**/ Cerita Ida : 5 Persiapan Penting sebelum Traveling

blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

13 Mar 2017

5 Persiapan Penting sebelum Traveling



Dari kemarin - kemarin  ingin menulis tentang sesuatu yang  berbau traveling terus deh..hihi.. Kenapa ya? Mungkin saya benar-benar butuh piknik, padahal selama tahun 2017 ini sudah lebih dari tiga kali saya menikmati jalan-jalan asyik... Kok over ya..?  Duh bener-bener kurang bersyukur ini mah.. *astagfirullahal'adzim.  Ayo..lihat ke yang di bawah jangan melulu lihat ke atas, sambil melirik iri ke kru Blogger Perempuan yang baru saja pulang jalan-jalan dari Korea..hahaha. *canda


Bercerita tentang traveling jadi ingat beberapa bulan yang lalu pernah mengikuti sebuah acara yang mengupas tuntas tentang persiapan traveling. Jadi keingetan dengan tips-tipsnya, ok deh saya tulis lagi aja ya di sini supaya tidak lupa, barangkali ada teman-teman yang membutuhkannya juga.

Semua orang tahu lah ya... kalau refresing itu penting dan traveling merupakan salah satu cara kita agar bisa refresing.  Tapi, ada tapinya lho, traveling itu harus direncanakan dengan sebaik-baiknya, Tanpa perencanaan yang baik terkadang pulang traveling malah pusing tujuh keliling karena keruwetan pasca traveling.

Apa saja sih yang harus kita persiapkan kalau hendak melakukan traveling ?  Berikut ini ada beberapa persiapan penting yang harus kita perhatikan... yuk ah kita simak :)


Menetapkan Tujuan Traveling

Menetapkan tujuan traveling penting karena dari tujuan ini kita bisa menentukan destinasi yang kita tuju.  Kalau hanya sekedar refresing saja kita bisa menentukan tempat-tempat yang menyenangkan yang kita inginkan.  Lain lagi kalau tujuan traveling dengan target-target tertentu misalnya ingin menambah wawasan budaya suatu daerah.  Tentu saja destinasinya disesuaikan dengan target yang kita inginkan.

Menetapkan Waktu

Dengan menetapkan waktu kita bisa melakukan persiapan yang jauh lebih baik tentu saja.  Penetapan waktu ini bisa berdasarkan kondisi eksternal misalnya mengambil waktu perjalanan saat bukan waktu liburan hingga kita bisa lebih menikmati karena destinasi yang kita tuju tidak terlalu ramai.  Atau bisa saja berdasarkan waktu luang yang kita miliki, mengenai waktu ini kita tentu lebih tau mana yang terbaik dan cocok buat kita.

Dengan menetapkan waktu liburan juga kita bisa menekan badget lho, karena memesan tiket jauh sebelum keberangkatan harganya biasanya lebih murah.  Ada pula waktu-waktu tertentu dimana harga tiket mendapat diskon yang lumayan besar.

Menetapkan Anggaran


Tentu saja kita harus memiliki anggaran khusus untuk acara traveling kita,  jangan sampai uang untuk traveling dari  pinjaman misalnya.  Traveling dari uang pinjaman  akan jauh terasa  lebih mahal, apalagi kalau pinjamnya berbunga.  Bersabar sedikit dengan menabung terlebih dahulu itu lebih baik. Traveling dari uang tabungan akan jauh lebih menyenangkan dan terhindar dari keributan-keributan setelah traveling karena harus membayar tagihan hutang bekas traveling.

Ada beberapa pos penting yang harus kita persiapkan saat akan melakukan perjalanan yaitu transportasi, penginapan, makanan, biaya rekreasi, oleh-oleh dan juga biaya tak terduga lainnya harus dipersiapkan sebesar kurang lebih 10% dari total biaya.  Biasanya biaya tak terduga itu untuk sesuatu yang tidak terprediksi sebelumnya, seperti sakit, hotel penuh hingga lebih mahal, nyasar dan lain sebagainya.


Untuk perjalanan ke luar negeri jangan lupa hitung juga biaya paspor dan visa, asuransi, telepon dan internet.  Untuk asuransi kita juga harus bandingkan asuransi perjalanan terbaik sehingga asuransi kita pakai bisa memuaskan kita.  Pilihlah asuransi yang sudah memiliki goodwill yang baik serta mengcover apa yang kita inginkan.  Misalnya meliputi kerusakan atau kehilangan di bagasi, santunan kecelakaan diri, perlindungan dari ketidaknyamanan di perjalanan, biaya pengobatan/medis, penggantian kerugian karena delay, atau bahkan mendapat manfaat perlindungan rumah dari asuransi perjalanan yang kita miliki.

Memberdayakan Liburan

Memberdayakan liburan termasuk hal yang harus kita masukan pada persiapan melakukan traveing kalau sebelumnya kita memang memiliki niatan untuk meliput acara liburan kita ini.  Kita bisa membuat reportase perjalanan kita dan mengirimnya ke berbagai media.

Untuk itu selama dalam perjalanan kita harus mempersiapkan bahan-bahan untuk tulisan kita.  Termasuk di dalamnya foto-foto dengan kualitas terbaik harus kita upayakan untuk mendukung tulisan kita.  Karenanya jangan sampai lupa membawa kamera yang mendukung perjalanan kita, gadget, charger dan perangkat lainnya yang kira - kira kita perlukan selama dalam perjalanan.

Tuntaskan PR atau Pekerjaan Kantor

Traveling akan jauh lebih menyenangkan saat kita tidak mempunyai beban pekerjaan yang kita tunda.  Untuk itu agar selama di perjalanan tidak terganggu urusan ini, sebelum melakukan perjalanan kita harus sudah menuntaskan urusan kantor atau pr yang harus kita selesaikan.

Demikianlah tulisan  5  Persiapan Penting Sebelum Traveling semoga tulisan ini bermanfaat ya man teman, Jika teman-teman mempunyai persiapan penting lainnya, yuk share di kolom komentar...  :D

5 komentar :

  1. Bener yang terakhir, tuntaskan dulu semua pendingan gawean. Biar nyaman travelingnya. Pernah lho pergi2 masih nyimpen kerjaan. Eh malah bikin jalan2nya nggak nyaman dan kepikiran Mbak. Jadi sekarang kuusahain semua gawean beres dulu

    BalasHapus
  2. Mencocokan waktu itu yang masih menjadi kendala.. ehh.. sama anggaran juga sich.

    BalasHapus
  3. Kalau saya hampir nggak bisa ninggalin gawean mba, jadi walaupun liburan juga pasti sambil kerja :), nice sharing mba :)

    BalasHapus
  4. Persiapan terakhir itu yang selalu jadi fokus utama saia sebelum mengajukan cuti untuk liburan, krusial banget soalnya :D

    BalasHapus
  5. Bermanfaat bgt tips2nya mbak Ida. Tks ya :)

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^