blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

25 Des 2017

Bandung, Ikon Modest Fashion City

Bandung, Ikon Modest Fashion City   Bandung kembali mengokohkan dirinya sebagai kota kreatif dan tujuan wisata dengan target Fun, Food dan Fashion.  Kali ini bidang fashion yang menjadi sorotan Cerita Ida,  karena seminggu yang lalu tepatnya hari Selasa 19 Desember 2017 saya mengikuti sebuah acara keren bertajuk Bandung Modest Fashion City Vision 2018 bertempat di Click Square  Jalan Naripan Bandung.


Launching Modest Fashion City Vision 2018 merupakan sebuah acara talkshow yang digelar oleh Pemerintah Kota Bandung dalam hal ini Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar).  Menghadirkan pembicara Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Kenny Dewi Kaniasari, selegram dan designer Ghaida Tsurayya serta desainer busana muslim Irna Mutiara yang juga merupakan salah seorang pendiri Islamic Fashion Institute.


Di acara itu terungkap bahwa pada tahun 2018 nanti Kota Bandung akan dijadikan ikon Modest Fashion City di Indonesia.  Acara ini juga merupakan kick off dari kegiatan ekonomi kreatif di bidang fashion.  Dalam paparannya Kenny Dewi mengungkapkan bahwa Disbudpar Kota Bandung akan mendukung dari hulu ke hilir pembinaan dan pengembangan potensi modest fashion. Pada kesempatan itu ia mengungkapkan pula bahwa saat ini masih memiliki tantangan di supply chain hingga butuh kerjasama dari berbagai pihak.


Sementara itu Irna Mutiara mengungkapkan bahwa aspek pendidikan di bidang modest fashion merupakan hal yang penting untuk menunjang kualitas designer dan karya busananya.  Terkait dengan Islamic Fashion Institute dimana Irna sebagai salah satu pendirinya, ia mengungkapkan rasa syukurnya.  "Alhamdulillah Bandung sudah memiliki IFI, pelaku industri modest bisa belajar di sini dan mengembangkan strategi produksi, pemasara dan inovasi".

Ghaida Tsurayya, putri sulung ulama kondang Abdullah Gymnastiar yang juga merupakan influencer serta desainer asal Kota Bandung mengungkapkan pengalamannya berbisnis di dunia fashion.  Pengalaman Ghaida  hampir 90% penjualan berasal dari online store dan 10% dari offsotre.  Ia menambahkan bahwa dengan ketatnya industri fashion online, kita dituntut untu lebih kreatif dan semakin meningkatkan beriklan di online.

Acara launching ini dibuka dengan seremoni dan pengukuhan Bandung sebagai Modest Fashion City oleh Kepala Disbudpar Kota Bandung, dilanjutkan dengan trunkshow 8 desainer ternama Kota Bandung yaitu:  Aninda Nazmi, Astri Lestari, Runny Soema, Di Praja, Deden Siswanto, Anggia Handmade, Rosie Rahmadi, Nuniek Mawardi dan Irna Mutiara.


Dihadiri dari berbagai kalangan diantaranya akademisi di bidang fashion, para pengusaha di bidang fashion, komunitas, Pemerintahan Kota Bandung serta media acara ini berlangsung dengan lancar hingga usai.  Semoga keberadaan Bandung sebagai ikon Modest Fashion City semakin meningkat dunia fashion muslim Indonesia sebagai berkibar.  Pencanangan Indonesia sebagai kiblat dunia model busana muslim tahun 2020 dapat terwujud. 


16 komentar :

  1. Baju baju muslim skarang makin bagus bagus ya mbaa. Dan di Bandung banyak sekali pilihannya ya mbaa. Naksir bener ama pakaiannyaa.

    BalasHapus
  2. Senangnya ketemu Designer terkenal. Emang Parijs Van Java bikin orang yang datang jadi cantik dan modis :)

    BalasHapus
  3. wah ada teh Ghaida :) pengen banget mengikuti jejaknya bisnis online desain baju xixixi

    BalasHapus
  4. Sekarang online shop sedang naik daun ya, dan mungkin akan selalu naik daun apalagi banyak para designer yang ikut dalam bisnis online

    BalasHapus
  5. Alhamdulillah animo berhijab sekarang positif banget ya mba, dan mengikuti zaman.. para muslimah juga bisa terus update gaya fashionnya dan tanpa harus khawatir karena design nya sesuai syariat

    BalasHapus
  6. Fashion muslimah sekarang makin complicated kata saya mah :D tapi kembali ke selera masing-masing ding. Hanya aja skrng ada lebih banyak ragam pakaian utk yg berjilbab dibanding dulu. Bagus sebenernya mah, makin banyak yg berjilbab jadinya ya. Berjilban & ttp fashionable

    BalasHapus
  7. Wiihh makin banyak model fashion hijab yang keren2 yaa :)

    BalasHapus
  8. keren keren kak bajunya, suka banget deh pokoknya. berhijab ga jadi penghalang ya kak sekarang buat tampil modis dan keren heheheh





    mampir yuk kak ke blog http://nuvaderma.com/blog

    BalasHapus
  9. Saya sebenernya masih sering gak pede pakai baju-baju muslim kayak gitu, Teh. Tapi liat foto-fotonya meuni gareulis bajunya. Jadi kepengin, Teh :)

    BalasHapus
  10. Bajunya kece2, ada yang cocok ga yaaa..
    Btw itu modelnya meni taringgi yaa *keleuleup deh

    BalasHapus
  11. waah,seneng banget ya lihat fashion show,bajunya cakep-cakep banget,teh, bikin mupeng

    BalasHapus
  12. wah baju2nya bagussss, pasti harganya mahal mahal -_-" ini nih balada ga suka belanja hahaha

    BalasHapus
  13. Mantep ya bandung, emang surganya fashion

    BalasHapus
  14. Di Bandung banyak banget butik-butik muslim. Waktu itu tau acaranya, tapi ga bisa dateng. Kalau dateng pasti pengen semua hehehe.

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^