blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

12 Mar 2018

Tips Perawatan Kulit agar Terlihat Cerah dan Cantik


Tips Perawatan Kulit agar Terlihat Cerah dan Cantik  Memiliki kulit wajah yang cerah dan bening adalah idaman semua orang, saat kita bertemu dengan seseorang pertama kali yang kita lihat tentulah wajahnya.  Banyak faktor yang membuat kulit wajah kita tidak terlihat cerah alias kusam,.  Namun bagaimana pun faktor yang penting yang mempengaruhi kecerahan kulit tentulah  perawatan kulit yang tepat sesuai dengan kebutuhan kulit kita.

Banyak orang yang melakukan perawatan kulit dengan pergi ke salon atau pun skin care untuk mendapatkan perawatan kulit yang profesional.   Sebetulnya kita tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk memiliki kulit cerah dan cantik.  Melakukan perawatan kulit dalam kehidupan sehari bisa dilakukan asal kita bisa komitmen dan berdisiplin dalam melakukannya.


Hal-hal yang Menjadi Penyebab Kulit Kusam


Sebelum melangkah pada  Tips Perawatan Kulit agar Terlihat Cerah dan Cantik, ada baiknya kita mengetahui penyebab Kulit Kusam.  Ada beberapa hal yang menjadi penyebab mengapa kulit kita menjadi kusam yaitu antara lain:

  • Kurang Minum Air Putih
  • Paparan Sinar Matahari
  • Genetik
  • Stress
  • Kurang Tidur
  • Make Up yang Salah
  • Pola Makan yang Tidak Sehat
  • Faktor Hormonal
  • Merokok
  • Kekurangan Vitamin A dan B
  • Kurang Bersih Saat Membersihkan Wajah
  • Kurang Pelembab

Setelah mengetahui penyebab mengapa kulit kita kusam, kita pun dapat melakukan antisipasinya hingga bisa menjaga agar kulit kita tidak lagi kusam, tetapi menjadi terlihat lebih cerah dan cantik.

Tips Perawatan Kulit Agar Tetap Cerah:


Minum Air Putih yang Cukup


Tubuh terkena dehidrasi  bisa diselesaikan dengan menambah asupan air putih, minumlah air putih 8 gelas per harinya.  Air putih sangat penting bagi tubuh kita karena berguna agar tubuh terhidrasi dan menjaga kelembaban kulit.  Bahaya dehidrasi dapat mengancam kesehatan kulit hingga membuat kulit terlihat kusam.  Terlebih lagi hal ini diperparah kalau kita sering menggunakan make up tiap harinya,  Jadi asupan air yang cukup di dalam tubuh kita sangat penting, hingga kita harus disiplin minum yang cukup tiap harinya.

Hindari Wajah/Kulit Terlalu Lama Terpapar Sinar UV Secara Langsung.


Agar kulit bisa tetap terlihat cerah dan cantik, kita harus meminimalisir wajah.kulit kita terkena paparan polusi dan sinar Ultra Violet terutama di siang bolong. Di siang hari sinar matahari bisa merusak dan membakar jaringan kulit, sementara di pagi hari sinar matahari menyehatkan, karena sinar UV akan diubah menjadi Vitamin D yang berguna untuk funsi metabolisme kalsium, imunitas tubuh, serta mentransmisi kerja otot dan syaraf.


Gunakanlah tabir surya bila kita beraktivitas di tempat yang sering terkena paparan sinar matahari.  Sebagai tambahan kita juga bisa menggunakan masker dan kacamata ketika berada di jalan raya.


Penting Mengetahui Jenis Kulit Kita dan Cara Membersihkannya



Kondisi kulit setiap orang berbeda, ada yang berminyak, kering, sensitif atau pun normal.  Perbedaan jenis kulit ini berdampak juga pada cara kita membersihkan wajah atau kulit kita.


Untuk kulit wajah kering yang ditandai dengan kulit kasar bersisik dan pecah-pecah:  pilihlah pembersih wajah lembut dan tidak mengandung alkohol karena penggunaan alkohol bisa memperparah kondisi kulit kering.


Kulit berminyak ditandai dengan kondisi kulit mengilap, lengket dan cenderung berpori-pori besar.  Untuk merawat wajah berminyak gunakan pembersih wajah berbusa yang bebas minyak di dalamnya. Untuk membilas wajah disarankan menggunakan air hangat.  Bisa juga menggunakan toner ataupun astrigent untuk mengatasi minyak berlebih tetapi gunakan dengan hati-hati jangan sampai membuat kulit iritasi.

Kulit sensitif ditandai kulit terasa perih, mungkin juga bisa terasa terbakar, rentan mengalami rasa gatal.  Untuk kulit sensitif pilihlah pembersih wajah yang sangat lembut, dan untuk membilas wajah gunakanlah air hangat.  Hindari produk yang mengandung alkohol dan asam.  Gunakan pembersih wajah yang mengandung bahan alami seperti lidah buaya, teh hijau dan gandum.


