**/ Cerita Ida : Tips Strategi Survive dalam Bisnis Online

blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

9 Sep 2018

Tips Strategi Survive dalam Bisnis Online

Tips Strategi Survive dalam Bisnis Online  Pucuk dicinta ulam pun tiba, mungkin pribahasa itu tepat mengungkapkan perasaan saya, saat diundang di acara Digital Breakfast #5  dengan tema Tren E-Commerce di Indonesia dan How to Survive di Tengah Persaingan Berdarah-Darah yang dibawakan Kunto Wiyoga dan Optimalisas Omset Jualan Online Cukup Lewat Aplikasi Pembukuan Canggih oleh Lukman Bijak Bestari.  Acara ini diadakan di Lo.Ka.Si Coffe and Space  Jalan Ir H Juanda No 92 Bandung pada hari Jum'at 7 September 2018 yang lalu.

Konon kabarnya penduduk Indonesia sekarang sudah mencapai 262 juta orang dan lebih dari 50% nya atau sekitar 143 juta orang terhubung dengan internet.  Eh ini bukan konon deng, ini menurut data yang dimiliki APJII atau Asosiasi Penyelengga Jasa Internet Indonesia. Insya Allah cukup akurat dong ya karena dikeluarkan oleh lembaga yang terkait langsung.  Katanya Lebih dari 72 % nya berasal dari kalangan urban yang mana pemanfaatan internetnya bukan hanya untuk komunikasi tapi juga membeli barang, berbisnis, berkarya hingga memesan transportasi.

Jumlah pengguna internet sebesar itu tentu saja menjadi sebuah potensi  atau  peluang besar untuk  berbisnis ria di dunia maya.  Itulah mengapa jumlah pebinis online kian hari kian bertambah jumlahnya.  Penjualan melalui e-commerce di Indonesia berkembang cukup pesat di triwulan pertama tahun 2018 sudah mencapai 450 juta pengunjung.  Angka yang cukup fantastis ya...?

Masalahnya ternyata meski pembeli begitu berlimpah tetapi persaingan perdagangan online di dunia maya cukup ketat. Setidaknya itu yang saya rasakan saat ini.   Meski telah berupaya hadir di dunia maya melalui fesbuk dengan teman tertarget, ribuan follower di IG dan website dengan konten yang berhubungan dengan produk dan viewer bisa mencapai 3000 per hari tetap saja penjualan kami belum banyak. Apa yang salah..?  Dan jawabannya mulai terkuak saat saya mengikuti acara ini....

Para peserta asyik menyimak


Trend E- Commerce di Indonesia & How to Survive di Tengah Persaingan Berdarah-Darah


Adalah Kunto Wiyoga founder dari Panen Maya Digital sebuah konsultan jasa digital marketing, website development, media planning, e-commerce, online advertising dan app development.  Pada kesempatan acara Digital Breakfast # 5 membawakan materi seputar trend e-commerce tips, cara dan strategi yang baik untuk sukses mengoptimasi penjualan kita.

Kang Yoga sedang memberikan pencerahan

Lulusan Teknik Sipil ITB tahun 1997 ini memaparkan bagaimana trend e-commerce di Indonesia saat ini dan bagaimana kita  bisa survive menghadapi persaingan di era globalisasi ini.  Ada beberapa hal yang Kang Yoga sampaikan diantaranya adalah untuk menjadi entrepreneur digital tidak perlu menjadi Superman tapi harus  menjadi Avenger.  Ini artinya produsen tidak harus menjual sendiri produknya tapi serahkan bagian penjualan itu pada ahlinya dengan bermitra dengan olshop / marketplace lain minsalnya.

Sepertinya bermitra dengan marketplace ternama di Indonesia merupakan cara yang paling mudah menjadi pesbisnis online.  Hal ini dibuktikan dengan banyaknya visitor yang melakukan transaksi di marketplace ternama tersebut.  Dengan bisnis online ini juga terjadi trend baru dalam belanja.  Dimana belanja yang biasanya didominasi kaum wanita namun  kini kaum pria pun turut aktif berbelanja.  Bahkan di beberapa marketplace seperti Tokopedia dan Bukalapak prosentase pembeli pria ternyata lebih bayak.

