**/ Cerita Ida : Desa Sade, Pilihan Destinasi Ramah Keluarga di Lombok

blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

9 Apr 2017

Desa Sade, Pilihan Destinasi Ramah Keluarga di Lombok

Desa Sade, Pilihan Destinasi Ramah Keluarga di Lombok  Pulau Lombok menawarkan tempat wisata yang komplet. Tidak heran kalau banyak yang menyebut keindahan pulau ini tidak kalah jika dibandingkan dengan Pulau Bali. Beragam lokasi wisata bisa dikunjungi. Mulai dari wisata romantis, wisata edukasi, wisata petualangan, hingga wisata keluarga.
Image result for desa sade
(sumber : wisatalombokaja.blogspot.com)
Bagi seorang ayah yang ingin mengajak si kecil liburan, ada satu tempat di Lombok yang dapat dipilih. Tempat tersebut adalah Desa Sade yang merupakan domisili suku Sasak yang merupakan suku asli Lombok.  Di sini kita pun berkesempatan mengajak si kecil mengenali budaya suku Sasak yang hingga kini dipertahankan oleh penduduk Desa Sade.

Cara Menuju Desa Sade

Desa Sade sejatinya merupakan sebuah dusun yang menjadi bagian dari wilayah Desa Rembitan, di Kabupaten Lombok Tengah. Lokasinya berjarak sekitar 30 km dari Kota Mataram. Tidak terlalu sulit menemukan desa ini, karena posisinya berada di pinggir Jalan Raya Praya-Kuta.
Karena jenis liburan yang dilakukan adalah liburan keluarga, kita harus memperhatikan masalah kenyamanan, terutama untuk si kecil. Apalagi kenyamanan saat berada di kendaraan. Oleh karena itu, untuk sarana transportasi menuju ke Desa Sade, ada baiknya mempertimbangkan untuk menyewa kendaraan.

Wisata Edukasi Suku Sasak di Desa Sade

Memasuki area Desa Sade, kita tidak akan dikenakan tiket masuk, alias gratis. Setiap rombongan pun akan dibarengi dengan seorang pemandu yang siap memberikan berbagai jenis informasi. Termasuk di antaranya adalah informasi terkait budaya suku Sasak.
Satu hal yang cukup mencolok dari Desa Sade ini adalah pada bagian bangunan. Di sini, kita akan menemukan bangunan tradisional yang terbuat dari kayu dengan dinding dari anyaman bambu. Terdapat dua jenis bangunan tradisional di Desa Sade, yakni bale tani dan lumbung. Kedua bangunan ini memiliki fungsi berbeda. Bale tani merupakan bangunan yang dipakai sebagai tempat tinggal. Sementara itu, lumbung menjadi tempat untuk menampung hasil sawah.
Ada hal unik yang bisa kita jumpai ketika menengok bagian dalam rumah orang-orang suku Sasak di Desa Sade. Hal unik tersebut adalah cara mereka dalam membersihkan rumah. Alih-alih menggunakan cairan pembersih, mereka memilih untuk memakai kotoran kerbau. Hal ini pun dilakukan tiga hari sekali, bertujuan untuk menghilangkan nyamuk.
Selama berada di Desa Sade, kita juga berkesempatan untuk mengajak si kecil mencoba berbagai aktivitas. Termasuk melihat proses pembuatan kain songket yang merupakan kain tenun khas suku Sasak.

Hotel Murah di Desa Sade Lombok

Setelah lelah berkeliling Desa Sade, kita bisa beristirahat di penginapan. Tidak terlalu sulit untuk menjumpai hotel yang ada di sekitar Desa Sade. Kita pun bisa memanfaatkan layanan pemesanan hotel yang disediakan oleh Airy Rooms – jaringan hotel terbesar di tanah air.
http://res.cloudinary.com/airyrooms/image/upload/s--u6TcU85j--/h_441,q_80,w_705/sr4oxamswkiurzlxabrw.jpg
Di sini, Anda akan bisa menemukan beragam hotel murah yang ramah dengan isi kantong. Termasuk di antaranya adalah hotel murah di Lombok. Cara pemesanan hotel pun bisa dilakukan dengan gampang. Kita bisa mengunduh aplikasinya yang tersedia untuk perangkat Android ataupun iPhone. Kalau sudah memperoleh pilihan hotel yang sesuai, pembayaran bisa dilakukan via transfer bank atau kartu kredit.
Hotel-hotel yang disediakan oleh layanan pemesanan online ini juga memberikan jaminan kenyamanan. Setiap kamar dipastikan memiliki tujuh fasilitas pokok, yakni pendingin AC, air minum serta akses internet WiFi gratis, kasur bersih, kamar mandi dengan air panas beserta perlengkapannya serta TV layar datar.
Liburan keluarga pun bakal bisa dilakukan dengan cara yang menyenangkan dan edukatif ketika berkunjung ke Desa Sade. Anak pun akan bisa belajar mencintai budaya dalam negeri. Hal ini pun menjadi bekal pengetahuan yang penting untuk masa depan mereka. Setuju?  Semoga tulisan Desa Sade, Pilihan Destinasi Ramah keluarga di Lombok ini bisa menjadi referensi bagi teman-teman semua.

14 komentar :

  1. Penasaran tentang Lombok, belum pernah ke sini. ^_^

    BalasHapus
  2. Kayaknya harus dikunjungi nih Desa Sade selain Gili Trawangan sama Rinjani. Makasih infonya ya, teh. Insya Allah tahun depan aku pengin main ke Lombok. :D

    BalasHapus
  3. punya cita-cita ke lombok. sempet ikut lomba hadiahnya jalan-jalan ke lombok tapi gagal juara :(

    wah jadi nilai plus ni, masuk ke desa sade gratis. bisa ngirit ongkos ^^

    BalasHapus
  4. akhir2 ini sering banget liat artikel dan publish-an ttg sade. entah blogger, selebgram, huhu jadi makin pengen ke sanaaa

    BalasHapus
  5. Kepingin juga ke Lombok, semoga ada jalan bisa sampai sana.

    BalasHapus
  6. Kalau udah bilang masalah lombok jadi pengen kesana deh, penasaran aja sama pemandangan dan destinasi wisata disana :)

    Sedikit tahu baca ini tentang desa Sasak. Kebetulan ada teman dekat yanga salnya dari Lombok :)

    BalasHapus
  7. saya kapan bisa menginjakkan kaki ke lombok yaa? semoga suatu saat nanti saya bisa ke sana, aamin

    BalasHapus
  8. Ke lombok untuk tujuan wisata edukasi memamg sebaiknya ke Desa Sade ya. Aku dan partner-ku belum pernah nih. Semoga bisa segera ke sana kapan kapan ya. Aamiin.

    BalasHapus
  9. Dari dulu pengen banget ke lombok tapi belum kesampean terus. Sip tempat ini bolehlah jadi list ketika di lombok kedepannya.

    BalasHapus
  10. iya mbak, sering denger popularitas desa ini. Kapan ya, bisa lihat atau berkunjung langsung? *nabung dulu

    BalasHapus
  11. huhuh pingin banget ke Lombok tapi masih belum kesampaian. Semoga kedepannya bisa kesana bareng keluarga dan teman.

    BalasHapus
  12. Kalau ke Lombok sepertinya wajib berkunjung ke desa Sade :)

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^