**/ Cerita Ida : Buka Puasa yang Sehat dan Islami

blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

19 Mei 2018

Buka Puasa yang Sehat dan Islami



Buka Puasa yang Sehat dan Islami    Alhamdulillah akhirnya Allah SWT menyampaikan kita pada bulan yang penuh rahmat ini.  Berapa banyak orang yang tidak sampai pada bulan ini, karena waktu hidup di dunia sudah habis.  Beberapa hari menjelang Ramadhan ada tetangga dekat saya yang meninggal, jadi bersyukur sekali bisa sampai di bulan ini.

Buka Puasa yang Sehat dan Islami


Rasa syukur kita karena telah Allah SWT sampaikan di bulan suci ini harus kita implementasikan dengan cara memanfaatkan bulan diskon dari Allah ini dengan sebaik-baiknya.  Target dari bulan Ramadhan adalah agar kita menjadi individu yang bertakwa.  Lebih berhati-hati dalam menjalani kehidupan ini, agar sesuai dengan perintah Nya dan menjauhi laranganNya.  Salah satu langkah awalnya adalah berusaha berbuka puasa sesuai dengan sunnah Rasulullah SAW, ini artinya kita telah menjalankan buka puasa yang sehat dan Islami.

Buka Puasa yang Sehat dan Islami itu bagaimana sih?  Ini penting lho. karena puasa itu menyehatkan kalau kita lakukan sesuai dengan perintah Allah SWT.  Baik itu dari lahiriah nya berupa menjaga makan dan minum maupun dari batiniah kita.  Dan dari sisi batiniah nya kita belajar untuk selalu membersihkan hati kita agar menjadi pribadi yang berpikiran positif.  Memandang orang lain dan lainnya tidak melihat dari sisi negatif terus menerus.

Banyak diantara kita yang mampu menjaga diri saat berpuasa, tetapi ketika berbuka malah jadi tidak mampu mengendalikan diri dengan mengosumsi berbagai makanan dengan berlebih-lebihan, istilahnya mungkin balas dendam ya... 

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat kita berbuka yaitu:


Pilihlah makanan yang  halal dan baik.  



“Dan makanlah makanan yang halal lagi baik (thayib) dari apa yang telah dirizkikan kepadamu dan bertaqwalah kepada Allah dan kamu beriman kepada-Nya”  (Al Maidah " 88)


Jadi syarat pertama makanan yang kita konsumsi harus makanan yang halal, baik cara mendapatkannya maupun jenis makanannya.  Sedangkan makanan thayib atau baik adalah makanan yang kita konsumsi bermanfaat bagi tubuh kita.



Tidak Berlebih-lebihan



Rasulullah mengajarkan kepada kita untuk berhenti makan sebelum kenyang artinya di sini Rasulullah mengajrkan kita untuk tidak berlebih-lebihan dalam makan.  Rasulullah mencontohkan berbuka dengan segelas air putih dan 3 buah kurma.  

Makan dan minumlah kalian, namun jangan berlebih-lebihan (boros) karena Allah tidak mencintai orang-orang yang berlebih-lebihan”. (Al-A’raf:31).


Menyegerakan Berbuka dan Mengutamakan Sahur



Prinsip di dalam Islam adalah menyegerakan berbuka, jadi tidak boleh menunda-nunda berbuka.  Lalu meskipun kita merasa kuat berpuasa tanpa sahur tapi kita harus melakukan sahur itu karena di dalam sahur ada keberkahan.

Bersahurlah kalian karena dalam bersahur terdapat keberkahan.(HR Bukhori)


"....Dan makan dan minumlah hingga jelas bagimu benang putih dari benang hitam (yaitu fajar)... (QS:  Al Baqoroh 187)


Makanlah Sambil Duduk


"Sesungguhnya beliau melarang seseorang minum sambil berdiri".  Qatadah berkata "Bagaimana dengan makan?"  Beliau menjawab "Itu lebih buruk lagi"  (HR Muslim dan Turmidzi)

Dr. Abdurrazzaq Al Kailani berkata:  "Makan dan minum sambil duduk, lebih sehat, lebih selamat, dan lebih sopan, karena apa yang diminum atau dimakan oleh seseorang akan jatuh pada dinding usus dengan perlahan dan lembut"    

Minum sambil berdiri akan menyebabkan jatuhnya cairan dengan keras ke dasar usus.  Jika hal ini terjadi berulang-ulang dalam waktu lama maka akan menyebabkan melar dan jatuhnya usus.

