**/ Cerita Ida : 5 Tempat Makan Enak dan Unik di Cimahi

blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

26 Nov 2018

5 Tempat Makan Enak dan Unik di Cimahi



5 Tempat Makanan Enak dan Unik di Cimahi    Cimahi, nama sebuah kota kecil di Propinsi Jawa Barat, terletak diantara Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat.  Betetanggan pula dengan Kota Bandung.  Tidak terasa saya sudah tinggal di kota ini selama lebih dari 20 tahun.  Beberapa bulan setelah menikah, saya diboyong ke Cimahi oleh suami.  Enaknya tinggal di kota kecil seperti ini, kemana-mana terasa begitu dekat.

Mencari bioskop ke Cimahi, kita tidak akan menemukannya, karena sudah lama beberapa bioskop di Cimahi tutup, gulung tikar.  Tapi kalau mencari tempat wisata atau tempat berkuliner ria, di Cimahi cukup banyak tempat yang menarik.

5 Tempat Makan Enak dan Unik di Cimahi


Di antara sekian tempat berkulilner ria yang menarik di Cimahi terdapat tempat kuliner yang enak dan unik, murah meriah tapi cukup ngehits.... Tempat mana sajakah itu ?  Yuk mari kita simak.. :)

Bacol Cimahi


Tempatnya sederhana, dulu malah lebih sederhana lagi, kini sudah berbentuk permanen berada di salah satu dari deretan kios yang ada di sana.  Sebuah kios berukuran sekitar 2 meter kali dua meter.  Bertempat di Jl.  Sriwijaya Pusdik Bekang, Depan Pasar Antri Baru ini menjadi tempat anak-anak sekolahan ngumpul dan nongkrong bareng sepulang sekolah.  Mulai buka jam 17 dan tutup kalau sudah habis.

Meski sederhana tempat ini merupakan tempat bacol terlaris di Cimahi, beberapa media sudah meliputnya termasuk juga media televisi.  Usaha yang dimulai tahun 1993 awalnya hanya menjual gorengan saja.  Semenjak tahun 2003 terinspirasi oleh kesukaan anak sekolah terhadap bacol (bala-bala cocol)  maka dibuatlah bumbunya dengan rasa asam pedas yang khas hingga bisa membuat orang ketagihan.

Bala-bala, cireng, gehu yang imut dilengkapi dengan bumbunya dengan rasa yang khas dijual hanya dengan harga Rp 200 per buahnya.  Ke Cimahi tanpa ke tempat ini, pasti serasa ada yang kurang ..hehe..

Nasi Kuning Pasar Antri


Nasi kuning yang satu ini selain rasanya yang lumayan enak keunikannya terletak pada jam penjualannya. Berjualan mulai jualan 22.00 sampai 02,00 pagi membuat tempat ini sangat ramai hingga pembeli pun rela antri.  Mungkin karena jam segitu tidak ada saingan ya..hahaha....

Banyak pembeli menggunakan mobil atau sepeda motor yang mengantri sehingga tak heran di sekitar tempat penjualan nasi kuning ini parkir mobil dan sepeda motor terlihat banyak walau malam sudah demikian larut.  Sebagaian besar pembelinya adalah 'anak-anak malam' yang tergabung ke dalam genk motor.  Tak heran kalau gerobak penjual nasi kuning ini dipenuhi oleh tempelan stiker dari berbagai genk motor.

Pecel Lele Belakang Dustira


Selain rasanya yang lumayan enak, Pecel Lele di Belakang RS Dustira ini unik karena pembeli bisa menikmati pecel lele atau soto madura di sini dengan gratis.  Kok bisa ?  Khusus buat mereka yang hapal surat-surat tertentu seperti surat yasin, Al Waqiah atau Al Kahfi atau Juz 30 tinggal setor hapalan saja maka bisa mendapatkan salah satu menu yang dijual di sini....  Unik bukan ..? ..hehe


Nasi Goreng Kikil


Nasi goreng ini enak rasanya, kalau malam hari berasa lapar tinggal beli ke sini.  Unik karena jualannya sampai pukul 02,00 pagi.  Hati-hati dengan pedasnya, karena bila kita bilang pedasnya sedikit itu sudah berasa pedas sekali.  Nah kalau kita minta yang pedas, berarti itu kita harus sudah siap dengan rasanya yang super pedas sekali.

Menunya hanya nasi goreng yang diberi taburan kikil kecil-kecil.  Tempat jualannya pakai gerobak di Jalan Gatot Subroto Bandung, dijual dengan harga Rp 16.000 per porsi.  

