**/ Cerita Ida : Seputar DA dan PA

blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

29 Okt 2016

Seputar DA dan PA

DA dan PA

Akhir-akhir ini sedang ramai lagi tentang Seputar DA dan PA di medsos khususnya tentu saja di kalangan bloger yang memang berkaitan erat dengan masalah DA dan PA.  Saya juga sempat dibuat sedikit bingung dengan masalah DA dan PA ini, karena fluktuasinya yang gak jelas semau google xixixi.... Eh bener gak sih semau google?  Pasti tentang ini sempat pada kaget juga ya tiba-tiba naik eh sebulan kemudian sudah turun lagi, begitu naik lagi tidak setinggi dulu... jadi boleh dong berkesimpulan sekarep google itu mah hihi...

Sebetulnya gak perlu risau tentang DA dan PA ini karena memang rezeki tidak akan tertukar, tapi tetep aja pas turun ada yang ngeganjal..kok bisa? Perasaan BW tetep rajin tapi mengapa DA ku menurun drastis... Kalau begitu mari kita kupas lebih dalam tentang si DA dan si PA ini, biar gak terlalu bikin bingung deh.. Buat para mastah, jangan merasa diguruin ya ini hanya berbagi yang saya ketahui.


Apa Itu DA 

DA adalah singkatan dari Domain Authority  merupakan sebuah ukuran kekuatan nama domain kita dan merupakan salah satu faktor dari sekian banyak faktor peringkat di mesin pencari. Faktor yang mendasari besar kecilnya DA ini adalah Usia, Popularitas dan Ukuran.  Nilai dari DA didasarkan pada skala logaritmik dari angka 1 sampai dengan 100.  Makin tinggi nilai DA maka bagus lah blog, situs atau website.  Sebagai catatan saja untuk yang berdomain masih gratisan akan diukur berdasarkan DA induknya.  Misalnya yang berakhiran blogspot.co.id akan mempunyai nilai 90 karena yang dinilai adalah blogspotnya.

Baca juga: 11 Kesalahan SEO yang Sering Dilakukan Pemula

Faktor - faktor yang meningkatkan DA adalah

Usia Domain
Usia domain menjadi salah satu indikator kepercayaan karena terbukti bahwa situs tersebut memiliki umur yang panjang. Jika sebuah situs sudah bisa mempertahankan pendaftarannya secar konsisten, kemudian menghasilkan peningkatan kualitas lalu lintas ke domain dari hari ke hari maka mesin pencari menyimpulkan bahwa situs itu bisa jadi rujukan dan tepercaya.

Popularitas Domain
Popularitas sebuah domain diukur dari banyaknya link yang masuk atau yang kita kenal sebagai inbound link dari situs berkualitas yang memiliki domain, Inbound link ke domain adalah sebuah tanda bahwa sebuah situs memiliki informasi yang bagus dan berguna serta layak berbagi dan bisa dijadikan rujukan.

Jadi jelas kan bahwa membangun back link jadi penting kan untuk meningkatkan kualitas blog kita,  Membangun back link itu bagusnya secara jalur syar'i ya...xixixi...jadi jadilah bloger syar'i dengan membangun blog kita dengan cara WHITE HAT SEO.  Ya seperti yang biasa para bloger rajin lakukanlah BW, submit ke web directory, artikel pemasaran dan ke media sosial.

Ukuran Domain
Sebuah situs web yang lebih besar dengan konten yang memiliki kualitas yang bagus pada setiap halamannya akan memiliki inbound link dari situs yang lebih kecil.  Jadi jumlah halaman yang ada pada domain berhubungan dengan jumlah konten yang dapat menghasilkan inbound link.


Apa Itu PA

PA adalah singkatan dari Page Authority atau Otoritas halaman, menggambarkan probabilitas bahwa halaman tertentu pada situs kita akan ditemukan di mesin pencari.  Sama halnya dengan DA,  PA ini didasarkan pada skala logaritmik, yaitu dari angka 0 sampai 100.  Sebuah situs yang menunjukkan angka PA lebih besar lebih bagus dari PA yang lebih rendah.

Faktor-Faktor yang meningkatkan PA adalah

Konten yang Asli, 
Content is King memang benar ternyata, mesin pencari cenderung memberikan peringkat situs yang lebih bagus karena memiliki konten yang sering diperbaharui, baru, menarik, detail, relevan, bermanfaat dan tentu saja enak untuk dibaca.

Link ke Halaman Kita
Membuat link ke halaman kita dari situs lain adalah sebuah cara yang bagus untuk meningkatkan PA kita.  Bila dimanfaatkan dengan benar link ini akan meningkatkan trafik ke halaman kita.  Memiliki konten yang asli akan membuat situs kita menjadi rujukan situs yang lain.

Gambar
Mesin pencari tidak saja mencari teks ternyata, ia juga memiliki kemampuan mencari gambar atau grafik. Maka berilah gambar pada tulisan kita dengan menyertakan teks ALT deskriptif sehingga gambar kita dapat dicari si mesin pencari.

Cara Meningkatkan DA
Jadi jelas ya kalau DA itu merupakan salah satu parameter kualitas sebuah situs atau blog kita.  Sampai tahun 2013 ukuran kualitas sebuah situs dilihat dari Pageranknya, tetapi setelah itu Pagerank tidak update lagi.  Kalau Pagerank diupdate enam bulan sekali DA sebulan sekali, jadi dengan DA ini sebetulnya kita lebih diuntungkan karena proses evaluasi terhadap blog kita berlangsung lebih cepat sehingga kita bisa memperbaiki blog kita.

