**/ Cerita Ida : Kain Jersey, Bahan Kerudung yang Cocok untuk Si Pecinta Olahraga

blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

27 Apr 2018

Kain Jersey, Bahan Kerudung yang Cocok untuk Si Pecinta Olahraga


KainJersey, Bahan Kerudung Cocok untuk Si Pecinta Olahraga

Bahan Kerudung    Ceritanya Tiga Emaks Petualang akan kembali berpetualang nih. Traveling nanti tak jauh dari sekitar treking, diving, dan snorkeling  so persiapan fisik alias berolah raga harus terus dilakukan.  Sempat bingung juga cari kerudung  yang cocok buat berolah raga.  Ada banyak sekali jenis kain yang digunakan sebagai bahan kerudung.  Salah satu dari jenis kain tersebut adalah kain jersey yang biasa digunakan untuk bahan kerudung  yang banyak diminati di pasaran. Sebagian bahan kerudung dari kain ini ternyata  dipakai untuk hijab olahraga, karena terbuat dari bahan yang ringan, elastis, lembut serta dapat menyerap keringat dengan baik. Selain itu hijab dari kain ini juga sangat cocok untuk dipakai sehari – hari.

Kain jersey merupakan kain yang terbuat dari bahan yang berjenis tekstil rajutan yang terdiri dari serat sintetis dan serat katun. Kain jenis ini memiliki ciri khas yaitu tidak berbulu, lebih tebal dibandingkan dengan jenis kain lainnya seperti spandex rayon, serta termasuk kain katun yang stretch. Lalu apa sajakah jenis-jenis kain jersey untuk bahan kerudung ini? Jadi penasaran  engga sih...hihi.... Yuk, simak ulasan tentang jenis kain jersey berikut ini.

Kain Jersey, Bahan Kerudung Terbaik untuk Hijaber yang Suka Olahraga

Yang pertama adalah kain jersey high twist, kain jenis ini memiliki rajutan kain yang rapi dan nampak mengkilap.  Selain itu kain ini terbuat dari bahan campuran sintesis, seperti bahan poliester yang membuat kain ini agak panas namun tidak mudah kusut. Bahan kerudung dari kain jersey ini memiliki puluhan pilihan warna serta harga yang terjangkau. Hal ini membuat bahan kerudung jersey sangat diminati di pasaran.
Selanjutnya, ada bahan kerudung dari kain spandex jersey yang lebih dikenal dengan sebutan spandex korea atau spandex ITY/ATY. Kain jenis ini sangat diminati di pasaran karena memiliki kualitas yang paling bagus di antara jenis kain jersey yang lain. Selain itu harganya pun jauh lebih mahal. Namun hal itu juga sebanding dengan kenyamanan saat dipakai sehari-hari maupun berolahraga. Jika ingin mengetahui kualitas kain tersebut,  Teman-teman bisa melihatnya dari quality control yang ada pada gelondongan kain.
Kain spandex jersey ini memiliki ciri-ciri khusus yaitu adem saat disentuh, kainnya jatuh, lembut dan tidak kasar serta tidak mengkilap. Lalu ada bahan kerudung dari kain jersey stela. Jersey stela ini memiliki ciri khas yaitu sedikit licin jika dibandingkan dengan kain spandex ITY, kainnya adem ketika dikenakan, bahannya lembut dan jatuh, tidak mengkilap serta jika dilihat secara detail terdapat serat katun.
Bahan kerudung selanjutnya ada kain jersey Etiway. Kain ini memiliki karakteristik yang sedikit agak mengkilap, serat kain pun tidak terlalu rapi, terbuat dari bahan yang jatuh serta cukup adem saat dipakai.
Ada jenis kain jersey yang lain untuk bahan kerudung yaitu jersey scarlet dan serly. Kedua jenis kain tersebut bisa terbilang paling murah dipasaran. Cirinya adalah bahannya sedikit dingin, serat kain terlihat renggang dan tidak rapi, kainnya juga kasar saat disentuh serta warnanya tidak terlalu terang.
Yang terakhir adalah kain jersey serena. Kain ini biasanya cenderung digunakan untuk seragam atau pakaian olahraga karena memiliki tekstur yang padat dan lembut. Jenis kain jersey yang satu ini memiliki karakteristik yang memiliki stretch yang bagus, adem saat dipakai, bahannya lembut dan jatuh, dan mudah kering, cocok dijadikan sebagai bahan kerudung.
Setelah kita mengetahui jenis-jenis kain jersey di atas, ternyata banyak sekali jenisnya serta memiliki karakteristik yang berbeda pula. Untuk itu, kita harus cermat memilih jenis kain jersey mana yang cocok untuk digunakan sebagai bahan kerudung. Agar kita tetap nyaman saat menggunakannya ketika berolahraga.  Apalagi buat traveling saya nanti yang banyak berolah raga di alam terbuka, , di pantai dan di laut serta treking ke hutan,  tentu pilihan bahan kerudung harus betul-betul membuat nyaman dengan kondisi tersebut.  
Tulisan Kain Jersey Bahan Kerudung yang Cocok untuk Si Pecinta Olahraga ini mudah-mudahan bermanfaat ya buat teman-teman.   Terutama yang sedang kebingungan mencari bahan kerudung untuk berolah raga seperti saya.  Nah setelah membaca artikel ini kain apa sih yang menjadi pilihan teman-teman ?  :)


