blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

24 Sep 2017

Pepes Jambal Karawang dan Nasi Bakar Hejo, Kuliner di Cimahi yang Ngangenin

Pepes Jambal Karawang dan Nasi Bakar Hejo

Pepes Jambal Karawang dan Nasi Bakar Hejo  Cimahi itu kota kenangan pisan, ga nyangka aja akhirnya harus menjadi penduduk Cimahi selama hampir dua puluh tahun ini.  Lahir di Bandung, dari kelas 2 SD sampai kelas 5 di Cimahi terus pindah ke Bandung lagi.  Lulus kuliah beberapa kali pindah kerja akhirnya terdampar lagi di Cimahi kerja di Bank Islam, gak lama sih.  Pindah kerja ke Bandung lagi karena kejauhan pulang pergi, eh beberapa tahun kemudian ga nyangka dapat jodoh orang Cimahi, hingga akhirnya jadi penduduk kota mungil ini lebih dari sembilan belas tahun lamanya......

Waktu kerja di Bank Islam dulu, sering mencari makan siang saat istirahat.  Karena lokasi tempat kerja di pinggir jalan pusat kota dekat Alun-Alun Cimahi akhirnya tempat makan yang dicari hanya sekitar itu saja.  Itu yang nempel lekat dalam ingatan hingga kalau mencari makanan pasti ke daerah Alun-Alun Cimahi.  Baru tahu ternyata sudah delapan tahun ini di Cimahi ada tempat makanan yang sudah terkenal dan banyak dicari orang dari jauh. Rumah Makan Pepes Jambal Karawang dan Nasi Bakar Hejo namanya.... Hmmm kemana aja saya selama ini....

Berlokasi agak masuk sedikit ke sebuah gang bernama Gang Barhil dan bernomor 22, Rumah Makan Pepes Jambal Karawang dan Nasi Bakar Hejo sepertinya mudah dicari karena tulisannya terpangpang besar-besar, bisa dilihat dari pinggir jalan.  Jalan penting di daerah Cimahi yaitu daerah Baros, karena merupakan jalan buangan dari tol Baros atau Pasteur.  Sering lewat sini, tapi tetep enggak ngeh ada rumah makan ini. Malah dua rumah makan bermenu baso disebrangnya yang sering saya jambangi...hihi..

Pepes Jambal Karawang dan Nasi Bakar Hejo
Bisa melihat proses langsung memasaknya, karena dapurnya terbuka
Kuliner di Cimahi
Hampir semua pepes dibakar, tidak di steam

Sampai akhirnya diajakin temen makan di Pepes Jambal Karawang dan Nasi Bakar Hejo, asli saya kaget, di Cimahi ada makanan seenak ini.  Menyajikan masakan khas Karawang yang mempunyai bumbu dengan rempah yang khas Rumah Makan ini cukup unik.  Hampir semua menu pepesnya dibakar jadi memberikan rasa dan wangi yang khas. Ada lagi keunikan lainnya, dapur yang terbuka hingga kita leluasa untuk melihat proses masaknya dan bisa sedikit bertanya-tanya juga akhirnya.

Tangan Cekatan Oma Beti sang Master Chef

Sempet ngobrol juga dengan Oma Beti sang Master Chef rumah makan ini, kagum sama sosok ibu yang satu ini, pinter banget meracik makanan jadi seenak ini.  Dibantu empat pegawainya Oma Beti asyik sekali di dapur.  Ketika saya hampiri tangan cekatannya sedang asyik membungkusi Nasi Bakar Hejo menu andalan rumah makan ini.  Rumah Makan ini memang menyajikan menu rumahan, justru ini yang bikin ngangenin.



