**/ Cerita Ida : 11 Tips Agar Sukses di Bulan Ramadhan

blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

26 Mei 2017

11 Tips Agar Sukses di Bulan Ramadhan


11 Tips Agar Sukses di Bulan Ramadhan  Bersyukur sekali kalau masih diberi kesempatan berjumpa dengan Ramadhan kali ini, meski persiapan kurang begitu optimal. Kalau ingat persiapan para sahabat Rasulullah SAW jadi malu, mereka mempersiapkan diri selama enam bulan sebelum Ramadhan dan selama enam bulan setelah Ramadhan mereka menikmati hasil men charge diri selama bulan Ramadhan sebelumnya.  Jadi selama setahun penuh mereka selalu berada dalam kebaikan jauh dari dosa dan perbuatan sia-sia...

Persiapan yang dilakukan oleh para sahabat meliputi persiapan Maaliyah, Fikriyyah, Jasadiah dan Rukhiyah atau bahasa lainnya, harta, keilmuan, fisik dan ruhiyah.  Kalau kita selama ini kurang mempersiapkan diri, seperti misalnya nih, kok jelang ramadhan malah fisik ngga fit, terkena flu, ada yang harus kita lakukan segera.  Sayangkan kalau Ramadhan ini tidak kita optimalkan, bulan bertabur diskon dari Allah SWT harus kita buru agar kita meraih banyak pahala di bulan ini.

Lalu apa dong yang harus kita lakukan agar Ramadhan ini kita bisa sukses?  Berikut 11 Tips Agar di Sukses Ramadhan :


 1.  Banyak Beristigfar /  Taubatan Nasuha
Beristigfar kepada Allah, akan membuat kita selalu ingat kepada Allah, ingat kepada dosa-dosa kita.  Selain dari itu dibeberapa hadist disebutkan bahwa beristigfar akan memperlancar rezeki kita.  Seorang ustadz yang kini dikenal memiliki kekayaan yang berlimpah memberikan tipsnya bahwa ia menbiasakan lebih dari 2000 kali istigfar dalam seharinya. \Tentu saja niat kita hanya semata-mata ingin membersihkan diri dari dosa, adapun kelancaran rezeki adalah bonus yang Allah janjikan.

2.  Banyak Berdo'a
Berdo'a memohon kepada Allah agar bisa melalui bulan ini dengan sebaik-baiknya, bisa menggunakannya dengan maksimal yang kita mampu.  Apalah kita manusia ini tanpa bantuan Allah yang maha kuasa.

3.  Memperbaiki Amalan Sehari-Hari
Dalam sehari semalam kita diwajibkan untuk sholat yang lima waktu, selain itu ada pula sunnah - sunnah rowatib yang menempurnakannya. Perbaiki itu dengan meningkatkan kualitasnya. Memahami bacaan2 sholat kita agar kita bisa lebih khusyu di dalam sholat kita.

4.  Birul Walidain /Berbakti Kepada Orangtua
Di bulan ini marilah kita tingkatkan bakti kita kepada ibu bapak kita. Ada hadist yang mengatakan bahwa keridlaan Allah tergantung pada ridlanya ibu bapak kepada kita.  Tentu saja ketaatan  yang tidak bertentangan dengan perintah Allah SWT.  Minta maaflah pada keduanya, banyak-banyak mendo'akannya, kirimlah hadiah yang ia sukai kalau kita mampu.

5. Memperbanyak Membaca Al Qur'an
Bulan ramdhan juga adalah syahrul qur'an, bulannya al qur'an.  Bulan dimana al qur'an diturunkan, mari tingkatkan dan perbanyak interaksi kita dengan al qur'an.  Tidak hanya membacanya tapi mentadaburinya juga.

6. Menjauhkan Diri dari Perbuatan Sia-Sia


sumber:pulsk.com
Mulut, mata, tangan, kaki telinga hati semua akan ada pertanggungjawabannya.  Mari kita gunakan untuk suatu hal yang berguna, kurangi atau jauhi mata dari hal-hal yang tidak baik, nonton hiburan dan tidak ada manfaatnya kita kurangi atau bahkan kita hilangkan. Jangan biarkan mulut kita membicarakan hal yang buruk termasuk gibah membicarakan orang lain. Bersihkan hati dari iri dengki.

7. Banyak menghadiri majelis ilmu, majelis taklim atau majelis dzikir

8. Memperbanyak aktivitas sosial, shodaqoh, zakat, dan memberi makan orang yang berbuka puasa

9. Tidak berlebihan dalam mempersiapkan hari Raya, seperti membuat kue yang menghabiskan waktu, belanja yang berlebihan.

10. Itikaf di Sepuluh Hari Terakhir.
Sepuluh hari terakhir di bulan ramadhan telah Allah janjikan akan turun malam lailatul qadar, malam yang lebih baik dari seribu bulan,  mari kita jemput dengan amalan terbaik kita agar kita bisa mendapatkannya.

