**/ Cerita Ida : Tips Menulis untuk Ibu Rumah Tangga

blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

23 Okt 2018

Tips Menulis untuk Ibu Rumah Tangga





Tips Menulis untuk Ibu Rumah Tangga  Banyak diantara teman-teman yang meminta diajarkan untuk membuat blog.  Tapi banyak diantara mereka yang akhirnya membiarkan blog itu kosong tanpa isi.  Karena memang memulai untuk rajin menulis itu memerlukan  trik dan tips tertentu agar bisa konsisten menulis....  

Tips menulis kali ini menyajikan informasi yang penting digunakan bagi ibu-ibu rumah tangga yang ingin mengisi waktu luang dengan menulis di website, blog, atau social media. Hal ini bukanlah sesuatu yang asing lagi mengingat di era Millenials dan Gen-Z ini banyak orang mencari informasi dengan cara berkunjung ke situs tertentu. 

Suguhan konten yang berkualitas menjadi santapan sehari-hari para pengguna internet. Namun, di balik konten yang berkualitas itu ada orang yang berprofesi sebagai writer atau penulis. Writer ini berasal dari berbagai kalangan dan profesi, salah satunya adalah dari kalangan ibu rumah tangga. Tapi bisakah seorang IRT atau ibu rumah tangga ini meluangkan waktunya untuk menulis?

Jawabannya tentu saja sudah pasti BISA! Melalui tips menulis berikut ini teman-teman akan mendapatkan tutorial tentang cara menulis yang mudah, khusus spesifik untuk ibu rumah tangga. Tujuan untuk menulis itu pun  bermacam-macam, mulai dari untuk berbagi informasi, ada yang untuk memberikan panduan yang berguna bagi banyak orang, hingga untuk mendapatkan penghasilan. 

Sudah bukan hal yang asing lagi jika dengan menjadi seorang writer  teman-teman akan bisa mendapatkan uang dengan lebih besar dan banyak. Menariknya lagi, pekerjaan ini bisa dilakukan secara freelance, alias dimana saja tanpa perlu datang ke kantor. Berikut tips yang diambil dari  IDwebhost.com merangkum beberapa langkah yang bisa diterapkan IRT supaya bisa menulis di rumah.

Tips Menulis #1: Tentukan Tema Tulisan yang Disukai




Tips menulis yang pertama bagi ibu rumah tangga adalah menentukan sendiri tema tulisan apa yang disukai. Kenapa harus demikian? Karena dengan memilih tema yang disukai maka teman-teman akan bisa lebih efisien dalam hal waktu. Kita akan lebih cepat menghasilkan tulisan jika kita memahami tema yang ditulis, atau tema tersebut  sesuai dengan kesukaan kita.

Hal ini tentu akan berbeda jika kita menulis dengan tema yang tidak kita disukai. Misalnya teman-teman  suka dengan tema fashion, tapi memaksakan diri untuk menjadi penulis yang bertemakan property. Hal ini tentunya akan bertolak belakang. Jadi yang terpenting adalah tentukan tema yang sesuai dengan passion diri kita. Hal ini pastinya akan memberikan keuntungan lebih besar.


Tips Menulis #2: Sediakan Laptop atau Smartphone untuk Media Penulis


Tips menulis kedua adalah menyediakan beberapa perangkat yang biasa dipakai untuk menulis. Ada orang yang mahir untuk menulis di PC atau laptop, tapi ada juga orang yang mahir menulis via smartphone. Kok bisa seperti itu? Kalau itu jangan ditanya lagi karena memang pada kenyataanya banyak orang yang suka menulis dengan medianya masing-masing. 

Hal ini pastinya akan memberikan kepada kita keuntungan tersendiri. Karena menulis itu sebetulnya hal yang mudah dilakukan jika perangkatnya tersedia dengan lengkap. Saat teman-teman  menggunakan perangkat yang lengkap, maka sudah pasti hal ini akan memberikan kemudahan mengetik dengan cepat.

Tips Menulis #3: Siapkan Alat Tulis Lengkap untuk Brainstorming dan Menemukan Ide




Tips menulis yang tak kalah pentingnya adalah menyiapkan sejumlah alat tulis yang dibutuhkan untuk keperluan brainstorming atau pencarian ide. Dengan menggunakan alat tulis yang tersedia, sudah pasti hal ini akan memudahkan kita untuk mencatat apabila ada ide yang tiba-tiba muncul di saat kita sedang menulis. Hal ini akan mencegah  dari lupa apa yang ingin kita tulis saat kita sedang fokus.

Jadi jika kita selalu menyediakan catatan di dekat kita, tentu saja hal ini akan memudahkan  untuk mendapatkan ide yang tepat untuk penulisan. Selain itu, ini juga penting sebagai langkah menjaga akurasi tulisan dan juga menciptakan konten berkualitas.