Nah jadi naik turun SEO yang sering membuat gaduh (((Gaduh))) xixixi di kalangan bloger itu sebulan sekali, ya dan saya perhatikan sepertinya terjadi di akhir bulan atau awal bulan.  Dua hari kemarin DA saya sudah update lagi ternyata, setelah terjun bebas kemarin, sekarang naik satu poin..hihi.. lumayan lah.

Ada beberapa cara untuk meningkatkan DA kita
  • Bangun kepercayaan  dengan cara membuat konten semenarik dan sebagus mungkin sehingga blog kita menjadi rujukan
  • Perhatikan bounce rate blog kita.  Karena Bounce Rate menunjukkan apakah pembaca hanya ingin melihat blog kita atau membaca blog kita.  Tentang ini baca di sini ya
  • Memperhatikan SEO Onpage blog kita, untuk masalah ini saya sudah pernah menulisnya di sini 
  • Membangun back link yang natural bukan cara menyepam atau mengelabui mesin pencari.  Ini bisa dilakukan dengan cara membuat konten yang bagus sehingga tulisan kita menjadi referensi atau kalau susah mah bewe aja lah..xixixi tinggalkan komen yang nyambung tentu saja.  Gunakan url ketika kita komen di blog orang lain.
Kalau untuk meningkatkan PA kita share lah postingan terbaru kita ke media sosial untuk memperkenalkan tulisan kita kemudian juga jangan membuat duplikasi konten karena ini akan membuat mesin pencari menolak meningkatkan PA kita.

Semoga tulisan Seputar DA dan PA ini bermanfaat bagi kita semua, kita? Ya karena saya pun terkadang baru sebatas teori, dengan menuliskannya terkadang jadi pengingat untuk mempraktekannya.  Terima kasih.

25 komentar :

  1. Baru tahu klo bounce rate ngaruh ke point DA. Kirain hanya ngaruh ke alexa aja. Hehe. Kadang aku buka blogku tapi buat liat tampilannya aja. Atau pas ngecek alexa.

    BalasHapus
  2. Ini penjelasan nya lengkap banget.

    BalasHapus
  3. Terima kasih atas sharingnya. Saya udah lama ngeblog, tapi saya masih terhitung hijau dalam masalah SEO. Saya baru pake domain pribadi sebulan yg lalu, jadi masih belajar soal DA dan PA ini hehehe.

    Keep writing yaaaa

    BalasHapus
  4. Postingan yang harus saya cerna dengan baik dan benar nih, makasih ya sharingnya teh Ida

    BalasHapus
  5. Sampai sekarang masih meraba-raba Mbak tentang PA dan DA. Dulu pas pertama kali ngeblog bingung orang sering ngomongin ini. Apaaa toh iki. Hihi. Makasih Mbak sharingnya..

    BalasHapus
  6. Aku kadang binggung kenapa DA aku susah banget naiknya, mba Ida. Hiksss
    Makasih tipsnya mbaaa

    BalasHapus
  7. Terimakasih sharing nya mbak. Sangat bermanfaat sekali.
    Blog saya baru saja mendapat DA 3 dan PA 19. Sebelumnya DA 1 dan PA 1.
    Kok lompatan DA nya tidak sejauh PA nya ya mbak?

    BalasHapus
  8. DA blog saya tidak pernah terhitung karena pakai domain my.id. Sedangkan PA masih 1 gara-gara pindah blog yg sebelumnya sudah 30an :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Domain My.ID itu setahu saya bukan domain induk sama seperti dulu saya pernah pakai domain Web.ID tetep dapat nilai DA kok. CMIIW. :)

      Hapus
  9. Wow... Keren mbak...
    Sangat bermanfaat euiii

    BalasHapus
  10. Terima kasih penjelasannya....

    BalasHapus
  11. Penjelasannya sangat mudah dimengerti, saya jdi paham sekarang. Btw antara DA dan PA saya terpaut jauh sekali tinggian PAnya.

    BalasHapus
  12. wah asyek eng ilmunya makin kaya nih. nuhun ya teh Ida

    BalasHapus
  13. DA dan PA penting untuk diperhatikan. Tapi kadnag saya kangen dengan ngeblog kayak dulu. Yang gak banyak mikir segala ukuran hihihi

    BalasHapus
  14. samapi sekarang saya masih bingung sama PA, DA,PR dan teman-temannya. kayanya susah banget ya temenan sama mereka hihihi. thanks infonya mba Ida tahmidah.

    BalasHapus
  15. Saya kemarin baru ganti domain jadi .Com, jadi iyaa untuk soal DA dan PA mulai dari awal lagi. Heheh.

    BalasHapus
  16. Saya enjoy2 saja ngeblog,kalo emang sikon gak fit udah next time nulisnya tapi ttp smngat.Kalo Da Pa bisa luarbiasa, itu saya anggap bonus membahagiakanšŸ˜Š

    BalasHapus
  17. Nah ini dia artikel yg ku cari. Sebagai pemula masih belum nggeh. Bookmark dulu ah

    BalasHapus
  18. Setau saya semakin lama usia blog akan semakin mudah naikin DA nya.
    Share tentang google analystic mbak :)

    BalasHapus
  19. Syukurlah DA ku ada naik dikit sehabis terjun bebas hahaha. Alexa nih yang masih menggendut :D

    BalasHapus
  20. 3 bulan TLD lumayan DA-ku naik ke 12 koma sekian, targetku taun ini DA & PA bagus

    BalasHapus
  21. Penjelasannya santai & enak dibaca, jadi orang awam kayak aku yg ngga ngerti jadi lebih jelas. Nuhun teh ida :)

    BalasHapus
  22. Nice info mbak, lgsg dibook mark n dibagi ke komunitaa tmn2 yg sama2 lg bljr blogging.. ��

    BalasHapus
  23. Hmmm,,masih hrs byk belajar nich

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^