**/ Cerita Ida : Ketika Terganggu Mantan

blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

20 Okt 2015

Ketika Terganggu Mantan

 Ketika Terganggu Mantan

Sore itu ia datang padaku, seorang perempuan muda yang cantik, usianya sekitar tiga puluh tahunan, berkerudung rapat hingga menutupi dadanya.  Saya mengenalnya sebagai ibu rumah tangga yang baik dengan dua anak yang masih balita.  Kehidupannya terlihat bahagia, di usia mudanya  sudah cukup mapan,  secara materi ia tidak kekurangan.  Saya mengenalnya di sebuah majelis taklim, sebagai seorang yang rajin datang mengikuti kajian.  Sebut saja Mawar namanya... (hihi.. ga kreatif ya ..Mawar terus yang dijadikan contoh ....)

Saya percaya ia perempuan sholihat terbukti permasalahan hati pun cukup mengganggu kehidupannya.  Ia datang padaku mengadukan permasalahannya, bahwa  beberapa bulan terakhir terganggu bayangan mantan kekasihnya saat masih kuliah dulu.  Al kisah dulu sebelum ia hijrah mempelajari Islam secara benar ia sempat berpacaran dengan kakak angkatannya.  Seorang laki-laki rupawan yang sangat simpatik yang berjanji untuk menikahinya.

Sumber: nyuyu.com

Benarlah mengapa Islam melarang pacaran, karena pacaran adalah bentuk ke sok tahuan kita akan takdir Allah. Mengapa kita berpacaran dengan seseorang padahal kita tidak tahu ia jodoh kita atau bukan.  Betapa banyak orang yang berpacaran bertahun-tahun tapi karena bukan jodoh, hubungan mereka tidak sampai ke pelaminan.

Pun demikian dengan Mawar, entah apa yang terjadi ia tidak melanjutkan hubungan dengan kekasih yang sangat ia cintai sampai ke pelaminan.  Ia tidak menceritakan itu padaku, tapi tersirat dia memahami itu sebagai sebuah takdir dari Allah SWT.  Akhirnya ia menikah dengan seorang laki-laki yang sholih yang sangat baik kepadanya.  Awalnya ia menikah bukan karena cinta, tapi lebih karena ia mempercayai dia sebagai jodohnya, hasil istikharoh memohon petunjuk kepada Allah SWT.

Seiring dengan berjalannya waktu, akhirnya Mawar dapat mecintai suaminya yang sangat baik itu.  Seorang lelaki yang lembut dan penuh tanggung jawab, ia pun memiliki karir yang cukup baik.  Lengkaplah kebahagiaan Mawar terlebih kemudian mereka diamanahi dua anak yang lucu-lucu.

Masalah kemudian datang, saat di sebuah acara ia bertemu dengan sang mantan.  Entah kenapa begitu pertama kali melihatnya kembali ada desiran indah yang lama ia tidak rasakan.  Hanya bersitatap sekejap, Mawar kemudian segera menghindar.  Namun dampaknya berbulan-bulan setelah itu ia jadi selalu teringat pada sang mantan.  Ada rindu melihat senyumnya, ada keinginan untuk berjumpa kembali.

Sumber: pinoci.net


Mawar menyadari itu adalah dosa, tapi bayangan sang mantan terus mengikutinya hingga terbawa mimpi. Ia rindu bercurhat ria pada mantannya, seperti yang ia lakukan dulu di waktu masih berpacaran.  Mantannya memang seorang lelaki penuh perhatian dan selalu mendengar keluh kesahnya dulu. Sementara suaminya meski begitu baik dan penuh perhatian, tetapi tak memiliki waktu yang cukup banyak karena kesibukannya.  Untuk berbagi keluh dengan suaminya, rasanya kasian karena suaminya pun  pasti capek setelah seharian kerja.

Tak ingin ini berlanjut Mawar curhat padaku......