Untuk terjun di dunia jualan online kita harus mampu bertahan dalam persaingan yang memang luar biasa ketat. Menurut Kang Yogi ada beberapa yang dilakukan pelaku bisnis online yaitu

  • Identify
  • Develop
  • Respon
  • Engange
  • Accelerate


Identifikasi dilakukan dengan cara banyak mengamati dan mencari inspirasi.  Salah satunya adalah dengan melakukan window shopping agar mengetahui kelebihan dan kelemahan bisnis kita.

Develop dilakukan dengan cara membangun dan mengembangkan layanan kita misalnya dengan menambahkan akun chat pada website kita hingga bisa berinteraksi dengan mudah dengan calon pembeli yang otomatis mempermudah calon pembeli kita hingga merasa terlayani dengan baik.  Tak perlu aktif di semua media sosial tetapi yang  penting bisa fokus di beberapa media seperti FB dan IG.

Respon dilakukan dengan cara memberikan respon yang baik kepada calon pelanggan kita. Kang Yoga menyebutnya sebagai sharing sharing dahulu selling selling kemudian :)

Engagement  diartikan sebagai hubungan atau keterikatan.  Hubungan dengan pelanggan sangat penting untuk menumbuhkan bisnis kita.  Menjaga engangement dalam arti mempertahankan. Engagement dilakukan dengan cara memberi perhatian lebih terhadap apa yang dibutuhkan pelanggan.

Accelerate   meningkatkan kinerja media sosial kita sehingga semakin memudahkan kita dalam bekerja.  Misalnya di website toko online kita menambahkan tools yang mengelola semua kanal penjualan online dalam satu dashboard hingga membuat kerja kita efektif dan efesien.

Kelima hal itu harus dilakukan agar para UKM bisa bersaing dalam bisnis online.  Untuk bisa bertahan dalam persaingan bisnis online dan bertahan di tengah persaingan bisnis digital yang super ketat ini pelaku UKM juga harus mempunyai pembukuan yang rapi dan bisa digital asset.

Optimalisasi Jualan Online Cukup Lewat Aplikasi Pembukuan Canggih


Banyak para pelaku UKM yang sudah sukses berjualan namun tidak bisa merasakan hasilnya, hal ini disebabkan karena para pelaku UKM itu belum mempunyai pembukuan yang rapi.  SolusiUKM sebagai rumah digital pelaku Usaha Kecil Menengah bekerja sama dengan Coconut Indonesia berupaya membantu pelaku UKM Indonesia bisa membangun digital asset dan menyadari pentingnya pembukuan.

SolusUKM memahami bahwa salah satu faktor keberhasilan usaha tidak hanya ditopang oleh seberapa bagus produk, seberapa keren strategi marketing yang dilakukan tetapi juga seberapa rapi pencatatan penbukuan usahanya.  Untuk itu SolusiUKMCom menggandeng perusahaan developer ternama di Indonesia bernama PT CPSSoft yang sudah berdiri selama 17 tahun dengan brand Accurate  membuat software solusi rapi pembukuan.

Dalam aplikasi rapi pembukuan yang diberi nama Accurate Online itu juga menghadirkan fitur Online Consultation yang menggandeng praktisi keuangan, perpajakan hingga profesional di bidang digital marketing sehingga para UKM bisa naik kelas dan melek secara digital.


Accurate Online


Accurate Online (AOL) adalah software akuntansi berbasis cloud  yang membantu para penggiat UKM & UMKM menuntaskan masalah laporan keuangan usaha mereka.  Berbagai macam laporan keuangan yang dibutuhkan untuk menunjang operasional usaha UKM & UMKM dapat disajikan dengan baik oleh software Accurate Onlilne ini.  Laporan itu disajikan secara instant setelah input pemasukan dan pengeluaran dilakukan.

Sangat memudahkan ya, para pelaku UKM & UMKM tak perlu lagi meng hire tenaga konsultan keuangan untuk membuat laporan keuangan usahanya.  Bahkan Accurate Online pun bisa melakukan pemotongan pajak otomatis pada laporan keuangan yang dibuatnya.  Mulai dari PPh 21, PPh 23, PPN dan juga PPH 4 ayat 2.

Jangan salah, AOL pun terintegrasi langsung dengan faktur perpajakan seperti e-faktur dan e-PPH 21/26.  Hal ini tentu saja memudahkan pelaku UKM dalam membuat laporan pajak bismis UKM & UMKM.

