**/ Cerita Ida : Berkah Silaturahmi

blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

16 Jun 2017

Berkah Silaturahmi

Padahal ada banyak orang di acara itu, tetapi kucing hitam itu terus-menerus menatapnya, seolah tidak ada orang lain di ruangan itu selain dirinya.  Karena penasaran lelaki setengah baya itu menghampiri Nabi Musa dan bertanya tentang kucing hitam yang terus menatapnya itu.  Setelah melakukan sholat, Nabi Musa pun mendapatkan jawaban dari Allah SWT bahwa usia lelaki itu tinggal beberapa hari lagi.

Mengetahui usianya tak lama lagi, lelaki itu segera menemui keluarganya, diceritakanlah pada istrinya tentang apa yang dicertakan Nabi Musa.  Seluruh keluarga pun mempersiapkan perpisahan itu, lelaki itu meminta izin untuk bertemu dengan para sahabat dan handai taulan untuk mengucapkan perpisahan.  Ia pun bertemu mereka dan mengungkapkan berita tentang usianya tersebut. Lelaki itu meminta maaf pada setiap orang yang ia temui.



Hari-hari ia lalui dengan banyak bertaubat, ibadah dan silaturahmi, sampai pada hari yang ditentukan ia tak juga meninggal.  Bahkan ketika hari itu pun telah berlalu, merasa malu dan dibohongi ia pun kembali kepada Nabi Musa dan menanyakan perihal tersebut.  Segera Nabi Musa pun memohon petunjuk kepada Allah SWT, akhirnya setelah sholat Nabi Musa pun tersenyum dan mengatakan bahwa usia lelaki itu ditambah Allah SWT karena ia telah bersilaturahmi dengan sahabat, saudara dan handai taulan. 

Itulah sepercik kisah yang dipaparkan oleh Ustadz Reza di dalam ceramahnya di acara buka puasa bersama Hardendang.  Sebuah kisah yang mengungkapkan berkah dari silaturahmi yang salah satu diantaranya adalah memperpanjang usia kita.  Bertempat di rumah Ceu Doktor Irma di Jalan Siliwangi Bandung.  Dua rumah berhimpit milik Ceu Irma hari itu penuh diisi para Hardendang's lover plus ditambah para ustadz alumni IPB teman-temannya suami Irma.


Acara heboh karena menghadirkan MC Agah Yunus, kali ini tanpa kolaborasi dengan Ceu Mizaah yang asyik khusyu mengikuti ceramah.  Sesekali tak tahan juga mulutnya untuk berkomentar...hihiihi ... kebiasaan gandeng sih jadi pas dengerin ceramah juga ada saja celetukannya.

Tema silaturahmi memang tepat untuk kami para hardendang lover, yang alhamdulillah selalu menjaga ikatan ukhuwah diantara kami.  Pertemanan yang sudah berpuluh tahun lamanya, masih terjalin dengan kuatnya.  Saling support, saling ngangenin, saling mendo'akan, saling perhatian itulah yang terjadi di antara kami.


Senang sekali rasanya bisa berkumpul di grup ini, ada Bu Ketu Hilda yang murah hati dan baik hatinya, Ceu Miran yang baik hati penuh perhatian, Ceu Mizah yang selalu siap menghibur, Kang Agah yang rajin berkicau tetapi bijak bestari, Kang Haji yang selalu siap menginspirasi..ah ada banyak yang lainnya.  Beberapa hari terakhir grup pun bertambah anggota dengan hadirnya Dindi yang kini bermukin di Belanda serta Ike Neng kempot sahabat masa kecilku.


Ceu Dok Ipoy, Bu Dok Irma, Acuy Suracuy, Tries, Desi, Dewi, Bu Bendum Nia yang rumahnya dari zaman SD sampai sekarang masih jadi tempat ngumpul karena deket banget dengan sekolahan, Arif, Donya, Ferdi, Abah Yudi, Ambu Utami Irga, Reffa, Atin, Santi, Apri, Neng Eti, Pa dokter ginekolog Erris, Gungun, Rita, Rstu, Bagus. Bambang, Lia, Rully, Tries. Aki. Bu Camat, Ela, Boyke, Irsan, Gama ...Semua dengan kebaikannya masing-masing.... hampir kumplit yaa... ah masih banyak yang belum gabung ternyata... Kelas 6A dan 6B di SD Assalaam I dan II.  Empat kelas itu sekitar 160 an lah... Masih sebagian kecil ternyata....

