**/ Cerita Ida : "Tumbuh Kembang Si Kecil Berawal dari Perlindungan yang Optimal"

blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

8 Jun 2016

"Tumbuh Kembang Si Kecil Berawal dari Perlindungan yang Optimal"


Minggu, 22 Mei 2016, pagi sekali saya sudah bergegas, setelah di rumah semua beres dengan diantar suami saya pun pergi, dan kali ini membawa si bungsu Maghfira Aulia Amatullah.  Yup, hari ini saya excited banget karena akan mengikuti sebuah acara yang menarik.  Acara Seminar Tumbuh Kembang Optimalisasi Si Kecil ini memang sudah lama saya tunggu karena sempat mundur hampir satu bulan.  Acara ini diadakan oleh Dancow Parenting Center dan Nakita.

Bertempat di Trans Luxury Hotel, acara ini memang digelar masih pagi, tapi ratusan ibu muda beserta para putra-putrinya terlihat begitu antusias.  Ketika saya tiba antrian para peserta sudah memanjang untuk melakukan registrasi.  Acara ini gratis, hanya tinggal menukarkan struk pembelian 3 pcs Dancow  1+, 3+ atau 5+ ukuran 800 gram kita sudah bisa mengikuti acara keren ini.  Bisa dipastikan dong kalau yang hadir di sini adalah para ibu yang memberikan anak-anaknya susu Dancow.

Tema seminar kali ini adalah Berawal dari Perlindungan yang Tepat, tentu saja tentang buah hati kita.  Ternyata anak-anak yang dibawa para orang tuanya masih balita, sementara anak bungsu saya Maghfira sudah 8 tahun hehe... jadi ketika balita lain asyik mengikuti berbagai kegiatan yang diadakan oleh Dancow Maghfira sedikit bete karena kurang nyambung.  Untungnya ada Marwah, jadi setelah berfoto di Balon Dancow, Maghfira dan Marwah memilih area baca yang menyediakan berbagai buku bacaan menarik.  Sementara untuk balita lebih banyak pilihan permainannya.



Sebetulnya saya tidak begitu tau tentang siapa yang mengisi acara ini, siapa pun dia pasti pakarnya, itu pikiran saya waktu itu.  Terlebih lagi siapa moderatornya saya tidak terlalu peduli.  Yang penting dapat ilmu yang menarik sudah cukup untuk saya, jadi saya ga begitu membaca pengumuman di brosur acara ini.  Akibatnya selain salah kostum karena ada dresscode baju berwarna kuning, saya pun terkaget-kaget saat tahu kalau moderatornya artis cantik Shahnaz Haque.


Iyaaa...kaget sekaligus senang, karena tiga bidadari cantik keluarga Haque ini idola saya saat waktu masih remaja dulu.  Shahnaz Haque ini adalah si bungsu yang menikah dengan drummer Gilang Ramadhan.  Kini Shahnaz sudah memiliki tiga anak yang sudah beranjak remaja.. time going so flies... Tapi suaranya Shahnaz Haque masih seperti suara anak bungsu yang manja, kenes banget hehe..


Tiga hal penting yang akan dibahas di acara ini adalah Cinta Bunda dan Ayah, Nutrisi Perlindungan dan Stimulasi kepada Anak.  Pembicara yang hadir adalah Bunda Ratih Ibrahim MM dan Sari Sunda Bulan, AMG. Yuk kita bahas satu persatu, tema yang menarik dan sangat penting untuk tumbuh kembang balita kita.

DANCOW PARENTING CENTER

CINTA BUNDA DAN AYAH

Bunda Ratih Ibrahim,MM tampil membawakan materi ini, tidak menyangka dengan penampilan yang sangat modis dan sedikit 'aneh' untuk ukuran seusianya, Bunda Ratih terlihat masih muda padahal usianya sudah 50 tahunan dan sudah mempunyai dua putra yang sudah remaja.  Jempol deh untuk bunda yang satu ini... :)

Bunda Ratih mengungkapkan bahwa cinta sejati adalah cinta yang utuh dari bunda dan ayah.  Cinta yang memberikan yang terbaik untuk yang kita cintai. Ada tiga hal yang harus kita ketahui untuk memberikan yang terbaik untuk anak. Tiga hal itu adalah ;
  1. Tahapan perkembangan
  2. Tugas perkembangan
  3. Kebutuhan si kecil di setiap tahapan perkembangannya
Bunda Ratih membahas ciri-ciri perkembangan anak-anak saat balita baik dari fisiknya maupun emosi atau perkembangan psikologinya. Selain ciri-ciri tentu saja tugas dan kebutuhannya pun beliau bahas. Dari pemaparan itu para peserta menjadi tahu bahwa eksplorasi merupakan salah satu kebutuhan si kecil dan eksplorasi itu akan mendukung berbagai kemampuan si kecil.

