**/ Cerita Ida : Menanam Jagung di Kebun Jagung

blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

13 Des 2016

Menanam Jagung di Kebun Jagung


Menanam Jagung di Kebun Jagung  "Cangkul...cangkul ..cangkul yang dalam menanam jagung di kebun jagung..."  Celoteh si bungsu.  Tak ayal seluruh keluarga yang ada di dalam mobil pun tergelak.  Nyanyian cangkul cangkul yang dalam yang tanpa disengaja diplesetkan si bungsu itu terlontar begitu saja saat kami sedang berlibur dan melihat kebun jagung di sepanjang jalan yang kami lalui.

Jadi ingat kenangan masa kecil, makanan favorit waktu kecil ya jagung, kalau ga di urab yaitu dicampur kelapa dan berasa asin karena ditaburi garam, ya direbus saja.  Lain dulu lain sekarang, anak-anak di rumah sekarang senang jagung kalau sudah dibuat bubur jagung ditaburi keju dan diberi susu kental manis.  Kalau engga dibubur biasanya dibuat jagung manis tabur keju kemudian diberi susu kental manis.  Jarang banget nemu jagung yang diurab seperti waktu saya kecil, mau bikin juga malas rasanya hehe...
Berbicara tentang jagung ternyata potensi peluang usaha berbisnis jagung cukup besar lho, Usaha pertanian jagung yang menjanjikan menurut bkpm adalah untuk konsumsi pakan ternak. Perkembangan industri peternakan di Indonesia berpotensi meningkatkan kebutuhan akan jagung. Selain itu juga jagung kini mulai banyak dimanfaatkan sebagai bahan pangan bagi manusia.  Masyarakat sudah mulai melirik peran dan fungsi jagung sebagai bahan pengganti atau pelengkap pangan yang berbahan beras. Kebutuhan pipil jagung kering per tahun lebih dari 10 juta ton.

Sekarang dipasaran sudah banyak beredar produk pangan yang memiliki bahan dasar jagung seperti tepung jagung yang dikenal sebagai tepung maizena yang digunakan sebagai bahan pembuat produk olahan pangan atau pun untuk pembuatan kue.

Tentu saja, meningkatnya permintaan terhadap komoditas jagung ini otomatis akan meningkatkan potensi pasar dan harga  bahan pangan jagung ini.  Peluang usaha budidaya jagung pun semakin terbuka luas.  Selain dari biji jagung ternyata potensi bisnis bisa dikembangkan dengan memanfaatkan semua potensi yang ada dalam tanaman jagung, seperti misalnya daun dan batang tanaman yang bisa dimanfaatkan sebagai pakan hijauan untuk ternak sapi atau kerbau. Batang tanaman yang sudah tua paska panen bisa digunakan sebagai bahan pembuatan pupuk organik.

Selain itu juga pemanfaatan jagung sebagai bahan baku industri mengalami peningkatan yang cukup besar.  Selain tepung jagung produk industri lain berbahan dasar jagung adalah pati jagung, gula jagung, minyak jagung, dan sirup jagung.

Potensi berbisnis jagung yang cukup besar ini hendaknya dapat kita manfaatkan untuk memperluas usaha kita dengan berinvestasi di sektor ini.  Semoga tulisan tentang Menanam jagung di kebun jagung ini bermanfaat.


6 komentar :

  1. Jagung dibikin bubur, enaakkk...

    BalasHapus
  2. jd inget lg nih mbk
    menanam jagung di kebun kita, :)

    BalasHapus
  3. jagung di serut di kasih taburan keju dan mayonaise, beh enak bener.

    BalasHapus
  4. kalo saya sih demennya jagung bakar hehehe

    BalasHapus
  5. asyikkkk, bisa makan jagung rebus hangat-hangat di saat hujan sambil nyeruput teh hangat

    BalasHapus
  6. We also put our maize. because our kids love it, and they should receive all the best and fresh. without nitrates

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^