blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

13 Sep 2017

4 Hal yang Dipelajari dalam Sekolah Manajemen Bisnis

Tom-Competition 
Sewaktu mengantar Ka Azizah ke Kedutaan Turki kemarin, saya bertemu dengan teman-temannya kaka yang sama-sama akan berangkat ke Turki.  Ikut mendengarkan obrolan mereka asyik juga ternyata, sesekali saya bertanya juga ke mereka.  Salah satunya adalah jurusan yang mereka ambil, jawabannya macam-macam ada yang mengambil jurusan Teknologi Mesin Pertanian, Jurnalistik, Film dan ada juga jurusan Bisnis.  Eh jadi penasaran dengan jurusan Bisnis...belajar apa saja ya mereka.  Teman-teman ada yang ingin tahu lebih banyak tentang jurusan bisnis? Ini paparannya.... :)

Secara garis besar, sekolah manajemen bisnis mempelajari tentang ilmu manajemen. Namun tidak terbatas pada lingkup teori dari manajemen tersebut. Dalam sekolah ilmu manajemen bisnis ini banyak sekali hal yang dipelajari.seperti manajemen dalam pengelolaan keuangan, saham bisnis, serta membuat struktural dari organisasi untuk membangun sebuah bisnis.
Selain itu disekolah manajemen masih mempelajari beberapa aspek penting yang tidak boleh dilupakan oleh mahasiswa yang menempuh pendidikan di sekolah ilmu manajemen bisnis. Berikut ini 4 hal yang dipelajari dalam proses belajar mengajar di sekolah manajemen bisnis:
1. Operasional
Pertama yang perlu diperhatikan adalah berkaitan dengan produksi. Dalam menjalankan bisnis tidak harus memproduksi sendiri tetapi juga bisa menggunakan jasa orang lain dalam memproduksi sesuatu. Seorang mahasiswa manajemen bisnis akan diberi sebuah wawasan tentang bagaimana mengontrol jalannya  operasional produksi juga manajamen produksinya
2. Pemasaran
Kedua pemasaran. Mahasiswa manajemen bisnis akan dibekali materi tentang bagaimana cara memasarkan produk/jasa yang akan ditawarkan  kepada konsumen, melihat peluang pasar dan cara memanfaatkannya, serta apa saja yang dapat mempengaruhi tingkat pemasaran produk tersebut. Seorang yang sudah menempuh pendidikan di sekolah manajemen bisnis diharuskan menguasai hal ini karena dia harus bisa memegang pasar.
3. Keuangan
Bukan hanya di jurusan akuntansi ternyata, di sekolah manajemen  bisnis belajar juga pencatatan keuangan seperti mencatat arus kas masuk dan keluar dalam beberapa periode. Mempelajari mengenai analisa dan teknik pengelolaan keuangan suatu perusahaan. Juga mempelajari tentang apa saja yang mempengaruhi tingkat keuangan perusahaan.
4. Sumber Daya Manusia
Pada konsentrasi ini akan lebih berfokus pada pengelolaan sumber daya manusia dalam suatu organisasi.  Mempelajari tentang seorang pimpinan dapat mengelola tenaga kerja yang ada untuk mencapai tujuan perusahaan dan apa saja factor yang menyebabkan tenaga kerja menjadi menurun produktivitas kerjanya. Dari sinilah pentingnya mempelajari ilmu manajemen di sekolah manajemen bisnis agar dapat menunjang pekerjaan lainnya yang masih berkesinambungan satu dengan lainnya.  
Dari apa yang sudah dijelaskan sebelumnya, semua bidang yang perlu dikelola dalam sebuah bisnis merupakan satu kesatuan mengenai operasional, akan mempengaruhi pola keuangan dan keputusan dalam meng-hire pekerja. Keputusan mengenai pemasaran akan mempengaruhi pola keuangan dan juga persoalan SDM. Keputusan mengenai keuangan mempengaruhi persoalan SDM dan mengenai SDM mempangaruhi keputusan keuangan.
 Semoga tulisan 4 Hal yang Dipelajari dalam Sekolah Manajemen Bisnis ini bermanfaat ya teman-teman :) 
 

13 komentar :

  1. Aku dulu pengen masuk sekolah Manajemen Bisnis kayak gitu. Tapi, setelah baca-baca mata kuliahnya, gak jadi. Gak keotakan kayaknya. :D

    BalasHapus
  2. Dl pas mau masuk kejuruan saya paling enggan masuk jurusan manajemen bisnis hehe entah kenapa ga suka. Saya juga bingung. Jd aja ambil jurusan akuntansi.

    BalasHapus
  3. Barakallah ya Azizah, semoga lancar dan mudah semuanya ^^

    BalasHapus
  4. hihihi aku lagi belajar bisnis, otodidak aja ke suami yang memang sebelumnya sudah berbisnis sejak lama. Yang gak mudah itu bagian quality control, packaging sama pemasaran nih mak.. hehehe... soain saya semoga bisa jadi bisnimak (bukan bisnisman) yang sukses ya maak! TFS!

    BalasHapus
  5. Menarik ya. Pingin belajar manajemen bisnis deh :)

    BalasHapus
  6. keren teteh Azizah sampe ke Turki, untuk jurusan sendiri aku jg pgn terusin manajemen tp khusus sdm baru tau klo manajemen bisnis malah semua y mantap pantas klo posisi tinggi biasanya lulusan manajamen bisnis 👍

    BalasHapus
  7. Wah bagus ya, ntar pas prakteknya udah tau ilmunya gimana. Calon pebisnis nih azizah :)

    BalasHapus
  8. Manajemen sdm dan marketing kayaknya paling menarik buatku karena urusannya lebih banyak sama orang. Perlu skill khusus berupa interpersonal skill. Thanks for sharing, Teh.

    BalasHapus
  9. Seru juga ya mbak, makanya orang2 bisnis itu cakep benar kalau memimpin sebuah perusahaan dalam bidang jasa atau pun sebuah produk.

    BalasHapus
  10. Jadi kepingin belajar jg nih mbak

    BalasHapus
  11. Jadi pengin belajar manajemen bisnis

    BalasHapus
  12. Dunia Internet marketing juga sama kayaknya mbak, memanage bisnis nya itu lumayan rumit juga. Hehehehehe

    Salam #DuniaFaisol

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^