**/ Cerita Ida : Tips Wisata Hemat dan Menyenangkan untuk Keluarga Besar

blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

22 Jun 2016

Tips Wisata Hemat dan Menyenangkan untuk Keluarga Besar


Sebuah keluarga dengan jumlah anak yang cukup besar tentu saja membutuhkan biaya lebih dibanding dengan mereka yang 'hanya' memiliki anak satu atau dua orang saja.  Dibutuhkan kemampuan untuk memenej keuangan yang lebih efisien dan efektif terutama untuk yang kondisi keuangannya tidak terlalu berlebih.  Termasuk untuk budget acara piknik keluar pastilah dengan jumlah keluarga yang lebih besar membutuhkan biaya yang lebih besar.  Ada beberapa Tips Wisata Hemat dan Menyenangkan untuk Keluarga Besar, tentu saja ini semua berdasarkan pengalaman keluarga kami yang memiliki lima orang anak.

Tips Wisata Hemat dan Menyenangkan itu antara lain adalah :



Membawa Bekal dari Rumah

Biaya makan termasuk biaya yang cukup besar ketika kita melakukan wisata terlebih untuk keluarga yang memiliki anak cukup banyak.  Kalau ingin menekan budget cukup besar bisa kita ambil dari pos ini.  Baik saat diperjalanan maupun saat sudah sampai pasti anak-anak ingin terus ngemil ya, sementara harga makanan di tempat wisata biasanya harganya berlipat.  Jadi alangkah bijaknya kalau kita mempersiapkan makanan ringan dari rumah.  Untuk menghemat bisa juga membawa makanan berat untuk di perjalanan menuju lokasi sehingga tidak usah mampir ke restoran.  Kita bisa membuat timbel yang praktis misalnya.

Contoh cemilan yang harganya berlipat di tempat wisata

Memilih Hotel yang Murah tapi Nyaman

Sebelum melakukan perjalanan alangkah baiknya kita sudah survey biaya penginapan secara online. Pilih hotel yang murah tapi tetap nyaman. Memilih hotel murah jauh sebelumnya membuat banyak pilihan dan kita bisa memilih dengan leluasa karena bisa membanding-bandingkan harganya. Buatlah beberapa list hotel sesuai budget untuk mengantisipasi kalau hotel pilihan kita sudah penuh.
Hotel di Puncak
Suasana  yang nyaman salah satu hotel di Puncak Bogor (dok pribadi)
Baca juga Parc De Ville Restaurant di Best Western Premiere La Grande Hotel Bandung

Memilih Kamar Sesuai Kebutuhan

Pengalaman, ketika memilih kamar berbeda tetap saja kita asyik ngumpul di satu kamar jadinya anak-anak bolak balik biar bisa berkumpul.  Oleh karena itu untuk keluarga besar lebih efektif memilih satu kamar besar untuk satu keluarga daripada beberapa kamar kecil yang berbeda.  Ini juga bisa menghemat biaya penginapan.

Kamar lebih kecil

Memilih kamar lebih besar lebih efesien daripada beberapa kamar kecil (dok pribadi)

Memilih Lokasi Penginapan di Tempat yang Berudara Segar

Kalau destinasi wisata kita kota besar, Jakarta misalnya maka alangkah lebih menyenangkan memilih tempat menginap di tempat berudara lebih segar, hotel di Puncak misalnya.  Banyak hotel di Puncak yang nyaman.  Kalau di Bandung bisa memilih Lembang sebagai tempat kita menginap.  Selain udara yang segar, kita bisa menyaksikan pemandangan yang indah saat kita membuka jendela ketika bangun di pagi hari.  Pokoknya sensasinya lain lho, dari pada kita memilih hotel di Jakarta atau Bandung.  Jadi kalau ke Jakarta biar mendapatkan sensasi lain pilih saja hotel di Puncak, toh lokasinya dekat sekali dengan Kota Jakarta.  Kalau mau tamasya di Bandung hotel di Lembang bisa jadi pilihan.

Suasana Pagi di Lembang

Pemandangan indah di balik jendela kamar hotel (dok pribadi)



Memilih Waktu Berlibur Saat Bukan Liburan


Memang susah sih tips ini sebetulnya, karena kaitannya dengan liburan kantor dan sekolah anak-anak.  Tapi bisa juga kita lakukan, saat menjelang liburan  anak-anak, orang tua yang bekerja bisa mengambil cuti sementara anak-anak mencuri star beberapa hari sebelum libur resminya.  Ini pernah saya lakukan dan alhamdulillah terbebas dari kemacetan dan suasana tempat kita berwisata pun lebih asyik karena sepi. Tentunya ini dilakukan setelah masa ulangan atau ujian anak selesai hingga tidak mengganggu sekolah mereka.

