**/ Cerita Ida : Satu Lagi dari XL : Berdayakan Potensi Ekonomi Desa

blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

12 Nov 2015

Satu Lagi dari XL : Berdayakan Potensi Ekonomi Desa

XL memang beda selalu saja ada inovasi baru dalam rangka turut serta aktif berpartisipasi untuk kemajuan bangsa.  Setelah sebelumnya meluncurkan program XL Future Leader kini ada lagi gebrakan baru dari XL yaitu Xmart Vilage 2.0. Melalui program Xmart Village 2.0 yang telah diterapkan sejak bulan Januari 2015 ini di Desa Cipacing dan Desa Lumajang Kabupataen Bandung. XL terbukti mampu mendorong masyarakat pedesaan dalam memberdayakan potensi desanya secara lebih maksimal dengan mengaplikasikan sejumlah solusi digital.

xl xmart


Ongki Kurniawan, Direktur Digital Service XL memaparkan keberhasilan program ini di acara peluncuran program CSR terbarunya Xmart Value 2.0  pada 26 Oktober 2015 yang lalu di Graha XL Jl. RE Martadinata No 7 Bandung. Acara dimulai jam 13.00 selesai jam 15.30, saya bersama teman-teman Blogger Bandung dan teman-teman dari media diundang untuk ikut
meliput acara terseabut. 

Lebih jauh Ongki Kurniawan mengungkapkan bahwa Xmart Vilage merupakan bentuk nyata sumbangsih XL untuk memajukan Indonesia yang diwujudkan dalam program-program tepat guna berbasis teknologi digital bagi masyarakat pedesaan.   Saat ini teknologi dital telah membawa seluruh bangsa Indonesia menuju peradaban baru,  Teknonologi digital juga telah mengubah bagaimana cara kita hidup, berpikir dan beraktivitas. Teknologi digital memunginkan apa yang sebelumnya tidak mungkin dan mampu mengubah masalah menjadi peluang.

xl xmart

Xmart Vilage 2.0 ini merupakan kelanjutan dari Xmart Vilage 1.0 yang telah diimplementasikan di Kamojang Kabupaten Bandung.  Pada Xmart Vilage 2.0 secara spesifik mengimplementasikan setidaknya 12 inisiatiaf yang memadukan apa yang sudah diterapkan di Xmart Vilage 1.0.

Apa saja program Xmart Village 2.0 ini ?  Mari simak berikut ini langkah-langkah strategis yang telah dilakukan XL di Desa Cipacing dan Desa Lamajang.

1. Website
 Penyediaan website ini memudahkan masyarakat luas untuk mendapatkan informasi mengenai tempat-tempat menarik dan berbagai aktivitas di kedua desa tersebut.

2. SMS Blast
Selain website XL juga menfasilitasi sarana promosi dan penyediaan informasi dengan layanan SMS Blast.  Sms Blast ini berisi konten-konten yang menjadi daya tarik utama desa Lamajang dan Cipacing.

3. Call Center
Selain Website dan SMS Blast untuk mendukung promosi wisata juga disediakan layanan semacam call center sebagai pusat informasi wisata dan berbagai info lainnya.

4. SIMPLY
Layanan ini berupa layanan sistem pembayaran listrik.

5.  Musikkamu
Bukan hany sebagai sarana hiburan tetapi juga mengenalkan masyarakat setempat tentang manfaat teknologi informasi dan komunikasi

Semua solusi di atas dibangun di atas platform XL X Cloud yang merupakan solusi komputasi awan dari XL.

6.  Pelatihan
Untuk meningkatkan dan mendorong pemberdayaan masyarakat setempat XL juga mengadakan pelatihan kepada ibu-ibu rumah tangga, pemandu wisata dan anak-anak yang berguna untuk meningkatkan kreativitas mereka. Pelatihan ini antara lain pelatihan digital tour guide dan pelatihan bisnis online

7. Aplikasi Augmerted Reality

8. Signboard
Bersama-sama ITB XL juga menghadirkan dua signboard yang dilengkapi dengan Quick Respond Code (QRC) di dua lokasi kedua desa ini.

9. Fasilitas Foto Udara
XL juga memfasilitasi foto udara area Lamajang dan Cipacing, dengan fasilitas ini masyarakat setempat dapat mengenali potensi geografis desanya.

10.  Tim Pendamping
XL menyediakan tim ahli yang memberikan pendampingan selama empat bulan.  Tim pendamping ini bertugas menjadi mentor dan tempat berdiskusi selama masa pengimplementasian.

Beberapa kontribusi nyata yang dihasilkan melalui Xmart Vilage 2.0 ini adalah peningkatan hingga dua kali lipat jumlah pengunjung lokasi wisata di kedua desa tersebut.  Hal ini berkat promosi teritegrasi melalui SMS Blast, Call Center, Website, Aplikasi Digital dan juga kontribusi 20 warga yang mengikuti pelatihal digital tour guide.

Semoga saja kiprah XL ini diikuti oleh banyak perusahaan di seluruh Indonesia hingga pembangunan negara ini tidak hanya tergantung kepada pemerintah saja.  Adanya sinergis antara seluruh stakeholder di negara ini yang bahu membahu membangun negara ini maka pembangunan di Indonesia akan lebih cepat dan merata di seluruh Indonesia.









3 komentar :

  1. Foto udara itu kayak rumah gitu ya mak? wahh kece...aku biasanya aplikasi

    BalasHapus
  2. keren deh XL bisa membantu masyarakat desa..dan semoga ada perusahaan lain yang menyusul membantu desa-desa lain ya mbak Ida... :)

    BalasHapus
  3. baru 2 desa ya mak, Lumajang dan Cipacing.
    semoga ke depan XL merambah desa2 lain, cause msh ada desa yg membutuhkan pemberdayaan seperti itu
    biar melek teknologi dan masyrakatnya gak ketinggalan dengan yang lain.

    nice post :D

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^