**/ Cerita Ida : Cantik dari Hati, Sebuah Magnet

blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

15 Jul 2016

Cantik dari Hati, Sebuah Magnet


"Heran deh kalau lihat Rossy.... wajahnya sih biasa aja ya, tapi kok banyak yang suka sama dia.." Ujar Mira
"Gak cantik memang, tapi menarik.." Rani pun menambahkan.

Pernah mendengar dialog seperti di atas kah?  Saya pernah, berkali-kali bahkan.  Menurut saya wajah Rossy sebetulnya biasa saja, tapi memang betul kata Rani, Rossy menarik.  Wajah Rossy sederhana, dengan hidung yang tidak mancung, kulit pun tidak putih.  Tapi Rossy memiliki mata belo yang berbinar indah. Dengan mimik wajah ceria diiringi senyum yang selalu tersungging manis.

Lain Rossy lain pula dengan Bunga (bukan nama sebenarnya), Bunga memiliki kulitnya putih mulus, hidung mancung, tubuh tinggi langsing semampai plus raut wajah yang indah, seharusnya dia menjadi idola di kampusnya.  Tapi sayang kecantikan Bunga hanya first impression saja, kesan pertama yang tak diiringi dengan kesan kedua, ketiga dan selanjutnya. Bunga sulit memiliki teman, karena ia sedikit jutek dan egois.  Mungkin dia putri yang terlalu dimanja keluarganya.

Kenapa ada orang seperti Rossy yang tidak cantik secara fisik tapi begitu menarik dan disukai banyak orang ?  Lalu kenapa juga ada orang seperti Bunga yang sebetulnya sangat enak dipandang tetapi banyak orang tidak merasa nyaman berdekatan dengannya ? 

Kecantikan fisik seperti yang dimiliki Bunga atau yang menjadi standar umum seseorang dikatakan cantik hanyalah sebuah kesan pertama saja.  Kecantikan yang bisa memudar karena waktu, pupus karena kesulitan hidup dan hilang karena tidak dirawat. Kecantikan fisik bukan segalanya, bagi yang tidak memiliki wajah cantik dengan indikator standar umum, tidak usah khawatir karena itu bukan hal yang utama.

Kalau kecantikan fisik hal yang utama Rasulullah SAW  akan menempatkan standar wajah sebagai faktor utama untuk memilih jodoh sesuai dengan aturan Islam.  Tapi ternyata tidak, tengoklah sabda Rasulullah SAW berikut ini:  “Perempuan dinikahi karena empat faktor. Karena hartanya, nasabnya, kecantikannya dan karena agamanya. Maka menangkanlah wanita yang mempunyai agama, engkau akan beruntung.” (HR Bukhari, Muslim, al-Nasa’i, Abu Dawud Ibn Majah Ahmad ibn Hanbal, dan al-Darimi dalam kitabnya dari sahabat Abu Hurairah ra)

Lebih dari itu ada yang disebut inner beauty atau cantik dari hati seperti yang dimiliki teman saya yang bernama Rossy.  Kecantikan yang terpancar dan muncul dari hati sehingga orang di sekitar pun merasa nyaman untuk bersamanya.  Kecantikan abadi yang tidak akan memudar karena usia, tak akan pupus karena kesulitan hidup, kecantikan yang selalu menjadi magnet dalam setiap keadaan.  Bahkan bisa menjadi magnet yang daya tariknya lebih dari hanya sekedar kecantikan secara fisik.

Untuk menjadi cantik, tidak hanya diperlukan kecantikan fisik semata tetapi ada kecantikan dari hati yang harus melengkapinya.  Berbeda dengan cantik fisik yang merupakan anugrah, kecantikan dari hati adalah magnet tersendiri yang bisa dimiliki siapa saja.  Semua orang ?  Ya, ternyata semua orang yang menginginkannya dan mengusahakannya bisa memiliki kecantikan dari hati.

