**/ Cerita Ida : Mempersiapkan Bekal Pendidikan Si Kecil Sejak Dini

blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

2 Sep 2016

Mempersiapkan Bekal Pendidikan Si Kecil Sejak Dini


Mempersiapkan Masa Depan Si Kecil Sejak Dini.

"Neng... mau pinjam uang atuh lah"  Ujar perempuan setengah baya kepada perempuan muda di depannya.
"Untuk apa..?" Perempuan muda itu menjawab dengan sebuah pertanyaan.
"Untuk sekolah Si Ceuceu... tahun ini kan masuk Perguruan Tinggi " Jawabnya
"Duh maaf ya.. lagi engga ada uang " Jawab perempuan yang dipanggil Eneng itu.

Perempuan setengah baya itu tertunduk sedih, pupus sudah harapan terakhirnya.  Kemana lagi ia harus mencari pinjaman untuk sekolah anak sulungnya.  Tak ingin ia melihat anak sulungnya kecewa, setelah bersusah payah agar bisa lolos masuk PTN. Ada perasaan menyesal dalam dirinya, mengapa dulu saat berada ia tidak mempersiapkan biaya sekolah anak-anaknya dengan terencana.  Kini nasi telah menjadi bubur, sesal kemudian tiada berguna.


Tentu kita tidak ingin kejadian itu menimpa anak-anak kita bukan ? Terhambat sekolah karena terkendala biayanya yang terus semakin tinggi.  Terlebih tentunya kita ingin anak-anak kita sekolah di sekolah yang bagus kualitasnya dengan pengalaman yang tidak diragukan lagi.  Dan untuk mendapatkan sekolah yang berkualitas dan nyaman tentu saja berbanding lurus dengan biaya yang dibutuhkan.

Terlebih dengan kondisi perekonomian Indonesia saat ini, dimana tahun 2015 kemarin adalah pertumbuhan ekonomi terendah selama 6 tahun. Menurut catatan Badan Pusat Statistik pertumbuhan ekonomi Indonesia hanya mencapai 4,79 persen.  Sementara tingkat inflasi realnya bisa mencapai 10%-20% per tahun.

Dengan tingkat inflasi real yang begitu tinggi, biaya sekolah pun menjadi luar biasa tinggi, sebuah survey yang dilakukan terhadap beberapa sekolah swasta menggambarkan bahwa rata-rata biaya pendidikan di Indonesia naik pertahunnya sebesar 7% sampai dengan 15%.  Inflasi biaya pendidikan ini memang suatu yang real, yang harus membuat kita tersadar dan waspada menghadapi masa depan si kecil kita.

Biaya pendidikan yang fantastis ini tentu saja harus kita sikapi dengan penuh kearifan, agar peristiwa ibu setengah baya itu tidak terjadi pada diri kita.  Terlebih untuk anak yang akan masuk ke perguruan tinggi, saat ini jumlahnya berkisar di angka 50 jutaan, 15 tahun yang akan datang nilainya mungkin saja mencapai Rp 400.000.000,00.  Sebuah angka yang fantastis, tetapi kemungkinan besar memang akan sebesar itu bila melihat laju inflasi saat ini.

Di bawah ini asumsi biaya pendidikan bagi anak usia tiga tahun dengan asumsi tingkat inflasi sebesar 15% per tahun


Menurut pakar keuangan Pripta Hapsari Ghozie, SE,MCom, Gcert FinPlanning, CFP, QWP seorang perencana keuangan independen dari ZAP Finance, penulis beberapa buku keuangan serta narasumber dari media cetak, televisi dan radio berskala nasional memberikan empat tips langkah yang harus dilakukan orang tua dalam merencanakan keuangan untuk bekal pendidikan si kecil yaitu:
  • Mulai mendiskusikan tentang pendidikan anak sejak sang anak dalam kandungan.  Mulai mengikuti survei ke sekolah-sekolah dan mendatangi pameran pendidikan.
  • Setelah menemukan pilihan favorit orang tua dan anak, lakukan riset kebutuhan biaya untuk tahun ini.  Kemudian memahami bahwa saat anak kita masuk sekolah tersebut nilainya sudah jauh lebih besar. 

Kalkulator finansial untuk menghitung kebutuhan pendidika si kecil yang bisa didownload di sini
  • Setelah menghitung kebutuhan saat anak kita masuk, periksa tabungan atau investasi yang sudah disipakan. Bila masih kecil, itulah saat yang tepat merevisi rencana dana pendidikan.
  • Periksa apakah keuangan keluarga sudah terlindungi. Menabung dan berinvestasi akan lebih mudah dijalankan oleh keluarga yang masih produktif mendapatkan penghasilan.  Pahami bahwa resiko kematian di usia produktif mungkin saja terjadi, oleh sebab itu perlindungan asuransi jiwa memang diperlukan.