Wah asyik ya dengan Accurate Online para pelaku dapat melihat laporan keuangannya secara instant.  Sangat memudahkan, jadi efektif dan efesien juga, dengan laporan keuangan yang dihasilkan AOL ini para pelaku bisnis bisa menganalisa laporan keuangan tersebut hingga bisa melihat progres dari usahanya secara akurat dan cepat.

Singkatnya dengan Accurate Online ini maka pelaku UKM / UMKM dimudahkan karena :


  • Lebih memudah memanage pekerjaan pembukuan perusahaan
  • Efisiensi Waktu
  • Mengontrol pekerjaan pembukuan perusaan kapan saja dan dimana saja
  • Membuat laporan pajak (e Faktur, bukti potong PPH23 PPH Badan) tanpa perlu input berulang.


Tunggu apalagi yuk gunakan Accurate Online untuk kemajuan dan kelancaran usaha kita :)



43 komentar :

  1. Keren tipsnya mba, zaman sekarang emang kudu lebih inovatif jika ingin survive dari serbuan persaingan yang menakutkan hehehe.

    BalasHapus
  2. Mba.. kebetulan aku sedang merintis bisnis online.. artikel ini sangat bermanfaat banget aku.. angguk-angguk bacanya.. step by stepnya sangat jelas dan semoga aku bisa menjalankan semuanya dengan baik ya mba.. dan bisa survive!. aamiin

    BalasHapus
  3. Bukan asal ikut-ikutan ya kalau mau terjun di bisnis online. 5 hal penting di atas harus paham ya mba

    BalasHapus
  4. Acaranya keren. Aplikasinya membantu sekali ya teh.. Apalagi kalau bisnisnya udah banyak pelanggan dan perlu banyak bikin invoice, laporan dll

    BalasHapus
  5. Sebelumnya pernah tahu software akutansi namanya Zahir, ini ada lagi dan cloud pula. Keren banget untuk UKM sehingga lebih tertata urusan akutansi dan keuangan

    BalasHapus
  6. wah aplikasi kece nih teh membantu banget dalam urusan pembukuan yah, keren.

    BalasHapus
  7. Wah..menanti banget ini ya
    , Apalagi untuk pengesahan baru yang merasa kesulitan dalam soal pembukuan usaha...

    Nah yang berbisnis wajib pakai aplikasi ini..

    BalasHapus
  8. Waktu ikut pelatihan wirausaha baru jabar kemarin ada juga materi ini. Ukm dan umkm sekarang dituntut harus sudah selangkah lebih maju ya...

    BalasHapus
  9. Waah skrg ga pusing lagi utk buat laporan keuangan ya. Jelas dan rinci karena dibantu aplikasi accurate.

    BalasHapus
  10. Jd pengen ngeOS hahaha. DUlu tu aku catat2 manual aja, trus ada masanya malas catat, Ya akhirnyta amburadul. Thanks sharingnya mbk Ida :D

    BalasHapus
  11. klo sudah software seperti ini pebisnis bisa fokus untuk perkembangan bisni, untuk keuangan bisa mengunakan Accurate Online

    BalasHapus
  12. Sedang.survei pengen bisnis online, belum ada nyali,. hehehe.
    Bagus ada Accurate online, pengusaha bisa fokus enggak keganggu

    BalasHapus
  13. Persaingan berdarah-darah, hehe boleh juga tuh bahasanya menggambarkan perkembangan ecommerce di Indonesia yg makin pesat aja.

    Aku juga punya onlineshop, tapi uda mati suri. .Hehe hidup segan mati tak mau. Soalnya kalah sama produk2 yg dijual seleb..

    BalasHapus
  14. Konsepnya keren. Gak cuma buat bisnis aja nih. Bisa diadopsi juga buat dunia kerja yang lain. Catet ah. Jadi inspirasi.

    BalasHapus
  15. softwarenya mau dong, ada yang gratiss seterusnya gak? hehe..cari yang gritongan

    BalasHapus
  16. Bertempat tinggal jauh dari perkotaan sepertinya bisa juga ya memulai bisnis online, dengan memanfaatkan peluang dan potensi yang ada

    BalasHapus
  17. Wih membantu banget yah aplikasinya, bahkan sampai bisa membuat laporan pajak yang kadang kalau manual masih sering salah hihi

    BalasHapus
  18. Makasih infonya.. ini bisa banget aku pake ditempat kerja, ngebantu kyknya klo lg males catat pembukuan. Hihi

    BalasHapus
  19. Jaman sekarang memang perusahaan startup banyak banget hadir ya, apalagi ecommerce, mereka semua swolah nggak mau ketinggalan merebut pasangsa pasar online. Aku juga sebenernya kepikiran mau buka usaha online sih. Hihihi. Alhamdulillah kalo udah ada Accurate Online ini, para pengusaha bakal lebih dimudahkan menghitung laporan keuangannya yaaaa

    BalasHapus
  20. bermanfaat sekali teteh tipsnya.. catet ah..