Warung Sarapan di Jalan Cihanjuang Cimahi

Warung Sarapan


Pagi hari belum sempat sarapan?  Mampir saja di warung sarapan Qita di Jalan Cihanjuang A6 depan Borma Cimahi.  Warung yang buka mulai pukul 06.00 sampai 10.00 pagi ini selalu terlihat penuh tiap harinya.  Di sini kita bisa sarapan Lontong Kari, Sate Lontong, Baso Tahu, Bubur Kacang Ijo,  Salad, dan lainnya. 

Harga yang terjangkau dan rasa yang enak membuat tempat ini tiap paginya dipenuhi pembeli yang menyengaja datang ke sini untuk sarapan.  


Itulah 5 Tempat Makan Enak dan Unik di Cimahi, murah lagi meriah .... Kalau ke Cimahi jangan lupa mampir ke tempat makan yang enak dan unik ini ya... :)


#BPN30DayChallenge2018
#BloggerPerempuan

24 komentar :

  1. Kalo nasi goreng kikil posisinya dimana Bu? Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jalan Gatsu yang deket jalan Kalidam Mba...

      Hapus
  2. Wah makasih infonya teh, pengen coba bacol dehh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama Mba... dicoba Mba..yg suka gorengan pasti suka :)

      Hapus
  3. Belum pernah semuaa wkkk
    Moga2 nanti pas ke cimahi bisa ngerasainn

    BalasHapus
  4. Bacol tak kirain Bakso Cocol mbak.. eh ternyata pas baca namanya Bala-bala Cocol. Hahaha... Jadi penasaran Bacolnya saya..

    BalasHapus
  5. Nasi goreng kikil, wah belum pernah rasa.... Pasti gimana gitu ya, kenyel2 gurih... Jadi pengen tahu rasa pedas seperti apa neh

    BalasHapus
  6. Kapan-kapan mampir ah kalau jalan-jalan ke daerah Cimahi 😀

    BalasHapus
  7. Bacol ternyata bala-bala cocol, kirain apa gitu, disajikan pedas mantap kali pastinya

    BalasHapus
  8. Sering lewat daerah sana cuma lewat aja, bahkan belum pernah ngerasain bacol itu, ah ketinggalan ini mah. Kalau kesana mesti nyobain nih. Musim hujan gini cocok banget itu bala bala cocol sambal pedass...

    BalasHapus
  9. jadi ingat saya seminggu paling tidak 3 hari bikin bacol. Dua versi lagi. Ada yg pedas buat emak bapaknya dan yang tidak pedas buat anaknya.

    Gak bosen2. Pantas kalau bacol di Cimahi itu laku keras

    BalasHapus
  10. Aku belum pernah explore Cimahi.. baru sekitaran Bandung kota aja.. banyak ya tempat makan kekinian di Cimahi yang harus banget dicoba jika melintas kota Cimahi, bakalan jadi bacaan wajib jika hendak mengunjungi cimahi

    BalasHapus
  11. Bacol, gehu, nasi kuning, cireng, pecel lele,memang nggak ada matinya di Cimahi. Nasi goreng kikil jadi pingin coba kalau ke Cimahi.

    BalasHapus
  12. Note ah... kemarin2 ke Bandung nggak mampir Cimahi. Kapan2 kalau ke Bandung lagi mau ke.Cimahi skalian ke daerah Ciwidey.

    BalasHapus
  13. Aku favoritnya cireng for everrr, kenyal-kenyal asyik. Duh jadi pengen makan cirang, khas bandung banget ya makanannya.

    BalasHapus
  14. Nasi goreng kikilnya patut di coba nih saya belum pernah mampir ke sini euy

    BalasHapus
  15. Dari ke lima tempat makan itu saya tertarik dgn bacol cimahi, jujur di kota surabaya nggak ada yg namanya bacol. Jadi penasaran seperti apa sih...hahaha. Eh ternyata cireng...tapi cireng enak juga apalagi dimaem saat hujan.

    BalasHapus
  16. Sayang nggak ada photonya bacol, padahal penasaran banget lho kak hoho

    BalasHapus
  17. Wah...makasih infonya, nanti kalau liburan ke Cimahi wajib coba semua nih...

    BalasHapus
  18. entah kenapa kalo ingat cimahi ingetnya fitri tropika hahaha dan cimahi ternyata banyak makanan enak. sepertinya aku akan nyoba nyari dikotaku dulu menu serupa. mudah2an ada ya

    BalasHapus
  19. penasaran ama bacol ini deh, duhhh pengen kesana jadinya

    BalasHapus
  20. bala bala cocol yang kaya gimana mbak..jadi penasaran bentuknya

    BalasHapus
  21. Wah penasaran dengan kuliner Cimahi. Kapan waktu mau berkunjung ke Cimahi dan menikmati semuanha.

    BalasHapus
  22. Woooww ternyata di Cimahi ada banyak tempat makan kece ya kak... Noted ah... Barangkali suatu hari nanti bisa kesana dan cobain semua menu nya

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^