Hindari Stres


Saat stres tubuh akan memproduksi lebih banyak hormon termasuk salah satunya hormon.  Hormon Kortisol.ini membuat kelenjar minyak menghasilkan lebih banyak minyak yang akhirnya berdampak buruk pada kulit wajah kita.  Inilah penyebab sering dikatakan bahwa stres penyebab jerawat di wajah.  Masalah lain sering stres mengakibatkan menurunnya elastisitas kulit hal ini adalah pemicu penuaan dini pada kulit.

Hormon Kortisol memicu peradangan kulit dan merusak kolagen pada kulit tubuh.  Kerusakan inilah yang mengakibatkan timbulnya bentukan keriput pada usia dini.  Stres juga bisa membuat kita susah tidur, hal ini membuat lingkaran hitam di bawah mata dan gangguan pada proses regenerasi sel-sel kulit tubuh.

Pola Hidup Sehat

 

Hiduplah secara sehat, tidur yang cukup, makan dan minum yang halal dan baik.  Banyaklah mengosumsi buah dan sayur yang banyak mengandung serat.  Jauhilah dari rokok, baik itu sebagai perokok aktif atau pasif.  Jangan mengosumsi minuman beralkohol, bila ingin mengosumsi susu pilihlah susu dengan kadar lemak yang rendah.  Seringlah makan di rumah, jangan terlalu sering makan di restoran terlebih makanan siap saji atau junk food. Selain itu berolah raga lah dengan teratur karena saat berolah raga kelenjar keringat banyak memproduksi keringat dari pori-pori kulit.

Saat memproduksi keringat, kotoran-kotoran yang terkunci di dalam pori-pori ikut terdorong keluar oleh keringat sehingga pori-pori kembali bersih dan segar.  Sirkulasi oksigen yang lebih lancar ketika berolah raga akan membuat kulit di tubuh dan wajah lebih cerah dan bersinar.

Menggunakan Moisturizer atau Suncreen


Penggunaan sunscreen saat akan beraktivitas akan melindungi kita dari paparan sinar matahari, selain itu beberapa kandungannya pun akan menutrisi kulit kita.  Untuk kegiatan di dalam ruangan cukup menggunakan mosturizer, ini akan membantu menjaga kelembaban kulit kita. Untuk kulit berminyak gunakanlah sunscreen dalam bentuk gel karena kandungan air yang ada di dalamnya menjaga keseimbangan minyak di wajah.

Itulah beberapa tips yang bisa kita lakukan di rumah tanpa harus melakukan perawatan mahal ke skin care atau ke salon.  Mencegah lebih baik dan lebih mudah daripada mengobati, oleh karena itu, berdisiplin lah dalam menjaga kesegaran dan kesehatan kulit kita. Semoga tulisan Tips Perawatan Kulit agar Terlihat Cerah dan Cantik ini bermanfaat ya teman-teman.... :)


23 komentar :

  1. Akhir2 ini saya merasakan kulit agak kusam. Selain karena agak malas beberes wajah, heheheh beberes, kayaknya kebanyakan begadang juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe iya saya juga belum bisa meninggalkan begadang kadang :)

      Hapus
  2. Kadang minum air nputih saya mah suka males, padahal itu bagus ya untuk kulit

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe iya sama saya juga kadang malas :)

      Hapus
  3. Menghndari sinar matahari langsung ini kadang sulit. Kalo jemput anak sekolah, duh panasnya MasyaAllah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pake masker, kacamata hitam terus helmnya kacanya dipakai juga hahaha//

      Hapus
  4. minum air putih itu simpel banget ya teh cuman komitmennya buat konsisten berapa liter perhari yang berat hahaha..padahal udah banyak yang buktikan kalau minum air putih itu bermanfaat :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya saya juga ga kuat kalau hrs sampai 8 liter sehari .hiks..

      Hapus
  5. Wah makasih tipsnya Teh, kadang suka males perawatan saat rempong ngurus anak huhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi iya anak emang harus diutamakan :)

      Hapus
  6. sunscreen sih yang paling penting. Kalau ga terlindungi kulit jadi malah cepet tua dan suka nimbulin bercak.

    BalasHapus
  7. PR banget nih aku suka kurang minum air putih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe iya nih minum air putih kadang ga bisa sampai 8 liter :)

      Hapus
  8. Sunscreen itu pentiiingg banget..
    Sejak usia 30an, saya selalu milih kosmetik yang ada SPFnya, meskipun tetep pakai sunscreen :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ya Teh ternyata penting itu :)

      Hapus
  9. yang penting gak kusam ya, kalau putih atau hitam sih sudah dari sononya ya

    BalasHapus
  10. Duh urusan merawat kulit ini pr banget ya..makasih dah diingetin lg teh ida..saya masih suka males bersihin wajah hihi �� butuh komitmen dan disiplin yes

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kudu rajin Teh, jangan sampai keburu tua seperti teteh xixixi

      Hapus
  11. dulu saya jerawatan banget tapi setelah nikah dan melahirkan alhamdulillah berkurang banyak, berarti jerawat hormon ya. Saya masih nyari sunblock yang cocok untuk kulit berminyak apa ya mak?

    BalasHapus
  12. saya dulu kulit saya berminyak sekali tpi setalah rutin perawatan wajah alhamdulillah sudah berkurang..

    BalasHapus
  13. Kadang saya suka cuek aja panas2an, males pake sunscreen atau payung, jdnya gini deh, kusam...

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^