**/ Cerita Ida : Alat Kebersihan yang Wajib Ada di Rumah

blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

19 Mar 2018

Alat Kebersihan yang Wajib Ada di Rumah


Alat Kebersihan yang Wajib Ada di Rumah  Pernah dengar kan hadist yang mengungkapkapkan bahwa kebersihan adalah sebagaian dari iman?  Ada juga  pepatah yang mengatakan bersih pangkal pandai, eh iya gitu... rajinya yang pangkal pandai mah ..hihi.  Dari hadist itu dapat kita ketahui kebersihan menjadi hal yang sangat penting untuk kehidupan. Tidak heran jika rumah yang merupakan tempat atau lingkungan terkecil menjadi hal yang paling perlu diperhatikan dalam hal kebersihan. Saat ini, di zaman yang serba modern, untuk membersihkan rumah kita memang sudah tidak perlu repot-repot karena sudah ada jasa cleaning service. Namun demikian, bukan berarti kita bisa lepas tanggung jawab untuk tidak membersihkannya.
Menggunakan jasa kebersihan memang bisa menjadi solusi mudah dan praktis bagi kita yang memiliki aktivitas padat. Namun sebenarnya ada banyak hal yang bisa dilakukan tanpa mengunakan jasa kebersihan panggilan. Di mana, berbagai hal tersebut merupakan hal sederhana seperti menyapu ataupun membersihkan perkakas. Untuk itulah, meskipun kita sering menggunakan jasa kebersihan panggilan, tidak ada salahnya kita untuk tetap memiliki berbagai alat kebersihan di rumah. Ini lah beberapa alat kebersihan yang wajib ada di rumah.

1.     Sapu dan Pengki
Sapu menjadi alat paling sederhana dan wajib ada di setiap rumah yang ditinggali oleh manusia. Sapu dan pengki bisa dibilang merupakan alat kebersihan yang memiliki fungsi saling melengkapi satu sama lain. Di mana, jika sapu befungsi untuk mengumpulkan kotoran, pengki memiliki fungsi untuk menampung kotoran yang dikumpulkan oleh sapu. Meskipun saat ini sudah ada alat modern bernama vacum cleaner, sapu dan pengki tetap masih menjadi alat kebersihan utama pada sebuah rumah.
     2.      Sikat
Selain sapu dan pengki, sikat juga menjadi salah satu alat kebersihan yang wajib ada di rumah kita. Sikat ini  bisa dikatakan memiliki kegunaan yang multi-fungsi untuk membersihakn beragam barang atau benda. Sikat sendiri memiliki beragam jenis dan bentuk yang disesuaikan pada fungsinya. Ada sikat halus yang biasanya digunakan untuk membersihkan benda-benda ringan seperti sofa. Namun ada pula sikat kasar yang biasanya digunakan untuk menyikat kotoran yang ada pada lantai maupun kamar mandi.
      3.     Kain Pel
Kain pel juga menjadi alat kebersihan yang wajib kita miliki di rumah kaena fungsinya yang juga bisa dibilang primer. Kain pel memiliki fungsi untuk membersihkan lantai dengan cara mengepel. Lantai yang bersih diketahui menjadi salah satu indikasi kesehatan dari orang yang menempati suatu rumah. Untuk itulah, untuk menjaga lantai agar tetap bersih maka gunakanlah kain pel ini untuk membesihkannya.
      4.      Kemoceng
Alat kebersihan yang wajib ada di rumah selanjutnya adalah kemoceng. Kemoceng  merupakan alat kebersihan yang memiliki fungsi untuk membersihkan debu di perkakas-perkakas di meja atau permukaan lemari. Kemoceng biasanya terbuat dari bulu ayam yang dirangkai pada sebuah tangkai. Namun, saat ini tidak jarang juga kemoceng yang terbuat dari bahan sintetis yang tentunya lebih ramah lingkungan. Nah, fungsinya yang cukup sederhana namun penting ini membuatnya wajib dimiliki di rumah.
      5.      Sapu Lidi
Sapu lidi dan sapu biasa secara umum memiliki fungsi yang sama yakni untuk mengumpulkan kotoran. Namun yang membedakannya adalah tempat penggunaannya yang dikhususkan untuk penggunaan luar ruangan. Seperti namanya, sapu lidi ini memang terbuat dari batang lidi yang dirangkai menjadi sebuah sapu. Fungsinya sendiri untuk mengumpulkan kotoran di luar rumah seperti daun atau bahkan sampah-sampah plastik yang tercecer. Namun demikian, ada pula jenis sapu lidi yang biasa digunakan untuk menyapu kasur. Di mana, biasanya untuk jenis sapu lidi tersebut memiliki volume yang lebih kecil dari sapu lidi biasa.
Itulah tadi beberapa alat kebersihan yang wajib ada di rumah dan harus kita miliki. Meskipun saat ini sudah banyak alat yang lebih canggih, namun berbagai alat sederhana di atas masih tetap menjadi pilihan untuk membersihkan rumah. Salah satu alasannya adalah karena harganya yang sangat murah. Di mana, kisaran harga untuk beberapa alat kebersihan di atas bahkan tidak mencapai Rp 50 ribuan.
Semoga tulisan tentang  Alat Kebersihan yang WajibAda di Rumah ini bermanfaat ya teman-teman :


11 komentar :

  1. Saya ga punya kemoceng hehe, kalau ngelap sukanya pake kanebo :D

    BalasHapus
  2. Ima kalo lg stress, obatnya beres2 Teh Idaaaaaaa...

    BalasHapus
  3. Semuanya penting mbak, hehehhe, biar rumah terlihat makin kinclong dan anggota rumah bisa sehat selalu. #DuniaFaisol

    BalasHapus
  4. Saya ga punya kain pel, biasanya lap lantai pakai daster bekas terus langsung buang ��

    BalasHapus
  5. Saya suka banget ngepel kalo lagi luang

    BalasHapus
  6. Betul bangeet, semua alat itu memang ada di rumah. Semua ada fungsinya masing-masing

    BalasHapus
  7. Saya mah paling males da beres2 teh hihi...

    BalasHapus
  8. Saya lebih suka masak daripada beberes tapi sejak punya baby, rumah sebisa mungkin harus bersih heheh tfs ya Teh

    BalasHapus
  9. Ngomongin sapu lidi sampai bela2in bawa dr kampung cz di bdg nyari susah, byk juga dr bambu yg dibelah krg puas hehe

    BalasHapus
  10. Jadi inget dirumah nggak ada kemoceng, ntar belanja bulanan beli ah..

    BalasHapus
  11. Lengkap, semua ada di rumah. Cuma kadang-kadang malas bersih-bersihnya, Hihihihi

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^