**/ Cerita Ida : Niche Blogging VS General Blogging Ala Myra Anastasia

blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

20 Sep 2016

Niche Blogging VS General Blogging Ala Myra Anastasia

niche blogging vs general blogging

Niche Blogging VS General Blogging Ala Myra Anastasia Myra Anatasia, namanya sudah tidak asing lagi di kalangan blogger.  Mahmud cantik, ibu dari dua anak yang kini sudah mulai beranjak besar.  Untuk blogger yang ingin belajar konsisten tidak salah kalau berguru pada sosok yang  biasa dipanggil dan menyebut dirinya Chi ini.  Bagaimana tidak sejak Bulan Desember 2007 Myra aktif menulis blog hingga saat ini.  Tak heran kalau sekarang Myra bisa memetik hasilnya.

Ketika membaca Niche Blogging vs General Blogging di blognya Myra ini saya langsung tertarik, karena memang hal ini yang membuat saya kagum dengan Myra ini, yaitu konsistensi.  Melihat Myra yang konsisten menulis tentang parenting di blog www.kekenaima.com yang kemudian melebarkan sayapnya dengan menulis tentang hobi keluarga mereka di www.jalanjalankenai.com. Kekonsistenan ini pula lah yang mengantarkannya pernah menjadi narsum tentang Niche Blog di #BPTalk.


Luar biasa, kata ini pantas saya sematkan pada sosok Myra ini, butuh kesabaran untuk bisa menjalaninya. Punya banyak blog menjadi pilihan Myra agar bisa menulis berbagai hal,  untuk menulis tentang hobi makan dan terkadang tentang masakan Myra menulis di blognya yang beralamat di http://dapurkenai.blogspot.co.id.  Ingin menulis tentang buku dan nonton Myra menulis di http://myraanastasia.wordpress.com menulis campur-campur juga konon Myra punya blog yang lain.

Jadi pengen ngaca kalau sudah melihat kekonsistenan Myra, karena bagi saya bukan hal yang mudah bisa memiliki banyak blog seperti Myra.  Sebetulnya sudah sejak awal pak suami menyarankan saya untuk membuat blog ber niche ria.  Saya memang suka banyak hal, parenting, menulis tentang agama Islam, motivasi, keuangan, kuliner, traveling dan tentu saja review produk serta job review lainnya karena di sinilah pundi-pundi mengalir... xixixi.

Tetapi untuk bisa konsisten seperti Myra ternyata bukan hal yang mudah, blog parenting saya sudah lama tak tersentuh.  Padahal anak saya kan lebih banyak dari Myra,  harusnya lebih banyak hal yang bisa saya tulis tentang parenting ini. Tetapi itulah, saya tidak memiliki rajin, fokus dan semangat seperti yang dimiliki Myra Anastasia ini.  Makanya saya salut dan menganggapnya luar biasa, karena saya tahu hal ini cukup sulit.

Sebetulnya mau niche blog atau general blog menurut Myra sih tidak masalah.  Memiliki niche blog hanya merupakan pilihannya saja karena menurut Myra tiap platform blog memiliki widget label untuk tiap tulisannya.  Memilih berniche blog bagi Myra karena ia merasa bisa lebih fokus saja.

Jadi kalau ada yang bertanya niche blogging vs general blogging lebih baik mana kepada Myra, ia akan menjawab kembalikan saja pada niat penulisnya, dimana nyamannya.  Nyaman dari segala hal tentu saja termasuk waktunya karena blog juga harus diurusin. Saya setuju pake bingits karena kalau tidak diurusin nanti nasibnya seperti blog saya yang tentang parenting itu atau kompasiana saya yang hanya diisi kalau ada event-event tertentu.

Meski ada yang bilang kalau niche blogging itu lebih mudah untuk personal branding tapi menurut Myra yang penting adalah bagaimana untuk bisa rutin menulis terlebih dahulu. Rutin dalam arti konsisten.  Katanya kalau sudah konsisten nanti akan tau sendiri mau pilih yang mana.  Pesannya jangan kebanyakan berpikir yang penting praktekin saja. Selain itu menurutnya konten yang bagus adalah hal yang harus diperhatikan paling tidak, ya tidak menyinggung SARA, tidak alay atau dengan kata-kata kasar dan tidak melulu mengharu biru.


Bagi yang penasaran dengan sosok Myra Anastasia, sosok blogger yang konsisten ini bisa lihat di sosmednya saja yaitu di :
Itulah Niche Blogging vs General Blogging ala Myra Anastasia, semua dikembalikan kepada tujuan
membuat blog dan kenyamanan dari berbagai sisi termasuk waktu, karena ini juga salah satu hal yang utama seseorang bisa konsisten di dalam ber niche blog. Yang jelas dengan berniche blog ini banyak berkah yang didapat Myra salah satunya adalah saat Keke diwawancarai Tabloid Nakita, padahal saat itu Myra baru setahun ngeblog.













17 komentar :

  1. Aku udah pernah nulis tentang Chi juga ttg blog parentingnya hehehe. Salut sama Chi yang rajin nulis. Enaknya kalau blog kita ber-niche, kita dianggap lebih "expert" dan apa yang kita tulis lebih dipercaya. Misal, untuk mencari review lipstik, biasanya kita mampir ke blog beauty blogger, bukan ke blog yang gado-gado alias general. Untuk mencari review restoran, biasanya kita mampir ke blog food blogger, bukan blog gado-gado. Enaknya blog gado-gado, peluang tidak terbatas. Kita bisa bahas apa aja. :)

    BalasHapus
  2. Wah blognya banyak ya. Saya setuju dengan yang mbak myra bilang, niche atau general lebih baik kembalikan pada penulisnya, tergantung nyamannya. Buat saya pribadi kalo maksa harus kudu nulis tentang parenting kalau nggak nguasai banget juga bikin kepala jadi pening sendiri. Hihihi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe...kalau saya lebih pada bagaimana menghilangkan moody ...ihiks

      Hapus
  3. aku juga masih meraba-raba mbak... mau dibawa kemana blog ku. sekarang pinginnya rutin nulis aja... itupun masih belum bisa... semoga kedepannya bisa lebih baik biar bisa meniru yang lebih senior

    BalasHapus
  4. Keren yah si Myra ini. Saya pingin jadi blogger konsisten juga ah..

    BalasHapus
  5. Mak Myra ini konsisten ngeblognya. Dari jaman saya pertama nyicipin ngeblog sampai sekarang telaten banget sementara saya nggak konsisten hi hi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah ini belajar konsisten tuh susah ya Mak :)

      Hapus
  6. Tulisan-tulisan Mbak Myra bagus, sering langganan juara :)

    BalasHapus
  7. Hai chi ... Kapan aku diajak camping ke tanakita hahaha #Ngarep

    BalasHapus
  8. terima kasih banyak untuk ulasannya, Mbak. Iya, mau apapun nichenya yang penting kita ngeblog aja :D

    BalasHapus
  9. Kalau aku terlalu banyak impian, ta ngeblog, ya nulis buku hihihi

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^