**/ Cerita Ida : IWP Alternatif Wisata Edukasi di Bandung

blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

3 Jul 2017

IWP Alternatif Wisata Edukasi di Bandung

 IWP  Alternatif Wisata Edukasi di Bandung

Cinta bukan mengajarkan kita lemah, tetapi membangkitkan kekuatan. Cinta bukan mengajarkan kita menghinakan diri, tetapi menghembuskan kegagahan. Cinta bukan melemahkan semangat, tetapi membangkitkan semangat -Hamka

Hihi.. kok bicara cinta?  Suka jadi mikir aja sih ...kenapa untuk sebuah pernikahan ternyata banyak yang bela-belain membelikan sesuatu dengan harga yang selangit.   Memilihkan cincin pernikahan dengan batu permata terbaik bernama berlian, dulu saya pikir pemborosan.  Tetapi setelah memahami makna cinta....(cieee.....sok iya (((memahami))) ) hihi...setidaknya  saya jadi paham kalau batu permata yang paling cocok melambangkan cinta memang berlian lah....Tapi bukan berarti juga harus selalu berlian ya... :)

Seseorang yang mencintaimu tidak akan pernah meninggalkanmu karena walaupun ada 100 alasan untuk menyerah dia akan menemukan satu alasan untuk bertahan.... begitulah kekuatan cinta.  Berlianlah sebagai batu permata termahal dan terindah yang cocok  dijadikan sebuah  simbol keteguhan untuk berikrar dalam sebuah pernikahan karena memang proses pembentukannya yang luar biasa.  Terproses secara alami sejak ratusan juta tahun yang lalu, dan yang tidak kalah pentingnya berlian terkubur di dasar bumi dengan kedalaman lebih dari 140 km. Terbentuknya berlian juga memerlukan temperatur dan tekanan yang sangat tinggi,



Hal di atas semua menyebabkan berlian menjadi sangat berbeda dibandingkan dengan seluruh mineral yang ada di alam.  Berlian merupakan satu-satunya batu permata yang terbuat dari satu unsur saja yaitu carbon.  Kurang lebih 99,95% unsur yang terkandung di dalam berlian adalah carbon.  0,05 % adalah unsur ikutan yang terbawa masuk ke dalam berlian selama proses pembentukannya.  Secara kimiawi atom-atom unsur ikutan itu tidak termasuk dalam ikatan kimia berlian.  Beberapa unsur ikutan inilah yang dapat mempengaruhi warna berlian dan bentuk kristal batu berlian.

Saya juga jadi tahu kalau berlian yang baik itu harus memerhatikan empat C yaitu Color, Carat, Clarity dan Cutting.  Untuk Color ini maksudnya berlian yang terbaik adalah yang memiliki warna paling bening.  Sedangkan yang kedua Carat berhubungan dengan ukuran berlian, semakin besar tentu akan semakin tinggi pula nilainya.  Yang ketiga Clarity ini adalah kadar kebersihan yang -terkandung di dalam berlian. Yang terakhir Cutting merupakan kemampuan manusia untuk meng cutting berlian dengan sesimetris mungkin hingga pantulan cahaya yang ada dapat keluar dengan baik.

Kok saya jadi banyak paham soal berlian ya...?  hihi.... Iya dong saya jadi banyak tahu tentang proses pembuatan berlian bahkan sampai melihat alat-alat yang mengolah berlian tampak lebih cantik dan berkilau.  Saya jadi banyak paham tentang berlian setelah berwisata ke  Indo Wisata Permata beberapa hari menjelang lebaran.  Dan itu pengalaman yang wow, 'sesuatu' banget deh....

Yup... Indo Wisata Permata atau biasa disingkat IWP menurut saya merupakan tempat wisata alternatif yang recommended.  Kalau kita merasa bosan dengan tempat wisata yang ada selama ini, IWP bisa menjadi alternatif.  Berada di tempat yang sejuk di utara Kota Bandung tempatnya di Komplek Citra Green Dago N 1-10 Dago Bandung. Perusahaan yang sudah berjalan kurang lebih enam tahun ini memang mengkhususkan diri dalam pengolahan dan pembuatan perhiasan terutama berlian dan batu mulia.  Pemililknya, Bapak Yopi Mesa Yudi mendirikan IWP berdasar padi hobi dan keinginannya berbagi pengetahuan kepada Indonesia.