Tips Menulis #4: Mencari Waktu yang Tepat untuk Menulis


Tips menulis untuk ibu rumah tangga yang penting lainnya adalah manajemen waktu. Kita perlu melakukan manajemen waktu yang tepat supaya bisa menulis dengan baik. Jika saat pagi di harinya harus mengantar anak ke sekolah atau mengurus keperluan rumah tangga, maka lakukanlah aktivitas menulis  di malam hari atau di saa kitat waktu kita sedang luang.

Kita juga bisa melakukannya di pagi hari, siang hari atau sore hari. Intinya semua waktu juga bisa dan boleh, tapi cari yang benar-benar tepat dan memudahkan kita  menulis tanpa banyak interupsi saat mengerjakannya. Jika kita bisa menulis dengan nyaman di waktu yang tepat, maka hal ini  akan membantu konten yang diproduksi tetap terjaga dengan baik.

Tips Menulis #5: Mencari Topik H-1 atau Sehari Sebelumnya



Tips menulis yang penting selanjutnya adalah mencari topik dengan tepat sehari sebelumnya atau H-1. Dengan terlebih dahulu mencari topik sebelumnya, setidaknya kita akan bisa menghemat  waktu cukup banyak. Teman-teman  tentunya tidak ingin waktu kita habis di tengah jalan karena kita masih bingung mencari topiknya. 

Kalau kita  sudah brainstorming H-1 maka semua akan bisa lebih mudah.  Kita bisa mengerahkan semua yang kita miliki untuk menulis sebagus yang kita inginkan. Tapi yang tak kalah pentingnya adalah memilih topik yang sesuai dan kita betul-betul memahami apa yang kita tuliskan.

Tips Menulis #6: Jangan Hanya Menulis di Rumah


Jangan hanya menulis saat kita ada di dalam rumah saja. Hal ini akan berpotensi membuat kita merasa bosan. Panduan tips menulis yang selanjutnya adalah mencoba menulis di luar rumah. Jika kita menulis di luar rumah, maka hal tersebut akan bisa me-refresh kepenatan yang ada di pikiran. Dan pada akhirnya kita pun  akan mampu membuat konten yang lebih baik lagi.

Cobalah untuk menulis di tempat terbuka seperti taman, pegunungan, kebun binatang, kafe dan  tempat lainnya yang menurut kita menyenangkan. Kita juga bisa menulis di Food Court sambil memesan makanan atau minuman kesukaan kita.  Intinya di sini adalah mencari tempat yang baru yang bisa menjadi mood booster. 

Dengan memilih lokasi penulisan yang bagus dan menyenangkan, hal ini juga tentu  bisa berpengaruh pada konten yang kita buat.  Sebagai ibu rumah tangga kita juga bisa mengajak anak atau keluarga untuk refreshing diluar, sementara kita fokus dengan tulisan kita.

Tips Menulis #7:  Menulis Sambil Ditemani Camilan


Tak ada yang lebih menyenangkan dibandingkan menulis sambil ditemani oleh camilan. Dengan adanya camilan di dekat kita, maka kita akan bisa mendapatkan mood yang baik. Contoh snack yang bisa menjadi teman menulis adalah cokelat, permen, keripik, dan lain sebagainya.

Sebagai ibu rumah tangga terkadang kita sudah penat dengan berbagai macam aktivitas dan rutinitas harian yang dilakukan. Dengan tersedianya camilan tersebut, setidaknya kita dapat  menulis dengan lebih mudah dan lebih bersemangat. 

Siapa bilang menulis untuk ibu rumah tangga itu susah? Gampang kok. Tak hanya itu saja, kita juga bisa buat web  sendiri dan kemudian menulis di web kita sendiri.  Asyiik kan....Inilah tulisan Tips Menulis untuk Ibu Rumah Tangga, semoga bermanfaat ya teman-teman :)

8 komentar :

  1. Jadi sebetulnya kalau ada kemauan pasti akan jadi tulisannya ya.. Thanks for sharing teh..

    BalasHapus
  2. Mantul matap betul nih tipsnya buat newvie seperti saya, nuhun Teteh ❤️

    BalasHapus
  3. Kalau menulis aku suka banyak ide tapi eksekusinya ke tulisan suka gak sampai
    jadi cuma sebatas di kepala , kalau mau nuangin pasti kepepet deadline baru bisa

    BalasHapus
  4. Yg plg susah itu memang memulai. Hrs memiliki niat yg besar sekali u memulai termasuk memulai menulis

    BalasHapus
  5. Sambil ditemani camilan godaan nih buat aku hahaha. Nice sharing mba ida. Sukses untukmu ya

    BalasHapus
  6. Kayaknya nomor 5 buatku lebih asik ya mba untuk temen nulis, kalo ga ada berasa ada yg kurang. Heheh

    BalasHapus
  7. Informasi bermanfaat, sebagai ibu rumah tangga pun sebenarnya bisa berbuat banyak hal ya

    BalasHapus
  8. Tips-tips yang sangat bermanfaat, sangat membantu bagi ibu rumah tangga. Etapi, tips yang terakhir itu bisa bikin aku asyik ngemil hahaha...

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^