11.  Iringi syaum ramadhan kita dengan syaum enam hari di bulan syawal.


Bukan rahasia lagi kalau jelang hari raya banyak hal yang harus kita persiapkan, meski persiapan yang lebih bersifat dunia tapi tetap saja ini yang sering kita lakukan.  Sebaiknya sih persiapan dilakukan di luar bulan Ramadhan ya..agar Ramadhan kita sukses, tapi kalau sudah terlanjur sebaiknya kita buat saja persiapan itu lebih efektif dan efesien.

Seperti untuk belanja persiapan lebaran misalnya, mau tidak mau, suka tidak suka, selalu saja ada yang harus dibeli baik itu untuk diri, keluarga atau hadiah sanak saudara.  Di zaman canggih ini belanja kita buat seefesien dan seefektif mungkin dengan belanja online hingga kita tidak perlu ke luar rumah, berlelah-lelah dan berpanas-panas serta bermacet ria.  Menghemat waktu, tenaga, dan dosa melihat - lihat sesuatu yang tidak pantas kita lihat di luar sana.

Dan tentu saja belanja online bisa menghemat biaya juga kaena banyak sekali promo diskonnya. Kita bisa saja lho misalnya  belanja di baju lebaran 2017 yup di Zalora, banyak pakaian yang keren yang sesuai dengan kita inginkan di sana.  Banyak promo diskon juga di sana, jadi kita bisa lebih berhemat, hingga budget kita untuk berinfak bisa diperbanyak tentunya.

Semoga Ramadhan kali ini bisa kita lalui dengan baik ya teman-teman, hingga kita bisa meraih keutamaan bulan Ramadhan ini dengan optimal.  Gelar takwa bisa kita raih hingga kita bisa suci kembali di hari yang fitri nanti, bermetamorfosa menjadi pribadi yang lebih baik lagi.  Aamiin Allohumma Aamiin :)  Semoga tulisan 11 Tips Agar Sukses di Bulan Ramadhan ini bermanfaat ya :)



18 komentar :

  1. Terima kasih bunda postingannya mengingatkanku lagi. Terkadang kita terlalu disibukkan dengan urusan duniawi jadi suka lula ngecharge hati n iman kita. Astagfirullohhh bener ya kita harus banyak istigfar

    BalasHapus
  2. ahhh makasih tips-nya mba Ida.., makin siap nih menyambut Ramadhan...

    BalasHapus
  3. Iya kayanya saya jg mau belanja online aja utk lebaran ini

    BalasHapus
  4. Asyek nih dapat ilmu baru. Mudah2n Ramadhan kali ini bisa lebih baik dari tahun lalu.
    By the way, tips terakhir manjur bangets tuh. Ke Zalora ah

    BalasHapus
  5. Nice tips semoga kita dipermudah dalam ibadah selama ramadhan ini meskipun saya masih nifas enggak bisa ikut puasa tahun ini

    BalasHapus
  6. belim pernah i'tikaf di sepuluh hari terakhir....

    BalasHapus
  7. i'tikaf 10 malam terakhir, semoga ramadhan tahun ini suamiku bisa. Aku mah udah mudik

    BalasHapus
  8. Waah reminder banget ini. Makasih sharingnya teh Ida :*

    BalasHapus
  9. MasyaAllah ini berasa jadi pengingat banget. Jazzakillah, teh Ida.

    BalasHapus
  10. tanda kalau kita udah sukses atau belum, gimana teh?

    BalasHapus
  11. Iya, penting banget persiapan ini.
    Termasuk rencana selama bulan Ramadhan beserta target.

    Masa hidup melulu yang perlu target....ibadah harus jauh lebih tinggi targetnya.

    Alhamdulillah,
    tahun ini bisa membersamai anak-anak mengenalkan ibadah shaum Ramadhan.

    BalasHapus
  12. Wahh renungan buat saya pribadi nihh bund :D Makasih udah di ingetin

    BalasHapus
  13. Makasih teh sudah diingatkan yaa :)

    BalasHapus
  14. alhamdulillah sebagian besar sudah di lakukan, cuma i'tikaf belom.., soalnya belom waktunya haha..

    BalasHapus
  15. aduhh baca al qur'an nggak sempat-sempat, selalu aja ada halangannya.. semoga untuk hari berikutnya bisa deh.., makasih infonya..

    BalasHapus
  16. 11 tips yang sudah saya rencanakan, alhamdulillah sebagian sudah terlaksana walaupun dikit2 ada yang bplong.
    memang bener terasa lebih lengkap puasanya setelah menjalani itu semua

    BalasHapus
  17. bagus banget atas sarannya

    BalasHapus
  18. Yaahh saya telat baca artikel ini. Udh setengah bulan ramadhan, saya baru tau tips ini.

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^