bunga turun cicilan bunga kita tetap.  Sedangkan di bank syariah akadnya adalah akad pembelian, jadi bank membeli rumah yang kita inginkan lalu dijual ke kita dengan margin yang disepakati, cicilan tetap selama jangka waktu yang telah ditentukan dan disepakati bersama. Di sini kita harus melakukan banyak survei ke berbagai bank syariah agar mendapatkan harga yang termurah.

- Dana untuk sekolah anak

Anak adalah anugerah dari yang Maha Kuasa, namun juga anak adalah amanah yang harus kita jaga, kita didik dan kita besarkan dengan baik.  Sebagai orang tua tentu kita ingin memberikan yang terbaik untuk anak - anak kita.  Salah satunya adalah mempersiapkan pendidikan yang terbaik untuk mereka.  Mempersiapkan sekolah bagi anak-anak kita dengan cara menyisihkan dari pendapatan kita untuk sekolah mereka hingga jenjang tertinggi.

Penyisihan dana yang kita lakukan bisa berupa tabungan biasa yang rutin kita sisihkan tiap bulannya, bisa kita simpan dalam bentuk investasi atau bisa juga dengan mengikuti asuransi pendidikan.  Pilihan ada pada kita orang tuanya, disesuaikan dengan kemampuan masing-masing, yang pasti harus ada budget khusus untuk itu.  Besarannya bisa kita prediksi dengan melakukan kalkulasi, mencari informasi besaran dana tahun sekarang kemudian dihitung sampai saat anak kita sekolah nanti dengan menambahkan perkiraan inflasi tiap tahunnya tentu saja.

- Dana untuk pensiun

Mungkin banyak yang berpikir kalau masa pensiun bisa mulai dipersiapkan saat nanti saja kalau kita sudah berusia mendekati masa pensiun.  Pendapat itu tentu salah besar, justru saat masih muda usia 30 tahunan saat karir mulai menanjak, saat masa keemasan dalam berkarir, tanggungan masih belum banyak, tenaga masih besar, badan masih sehatlah  kita harus sudah mempersiapkan dengan menabung sedikit demi sedikit.

Kita bisa menentukan tujuan kita dimasa tua nanti, dengan begitu kita bisa memprediksi besaran anggaran yang dibutuhkan, tentu saja dengan prediksi nilai uang yang kita hitung berdasarkan perkiraan fluktuasi tiap tahunnya plus dana darurat yang mungkin saja diperlukan.  Setelah mengetahui berapa besar yang kita butuhkan maka kita harus mulai disiplin dan komitmen menabung.  Selain itu juga harus mulai melunasi hutang yang ada, dan karena jangka waktunya masih panjang uang yang ada di tabungan bisa kita investasikan di Sun Life Financial yang sudah terpercaya.

-  Dana untuk liburan

Dana liburan dapat kita sisihkan sekian persen dari bonus atau penghasilan tambahan kita, atau kalau berlebih bisa kita sisihkan dari penghasilan utama kita tanpa harus ditentukan besarannya.  Yang terpenting adalah kita bisa disiplin dan komitmen untuk tidak mengambilnya sedikit pun.  Kita bisa melakukan perhitungan dengan menentukan tujuan wisata kita, kemudian menghitung anggaran yang dibutuhkan dengan memperkirakan biaya akomodasinya seperti transportasi, penginapan, tiket, bekal, aneka tips, ongkos parkir, konsumsi, laundri dan lain sebagainya.


3. Atur Pengeluaran

Tips terakhir dalam mengelola keuangan yang tak kalah pentingnya adalah mengatur pengeluaran.  Banyak orang yang tidak paham memenej pengeluarannya dengan baik.  Penghasilan yang harusnya bisa bersisa malah habis  atau bahkan tidak cukup untuk satu bulan. Di sinilah perlunya kemampuan memenej pengeluaran kita hingga bisa efektif dan efisien.


Sumber: Brighter Life

Yang pertama, kita harus mempunyai catatan pengeluaran rutin tiap bulannya, berdasarkan catatan itu kita bisa melihat pengeluaran yang bisa kita minimalisir, kita bisa melihat pos mana yang terlalu boros kemudian kita usahakan untuk lebih dihemat. Pengeluaran yang tidak perlu seperti misalnya makan diluar bisa kita kurangi atau kita hilangkan sama sekali, bukankah makan di rumah lebih murah dan bisa lebih sehat.

Kedua, kita harus bisa membedakan antara keinginan dan kebutuhan, camkan dalam diri bahwa kita hanya membeli apa yang kita butuhkan.  Tidak semua keinginan itu kita butuhkan terkadang keinginan hanya untuk memenuhi nafsu kita saja, bisa akibat dari lapar mata, iri, atau lainnya.

Ketiga, lakukan skala prioritas, kita harus tahu pengeluaran mana yang harus didahulukan dan pengeluaran mana yang bisa kita tunda.  Kemudian untuk prosentase pengeluaran gambar dari Brighter Life di atas bisa dijadikan patokan prosentase tiap pos pengeluaran kita per bulannya.  

Keempat, miliki asuransi, ibarat payung dikala hujan, payung tidak bisa menghalangi datangnya hujan tetapi dengan payung setidaknya kita tidak akan basah kehujanan.  Demikian juga asuransi, tidak bisa menghilangkan musibah atau peristiwa yang tak terduga menimpa kita tetapi asuransi bisa melindungi kita dengan santunan klaimnya atau pengalihan resiko.

Kelima, jangan sekali-kali terjebak oleh sale atau diskon, tidak selamanya diskon itu adalah sebenar-benarnya diskon.  Hampir tiap bulan di pusat pertokoan selalu ada gebyar diskon dengan nama yang berbeda, bisa saja itu hanya trik promo mereka, tentu tujuannya tidak lain adalah untuk menarik minat para pembeli agar membeli produknya. Kita harus selalu cermat dan teliti sebelum membeli, jangan sampai membeli sesuatu hanya karena sedang diskon, padahal kita sudah punya atau tidak terlalu membutuhkannya.

Ketiga tips di atas akan banyak membantu kita di dalam merencanakan keuangan  sehari-hari, hingga peristiwa keterpurukan di masa depan, insya Allah tidak akan terjadi. Itulah tiga tips mengelola keuangan semoga bermanfaat.





 Alhamdulillah tulisan ini berhasil menjadi juara 2 lomba blog yang diadakan oleh Sunlife...