    BalasHapus
  21. Aku kalau kerja emang pakai accurate. tapi aku baru tau ada Accurate Online, membantu banget ini mah hihihi

    BalasHapus
  22. wah alhamdulillah yah ini mah penting banget buat para pelaku bisnis nih, jadi keuangan bisa tercatat dengan baik dan rapi

    BalasHapus
  23. Accurate Online ini berbayar atau gratis, ya Mbak? Bagus juga aplikasinya

    BalasHapus
  24. Bermanfaat sekali sharing nya.. thank you!

    BalasHapus
  25. Ituh softwarenya brapaan harganya ya ? Bisa lebih fokus deh untuk bisnis para usahawan/ti nya..

    BalasHapus
  26. Bahkan saat pelanggan memberikan tanggapan kurang menyenangkan mesti diberi respon baik ya...

    Soalnya banyak juga pelanggan komplain..eh dibalas dengan nyinyir...yang baca..yg mau beli ..udah kabur duluan..

    BalasHapus
  27. Habis ikut acara ini, saya jadi semangat mengaktifkan olshop saya yang terbengkalai di Shopee & Tokopedia :D

    BalasHapus
  28. baru tahu nih ada applikasi Accurate online. jadi bisa pantau terus catatan keuangan perusahaan dimanapun yaa.

    BalasHapus
  29. Suami saya juga lebih memilih market place untuk berjualan. Tetapi, belum pernah cobain software accurate, nih. Coba nanti saya kasih tau suami, ah

    BalasHapus
  30. Materinya aku suka nih, jadi nambah ilmu lagi. Makasih mba

    BalasHapus
  31. Baru tau ada software accurate ini ,, dan kayaknya emang ngebantu banget ya bagi penjual online.

    BalasHapus
  32. Belajar lagi... Baca dari awal. Makasih ilmunya Teh. Doain saya biar bisa ikutan jualan kekinian juga hehehe

    BalasHapus
  33. Untuk respon kok ya aku suka ragu ngelakuinnya mba, soalnya kalau misal sharing2 terus selling2 gitu, temen2 suka kapok, ah paling dia ngajak ketemuan ujung2nya jualan, suka digituin, heuheu...

    BalasHapus
  34. wah ini solusi banget buat Joeragan Ice Cream, so far aku kesulitan bikin pembukuan manual teh :) jadi pengen coba aplikasi ini

    BalasHapus
  35. Menurutku memang tak mudah bisa survive dalam bisnis karena memang godaannya pun banyak. Jadi saya salut dengan para pengusaha yang tetap ekssis hingga kini. Makasih ya tipsnya mba. Menurutku memang membina hubungan baik dengan pelanggan sangat diperlukan

    BalasHapus
  36. iya ini aku kudu banyak belajar biar bisa eksis jualan lagi.. soalnya lagi lesu banget ini buat jualan

    BalasHapus
  37. Wah sofwarenya ngebantu banget nih, biar gak ribet

    BalasHapus
  38. makasih sharringnya, ini bermanfaat banget buat aku yang juga pegiat bisnis online.

    BalasHapus
  39. Dengan adanya online e-commerc jadi mudah dalam berbelanja ya Mba. Jadi gak kalap mata ya...

    BalasHapus
  40. Aku peelu banget belajar ilmu pembukuan untuk jualan online ku, jadi kucatat nih, penting

    BalasHapus
  41. Menang sudah jamannya sekarang ini harus go online, kalao bisnis kita hanya di dunia offline aja, maka ya pembeli sekitar saja yang akan membelinya, beda banget kalo di onlinekan. Bakal lebih besar dan kita bisa memberikan manfaat lebih banyak lagi deh...

    BalasHapus
  42. wah AOL ini lumayan membantu laporan keuangannya para UMKM yaa , keren :)

    BalasHapus
  43. Mantab tipsnya nih soalnya saya mengelola toko online. Saya mulai buka di e-commerce di atas dan hasilnya oke juga.

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^