**/ Cerita Ida : Dampak Digital Informasi yang Sangat Berpengaruh terhadap Pengusaha Properti

blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

12 Nov 2018

Dampak Digital Informasi yang Sangat Berpengaruh terhadap Pengusaha Properti

Dampak Digital Informasi yang SangatBerpengaruh Terhadap Pengusaha Properti    Beberapa waktu lalu saya jalan-jalan ke pameran properti, jadi pengen cerita tentang dunia properti di era digital ini deh.  Usaha properti di Indonesia sebenarnya sudah berkembang sejak jaman dahulu. Banyak orang yang melakukan jual beli rumah untuk dijadikan sebagai ladang investasi. Apakah teman-teman  salah satu diantara orang yang senang  melakukan investasi rumah?  Ternyata  perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sangat berpengaruh juga pada pengusaha properti di Indonesia lho.


Salah satu rumah yang saya lihat di pameran


Sepertinya sudah banyak yang tau kalau bisnis properti menjadi salah satu ladang yang paling menguntungkan. Terlebih lagi jika teman-teman  sudah tahu strategi untuk melakukannya. Nah kini kita tidak perlu takut untuk melakukan jual beli rumah karena caranya pun sudah sangat mudah. Teman-teman bisa memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk menjalankan bisnis properti ini.



Bagaimana perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dapat mempengaruhi sebuah perkembangan bisnis properti? Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi telah mengubah gaya hidup manusia dengan begitu dahsyatnya. Munculnya mobile applications akan mempengaruhi cara hidup manusia hingga merambah ke dunia bisnis.

Dampak Digital Informasi Bagi Usaha Properti Indonesia


Tidak dipungkiri lagi bahwa digital informasi sangat membantu para pengusaha properti yang ada di Indonesia. Kemudahan jual beli rumah, jual beli apartemen, ataupun jual beli vila membuat siapa saja melakukan bisnis ini.

Smartphone merupakan salah satu dari bukti kemajuan dunia yang kini mempengaruhi kehidupan masyarakat Indonesia secara luas. Banyaknya pengaruh cara manusia dalam menjalankan kehidupan termasuk dalam menjalankan bisnis merupakan salah satu dampak dari era digital.

Pengaruh era digital bagi pengusaha properti adalah adanya situs jual beli online baik untuk properti rumah, tanah, atau pun tanah kavling. Adanya informasi yang kini didapatkan dengan mudah dan cepat membuat semua orang bisa menjalankan bisnis ini di mana saja dan kapan saja. Lebih lengkapnya, mari kita simak penjelasan dari dampak era digital bagi usaha properti di bawah ini.

1.      Jual beli bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja


Dampak pertama dari era digital terhadap perkembangan bisnis properti adalah adanya situs jual beli properti online yang semakin memudahkan semua orang. Situs jual beli online amatlah mudah untuk digunakan.

Ketika kita  menggunakan situs jual beli online untuk bidang properti, kita akan dihadapkan oleh para penjual dan pembeli dari berbagai pelosok. Bagi  teman-teman yang memiliki smartphone,  kita dapat mengakses properti online dengan sangat cepat.  Kita bahkan tidak perlu berlama-lama duduk di depan komputer untuk mengakses portal properti online. Kita bisa menggunakan smartphone  untuk mengakses portal tersebut dimana saja dan kapan saja.

2.      Proses jual beli bisa berlangsung dengan lebih cepat


Dampak dari adanya digital properti selanjutnya adalah proses jual beli bisa berlangsung dengan lebih cepat. Kita bisa melakukan penawaran harga melalui chatting dengan calon penjual ataupun calon pembeli. Jika masing-masing penjual atau pembeli telah memiliki kesempatan, maka kita bisa melakukan perjanjian untuk bertemu di suatu tempat. Kemudian, penjual dan pembeli bisa melakukan jual beli secara sah atau sesungguhnya

3.      Tidak memakan banyak biaya


Mengapa dikatakan tidak memakan banyak biaya? Jika kita ingin melakukan jual beli properti tanpa menggunakan digital properti, Kita tentu membutuhkan uang yang banyak untuk memasang iklan di berbagai tempat.

Kita juga tentu akan membutuhkan uang untuk perjalanan kesana kemari untuk promosi. Berbeda sekali jika kita memiliki digital properti, semuanya bisa dipasang di jendela digital properti yang kita gunakan. Kita pun tidak perlu  membayar biaya untuk memasang iklan, biaya untuk di perjalanan, maupun biaya lainnya dan paling hanya membayar biaya untuk website saja.

