**/ Cerita Ida : Serba-Serbi Komunitas

blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

26 Jul 2016

Serba-Serbi Komunitas

Baru beberapa tahun terakhir ini saya tergabung dengan berbagai macam komunitas. Sebelumnya selama lebih dari sepuluh tahun komunitas yang saya ikuti cuman satu, sangat homogen.  Sebuah komunitas perjuangan yang orang-orangnya banyak mengorbankan waktu, tenaga dan uangnya untuk kepentingan umat.

Tujuan akhir dari komunitas yang saya ikuti sangat futuristik karena target utamanya masuk surga.  Bisa ditebak dong kalau selama saya di sana sangat jarang ada intrik, buang waktu percuma, apalagi ghibah ngomongin orang lain.  Insya Allah sangat jarang saya temui, yang ada saling tolong menolong, bantu membantu, bahkan sampai ada yang meminjamkan rumahnya dengan gratis tis tis selama bertahun-tahun.  Ya kami memang merasa satu saudara, saudara karena terikat dalam satu aqidah agama Islam yang kami anut.

Credit: Ayu Keke


Makanya ketika saya bergabung dengan komunitas lain yang heterogen sempat limbung juga.  Mungkin karena hampir belasan tahun komunitas yang saya ikuti itu-itu saja jadinya ketika bergabung dengan komunitas lain saya sempat menjadi terkaget-kaget.  Tapi itulah  pergaulan sebenarnya.  Menemukan dunia luar yang sebenarnya, yang selama ini tanpa sengaja saya jauhi.

Sempat kaget, tapi belajar sangat banyak, this is a real world.  Tempat sebenarnya dimana saya harus berkiprah, saling memperbaiki dan menasehati.  Karena di komunitas yang heterogen ini justru bertemu banyak orang-orang yang belum menemukan hakikat hidup sebenarnya.  Saya melihat ada yang lupa bahwa di dunia ini hanya tempat mampir hingga ada yang menghalalkan banyak cara untuk mencapai keinginannya, ada yang terlalu mencintai dunia hingga melupakan akhiratnya hingga meninggalkan perintah Allah SWT seperti sholat , puasa dan lainnya.  Meski ternyata tidak gampang untuk mengajak orang-orang seperti itu agar bisa kembali kepada Tuhannya.

Meski sempat terkaget-kaget tapi akhirnya saya dapat menikmati komunitas yang heterogen ini, bertemu dengan banyak manusia dengan berbagai sifat dan latar belakangnya.  Bertahan di komunitas ini dan akhirnya menikmatinya karena berkomunitas itu ternyata terasa sekali pentingnya.

Ikut tampil di acara TV gara-gara komunitas
Apa saja manfaat komunitas yang saya rasakan selama ini, yuk mari kita simak :

Menambah Teman Bahkan Saudara

Dengan berkomunitas kita bertemu banyak orang yang memiliki ketertarikan pada bidang yang sama atau pada hobi yang sama.  Jalan untuk nyambung pun terasa lebih mudah karena ada kesamaan yang menyatukan.  Bertemu teman yang ngeklik akhirnya bisa semakin dekat dan bahkan bisa seperti bersaudara.

Menambah Wawasan

Dengan berkomunitas kita bisa saling berbagi ilmu dan pengalaman.  Secara tidak langsung maupun tidak langsung di dalam komunitas ada transfer ilmu dan pengalaman. Di dalam komunitas kita bisa banyak belajar dari pengalaman dan pengetahuan teman-teman kita.

Menambah Motivasi

Di komunitas kita bertemu dengan orang-orang yang sudah selangkah lebih maju dari kita bahkan yang sudah sukses.  Dari mereka kita bisa belajar bagaimana bisa menjadi sukses dan maju itu.  Melihat kesuksesan mereka yang bisa berhasil dari hobi bisa menjadi pemicu timbulnya motivasi untuk bisa seperti mereka bahkan lebih baik lagi.

Investasi Masa Depan

Usaha tidak akan mengkhianati hasil, dengan berkomunitas waktu kita lebih banyak digunakan untuk hal-hal yang lebih bermanfaat.  Apa yang kita lakukan sekarang bisa menjadi sebuah jalan untuk mencapai kesuksesan.

Memanfaatkan Waktu

Berada dalam komunitas yang positif tentu saja akan membuat waktu-waktu kita menjadi lebih bermanfaat lagi.  Otomatis ketika kita memanfaatkan waktu untuk hal yang positif hidup kita akan selangkah lebih maju menuju hal yang positif lagi.

Menambah Jaringan

Semakin banyak kita bergaul dengan berbagai macam jenis manusia, semakin banyak jaringan yang bisa kita jalin.  Jaringan ini akan sangat bermanfaat untuk masa depan kita baik langsung maupun tidak langsung, sengaja atau tidak sengaja.  Terkadang di sinilah lahirnya rejeki yang tidak kita sangka-sangka

Itulah pentingnya berkomunitas, hal-hal di atas adalah beberapa manfaat yang bisa saya rasakan setelah tergabung dengan beberapa komunitas


6 komentar :

  1. Wah, sempat masuk tivi juga ya? Keren!
    Serupa tapi tak sama nih. Saya juga duluuu banget ogah ikut-ikutan komunitas. Saya tipe penyendiri akut, mending di kamar ketimbang bersosialisasi. Rada-rada introvert gitu. Tapi setelah tahu asyiknya berkomunitas, jadi pengen dan pengen. Apalagi ada kaitannya dengan nafkah. hahaha...

    BalasHapus
  2. Keren banget mbak Ida sampai masuk tv!

    Tya ngerasain banget dengan ikut komunitas, semakin banyak teman, semakin banyak ilmu yang didapat, dan peluang tawaran kerja pun semakin banyak.

    www.talkativetya.com

    BalasHapus
  3. Kalo saya mah ikut komunitas teh bikin bahagia, karena bisa nambah teman dan nambah wawasan. Ngeklik atau enggak dengan orang baru yang saya kenal, saya jadi bisa kenal lebih banyak karakter orang, dan hal itu bisa bikin kita lebih bijak dalam mengahdapi permasalah hidup. Aduh kaya yang lebay euy komennya, tapi da saya mah ngerasanya begitu.. Hihi.. :)

    BalasHapus
  4. Komunitas apa tuh mbak masuk tv bareng... #kepo :)

    BalasHapus
  5. Saya juga awalnya ngerasa gimana gitu pas berada di komunitas yang heterogen. Tapi betul kata mbak, bahwa bergabung di komunitas yang heterogen ini justru bertemu banyak orang-orang yang belum menemukan hakikat hidup sebenarnya. :)

    BalasHapus
  6. Saat masuk komunitas saya belajar banyak tentang kedewasaan dan profesionalitas mbak.

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^