**/ Cerita Ida : Agar Ngeblog Tetap Asyik dan Makin Asyik

blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

18 Jul 2016

Agar Ngeblog Tetap Asyik dan Makin Asyik


Seingat saya, saya mulai ngeblog sekitar tahun 2005 an, masih ingat karena saat itu sedang hamil anak keempat.  Blognya memakai platform Multiply yang saat itu lagi booming.  Isinya kebanyakan tentang tumbuh kembang anak dan curhat.  Sayangnya Multiply kemudian wafat, saya pun patah hati akhirnya mutung berhenti ngeblog.

Tahun 2012 mulai ngeblog tapi jarang-jarang, baru diakhir tahun 2014 mulai serius kembali ngeblog.  Itu pun terkaget-kaget karena ternyata dunia ngeblog sudah berubah.  Teman-teman lama sudah jauh terbang yang newbie pun demikian, saya merasa jauh tertinggal ternyata dunia ngeblog telah bermetamorfosis, menjadi dunia yang jauh lebih berwarna.

Yup, ngeblog sekarang sudah bukan untuk curhat, atau semacam diary online lagi, tapi sudah berubah karena dengan ngeblog kita bisa mendapatkan materi.  Awalnya terkaget-kaget, lama-lama kesenengan dan ketagihan sempat mengalami euforia, tapi sekarang sudah biasa lagi.  Ngeblog just for fun, ya kalau dapat sesuatu berupa materi alhamdulillah banget, tapi gak semenggebu awal-awal baru kenal uang dari ngeblog ..hihihi...

Suka ada juga yang nanya-nanya, "Kok sempet sih..anak lima bisa ngeblog.." Ya anak saya sudah lumayan besar-besar lah, jadi enggak terlalu direpotin urusan anak.  Etapi tahun ini keliatannya saya harus lebih fokus ke urusan anak, karena tahun ini ada yang mau masuk Perguruan Tinggi, masuk SMA dan masuk SMP....hmmm...

Yang namanya hobi pasti dalam kondisi apa pun juga, pengen terus ngejalanin ya... karena kalau tidak kita lakukan sepertinya ada sesuatu yang hilang.  Kayak orang yang senang masak, masak sebanyak apa pun, capeknya ga terasa, karena menjalani nya dengan senang hati.  Ada beberapa tips yang membuat saya tetap menikmati dunia ngeblog sebagai sesuatu yang mengasyikan...

  • Lakukan ngeblog karena kita memang suka karena kita memang ingin, bukan karena uang dan bukan karena terpaksa.  Maksudnya bukan gak boleh ngeblog karena uang, tetapi uang bukan tujuan utama dan bukan satu-satunya tujuan kita ngeblog.  Ini akan membuat kita terhindar dari stress.... hobi kok membuat stress, berarti sudah ada yang salah dengan ngeblog kita.
  • Ngeblog lah di tempat-tempat yang membuat kita nyaman.  Nyaman di sini memang beda-beda ya, ada yang suka teratur di meja kerja, ada yang sambil nyantai melantai di karpet atau bahkan di tempat tidur hehe..   Kalau di meja kerja, buat tempat kerja yang nyaman, yang kita banget gitu lho, yang membuat kita betah berlama-lama di suasana seperti itu.
  • Jadikan saat ngeblog adalah saat "Me Time" kita, jadi pilihlah waktu yang memang cocok dengan kondisi atau keadaan kita sehingga ngeblog kita lancar tanpa ada gangguan yang membuat kita jadi bete dan ga nyaman.
  • Siapkan segala hal yang mendukung kita ngeblog, misalnya wifi yang lancar, cemilan bagi yang suka ngemil, minuman yang kita sukai, referensi yang dibutuhkan, pencahayaan yang cukup, bagi yang suka diiringi musik yang lembut bisa sambil mendengarkan musik dan lain sebagainya.  Pokoknya segala sesuatu yang mendukung kita ngeblog.
  • Persiapkan segala sesuatu di luar acara ngeblog kita, sehingga ngeblog kita tidak banyak gangguan.  Misalnya tidak ngeblog saat lagi masak, karena kalau lagi ngeblog suka keasyikan ya.. nanti malah masakan kitanya gosong deh hehe... (pengalaman:D)  Atau jangan saat anak-anak sedang membutuhkan kita, karena dampaknya malah akan merugikan.  Misalnya kita jadi membentak anak karena dianggap mengganggu.
  • Kalau merasa dikejar-kejar  dead line, ingat saja apa yang akan kita dapatkan kalau kita mengerjakan DL ini.  Ini membuat kita semangat dan tidak merasa tertekan.
  • Gesekan bisa terjadi juga, karena kita tidak mengetahui  dan tidak mengenal sifat blogger lain dengan baik.  Untuk menghindari ini sediakan hati yang luas, pemaaf dan tidak baperan hehe...  Suka ngalamin juga orang nulis status tentang ngeblog kok perasaan nyindir ke kita... jangan diambil hati, karena dunia ini luas, anggap saja bukan ke kita.  Intinya POSITIF THINKING.