Semoga Hardendang semakin kompak ya, saling support, saling menasehati, saling menyayangi, tapi jangan ada CLBK di antara kita ya...hahaha... just kidding ieu mah. O ya balik lagi ke acara bukber ya.. acara dadakan ini juga sambil syukuran dan doa bersama untuk Ceu Dok Irma yang akan mengisi malam2 terakhir bulan Ramadan Mubarok ini di Mekah Al Mukaromah... suer ngiler kelas berat deh :D

Setelah selesai ceramah kemudian buka bersama dengan berbagai tajil yang disiapkan dilanjut dengan sholat maghrib.  Setelah sholat kita pun makan bersama seperti biasa baso tahu khas Irma pun tersedia juga... baso tahu lezato yang bertekstur lembuuuut... hmmm ..sudah ah siang hari ngebahas makanan jadi lapar.


Kemudian di lantai tiga acara tarawih pun digelar, sayangnya hardendang lebih memilih ngumpul di luar hanya diwakili Agah saja rupanya.  Mudah-mudahan saja di luar sana Kang Haji Ari banyak berbagi inspirasi.  Mudah-mudahan saja kalian tarawihnya di rumah ya.... Manfaatkan bulan Ramadan ini dengan sebaik-baiknya, karena siapa tahu ini Ramadan terakhir kita. 

Ceu Dok Irma, do'amu ku nanti, tahun ini saya ingin bisa umroh, kalau bisa sekalian yang plus Turki biar bisa nengokin si sulung yang mudah2an keterima beasiswa di sana...hahaha... ngayalnya kelas berat.. hahaha... tapi who know kan... Allah insya Allah mengijabah doa hambaNya yang bersungguh-sungguh.

See u di acara selanjutnya ya Hardendang lover's...... :D

13 komentar :

  1. aku baru baca nih mbak cerita tentang si kucing hitam itu...memag silaturahmi itu bikin sehat ya dan pasti memperpanjang rejeki dan umur kita insya Allah

    BalasHapus
  2. silahturahmi memang banyak manfaat ya, mba. Nambah rejeki dan nambah umur.

    Salam ya mba buat tim hardendang lover

    BalasHapus
  3. Wuiiiih serunyaaa, dulu kakak saya juga sekolah di SD Assalam, yang di Bandung bukan Teh Ida?

    BalasHapus
  4. seru dan makan2nya itu ya yang juga bikin seru

    BalasHapus
  5. sha baru denger cerita nabi musa ini :)

    BalasHapus
  6. Silaturahmi memang banyak banget berkahnya. Aku sering kayak gitu. Dapet banyak teman baru, makanan, sampe job. :D

    BalasHapus
  7. subhanallah Saya baru tau jika ada riwayatnya. selama ini sering denger klo silaturahmi memperpanjang usia

    BalasHapus
  8. baru baca nh kucing hitam ..

    silaturahim taa :)

    BalasHapus
  9. Serunya HArdendang, makin kompak yaa, pinky2 , unyu2..
    Percaya banget niy teh sama silaturahmi bakalan memperpanjang usia, hayu atuh kopdaran eeaa

    BalasHapus
  10. silaturhmi emang banyak manfaat yg didapat

    BalasHapus
  11. Serunya itu kalo udh kmpul2 sama teman lama

    BalasHapus
  12. Silaturahmi itu selain memperpanjang usia bisa juga mengakrabkan diri dengan sahabat yang sudah lama tidak bertemu atau kenalan dari medsos (asal harus tau dulu asal-usulnya).

    Mari mampir, ada artikel baru lho :)

    coretanhatiukhti.blogspot.com

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^