**/ Cerita Ida : Berkenalan dengan Meutia Rahmah Mansur

blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

16 Agu 2016

Berkenalan dengan Meutia Rahmah Mansur

Pemenang arisan link kali ini adalah seorang perempuan muda berparas manis, ibu dosen yang pernah menuntut ilmu sampai ke benua hitam Afrika.  Siapakah dia....? Dia bernama Meutia Rahmah dengan blognya yang simple dan juga semanis sang empunya yaitu blog yang beralamat di www.meutiarahmah.com :)  Betul lho, blognya manis dan unik karena ternyata Meutia itu senang mengotak-atik blog dan piawai juga membuat template... wah asyiik ya..? :)

Meutia Rahmah Mansur namanya lengkapnya, ia biasa dipanggil Tia atau Meutia, sementara nama Mansur adalah nama ayahnya.  Meutia adalah blogger asli Aceh dan tinggal di kota kecil Langsa.  Selain aktif menjadi blogger, Meutia juga ternyata seorang dosen IAIN Lansa Prodi Pendidikan Bahasa Arab. Meutia juga ternyata aktif di bidang sosial, ia kini menjadi supervisor di Qatar Charity Aceh untuk anak-anak yatim khususnya di bidang pendidikan mereka.


Kesukaannya pada dunia tulis menulis sebenarnya sudah berlangsung sejak lama.  Saat ia masih mondok di pesantren selama enam tahun.  Selama di pesantren ia sudah banyak menulis di diary dan buku catatan terutama menulis puisi, namun tulisannya masih untuk konsumsi pribadi.  Pelajaran yang paling ia sukai ketika mondok di pesantren adalah Bahasa Arab, hingga akhirya ketika kuliah ia mengambil jurusan Bahasa Arab.


Kecintaan pada Bahasa Arab inilah yang akhirnya mengantarkan dirinya berkelana ke negeri nun jauh di benua hitam.  Di tahun 2009 ia mendapatkan kesempatan untuk mengambil pascasarjana dengan konsentrasi Pendidikan Bahasa Arab untuk non Arab. di Negeri Khartoum tepatnya.  Sebuah negara yang terletak di benua Afrika yang juga dijuluki Negeri dua Nil karena negara ini tempat bertemunya sungai Nil berwarna Putih dan Biru yang memiliki panas lebih dari 50 derajat Celcius.

Rasa rindu tanah air membuatnya rajin update status di fesbuk sampai akhirnya seorang temannya mengajaknya untuk menulis di blog.  Tahun 2011 Meutia mulai menulis di blog dengan menggunakan nama www.tulipqta.blogspot.com.  Tulisannya masih sekitar tentang curhat dan pengalamannya selama tinggal di Khourtom.

Kini blognya telah mulai ia rapikan dengan mengambil domain nama dirinya, sampai sekarang masih proses perapihan karena memang belum selesai.  Kini katagori yang ada di blognya terdiri dari journal yang berisi cerita keseharian dan pengalaman selama ia tinggal di Khourtoum, review berisi job review, ada travelling juga yang berisi jalan selama di Khourtom dan Mesir. 

 O ya kuliner masakan Aceh kesukaannya,  ia masukan juga ke dalam katagori travelling.  Katagori  gooling, blog tutorial dan arabic sedang dalam proses penulisannya  Khusus untuk arabic rencananya akan berisi metode belajar bahasa arab dengan mudah dan cepat.  Karena memang ia ingin menepis anggapan bahwa bahasa arab itu susah.

Selain ngeblog, ternyata Meutia juga sudah memiliki empat buah buku antalogi, beberapa cerpennya sudah dibukukan, buku antalogi itu adalah Ramadan di Rantau (2012), Sajadah Cinta (2012), Apa Kabar Sahabt Dumay (2013) dan Mustajab Cinta (2013).  Kini Meutia sedang proses membuat novel, karena memang bercita-cita ingin memiliki buku solo.

Ingin berkenalan dan tahu lebih banyak dengan Meutia silakan mampir di media sosialnya ya..

Twitter : @meutimansur
Instagram : @meutiamansur
FB : Meutia mansur
Blog : www.meutiarahmah.com

16 komentar :

  1. antaloginya udah banyak.. tinggal bikin novel solo... sipp salut ma orang yg pinter bahasa...arab.. karena beda dg inggris..masih huruf latin kalo arab beda huruf..

    BalasHapus
  2. Mbak Meutia ini keren, sampai bs kul disana yahhh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya karena bahasa arab dan mencintainya :)

      Hapus
  3. aku hrs buka blognya mba meutia ini sepertinya :).. selalu kgn baca2 kuliner aceh soalnya mba.. aku dulu lama tinggal di aceh, walo bukan asli sana.. Langsa termasuk kota yg aku srg datangin dulu ama keluarga, krn di sana ada warung sop tulang sumsum yg uenaaakk byangettt ;D...

    BalasHapus
    Balasan
    1. duh tulang sumsum jadi ngiler deh mba :)

      Hapus
    2. ayo ke langsa, masih ada sop tulang sumsum nya :)

      Hapus
  4. Selalu suka sama orang yg bisa menguasai bahasa asing, apalagi bahasa arab. Kereen!!

    BalasHapus
  5. Buat juga dong punya saya seperti ini. Hehehhe.... #ngarep.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. duh seandainya ga banyak tugas mau da...apalagi menulis tentang Mirwan Choky generasi muda yg keren kayak gini :)

      Hapus
  6. Mba Meutia pernah hidup di negara yang suhunya >50 derajat celcius? Wow hebat banget Mba *jempol*

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup...saya paling ga kuat udara yg ekstrim kayak gini

      Hapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. Assalamualaikum...

    monggo mampir ya bu : coretanhatiukhti.blogspot.com :D

    BalasHapus
  9. terima kasih mba ida, semoga kita terus semangat untuk menulis :)

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^