22 komentar :

  1. Kirain jersey cuman di kaos dan celana olah raga aja, ternyata bisa dijadiin sebagai jilbab juga ya. Kalau dari segi perawatan, ada perawatan khusus gak sih mbak dalam merawat pakaian berbahan jersey ketimbang lainnya? Atau apa sama saja?

    BalasHapus
  2. semakin banyak saja jenis kain baru yang mendukung aktivitas para hijabers, adem aja gitu liat mba mba hijabers yang suka olahraga, hehehe

    BalasHapus
  3. Aku ga hafal nama kain2 teh, tapi semacam jersey tau. Kalo olahraga aku pake khusus hijab buat olah raga, entah nama kainnya apa hahah, yg penting ga panas dan bahannya dry clean..

    BalasHapus
  4. Kalau saya kurang suka sama bahan jersey, kayak agak melepet gitu di badan. Lebih sukanya katun, jadi nggak terlalu ngebentuk.

    BalasHapus
  5. Bener kain jersey enakeun untuk kerudung, gampang diaturnya jadi ga riweh pas pake kerudungnya yah

    BalasHapus
  6. Terima kasih artikelnya sangat bermanfaat, kalau kita tidak tahu memilih kerudung yang tepat untuk olahraga menyebabkan kulit kepala kita gatal karena keringat

    BalasHapus
  7. Yang buat saya bingung ini kalau mau beli bagusnya dimana? Sekalian rekomendasikan juga dong penjualnya :)

    BalasHapus
  8. berolahraga memang perlu bahan-bahan yang nyaman biar ga merepotkan disaat gerak-gerak

    BalasHapus
  9. Kalo liat peluang pasar, kayaknya NIKE memang jagonya ya. Tahun lalu mereka sudah launching kerudung khusus untuk olahraga/atlet dengan harga yang lumayan merogoh kocek yang dalam. Yang pasti sih nyaman produk yang memakai jerser/spandek ini untuk olahraga.

    BalasHapus
  10. Bahan jersey biasanya pilihan yang aman buat dipakai sehari-hari maupun ke acara penting.

    Aku pun ada beberapa koleksi jilbab yang berbahan jersey.

    BalasHapus
  11. cantik banget mba.. cantik kerudungnya dan cantik mbaknya.. rekomended ini buat olah raga

    BalasHapus
  12. Saya jadi dapat ide nih dari Mba Ida, saya dapat ide klo kerudung kain jersey ini sebagai kado untuk seseorang yang sekarang senang berolahraga.

    BalasHapus
  13. Wah ternyata kain Spandex banyak macamnya ya. Karena selama ini tahunya hanya Spandex aja. Iya benar buat olah raga memang harus yang nyaman dan menyerap keringat ya

    BalasHapus
  14. Saat olahraga, penting banget ya memakai pakaian yang nyaman, termasuk kerudung bagi yang berhijab :)

    BalasHapus
  15. Pasti harus nyaman dan menyerap keringat. kalau dibuat olahraga harus ngikut dan yang paling penting dapet enutup aurat ya mbak. Sudah banyak juga yang menjual dengan berbagai pilihan

    BalasHapus
  16. Kalau kerudung yg bahannya panas suka gak gerah kalau pas dipakai olahraga ya Teh. Jersey mah adem aja

    BalasHapus
  17. wah hrs dicoba, hrs bisa nyerep keringat ya

    BalasHapus
  18. saya belum punya kerudung dari bahan jersey Mba, selama ini pake kerudung kebanyakan bahannya katun. Nanti coba beli yang bahan jersey juga ahhh :)

    BalasHapus
  19. Klo buat olahraga harusnya yang simple simple aja ya mba, yg jelas gampang keringat nyerapnya. Biar lebih nyaman ya bahannya mesti lembut.

    BalasHapus
  20. Saya pernah pakai kerudung berbahan jersey, memang adem dipakai mbak apalagi kalau buat olahraga. Cara merawatnya pun gak ribet dan gak perlu digosok ��

    BalasHapus
  21. sekaranng semakin banyak inovasi pilihan kerudung. jd ngga perlu bingung.

    BalasHapus
  22. sha paling suka kain jersey kalo buat kerudung instan teh :)

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^