Nasi Bakar Hejo

Nasi Bakar Hejo juga cukup unik, hejo yang dalam Bahasa Indonesia berarti hijau memang menggambarkan nasi yang betul-betul berwarna hijau.  Warna yang diambil dari berbagai macam sayuran dan lalapan hijau membuat nasi ini mengandung banyak sayuran, jadi sehat untuk dikonsumi.  Nasi yang disii teri, daging ayam dan hati ayam ini dipatok dengan harga yang cukup murah.  Hanya sepuluh ribu rupiah saja, kita sudah bisa makan Nasi Bakar Hejo ini ditambah lalap sambal yang bisa kita ambil sendiri.  Tapi biasanya gak cukup satu, selain rasanya yang enak, porsi yang gak terlalu besar juga membuat kita ingin nambah lagi satu porsi..hihi.. Nasi Bakar Hejo dibuat edisi terbatas hanya 50 bungkus per hari


Pepes Jambal Karawang

Satu lagi menu istimewa andalan rumah makan ini adalah Pepes Jambal Karawang.  Rasanya enak sekali, ikannya empuk bumbunya kerasa banget, khas rempah karawang, harganya juga murah hanya Rp 10.000 rupiah saja.  Kok jambal bisa murah sih?  Ternyata yang dinamakan pepes jambal ini bukan jambal roti bayangan saya, yang dijual seiris dengan harga lumayan.  Ternyata ikan yang termasuk family jambal tuh bukan roti saja, baru tahu saya hehe.. Nah pepes jambal di rumah makan ini menggunakan jambal patin.


Aneka Pepes

Selain kedua menu andalan di atas masih banyak lagi jenis pepes yang lainnya ada Pepes Jamur, Pepes Ayam, Pepes Peda Beureum, Pepes Usus Ayam, Pepes Tahu, Pepes Teri sesekali saat oncom lagi bagus menyediakan juga Pepes Oncom... hmmm ini sih makanan favorit saya semua hehe..


Menu yang Lainnya

Selain pepes ada juga menu lainnya seperti Jengkol Kecap, Lalab Sambal plus ada juga Pete, Tahu, dan Tempe goreng, Ayam Keremes, Tumis Cumi, Nasi timbel.  Di hari-hari tertentu rumah makan ini menyediakan menu yang lain seperti berbagai tumis dan ada juga Nasi Tutug Oncom.

Harga

Harganya ternyata cukup murah, pantas saja saat saya ke sana rumah makan ini penuh terus.  Katanya sih saat hari kerja pada jam istirahat rumah makan ini penuh oleh para pegawai yang mencari makan siang, kalau sudah jadi pilihan makan siang memang murah sih ya... Ini beberapa contoh harganya:  Pepes Jambal  Rp 10.000, Pepes Tahu  Rp 4.000, Pepes Jamur Rp 7.000. Pepes Ayam Rp 18.000, Pepes Peda Rp 14.000, Pepes Teri Rp 6.000, Nasi Tutug Oncom Rp 8/000,00.  Penasaran dengan harga yang lainnya? Langsung aja ke tekapeh ya man teman..hihi..

Nah cukup itu dulu Cerita Ida hari ini, semoga tulisan Pepes Jambal Karawang dan Nasi Bakar Hejo Kuliner di Cimahi yang Ngangenin ini (deuh panjang banget judulnya..hihi..) bermanfaat ya teman-teman :)

10 komentar :

  1. Pepes Jamal Karawang udah pernah nyoba sekali di Karawang...
    emang enaaak bangeet
    yang ini cabangnya teh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa emang enak...Bukan. Beda lagi tapi mengadopsi rasa khas Karawang :)

      Hapus
  2. yuk ah teh kesini lagi tapi aku sih ngarepnya uda kedaftar gofood biar ga keluar rumah hehee

    BalasHapus
  3. aku pengen cobain nasi bakar hejonya...

    BalasHapus
  4. Duh, bikin ngiler aja nih, Teh Ida ^_^

    BalasHapus
  5. Ya ampun liat ini jadi pengen makan pepes. Udah lama nggam kana pepes sih mba. Hhehehe. ENak enaak nih

    BalasHapus
  6. aduhhh aku melek mata baca postingan ini jadi ngacaiii... hahahaha jadi pengen ke sambel hejo deket rumah. terimakasih looohhh mak sudah mengingatkanku kalau sesekali kita boleh libur masak dan jajan aja diluar wakakakakk...

    BalasHapus
  7. ajak ajakk dong jajan pepes kalo ke cimahii, pengen jadinyaa wekekek

    BalasHapus
  8. Menu begini yg aku jg suka mba.. Murah, rumahan banget dan enak yaa.. Tp utk pepes ikan, aku skip bakalan. Ga suka ikan kalo di pepes hahahahah.. Tp pepes jamur boleh tuh dicoba. Ini kalo deket mah aku samperin deh..

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^