**/ Cerita Ida : 4 Tahun Indonesia Kreatif, Apa Kontribusiku ?

blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

23 Nov 2018

4 Tahun Indonesia Kreatif, Apa Kontribusiku ?


4 Tahun Indonesia Kreatif, Apa Kontribusiku ?

Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia” 

(HR. Ahmad, ath-Thabrani )


Kok saya jadi ingat hadist ini sih.... jujur mendengar penuturan Pa Andoko saya jadi terpacu.  Ada yang menghentak di dalam dada ini, apa yang sudah kusumbangkan untuk negeri tercinta ini....Bakti itu bukti.. bukti bahwa diri ini mampu... Ingin rasanya menjadi pribadi yang bermanfaat bagi banyak orang....Tentu teman-teman juga kan?


Ceritanya, hari ini saya berada di Hotel Aryaduta Jalan Sumatera No 51 Bandung, sebuah acara bertema 4 Tahun Indonesia Kreatif yang diadakan oleh Kementrian Komunikasi dan  Informatika. Bersemangat sekali menghadiri acara ini hingga hari masih pagi sudah berada di tempat ini.  





Tak terlalu lama menanti beberapa teman blogger terlihat hadir, akhirnya kami berempat berfoto dulu di spot tempat berfoto.  Kini di setiap acara memang selalu ada spot buat berfoto-foto ria.  Menfasilitasi habbit penduduk bumi di zaman now yang memang senang berfoto, selfi di tempat-tempat menarik kemudian di upload deh di sosial media.

Begitulah, kemajuan teknologi memang telah mengubah banyak hal, jarak yang serasa semakin dekat, waktu yang berlalu seperti begitu cepat.  Internet memang membuat sebuah revolusi peradaban hingga mau tidak mau kita harus mengikutinya kalau tidak ingin tertinggal.

Eh jadi ngelantur, kembali ke laptop deh ya.... Acara Flash Blogging dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya bersama-sama.  kursi-kursi  di Ballroom Hotel Aryaduta yang mengelilingi meja bundar bertaplak putih terlihat penuh oleh peserta yang hadir.  

Dra. Siti Meiningsih, M.Sc Direktur Pengelolaan dan Penyediaan Informasi (PPI) pun kemudian memberikan sambutan. Dalam sambutannya terungkap bahwa Indonesia merupakan negara keempat pengguna internet di dunia.  Sebuah potensi besar, namun bila tidak pandai menyikapinya juga berdampak negatif yang cukup besar.  Tersebarnya hoax merupakan salah satu dampak negatif yang  sekarang mulai nampak dimana-mana.  

Ingat hoax jadi ingat sebuah firman Allah SWT di dalam Al Qur'an  


"Fitnah itu lebih besar bahayanya dari pembunuhan" QS: Al Baqoroh 191

Di zaman milineal ini terasa sekali kebenaran ayat ini, betapa sebuah fitnah bisa merusak nama baik seseorang, menghancurkan hidupnya hingga menjadi sangat menderita. Bisa sampai terbunuh, membunuh bahkan bunuh diri gara-gara berita hoax yang enggak jelas sumber dan kebenarannya.



Sebuah closing statetment dari Pa Andoko,  Staf Ahli Kementrian Komunikasi dan Informatika RI yang menjadi pembicara pertama di acara Flashblogging ini.  Jangan Pernah Lelah Mencintai Indonesia....  Pemaparan Pa Andoko yang membuat saya berpikir apa yang bisa saya berikan untuk negeri ini. Menjadi sebaik-baiknya manusia yang memiliki manfaat bagi sesama.  


Di awal presentasi Pak Andoko mengajak peserta untuk menyanyikan lagu Beungong Jeumpa dan Yambo Rambe Yamko.  Lagu-lagu yang menjadi salah satu bukti betapa bangsa Indonesia memiliki kreativitas yang tinggi.



Dalam pemaparannya terungkap betapa ekonomi kreatif memberikan kontribusi pada ekspor nasional dan penyerapan tenaga kerja.  Kedua indikator itu meningkat dari tahun ke tahun.  

Pada kesempatan itu juga Pak Andoko bertanya kamu mau menjadi apa, Kreatror, Orang yang Peduli, Orang Biasa/ Pekerja, Pahlawan, Cendikiawan atau Eksplor?  Sebagai apapun diri kita yang jelas kita harus memberi  kontribusi positif kepada sesama, kepada negeri ini. 

Pak Andoko pun  memaparkan apa yang telah dibangun selama ini dalam pemerintah Jokowi.  Berbagai pembangunan baik sarana dan prasarananya.  Dan saya hanya bisa bertanya, apa yang bisa diberikan untuk negeri ini... rasa-rasanya selama ini tidak banyak yang bisa saya berikan.

Tercenung dan kemudian merenung, tergugah dengan pemaparan Pak Andoko... Kemampuan apa yang saya miliki, rasa-rasanya blogger termasuk pada kreator ya teman..?  Berkreasi membuat konten-konten positif, dan menyebarkan di media sosial. 

Sebuah kontribusi yang sangat kecil, tapi saya yakin sekecil apa pun itu, asal ikhlas karena Allah SWT, akan berpahala.  Dan bila ada orang yang tergugah dengan konten positif kita pahalanya akan terus mengalir untuk kita.

Hidup akan lebih indah dengan berbagi, bukan dengan mencaci..... Semoga tulisan 4 Tahun Indonesia Kreatif, Apa Kontribusiku ? ini  bermanfaat ya teman...



1 komentar :

  1. Semoga saja berita-berita hoax dan ujaran kebencian bisa menghilang ke depannya :) dan semakin banyak orang yang share ang positif, membangun dan berguna :)

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^