**/ Cerita Ida : Carousell Aplikasi Jual Beli yang Inovatif

blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

19 Jul 2017

Carousell Aplikasi Jual Beli yang Inovatif

 "Ayo dong Mi..sudah lama kita enggak beli buku baru".  Itulah rengekan yang sering terdengar di mulut anak-anakku.  
"Kan itu buku numpuk, tinggal baca ulang aja.." Candaku sambil melirik buku anak-anak yang memang seabreg.  
"Yah, ga rame dong kalau buku lama, udah pada tahulah jalan ceritanya..., lagian bosen, dibaca berulang kali..." Timpal Fathiya Si Tengah yang rajin merengek minta buku baru.
Begitulah kalau hari libur tiba, harus siap kelabakan dengan permintaan membeli buku baru.  Bingung juga kan?  Terlebih sekarang ini harga - harga melambung tinggi, listrik di rumah yang katanya tidak naik tetep aja ternyata hampir dua kali lipat dari biasanya.  Belum lagi tahun ajaran baru sekarang tiga anak sekaligus masuk sekolah baru....hmmmm eh malah curcol ..xixiixi...
Cerita Kesukaan Anak-Anak
Skip curcolnya, akhirnya saya mengajukan usul agar buku-buku lama  dijual saja, hasilnya bisa digunakan untuk membeli buku lagi.  Anak-anak pun setuju, tapi begitu diminta memilah buku yang boleh dijual pada diem deh..heuheu.  Sayang juga buku-bukunya dijual walau untuk mendapatkan buku baru... 
Akhirnya emaknya turun tangan, buku-buku yang sudah jarang dibaca saya kumpulkan dan siap untuk dijual.  Ada beberapa yang mereka tolak, salah satunya buku anak berbahasa inggris yang sering saya baca, malah si bungsu hapal sampai ke titik komanya ..hihi... Dibacanya langsung di translate ke Bahasa Indonesia siih.... dan bagi mereka itu buku kenangan yang begitu membekas...aih so sweet honey.  Terharu ternyata emak rempong ini rajin bacain buku juga ke anak-anaknya saat mereka kecil, gak nyangka yak.... *kibasjilbab hihi... Maaf narsis kumat. :D

Alhamdulillah, beberapa buku sudah ada yang siap jual, etapi sempet bingung cara menjualnya bagaimana ya..? Eh jadi ingat sama aplikasi yang direkomendasikan temen, namanya rada-rada sulit  disebut yaitu Carousell.  Tempat jual beli apa saja yang mau kita jual atau membeli apa yang kita beli.  Dan setelah mencobanya ternyata tidak sesulit namanya, menjual di Carousell mudah pakai bingits deh, alurnya simpel gak bikin repot.  Tidak perlu menunggu penilaian apa pun untuk menjual barang kita.

Menjual Selangkah Lebih Mudah
Langkah pertama tentu saja dengan mengupload aplikasinya di playstore handphone kita.  Selanjutnya membuat akun.  Ini juga simpel tidak banyak data yang harus kita masukkan setelah melakukan verifikasi kita bisa langsung deh cuss memproses barang yang ingin kita jual. Proses olah data barang yang kita jual hanya perlu beberapa langkah singkat.
1. Tap di tab Jual
2. Foto barang dagangan kita/Bisa langsung via kamera bisa ambil di galeri hape kita
3. Olah Foto barang dagangan
4. Tambahkan deskripsi
5. Jual
Ketika mengisi deskripsi kita ternyata cukup mengisi 3 hal yaitu katagori, barang dan harga. Katagori kita isi dengan klasifikasi jenis barang yang kita jual sementara barang bisa kita isi dengan deskripsi barang yang akan kita jual dengan kata-kata dan harga kita isi dengan harga barangnya. Selain itu juga kita bisa menambahkan tiga foto barang lagi untuk memperjelas tampilan barang yang kita jual.  Kalau semua proses itu selesai kita tinggal klik tab daftarkan, otomatis setelah didaftarkan barang yang ingin kita jual sudah dapat langsung kita tawarkan.  Simpel yak?
Asyiknya lagi  ternyata Carousell merupakan aplikasi jual beli yang inovatif karena berkonsep jejaring sosial.  Kita bisa melihat daftar produk yang dijual oleh para pengguna lainnya. Di sini juga kita bisa saling follow dengan sesama pengguna.  Bisa langsung negosiasi tanpa perlu keluar dari aplikasi tersebut.  Seluruh proses jual beli dari awal hingga akhir bisa diselesaikan di Carousell.
Untuk pemasaran yang lebih luas Carousell pun membantu kita untuk bisa langsung menghubungkan dengan akun media sosial kita seperti fesbuk, twitter, google plus dan whats up.  Tinggal klik lambang media sosial yang tersedia kemudian akan langsung terhubung dengan akun kita, tinggal klik kirim langsung terpasang di akun media sosial kita.  Ini tentu saja membantu kita memperluas  promosi barang yang kita jual.
Cara Berbelanja di Carousell
Selain menjual barang kita, kita juga bisa membeli barang lain yang kita butuhkan di Carousell.  Kita bisa mengomentari sebuah barang dagangan atau memberi likes.  Kalau mau serius beli tinggal lakukan penawaran dan langsung melakukan chat dengan penjualnya.  Prosesnya juga gampang tinggal pilih katagori produk, pililh barang yang kita inginkan, tap chat beri harga penawaran dan langsung bernegosiasi dengan penjual barang.
Proses jual beli di Carousell jadi lebih mudah yaa... selain itu juga tampilan Carousell yang sederhana dan user friendly memiliki peran besar mempermudah kita melakukan jual beli.  Carousell ini bisa menjanjikan sebagai sarana jual beli yang efektif lho, terlebih apabila produk yang kita jual itu sudah lebih beragam.

