**/ Cerita Ida : Tips Merawat AC di Rumah dengan Mudah

blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

1 Mar 2017

Tips Merawat AC di Rumah dengan Mudah



Di daerah-daerah yang udaranya cukup panas penggunaan AC saat ini merupakan hal yang umum, meski begitu benda elektronik yang satu ini memerlukan perawatan spesial agar tetap awet dan bertahan lama. Biaya perawatan AC cukup mahal, namun kita juga dapat melakukan perawatan AC di rumah sendiri yang tentunya akan menghemat biaya pengeluaran.

  • Lakukan pengecekan filter udara pada unit indoor
Karena AC berfungsi sebagai penyedia udara yang sehat untuk pernafasan, tentunya AC yang ada di setiap rumah dibekali dengan filter. Fungsinya sendiri untuk menjaga agar sirip-sirip coil yang ada pada unit indoor tidak cepat kotor, serta udara yang dihembuskan dari indoor terbebas dari debu. Oleh karenanya, kita harus rutin melakukan pengecekan apakah filter udara ini masih berfungsi dengan baik.


  • Mengecek tekanan refrigran dan juga pada bagian arus kompresor
Jika tekanan yang dihasilkan berkurang, hal ini mengindikasikan bahwa telah terjadi kebocoran. Cara melakukan perawatan AC rumah untuk masalah yang satu ini, Kita harus memeriksa dengan teliti dimana letak kebocoran tersebut. Arus kompresor yang over, hal ini menunjukan ada kemungkinan terjadinya refrigan yang over charge.

  • Cuci bersih bagian sirip-sirip coil evaporator dan kondesor
Jika kapasitas pendinginan menurun, maka dapat dipastikan bahwa sirip-sirip coil menumpuk debu atau kerak. Lakukan perawatan AC di rumah dengan membersihkan bagian sirip-sirip coil agar proses pendinginan kembali normal.

  • Lakukan pemeriksaan unit udara bagian indoor
Bearing dan as motor fan blower yang kering pada AC kadang dapat menimbulkan suara noise alias bising, Kita dapat memberikan minyak pelumas sebagai solusinya. Kecepatan dari fan blower juga mempengaruhi kapasitas dari pendinginan, jadi periksalah bearing pada AC


  • Cek bagian saluran pembuangan air dan leveling pada unit indoor
Hal ini harus kita lakukan karena terkadang terjadi kebocoran di saluran pembuangan air, cek bagian ini dengan mengisi air pada tatakan panadah air pada bagian unit indoor. Cek juga dudukan indoor, apakah dudukan kendor atau miring.

  • Cek bagian outdoor
Bagian yang harus dicek seperti bagian baling-baling (apakah berputar dengan lancar), konektor-konetor kabel listrik, dudukan unit, dan bagian lainnya.

  • Bersihkan lingkungan sekitar unit outdoor
Agar sirkulasi pembuangan panas outdoor tetap terjaga, lingkungan yang ada di sekitar unit outdoor juga harus terjaga. Bersihkan daun, atau ranting-ranting pohon di sekitarnya yang dapat menghambat sirkulasi udara.

Melakukan perawatan AC rumah adalah hal yang mudah bukan? Lakukan pekerjaan ini dengan niat yang benar agar hasilnya maksimal.  Itulah Tips Merawat AC di Rumah dengan Mudah, semoga bermanfaat ya teman-teman.

3 komentar :

  1. sangat membantu banget nih tips2nya... terima kasih infonya...

    BalasHapus
  2. Untung gada ac di rumahku Mbak. Lumayan ribet ya ngebersihinnya. Tapi biar awet juga memang harus rajin bersihin ya Mbak

    BalasHapus
  3. tipsnya luar biasa, sanggat membantu mba.
    nanti juga lo paham

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^