Sekarang banyak sekali orang yang melalaikan anjuran Rasulullah ini, makan sambil berdiri bahkan berjalan-jalan padahal dalam jangka panjang itu berbahaya bagi tubuh kita.  Apa yang diperintahkan oleh Rasulullah adalah hal yang terbaik untuk kita.



Pilihlah makanan dan minuman yang berbau manis tidak berlebihan


Banyak jajanan manis yang tidak sehat untuk tubuh, makanan yang terlalu manis harus dihindari terlebih lagi untuk penderita diabetes karena sangat berbahaya,  Lebih baik lagi kalau kita mengosumsi makan dan minum yang manis dari pemanis alami seperti buah-buahan.  Makannlah makanan yang mengandung gizi yang seimbang yang sesuai dengan kebutuhan tubuh kita.

Itulah beberapa tips Buka Puasa yang Sehat dan Islami, dengan mengikuti contoh Rasulullah dalam berbuka merupakan langkah awal bagi kita menjadikan Ramadhan kali ini lebih baik lagi dan kita berdo'a semoga target menjadi insan bertakwa dapat kita raih.


32 komentar :

  1. Bener, tidak berlebih - lebihan. Kebanyakan pas mau buka puasa semua dibeli, yang rasa ini yang rasa itu semuanya dibeli, pas buka kekenyangan deh hehee

    BalasHapus
  2. "Tidak Berlebih-lebihan"

    Rrr.. Pas buka puasa pertama lalu kayaknya saya lebay deh 😂 dan bener aja, pas shalat maghrib rukuknya susah karena perut menggembung, shalat tarawih juga kurang fokus karena ngantuk akibat kekenyangan.. Hahahaha, pelajaran nih..

    BalasHapus
  3. Bener banget teh, puasa kan untuk menahan diri tapi malah segala diadakan dan berujung boros, hehe

    BalasHapus
  4. Kebiasaan jaman sekarang, tempat kuliner menjamur dimana-mana menjajakan makanan buat buka puasa, dan berhasil merangsang hawa nafsu untuk beli macam2. Padahal Rasulullah mengajarkan untuk tidak berlebih2an.... sedih.

    BalasHapus
  5. Neyna juga lagi belajar al-mahfudzot janganlah minum sambil berdiri jadi setiap liat orang yang minum berdiri dia selalu bilang bun itu teh ga boleh kan yah 😁

    BalasHapus
  6. makasih tipsnya buu, sangat bermanfaaat

    BalasHapus
  7. Aku mah puasa ga puasa makannya dikit, ga berlebihan Teeh. Iya nih makasih pisan tipsnya, kadang emang sebagian orang kalo buka suka kalaap yaa haahah

    BalasHapus
  8. Padahal kalau yang Islami ini dilakukan, manfaatnya banyak ya Mbak. Terutama buat kesehatan. InsyaAllah, puasa pun bisa nggak gampang ngedrop.

    BalasHapus
  9. Kadang orang lupa apa makna puasa ya Mbak. Menahan diri, menahan hawa nafsu. Eh malah seringnya bikin/masak macem2 pas puasa, atau beli ini-itu yang jatuhnya pemborosan, mengumbar hawa nafsu :(

    BalasHapus
  10. Kalau lagi puasa memang pengennya makan ini itu pas buka, eh, padahal pas buka baru makan dikit udah kenyang

    BalasHapus
  11. Bener, tidak berlebih - lebihan. Kebanyakan pas mau buka puasa semua dibeli, yang rasa ini yang rasa itu semuanya dibeli, pas buka kekenyangan malah nggak enak di perut

    BalasHapus
  12. Tidak berlebihwn sih oke, tapi kalau mengikuti anjuran dokter2 supaya makan lagi sebelum tidur gara2 lg Hamil ituuuuu yg g kukuuuuu... Dan kurma itu bener2 penambah tenaga banget yaaaa masyaa allah

    BalasHapus
  13. Alhamdulillah, saya berbuka dan sahur secara islami. Anak2 nih yg kdg masih suka berlebih-lebihan. Tapi, aku juga dulu Ada masa begitu. Semoga nanti anak2 juga mengerti.