Membuat Rencana Kegiatan yang Jelas

Pernah lho saya dan anak-anak pergi wisata menghabiskan waktu lebih banyak di kamar hotel saja hahaha....ini jelas kurang  efektif dan mengakibatkan biaya untuk cemilan membengkak karena kami hanya ngobrol, nonton TV dan ngemil saja.  Itu kan bisa dilakukan di rumah ya... so persiapkan rencana kegiatan yang jelas sehingga di sana kita tidak bingung mau ngapain.

Oleh-oleh murah meriah tapi menarik (dok pribadi)

Bijak Membeli Oleh-Oleh

Belilah oleh-oleh secukupnya saja, biasanya di tempat wisata banyak sekali pernak-pernik yang membuat kita lapar mata.  Sesuaikan saja dengan budget kita, kalau memang budgetnya tidak banyak pilihlah oleh-oleh yang betul-betul khas daerah sana sehingga bisa menjadi kenang-kenangan.  Untuk oleh-oleh buat sanak saudara bisa juga berupa pernak-pernik kecil yang murah meriah, seperti gantungan kunci, makanan khas, kaos dan semacamnya, pemberian lebih berarti saat kita memberikannya secara tulus.

Baca juga Dusun Bambu Tempat Wisata di Bandung yang Menjual Keindahan Alam

Itulah sedikit tips wisata hemat dan menyenangkan untuk keluarga besar.  Memiliki keluarga besar bukan berarti kita tidak bisa berwisata.  Walau dengan anggota keluarga lebih banyak estimasi biaya pun lebih besar, tetapi dengan beberapa trik bisa menekan budget sehingga tetap bisa melakukan kegiatan berwisata walau dengan budget yang terbatas.



16 komentar :

  1. Saya juga dari keluarga besar. Jadi mengerti banget arti jalan-jalan bersama seluruh keluarga. Ibu harus hati-hati merencanakan segalanya. Dari membawa bekal dari rumah sampai memilih tempat wisata yang akan dituju. Terima kasih Mbak Ida sudah mengingatkan saya kembali ke masa kanak-kanak ketika jalan-jalan bersama keluarga :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah merasakan juga ya jadi keluarga besar :) Rame yak ..hihi

      Hapus
  2. Keluarga saya hanya berempat saja. Tapi tetep... maunya yg hemat2 juga. Hehe.... makasih tipsnya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha iya sih mau besar mau kecil ya tetep kudu hemat denga hehe..

      Hapus
  3. Paling susah nie Mbak milih waktu pas bukan liburan karena kami kerja.
    Padahal musim ha liburan gt tiket pun hotel bnyak promo biasanya.
    Tp keren tipsnya Mbak... :)

    BalasHapus
  4. Ini bisa sebagai persiapan mudik juga ya mak...mudik sambil libur maksudnya :)

    BalasHapus
  5. Kayaknya oleh-oleh tuh yang terkadang melebihi anggaran ya mba Ida, Hihi
    Makasih sudah berbagi mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup..oleh-oleh kadang membengkak hahaha.... suka lapar mata kalau di tempat wisata :)

      Hapus
  6. Kalo piknik sama keluarga besar memang harus diplanning matang ya, Mbak. Kalo sendiri atau cuma berdua, menggembel atau stay di hotel budget sih no problemo.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha iya mba...kalau banyak dana terbatas ya kudu diirit-irit, kalau engga nanti motong pos kebutuhan yang lainnya :)

      Hapus
  7. Betul, Mbak. Kalau berlibur kala tanggal merah aka hari libur besar, tempat wisata kadang memberi harga yang suka bikin terkejut. Jadi emang praktis mendingan liburan diluar tanggal merah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selain macet dan resiko penuh hingga liburan pun tak nyaman hahaha....

      Hapus
  8. Ok banget tipsnya, kebetulan sebentar lagi libur lebaran,,

    BalasHapus
  9. Membuat Rencana Kegiatan yang Jelas memang penting juga ya, tapi terkadang kebanyakan orang hanya merencanakan tempat liburan saja, tanpa menyusun kegiatannya,,

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^