Karena saya pun pernah menulis tentang dunia nyata saya, eh ternyata ada teman saya di   dunia  maya menjadi tersinggung.  Dunia kita luas, ada teman, saudara, tetangga, kerabat, komunitas, organisasi, pengjian pun tentu saja teman-teman kita juga begitu, punya dunia  masing-masing, di luar dunia maya ini.  Jadi siapkan saja hati yang luas agar kita tidak mudah sakit hati dan tersindir :)

Berusaha melakukan yang terbaik dan jangan punya perasaan Senang Melihat Orang Lain Susah dan Susah Melihat Orang Lain Senang....  ingatlah ”Jauhilah olehmu sekalian sifat dengki, karena dengki itu memakan kebaikan seperti api melalap kayu bakar. .. 

Betul lho, dunia blog sekarang tak jauh dari kompetisi dan materi jadi bila ingin tetap bahagia senanglah ketika orang lain senang.... :) Mungkin untuk orang yang tidak biasa ngelola hati ini cukup sulit, ya... Tapi proses kok, pasti bisa.  

Ingat saja tujuan hidup di dunia ini bukan sekedar ngeblog, bukan sekedar mencari materi bukan main-main, ngeblog bukan segalanya. Karena orang yang sudah addict dengan dunia internet itu akan ada yang sampai berlaku seperti itu, karena dunia maya adalah dunianya.  Yang harus diingat di dunia ini ada sesuatu yang lebih penting yang harus kita lakukan, yaitu mempersiapkan bekal untuk kehidupan kita yang abadi... :)

Kalau kita sudah melakukan hal-hal di atas tentu saja, ngeblog akan menjadi sesuatu yang mengasyikan bahkan tambah asyik :)

14 komentar :

  1. Yang penting bisa bermanfaat urusan uang nanti juga ada jalannya sendiri hehehe..saya mah apa atuh masih baru pisan :) nice share mba

    BalasHapus
  2. Saya paling nyaman ngeblog di commuter line mbak lumayan bnyka ide kalau lagi di kereta :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah iya asyik tuh banyak pengalamannya :)

      Hapus
  3. Hampir sama dengan saya nih, yang penting ngeblog dibikin asyik ya mbak

    BalasHapus
  4. Kalau fasilitas lengkap dan kondisi memungkinkan ngeblog pasti mengasyikkan ya Teh :)

    BalasHapus
  5. saat ngeblog itu memang termasuk me time buatku :).. cuma saat sdg nulis ini, aku bisa ngerasa rileks, mood jadi baik, emosi yg td lg sebel2 ama org lain, bisa jd dingin kembali :).. buatku ini hobi sih mbak.. cara utk aku nyalurin apa yg dirasa, jd samasekali ga ada beban saat ngelakuin ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya itulah hobi, selalu menyenangkan saat melakukannya :)

      Hapus
  6. ngeblog ditemani cemilan dan musik memang bener" makin semangat dan asyik bun. inspirasinya daaappet. tpi soal cemilan saya agak membatasi takut malah byk ngemil jd ngantuk :D :D hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha iya juga :) Saya mah kurus susah gemuknya da, tapi sekarang sudah mulai ideal mungkin gara2 ngemil :D

      Hapus
  7. Saya gak sanggup kalau dikejar deadline ngeblog haha, udah mah kerjaan kantor banyak terus dikejar deadline ngeblog, haha bisa stress akhirnya saya mah teh. lah jadi curhat

    BalasHapus
  8. Buat aku awalnya ngeblog sebagai dokumentasi semua cerita ttg anak, keluarga & aku. Plus aku suka nulis.. Kalau sekarang ada tambahan rejeki dari blog alhamdulillah kalau ngga ada pun alhamdulillah jadi ngga mau dibikin stress :)

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^