CITA-CITA SI KECIL

Maghfira bungsuku kini berusia 8 tahun 9 bulan, sudah duduk di kelas empat SD, cita-citanya masih beruba-ubah.  Tetapi yang sering disebutnya adalah menjadi dokter hewan dan penulis seperti kedua kakaknya.  Dokter hewan ? Wah cita-cita yang sungguh mulia, tetapi itu membutuhkan biaya yang sangat besar.


Sebagai seorang ibu saya terkadang dibuat was-was juga dengan masa depan pendidikannya, Sepertinya saya terlambat memulai merencanakan masa depannya dengan terencana.  Sebagai orang tua apa pun cita-cita si kecil selama itu baik dan mulia harus selalu  kita dukung.  Dan untuk mempersiapkannya tidak ada kata terlambat bukan ?  Segala sesuatu yang terencana itu jauh lebih baik dari yang tidak direncanakan, bisa ada waktu untuk mengantisipasi segala sesuatu yang mungkin terjadi.

Program Bekal Masa Depan Chil-Go!

Tetapi tak perlu khawatir ternyata, salah satu teman keluarga yang memahami kebutuhan dana pendidikan anak kita yaitu  Morinaga telah memfasilitasi kita para orang tua dengan program kerennya yaitu Program Bekal Masa Depan-Chil-Go! untuk dapat memenuhi kebutuhan dana pendidikan itu.



Bekal Masa Depan Chil-Go! adalah salah satu langkah Morinaga dalam mendukung gerakan #SiapCerdaskanBangsa.  Gerakan ini diperuntukkan kepada para orang tua untuk berbagi ide kreatif dan simulasi dalam mengembangkan multiple intelegence atau biasa kita kenal dengan kecerdasan majemuk si kecil sehingga menjadi Generasi Platinum yang multitalenta.  Akan dipilih 9 orang pemenang hadiah utama serta 3035 orang pemenang hadiah hiburan selama periode program ini berlangsung.  Wow..kesempatan untuk menjadi pemenang cukup besar ya ?

Bekal Masa Depan Chil-Go! ini berhadiah utama keren membantu dana pendidikan si kecil melalui Dana Asuransi senilai 3 Milyah rupiah yang terbagi dalam tiga katagori di setiap periodenya yaitu :

Platinum    : Asuransi Pendidikan senilai Rp 500.000.000,00  (lima ratus juta rupiah)*
Gold          : Asuransi Pendidikan senilai Rp 300.000.000,00 (tiga ratus juta rupiah)*
Silver        : Asuransi Pendidikan senilai Rp 200.000.000,00 (dua ratus juta rupiah)*

*berdasarkan perhitungan investasi hingga anak berusia 18 tahun
Tunggu apa lagi... ? Yuk kita ikutan, mudah-mudahan beruntung, asyikkan kalau bisa memenangkan dana asuransi pendidikan, masa depan pendidikannya menjadi terjamin :) Saya sudah ikutan lho :) Ini dia permainan yang saya buat bersama si kecil :)



 Untuk informasi lebih lanjut  bisa dilihat  www.bekalmasadepan.com dan di media sosialnya yaitu :

FB : Morinaga Platinum
Twitter : @Morinagaid
Instagram :@MorinagaPlatinum

Yuk buruan jangan sampai kehilangan kesempatan yang berharga ini.

10 komentar :

  1. Kadang kita menghela nafas membayangkan biaya pendidikan anak yang terus naik dari tahun ke tahun. Kadang juga prihatin melihat kenyataan bahwa belum semua anak Indonesia bisa mengenyam pendidikan dengan baik. Katimpangan ini yang bisa menimbulkan rasa isi dan memicu terjadinya jurang pemisah. Tugas kita sebagai orang tua adalah menyiapkan dana pendidikan anak sedini mungkin agar hak mereka di bidang pendidikan terpenuhi.... Terimakasih sharingnya yang informatif mba...

    BalasHapus
  2. Memang merencanakan sesuatu itu bagus daripada tidak direncanakan :)

    BalasHapus
  3. penting banget untuk mempersiapkan tabungan pendidikan buah hati tercinta sejak dini yah Mba Ida :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba biar ga keteter bila saatnya tiba :)

      Hapus
  4. Betul sekali penting sekali merancanakan itu

    BalasHapus
  5. ide bowlingnya asyik nih bisa ditiru :)

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^