Lalu langkah apa saja yang harus kita lakukan agar kita bisa memunculkan kecantikan yang terpancar dari hati ?  Ada beberapa tips yang bisa kita ikuti agar cantik dari hati bisa muncul dalam diri kita. Yuk ah mari kita simak.. :)

Sumber: Fanpage Wardah Cosmetics
Berpikir Positif

Yakinilah bahwa apa yang kita pikirkan itu akan terpancar dalam raut wajah  serta mata kita.  Oleh karena itu berpikirlah positif tentang diri kita sendiri maupun tentang orang lain.  Setiap orang tidak ada yang sempurna, lihat sisi positif kita dengan cara mengenali kelebihan-kelebihan kita.  Munculkan dan optimalkan kelebihan kita maka kelebihan ini akan menutupi kekurangan kita.  Demikian juga dalam memandang segala hal di luar diri kita, utamakan berpikir positif, bukankah dalam Islam diajarkan untuk berpikir positif ?

Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan purba-sangka (kecurigaan), karena sebagian dari purba-sangka itu dosa. Dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Adakah seorang di antara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang. {Q.S Al Hujurat (49) : 12}


Ramah dan Murah Senyum

Langkah sederhana yang bisa dilakukan agar tampak cantik dari hati adalah dengan tersenyum.  Memancarkan senyum untuk orang-orang di sekitar kita akan memancarkan aura positif untuk sekeliling kita.  Kita pun akan dikenal sebagai pribadi yang ramah dan murah senyum hingga orang lain pun nyaman berada di dekat kita.  Betapa pentingnya senyum ini hingga tersenyum kepada sesama, tersenyum di dalam Islam dianggap sedekah.

 “Senyum manismu dihadapan saudaramu adalah shadaqah” (HR. Tirmidzi)

Mengasah Intelektual Kita

Sayang sekali kalau seorang perempuan yang cantik tapi tidak didukung dengan kecerdasan dan keluasan wawasannya.  Berbicara dengan perempuan seperti ini akan banyak sekali tidak nyambungnya.  Padahal kecerdasan, luasnya wawasan, serta keterampilan sangat penting bagi seorang perempuan karena seorang perempuan kelak akan menjadi seorang pendidik bagi anak-anaknya, seorang perempuan memiliki kontribusi yang penting dalam membangun sebuah peradaban.

Perkaya diri kita dengan berbagai wawasan dan keterampilan yang bermanfaat.  Hal ini akan menjadi nilai plus diri kita di mata orang lain.  Pengetahuan dan keterampilan yang kita miliki, selain memberi manfaat untuk kita juga bisa menjadi sebuah magnet yang membuat kita terlihat jauh lebih menarik.

Selalu Bersyukur

Mensyukuri apa yang kita miliki akan membuat kita menerima dan mencintai diri kita sendiri.  Rasa syukur ini akan membuat kita bisa menghargai diri sendiri, maka akan tumbuhlah rasa percaya diri.

Lain halnya kalau kita tidak bersyukur maka yang akan tumbuh dalam diri adalah sifat kecewa pada diri yang mengakibatkan benci pada diri sendri hingga akhirnya tumbuh sifat minder.

Menumbuhkan rasa syukur ini sangat penting hingga banyak sekali ayat al qur'an dan hadist yang memerintahkan kepada manusia untuk bersyukur. Salah satunya adalah QS : Ibrahim ayat 7

Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih".

Tampil Sederhana, Natural dan Alami

Menjadi pribadi yang sederhana akan memancarkan kecantikan hati kita.  Dengan tampil apa adanya, tidak neko-neko serta tidak berlebihan akan membuat kita menjadi pribadi yang humble, disukai banyak orang. 

Senang Berbagi (Tidak Egois)

Berbagi tak akan pernah rugi, dengan berbagi justru akan timbul rasa bahagia dalam diri kita. Perasaan bahagia ini pun akan terpancar di wajah kita. Rasulullah SAW memotivasi kita dengan ucapan, ”Pertolonganmu terhadap orang lemah adalah sedekah yang paling afdhal,” (Riwayat Ibnu Abid-Dunya). 