    BalasHapus
  14. Dulu, waktu masih kecil, waktu berbuka adalah waktu yang paling menyenangkan karena bisa makan jajanan macam-macam hingga kenyang banget (balas dendam, ceritanya) tapi seiring berjalannya waktu dan bertambahnya usi, menu berbukanya semakin sederhana, sepotong kue + segelas teh manis rasanya sudah cukup

    BalasHapus
  15. Nah, ini noted penting. Jangan buka puasa segala di hajar yaa, harus sesuai adab dan aturan

    BalasHapus
  16. makasih mbak udah di ingetin. secara biasa kabita alias kalap membabi buta, semua mau dibeli, semua mau dimakan. haha

    BalasHapus
  17. Tidak berlebihan ini jadi catatn banget. Kadang kalau buka puasa bawaannya pengen semua di makan. kalau perut penuh, habis itu malas menyegerakan magriban. Waduh...

    BalasHapus
  18. Aku masih suka lalai, Teh. Minum suka sambil berdiri hiks

    BalasHapus
  19. Emang sebaiknya jangan berlebihan saat buka khawatirnya operut kaget dan gak bagus jg buah kesehatan hehe.
    Kalau berbuka dengan yang manis biasanya sih milih kurma jg atau makanan lain tapi yg gk manis2 amat sih :D

    BalasHapus
  20. Saya juga suka pusing, di rumah saat puasa bukannya turun berat badan malah terus tambah. Ternyata karena sajian berbukanya lebih banyak ke gorengan dan yang manis-manis. Tahun ini mulai menata menu berbuka dengan kurma dan air putih.

    BalasHapus
  21. Pas puasa itu selain lapar perut, sering bgt lapar mata . Pas mau buka segala makanan dibeli,taunya gak kemakan. Jdi hrus ingat jgn berlebih2an.

    BalasHapus
  22. Terima kasih teh Ida tuk remindernya..terkadang memang godaan setelah berbuka puasa dengan makan segalanya itu yang bikin jadi puasa kita ga sehat ya.

    BalasHapus
  23. Aku sih biasanya buka cuma pakai takjil, trus makan berat nya nanti habis tarawih. Gak kuat kalo langsung makan besar.

    BalasHapus
  24. Benar banget mbak, berbuka pun harus memperhatikan adabnya. Jangan sampai karena lapar sehingga lupa bagaimana buka yg benar

    BalasHapus
  25. Makasih sudah diingatkan Teh,
    Anak2 tuh biasanya kalo mau buka puasa suka rada kalap dan semua pengen dibeli hehehe

    BalasHapus
  26. makasih teh sudah diingatkan :)
    semoga puasa kita lancar, aamiin

    BalasHapus
  27. Memang lebih baik berbuka dengan tidak berlebihan ya, Teh. Pengalaman saya juga, kalau udah minum segelas air, rasa lapar pun hilang :))

    BalasHapus
  28. ternyata banyak juga ya yang harus kita perhatikan terkait makan yang sehat dan islami. terimakasih tipsnya :)

    BalasHapus
  29. Kebiasaan di kampung, buka puasa langsung makan nasi, adapun takjil belakangan menyusul hahahah....kebiasaan ini, kata mereka, kalau takjil lebih awal maka makan nasinya sudah gak napsu.

    BalasHapus
  30. Setujuuu.... manis secukupnya aja. Manis yang berlebihan nggak baik buat kesehatan. Apalagi kalo cuma manis aja tapi nggak sayang. Eh....

    BalasHapus
  31. Makanya suka galau kalau buka puasa all you can eat di hotel, semuanya menggiurkan hihihi

    BalasHapus
  32. Informasinya bermanfaat ini...artikelnya juga bagus..

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^