Agar anak dapat tumbuh kembang optimal harus adacinta ayah dan bunda, membuat emosi positif serta membangun emosi positif sehingga anak merasa aman dan nyaman.  Ketika semua itu terpenuhi maka akan tumbuh basic trust atau kepercayaan diri anak.


Seminar tumbuh kembang anak bersama DANCOW

KECUKUPAN NUTRISI

Pembicara kedua Bunda Sari Sunda Bulan, AMG membawakan tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan nutrisi.  Menurut Bunda Sari untuk mendukung ekspolari si kecil kebutuhan nutrisinya harus terpenuhi.  Untuk pertumbuhan fisik nutrisi yang diperlukan adalah Protein dan Kalsium sementara untuk otaknya nutrisi yang harus terpenuhi adalah DHA, Omega 3 dan Omega 6.  Tanda nutrisi terpenuhi dengan baik ketika usia 1 tahun batita memiliki berat badan 3 kali lipat saat lahir.

Baru tahu juga ternyata 80% daya tahan tubuh terdapat dalam saluran cerna dan nutrisi yang diperlukan untuk saluran cerna adalah serba serat pangan misalnya inulin, bakteri baik, vitamin A,C,E dan zink.  Pada kesempatan itu pula Bunda Sari memberikan tips agar anak bisa terpenuhi nutrisinya :
  1. Jadwal makanan yg konsisten, 
  2. Jenis makan beragam, 
  3. Jumlah makanan sesuai 
Selain itu pula agar anak senang dan tidak sulit makan dan semangat makan, ia harus diajak untuk ikut menyusun menu makan yang akan dikonsumsinya.
 
Salah satu gaya sang emsi :)

STIMULASI 

Topik ketiga adalah tentang pemberian stimulasi kepada anak, tema ini kembali dibawakan oleh Bunda Ratna. Yang dimaksud dengan stimulasi adalah  pemberian rangsangan dari lingkungan yg memancing respons tertentu.

Sementara itu  aspek yg harus dikembangkan pada anak meliputi: Kognisi, Fisik dan Psikososial.  Kognisi dpt diidentifikasikan dari 5 kemampuan : attention, language, memory, problem solving dan psychomoto.

Peran Bunda dan Ayah  sangat penting dalam pemberian stimulasi ini yaitu  membimbing anak agar lebih terarah, memperhatikan dan memberi Cinta sejati tiap saat.  Menemani sang buah hati dalam belajar dan berekplorasi.

Setelah materi Stimulasi tersampaikan kembali Bunda Sari tampil kali ini memperkenal varian Dancow dan pentingnya mengkonsumsi susu sesuai usia perkembangannya karena setiap tahapan usia memiliki kebutuhan yang berbeda.

Seminar Tumbuh kembang balita bersama DANCOW dan NAKITA

Acara kemudian di break dengan bagi-bagi doorprice, peserta yang beruntung karena nomor pesertanya terambil setelah diundi mendapatkan berbagai hadiah yang menarik.  Duh sayang ga kebagian euy..hahaha....

Sebelum acara berakhir ternyata ada acara demo masak bareng Chef Steby Rafael, kali ini mau bikin Cheese Tamagoyaki Bento, Tomato Meats Bento dan Meatballs Bento

Resep Cheese Tamagoyaki Bento



Resep Tomato Fish Bento


Resep Meatballs Bento


Mudah-mudahan ketiga resep di atas terbaca ya... hahaha... Foto di bawah adalah penampakan dari Chef Sheby yang memang jago masak...iyalah namanya juga Chef hehe...


Sayang karena waktu sudah siang acara pun harus selesai, MC cantik Shahnaz pun harus menutup acara keren ini tak lupa Shahnaz  mempersilakan peserta untuk makan siang bersama sebelum pulang ke rumah masing-masing.  Acara yang seru, menarik dan penuh manfaat, semoga saja DANCOW sering-sering mengadakan acara seperti ini ya... :)

14 komentar :

  1. Acaranya asyik banget dan sarat manfaat yah Teteeeh :)

    Tapi kenapa atuh gak poto bareng mbak Syahnaz yang kece badai itu hehehe...

    BalasHapus
  2. Wah, kapan ya acara ini ada di Solo.
    Ngiri Teh Ida, dapat banyak ilmu untuk merawat dan mendidik anak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya banyak teori tapi belum tentu dipraktekin hahaha

      Hapus
  3. waah itu bunda ratih meni awet muda yaa... gak keliatan umurnya segitu ih *suka*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya saya juga kaget ternyata sudah setengah abad hehe

      Hapus
  4. Seru banget acara parentingnya. Semoga nanti ada di Jakarta.

    BalasHapus
  5. Lengkap bgt artikelnya nih, jadi brasa hadir juga di seminarnya :) makasih yaaa infonya mba Ida...

    BalasHapus
  6. banyak juga ilmunya apalagi pembawa acara nya sang idola :) pasti fokus banget dehh

    BalasHapus
  7. memang penting banget cinta dari orang tua, ya. Anak jadi optimal pertumbuhannya

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^