Saya hanya mengatakan bersyukurlah karena menyadari ini adalah dosa, itu adalah langkah awal yang bagus.  Kedua harus menyadari bayangan tentang mantan adalah bayangan masa lalu, mantan yang dulu belum tentu tetap seperti yang dulu dengan kesibukannya yang sekarang mungkin ia juga bukan tempat yang tepat untuk berkeluh kesah untuk istrinya..... Yang ketiga, memahami apa yang Allah berikan kepada kita adalah yang terbaik  untuk kita, syukuri itu hingga Allah tidak mengambil kebahagiaan itu... Mensyukuri memiliki keluarga yang bahagia, suami yang baik, anak-anak yang lucu dengan cara fokus pada keadaan sekarang, berbuat yang terbaik dan lupakan masa lalu.... Terakhir banyak berdo'a kepada Allah SWT sang pembolak balik hati.

Satu lagi kisah yang menjadi peringatan kepada diri, kepada anak-anakku, kepada para pemuda-pemudi yang belum menikah bahwa pacaran memang sebuah kemaksiatan yang tidak ada gunanya.  Konon katanya 90% apa yg kita lakukan saat pacaran adalah kebohongan alias jaim karena selalu ingin terlihat bagus oleh sang kekasih hati. Jadi kalau ada yang mengatakan pacaran untuk mengenal lebih dekat adalah nonsen .... Mintalah sama Allah SWT niscaya Dia akan memberikan yang terbaik untuk kita



53 komentar :

  1. Memang godaannya besar ya Mba kalo berhubungan dengan mantan ini ya. Alhamdulillaahnya tidak pernah punya mantan. :D

    BalasHapus
  2. Betul teh, setuju. Pacaran mah cuma nambah dosa aja. Alhamdulillah, saya juga sudah move on. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya lah... ngapain mikirin mantan...rugi2 perasaan dan waktu ya ...hihi...

      Hapus
  3. Yah, gagal move on kalau udah masuk ke ranah, 'mantan' :(((

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantan... on mantan.... pergilah kauuu dari bayanganku ...xixixixi...

      Hapus
  4. Mgkn sebaiknya waktu sama pasangan dibanyakin mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup betul itu.... nanti kalau ketemu lagi saya sampaikan :)

      Hapus
  5. ya Allah jauhkan saya dari godaan mantan. Dan jauhkan pula saya dari bisikan syetan yg bergelayut di hati dan fikiran...

    Terima kasih sudah diingatkan lewat tulisannya mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin.... Sama-sama Mba...
      Lupakanlah semuanya..... lupakanlah segalanya *singing :D

      Hapus
  6. Postingan yang jadi pengingat, bahwa ngga ada guna dan manfaatnya inget mantan. Makasih teh, udh diingatkan.

    BalasHapus
  7. Mantan sering menjadi pihak ke tiga dalam sebuah pernikahan, dan rasanya pasti sangat menyakitkan bagi yang dikhianati. Dan ini merupakan sebuah cobaan di dalam pernikahan, mampukan pasangan ini melewati cobaan ini ?. dian berharap sekali bagi mereka yang berkeluarga, pegang teguh janji pernikahan dengan berlandaskan keimanan di dada. terimakasih teh atas pencerahannya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup mba...harus semakin kompak dengan keluarga...semakin dekat.....semakin menyatu..:)

      Hapus
  8. Alhamdulillah... mawar masih punya perasaan bersalah. Semoga pikiran akan mantannya itu segera dihilangkan.. :)

    BalasHapus
  9. Saya pernah mengalaminya. Kalo akses sih sudah nggak, cuma kalo tiba2 ketemu gitu.... Hmmm hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah..wah bahaya tuuh... harus dihilangkan dulu perasaan sama mantannya...bisa ngga yah....BISA... hihi...

      Hapus
  10. Kalo menurut saya sih bukan hanya mantannya yang lebih hijau daripada rumput sendiri, tapi siapapun bisa jadi rumput tetangga.
    Ya menurut saya sih balik lagi ke individunya untuk stop dengan masalalu Dan lanjut ke Masa depan alias move on

    BalasHapus
  11. Betulll...gak ada istilah pacaran otomatis gk ada juga mantan2 an..heheh

    BalasHapus
  12. mantan oh mantan...
    untungnya hanya sekedar ketemu tak sengaja. coba kalau si mantan aktif menyapa, bisa lebih besar lagi godaannya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kayaknya malah itu yg bikin penasaran wkwkwk....

