**/ Cerita Ida : Musim Sakit

blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

12 Des 2016

Musim Sakit



Musim Sakit  "Mi... tadi teman-teman di sekolah banyak yang ga masuk.." Mushab anak keempatku bercerita sepulang sekolah.

"Kenapa?' Tanyaku heran
"Banyak yang sakit, Mi.  Malah ada yang dirawat di rumah sakit segala.

Memang akhir-akhir ini saya sering mendengar banyak yang sakit.  Baru saja berbicara via telepon dengan adikku, kalau di musim UAS ini malah hampir setengah teman-teman sekelas anaknya ga masuk.  Alasannya tentu saja tidak lain karena sakit.  Mana mungkin lah di musim UAS ini ga masuk sekolah kalau bukan karena sakit.  Dan banyak diantara mereka terkena penyakit typus atau kalau tidak demam berdarah.  Duh...


Entahlah di musim penghujan ini kok banyak kutemui orang sakit ya.  Di lingkungan rumah pun sudah mulai ada yang terkena gejala sakit tenggorokan.  Saya sendiri sudah mulai bersin-bersin.  Tenggorokan sudah mulai sakit.  Duh jangan-jangan mau kena radang tenggorokan, gejala radang tenggorokan kan sakit kepala, pilek, ngilu pada otot-otot, deman dan yang paling jelas sih sulit menelan ya.

Saya sudah mulai pilek serta kepala pusing, tenggorokan sudah mulai sakit tapi belum begitu terasa.  Harus buru-buru di doping dengan  vitamin nih, biasanya perbanyak minum, banyak istirahat minum madu dan makan-makanan bergizi suka cepat pergi tuh penyakit,  Maklum ya faktor U juga sepertinya sudah mulai banyak berperan, jadi gampang terkena penyakit.

O ya buat teman-teman yang terkena gejala radang tenggorokan, ini ada tips untuk segera menghilangkannya.  Apa saja tips itu mari kita simak yuk  :)

Hindari makan dan minum yang panas-panas karena akan menimbulkan iritasi pada tenggorokan
Banyak minum air dingin atau hangat.
Makan-makanan dingin yang lembut
Hindari merokok atau jangan berada di lingkungan yang berasap.  Konon menjadi perokok pasif itu lebih berbahaya katanya.
Bila sudah terasa sakit di dalam tenggorokan seringlah berkumur dengan obat kumur atau air asin.  (Hal ini berguna untuk mengurangi pembengkakan)
Bila tubuh kita sudah mulai deman, konsumsilah cairan yang cukup
Perbanyak makanan yang lembut, banyak mengandung vitam B6, Vitamin C dan kalium.

Mudah-mudahan dengan melakukan semua hal di atas gejala radang tenggorokan segera menghilang tak berbekas.  Karena kalau sudah sakit radang tenggorokan tentu saja ga enak karena kita sulit mengkonsumsi apa pun termasuk hanya untuk minum, apa pun yang melewati tenggorokan akan terasa sakit saat menelannya.

Dan yang terutama sih tentu saja mencegah ya karena mencegah lebih baik daripada mengobati.  Mencegah berbagai penyakit dengan pola hidup sehat dan bersih tentu saja.  Semoga tulisan tentang Musim Sakit ini bermanfaat ya man teman. 

13 komentar :

  1. sama sakit perut anak saya mah, kalau lagi kumat tega2an gak ngasih uang jajan tapi bekel dari rumah

    BalasHapus
  2. Kita mmg bisa mencegah diri sendiri utk tdk merokok. Tp kita tdk bs melarang orang2 di sekitar utk tdk merokok. Kadang kita mau menghindar begitu saja rasanya tdk enak. Hiks...padahal itu kan hak kita utk menjaga kesehatan sendiri yak.....

    BalasHapus
  3. iya mba, musim seperti ini membuat imun anak2 melemah, harus lebih ekstra menjaga kesehatan

    BalasHapus
  4. Cuaca skrg lg ekstrim bgt ya mba. Kdg panas banget, kdg hujan banget. Klo aku suka dibekali sama eo anti bakteri jg. Plus madu biar ga gampang sakit. Smg semua sehat2 aja yaaa

    BalasHapus
  5. Betul banget. Aku beberapa hari belakangan ini suka nggak enak badan. Badan panas. Tenggorokkan gaenak. Akhirnya, memaksakan diri buat kuliah. Sayang ilmunya kalau nggak masuk. Untungnya aku masih kuat, masih bisa dengarin penjelasan dari dosen. Hehehe

    BalasHapus
  6. Kalau musim sakit, kesehatan harus diajaga ya mba :)

    BalasHapus
  7. Cuaca sekarang emang menakutkan. makasih teh Ida tips nya

    BalasHapus
  8. 1 lagi teh, minum air selasih, insya Allah cepet juga nyembuhin radang tenggorokkan ;)

    BalasHapus
  9. Cuaca emang gak jelas, anak2 jg bbrp kali batpil, moga aja gak sakit2 lg aamiin

    BalasHapus
  10. cuaca yang lagi ga menentu jadi bikin badan gampang banget kena penyakit. di rumahku malah sakitnya ganti-gantian. hampir semua ikut sakit. jadi harus pinter-pinter jaga kondisi tubuh sih ya mba kalau sudah begini.

    BalasHapus
  11. apalagi anak-anak ya mbak, mudah tertular, mesti dicegah biar tetap fit

    salam,
    kesya

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^