Menjadi Pribadi yang Mudah Bergaul (Supel)

Menjadi pribadi yang mudah bergaul itu memang susah, beruntung sekali kalau kita memiliki sifat ini.  Tetapi jangan khawatir sifat ini ternyata bisa kita latih lho.. Butuh proses memang tapi harus kita lakukan karena dengan memiliki sifat ini kita dianggap menjadi pribadi yang ramah, humble dan mau bergaul dengan siapa saja.  Orang pun tidak merasa canggung dengan diri kita.

Menjaga dan Memelihara Kesehatan Tubuh dan Wajah

Agar tampil cantik kita pun harus menjaga kesehatan kita.  Makan-makanan yang halal dan baik, minum yang cukup, tidur dan istirahat secukupnya serta olah raga yang teratur.  

Kita pun harus selalu merawat diri kita sebagai bukti bahwa kita mensyukuri apa yang Allah berikan kepada kita.  Termasuk merawat wajah kita agar bisa tampil segar dan cerah. Menggunakan rangkaian Wardah Lightening Series akan membantu membuat wajah kita lebih cerah ceria.

Dokumen Pribadi
Mengapa memilih Wardah?  Karena kosmetik ini sudah memiliki halal dari LPPOM MUI, selain itu kosmetik ini aman dan berkualitas. Lalu mengapa kulit wajah harus dirawat? Kulit penting sekali untuk kita rawat karena kalau tidak kita rawat tentu saja, kulit kita akan rusak dan menimbulkan bercak warna hitam tidak merata yang biasa kita kenal dengan nama kokoloteun.
 
Perawatan Siang Hari :

Di siang hari kita bisa menggunakan Lightening Milk Cleanser serta Lightening Gentle Wash serta Lightening Facial Scrub untuk proses membersihkan wajah kita.  Setelah bersih kita bisa bisa menggunakan Lightening Day Cream Step 1/ step 2 (krim siang).  Untuk perawatan kulit kusam sebelum menggunakan cream bisa menggunakan Lightening Facial Serum untuk kesegaran kulit wajah kita.

Perawatan Malam Hari :

Di malam hari, sama saja dengan proses di siang hari yaitu  mencuci wajah kita dengan rangkaian pembersih dari pembersih Wardah namun untuk cream nya kita menggunakan Lightening Night Cream Step 1 / step 2 (krim malam)

Itulah beberapa tips untuk memunculkan kecantikan yang terpancar dari hati, semoga bermanfaat :) 

Tulisan ini disertakan dalam lomba "Cantik dari Hati" Wardah Beauty


http://www.wardahbeauty.com/

11 komentar :

  1. Snantiasa brpikir positif jika kita bisa menjadi cantik dengan tetap mnjadi dri sendiri
    Nice sharing mba ^_^

    BalasHapus
  2. Ramah dan murah senyum...pasti menambah kecantikan ya mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya... jadinya orang nyaman dekat orang yang ramah hihi..

      Hapus
  3. aku juga sering nemuin orang seperti Rossy dan Bunga dalam kehidupan keseharianku mbak. kecantikan dari dalam hati memang lebih memancarkan aura ketimbang sekedar cantik fisik ya mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa betul... kecantikan fisik hanya kesan pertama saja :)

      Hapus
  4. hihi jadi ingat komen teman-teman sejak saya remaja: menarik! Tapi sebagai remaja dulu pengen banget dipuji dengan kata-kata: Cantik. Setelah jadi emak-emak ternyata ingin disebut cantik hanya sebagian dari ego yg bisa menjeremuskan ya mak, mjerumuskan ke prilaku beauty is pain (dioperasi, ditato dll)

    BalasHapus
  5. Apa yang ada di dalam hati dan pikiran itu terpancar keluar.. Jadi hati dan pikiran harus senantiasa bersih agar yang terpancar itu keindahan.

    BalasHapus
  6. Make up, senyum yg manis, plus ketulusan hati, wihhh cantik banget pastinya ya mba..

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^