**/ Cerita Ida : Astra, Selalu Berusaha Agar Bermanfaat Bagi Sekitar

blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

18 Des 2017

Astra, Selalu Berusaha Agar Bermanfaat Bagi Sekitar

Apa yang teman-teman bayangkan ketika mendengar kata ASTRA ?  Kalau saya sih sebuah perusahaan otomotif dan sebuah lembaga keuangan.  Nah kalau teman-teman ..? Sama kah dengan bayangan saya?  Bayangan yang tidak sepenuhnya benar tidak juga salah, tapi dua hal tersebut hanya sebagian kecil dari diversifikasi usaha PT ASTRA.  Ternyata perusahaan ini telah mengembangkan bisnisnya dengan menerapkan model bisnis yang berbasis sinergi hingga berhasil membuat diversifikasi usaha hingga tujuh segmen usaha.



Ketujuh segmen usaha itu meliputi Otomotif, Jasa Keuangan, Alat Berat dan Pertambangan, Infrastruktur dan Logistik, Properti dan Agribisnis. Dengan bisnis yang beragam ini Astra menyentuh berbagai aspek kehidupan bangsa dengan layanan dan produk yang dihasilkan.  Mulai dari sepeda, mobil, jalan tol, printer hingga layanan pembiayaan perbankan dan asuransi.   Produk yang dihasilkan pun beragam antara lain kelapa sawit, batur bara dan kendaraan bermotor.  Sebagian besar produknya telah diekspor hingga Astra memiliki kontribusi memberikan sumbangan devisa bagi negara.

Perusahann yang didirikan di Jakarta pada tahun 1957 ini bermula dari sebuah perusahaan perdagangan umum yang bernama Astra International Inc.  Perusahaan ini terus berkembang pesat, pada tahun 1990 perusahaan ini pun go public.  namanya pun diganti menjadi PT Astra International Tbk.  Nilai kapitalisasi pasar Astra di akhir tahun 2016 mencapai  Rp 335, 0 triliyun,  Menariknya sejak pertama kali didirikan Astra senantiasa mendedikasikan karyanya untuk kemajuan bangsa Indonesia.  Hal ini sejalan dengan filosofi perusahaan yang tertera dalam Catur Dharma.

Menjadi salah satu grup usaha terbesar nasional saat ini, Astra telah membangun reputasi yang kuat melalui penawaran rangkaian produk serta layanan berkualitas.  Tentu saja denan memperhatikan pelaksanaan tata kelola perusahaan dan tata kelola lingkungan yang baik.  Kegiatan opersional bisnis Astra tersebar di seluruh Indonesia yang dikelola melalui lebih dari 200 anak perusahaan yang didukung lebih dari 200 ribu karyawan.

Bagi Astra kegiatan bisnis tidak terlepas dari lingkungan dan masyarakat sekitarnya, dimana pun Astra berada harus memberikan manfaat untuk lingkungan sekitarnya.  Selain harus menguntungkan, sejalan dengan filosofi Catur Dharma perusahaan pun harus mampu memberikan manfaat bagi lingkungan sekitarnya. 

Banyak sekali program lingkungan yang dilakukan Astra, mulai dari pengelolaan limbah, bank sampah, penanaman pohon, pengelolaan dampak lingkungan, pemberian beragam penghargaan, penanaman pohon dan mangrove serta masih banyak yang lainnya.  Kepedulian Astra terhadap lingkungan ini merupakan pengejawantahan dari komitmen Astra menjalankan Strategic 30 Roadmap yaitu Portfolio, People serta Public Contribution Roadmap.  Nah kepedulian terhadap lingkungan dan kegiatan filantrofi sosial itu termasuk ke dalam Public Contribution Roadmap yang dijabarkan dalam pelaksaan Astra Green Company dan Astra Friendly Company.

Sedangkan di bidang tanggung jawab sosial Astra secara konsisten telah melaksanakan progam CSR dengan fokus pada lingkungan, Income Generating Activity dan kesehatan serta pendidikan,  Program CSR ini rutin dilaksanakan baik oleh anak perusahaan secara langsung atau melalu yayasan yang dikelola secara khusus untuk menglola konribusi sosial dan bisnis.  

Di usianya yang menginjak 60 tahun, Astra telah berperan aktif menghasilkan layanan dan produk dengan memberikan nilai tambah bagi masyarakat luas.  Selamat ulang tahun Astra semoga tetap sukses selalu...




2 komentar :

  1. Saya taunya ASTRA itu bergerak di bidang otomotif dan finance aja, eee ternyata banyak juga ya.Pantesan jaringannya udah meraksasa.

    BalasHapus
  2. Ternyata Astra banyak diferensiasi usahanya ya..

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^