Di IWP pengunjung dapat melihat proses pemotongan berlian, pemolesan hingga pemasangan berlian pada cincin atau liontin.  Jadi tahu kalau karyawan bagian prossesing itu hanya perlu empat orang saja.  Tiga orang diantaranya di impor dari India.  Ternyata pembuat berlian terbaik itu dari India, jadi untuk hasil yang terbaik masih harus memakai keahlian mereka.

Berlian untuk investasi yang sudah bersertifikat dari GIA

Setelah puas melihat pemrosesan pembuatan berlian kita juga bisa melihat ratusan atau mungkin ribuan berlian yang dipajang di ruang galery berlian.  Bayangan harga berlian ratusan juta pun pupus saat melihat-lihat berbagai macam berlian di ruang ini.  Ternyata harganya bervariasi, masih ada cincin bermata berlian seharga ratusan ribu rupiah juga rupanya.  Untuk harga yang termahal memang bisa sampai ratusan juta hingga milyaran rupiah...hmmm... hihi.. Tapi bisa melihat berlian seharga itu mengasyikkan juga lho....

Sama halnya dengan emas berlian ternyata memiliki nilai jual yang menguntungkan yang bisa dijadikan salah satu instrumen untuk berinvestasi.  Tetapi memang bukan berlian yang sudah berbentuk perhiasan, karena untuk perhiasan masuknya jadi pada barang mewah yang nilainya bisa menurun hingga 30% an.  Berlian yang sudah dijadikan perhiasan lebih cenderung untuk assesoris mewah dan hobi.  Sementara untuk berlian yang dijadikan investasi masih berbentuk butiran batu permata berlian.  Khusus untuk yang investasi di IWP sudah bersetifikat resmi yang dikeluarkan oleh laoratorium ternama di dunia yaitu GIA  (Gemological Institute of America).  Sedangkan untuk perhiasan sedang dalam proses.


Narsis di ruang pameran

Gedung berlantai tiga ini ternyata tidak hanya tentang permata melulu, terdapat sejumlah ruangan untuk kegiatan kesenian dan pameran. Di sini pengunjung juga dapat menikmati sajian seni dan budaya.  Waktu saya ke sini saya bisa melihat sejumlah lukisan apik dan menarik.  Tidak hanya itu di lantai tiga kita bisa menikmati berbagai menu yang disajikan Skylight Cafe. Resto & Lounge.  Menyajikan berbagai makanan dan minuman terbaik yang tercipta dari tangan-tangan handal chef berpengalaman.  

Ngafe sambil melihat view Bandung dari ketinggian

Sebetulnya di lantai pertama, sebelum masuk pun sudah ada cafe tempat kita kongkow-kongkow sepulang atau menjelang jalan-jalan di IWP.  Kalau di lantai tiga kita bisa menikmati pemandangan Kota Bandung dari ketinggian, yang konon katanya di malam hari jauh lebih indah.  Di lantai dasar ini kita bisa menikmati makanan dan minuman dengan nuansa yang berbeda namun tetap memberikan kenyamanan.

Gitu deh ceritaku tentang IWP Alternatif Wisata Edukasi di Bandung, semoga bermanfaat untuk teman-teman semua terutama yang membutuhkan informasi tentang wisata edukasi di Bandung.  Wisata Edukasi Pengolahan Permata ini merupakan salah satu tempat yang layak untuk dijambangi.... Selamat berwisata dan berbelanja... :)



8 komentar :

  1. saya pun tahu ttg IWP dari blog suami saya, dan saya jadi penasaran dan ingin sekali ke IWP karena baca tulisan ini, teh Ida. Trims.

    BalasHapus
  2. Wah aku rencananya bbrp bulan kedepan pengem main ke bandung... Wah bisa jd alternatif nih

    BalasHapus
  3. Saya belum pernah ke bandung, kalau ada kesempatan insyaallah pengen mampir ke IWP

    BalasHapus
  4. kesenengannya cewek2 ini mah ya teh hihihi

    BalasHapus
  5. Wuihhh ga semua orang bisa melihat proses pemotongan, pemolesan berlian, mantaps lah, mbak

    BalasHapus
  6. apa nanti pulangnya dikasih gudibek berlian? *kabooooooor :"D

    BalasHapus
  7. Teteeh, asiik donk oleh2nya berlian *ikutan seneng

    BalasHapus
  8. hiks jadi pengen ke bandung lagi nih

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^