      Hapus
  13. semangat mawar, buang mantan pada tempatnya yak
    perbanyak istighfar mawar yak, memohon perlindungan Allah dan bikin list apa aja hal2 yg akhirnya bwt mawar jatuh cinta sm suami..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baik bunda.... kata Mawar *mewakili* hihi..

      Hapus
  14. Aku juga ga punya mantan, suami alhamdulilah jd cinta pertamaku heehee

    BalasHapus
  15. Mantan oh mantan , membuat capek memikirkan mu xixixi
    aku mah apa atuh :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kata mantan teh..siapa suruh mikirin aku ...:D

      Hapus
  16. Alhamdulillah Mawar sudah menyadari kesalahannya.
    Jadi ingat lagunya Nidji "Akulah Sang Mantan" :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya alhamdulillah.... oh ada ya lagu itu? heuheu...mak ga gaoel :)

      Hapus
  17. Mensyukuri memiliki keluarga yang bahagia, suami yang baik dan anak-anak yang sehat & lucu adalah cara terbaik melupakan mantan :)
    mantan?? ke laut ajah, hehe :)

    salam kenal mbak indah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf mbak, namanya typo :(
      maksudku mbak Ida :)

      Hapus
    2. Iya betul ada gunanya ingetin mantan :) gpp mau ida mau indah ga masalah hahaha....

      Hapus
  18. Hmmmmm...
    Mantan saya adalah lelaki yang menjadi suami saya sekarang. Kami pacaran selama 7 tahun. Dan ya, banyak manfaat yang saya dapatkan selama proses pengenalan yang panjang itu. Jika dikatakan pacaran adalah sebuah kemakziatan yang tak ada gunanya, tentu saja saya tidak setuju ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. hak mba untuk tidak setuju... :) Saya hanya mellihat dari sudut pandang agama Islam yg saya anut. Wala takrobu zinnah...jangan dekati zina. Zinah itu kan ada zina mata, zina hati,zina tangan... bisa dijamin ga ketika pacaran ga ada perasaan rindu itu sudah zina hati... belum kalau bebas berpegangan tangan bahkan mungkin ada yg lebih dari itu. Semua ada pertanggung jawabannya di akhirat sampai ke bisikan hati itu ada perhitungannya juga :)
      Saya menikah sudah 16 tahun tanpa pacaran terlebih dahulu baik2 saja tuh .. :D

      Hapus
  19. saya dulu sempat pacaran karena belum tahu hukumnya...
    sekarang sedang mencoba memberi pengertian kepada anak saya bahwa pacaran itu tidak diperbolehkan dalam islam...tapi ya itu...anak saya responnya belum meyakinkan mbak... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi..pelan2 aja mba yg penting dasari aja dgn pemahaman Islam yg benar Insya Allah lambat laun akan paham ")

      Hapus
  20. ga bisa move on namanya bloon ya mba.. haha

    BalasHapus
  21. Mak, makjleb banget.... makasih postingannya ya mak. Godaan itu emang dari mana aja. Dan aku hampir aja sama nasibnya kaya si mawar. thanks to remind me

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama Mak... seneng kalau bermanfaat :)

      Hapus
  22. Wah, postingan ini ngena banget. Segera menikah berarti ya Mbak hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya MBa...kalau sudah ada calonnya jgn dilama-lama in lah...:)

      Hapus
  23. Sekolah anakku juga melarang pacaran mbak, boncengan laki perempuan aja nggak boleh. Semoga nanti mendapat jodoh yg baik. Asmiin.

    BalasHapus
  24. alhamdulillah sy ga pernah ketemu mantan(emang punya gitu? :D) ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha....alhamdulillah atuh ya... jangan sampai *eh :D

      Hapus
  25. Hati-hati dengan bara cinta yg masih ada di hati
    # Eh gagal muv on

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi... padamkanlah cinta yang tak mesti :)

      Hapus
  26. Hahahahaaaa hari, jangan aku bisa, Jadi inget-inget lagi aa gym

    BalasHapus
  27. Hahahahaaaa hari, jangan aku bisa, Jadi inget-inget lagi aa gym

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^