Pengalaman kemarin mencoba menjual produk di Carousell ini ternyata untuk gadget langsung mendapat banyak tanggapan dan banyak yang berminat.  Selebihnya saya memang menjual buku, karena niat utamanya mau jual buku.  Kebanyakan jadinya buku emaknya karena buku anak-anak pada ogah dijual hehe... Buku emaknya itu dijual karena ada dua mirip-mirip isinya jadi aja daripada mubazir dijual aja.  Mudah-mudahan laku, nanti bisa beli buku-buku lagi buat anak-anak.... :)
Oya buat teman-teman yang mau mampir ke webnya di sini  ya,  bisa melihat buku-buku apa saja yang saya jual.

So dari pengalaman menggunakan Aplikasi Carousell, saya merasakan selangkah lebih mudah dalam menjual dan membeli barang yang kita perlukan.

26 komentar :

  1. belon pernah nyoba jual barang. tapi kalo liat rumah yg udah sesak sepertinya harus mulai sortir barang yg bisa dijual ya

    BalasHapus
  2. Bikin rumah lebih bersih..he2, kadang kan gitu ya.. mau beli baru.. tapi kok sayang..mau dikemanain.. ini kan bisa kya tukar guling..hahhaah

    BalasHapus
  3. Baru tau ttg Carousell aplikasi buat jual barang bekas y mba mmm semakin banyak ni jadi penhen cobain aku juga buku numpuk pengen beli yg baru yg lama dijual hehehe *emak ga mau rugi 😂

    BalasHapus
  4. Duuh, carousell itu racun banget, betah mantenginnya, bisa nemu barang-brang branded dgn harga murmer

    BalasHapus
  5. Rencananya bunda juga pengen jual-jualin barang yg udah ga dipake di carousell

    BalasHapus
  6. wah patut dicoba nih. suka males jalan ke toko buku soalnya.. tadinya mau beli satu.. jadi beli semuaaa

    BalasHapus
  7. Carousell asa inget komidi putar, teh, hihihi. Okaay nanti kl mau beli online aku cobain deh

    BalasHapus
  8. Carousell asa inget komidi putar, teh, hihihi. Okaay nanti kl mau beli online aku cobain deh

    BalasHapus
  9. Wah, pas pisan. Saya ada beberapa barang yg mau dikeluarin. Makasih infonya teh ida.

    BalasHapus
  10. Cocok nih, di rumah banyak banget barang, mubazir deh btw tfs Tehhh

    BalasHapus
  11. Aku udah jualan barang preloved ku disini dari tahun kemarin, lumayan udah banyak yang order hehe

    BalasHapus
  12. Suka banget sama Carousell. Soalnya gampang dan mau cari barang apa aja ada dengan harga miring

    BalasHapus
  13. Satu lagi nih aplikasi yg mempermudah hidup kita :))

    BalasHapus
  14. aku juga punya akunnyaa... @ibubahagia.. follow ya teeeh...

    BalasHapus
  15. Wah gampang bingiits yah nih bt jual beli

    BalasHapus
  16. *brb* lihat buku yang Teh Ida jual :D

    BalasHapus
  17. Kepengin ikut jual pake carousell juga nih, Teh.

    BalasHapus
  18. Saya punya akunnya, pengen jual tapi masih mikir nih jual yang mana hehe

    BalasHapus
  19. Wah jadi lebih mudah jual beli barang sekarang ya mba.. hmmm boleh dicoba2..

    BalasHapus
  20. Wuaaahh.. ini kece abis buat mengosongkan isi lemari. Begah juga lihat lemari penuh tp berasa ga punya baju. Mungkin isinya butuh penyegaran ��

    BalasHapus
  21. Sekarang enak ya mba jual beli barang jadi mudah... apalagi kalau fiturnya banyak dan mudab seperti sekarang.. boleh dicoba ini

    BalasHapus
  22. Wah... Jual buku apa aja teh? Intip ah...

    BalasHapus
  23. Aplikasi Carousell memang mantap, cari apa aja ada tuh..

    BalasHapus
  24. Aku pakai Carousell juga dan sangat membantu nih menjual barang-barang :)

    BalasHapus
  25. Aplikasinya bisa di-install di smartphone jadul punya saya. Berarti bagus. Kalo gak bisa, berarti jelek. Hahahahaha.

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^