Kini, semua kalangan sudah sama-sama beralih untuk menggunakan digital properti. Jadi, kita tidak perlu lagi untuk menggunakan portal properti sebagai media yang paling pas dan menarik untuk melakukan promosi

Survei telah membuktikan bahwa sebagian masyarakat di Indonesia sudah menggunakan teknologi internet, bahkan 35% transaksi digital bank di 2018 naik dan pasti salah satunya karena online-transaction atau jual beli online. Artinya, sebagian dari penduduk Indonesia telah terkena dampak dari adanya digital properti yang semakin maju.

Situs jual beli di media sosial sudah menjadi hal yang biasa bagi banyak orang. Begitu pula dengan situs digital properti yang sudah bukan menjadi hal yang baru lagi untuk kita semua. Tren hidup yang semakin bergeser ke arah yang lebih modern membuat masyarakat ingin melakukan segala sesuatunya dengan mudah dalam satu kali klik saja.

Dengan dampak yang telah disebutkan di atas, maka sudah jelas bahwa digital properti sangat berpengaruh bagi bisnis properti yang ada di Indonesia.


Keuntungan Adanya Digital Properti Bagi Agen Penyalur Properti, Pembeli, Maupun untuk Agen Penyalur Properti


Untuk Agen


Dalam bisnis properti, terdapat agen atau penjual yang pada prinsipnya ingin mendapatkan keuntungan dari penjualan rumah. Keuntungan dari penjualan rumah melalui bisnis properti memang cukup besar.

Kini, agen sangat pintar dalam mengembangkan digital properti . Pada jaman dahulu, agen hanya mengandalkan majalah, Koran, ataupun lewat media cetak lainnya. Iklan di media seperti itu akan kurang menjangkau masyarakat yang luas.

Dengan menggunakan teknologi digital properti, maka iklan yang ditawarkan memiliki kesempatan yang lebih luas dibandingkan dengan iklan yang diterbitkan di media cetak. Maka, agen akan lebih mudah dalam memasarkan bisnis properti yang dijalankannya.'


Untuk Pembeli


Dampak dari adanya digital properti dalam hal jual beli rumah juga berpengaruh sangat besar bagi pembeli. Pembeli dapat melihat iklan-iklan yang menarik melalui penawaran dari digital properti yang ditawarkan oleh penjual.

Iklan-iklan di properti digital sangat menarik untuk dilihat. Pasalnya, dalam satu iklan sudah mencakup informasi tentang gambar, informasi mengenai harga, serta informasi lainnya.
Jadi, pembeli dapat melihat properti yang dirasa menarik  muntukeneruskan proses jual beli. Kita  juga bisa mempertimbangkan harga dan lokasi ketika melihat properti melalui media digital dalam waktu yang sangat cepat.

Dalam hitungan detik saja, semua informasi yang ingin kita dapatkan sudah tersaji secara lengkap dan akurat. Digital properti berdampak sangat besar bagi para pembeli properti karena pembeli bahkan tidak perlu mengeluarkan biaya untuk mnegecek satu demi satu properti yang menarik perhatian kita.

Jika memang kita sudah menyukai satu properti,  kita bisa langsung mencari nomor telepon penjual yang dapat dihubungi lebih lanjut. Dampak ini akan segera dirasakan oleh kita yang memiliki kesibukan yang begitu padat, namun sedang sibuk mencari properti untuk usaha investasi. Jika telah menemukan properti investasi yang kita minati, kita bisa menyaring atau melakukan pemilihan lagi dari properti-properti paling menarik menurut kita.


 Bagi Penjual


Dampak dari digital properti sudah tentu akan berpengaruh pada penjual properti. Bahkan, dampak yang paling besar dari kemajuan era digital dalam bidang properti akan dirasakan oleh para penjual
Digital properti merupakan sarana media properti yang paling aman dan paling berkualitas. Media propeti ini dapat diakses dengan murah dan distribusinya pun dapat dijangkau oleh siapa saja.

Proses jual beli akan berlangsung dengan lebih cepat tanpa mengeluarkan ongkos yang banyak. Penjual juga bisa dengan mudah menemukan pembeli yang pas dengan bantuan digital properti.
Calon pembeli akan bisa tersaring dari akun properti digital yang kita miliki. Kita pun tidak perlu repot-repot untuk melakukan penawaran. Jika pembeli sudah tertarik dengan iklan yang kita tawarkan, maka mereka akan dengan sendirinya segera menghubungi kita. Jika kita fokus di jual beli rumah murah yang dinanti orang, maka jangan kaget jika dagangan kita bisa laku keras karena dampak serba online saat ini.   


Bagi Pengembang


Pihak lain yang akan merasakan dampak dari digital properti dalam hal jual beli rumah adalah para pengembang. Pengembang dalam hal ini agak sedikit berbeda dengan penjual. Pengembang akan bergerak dengan lebih cepat jika dibandingkan dengan penjual

Uang hasil penjualan harus digunakan untuk melakukan pembiayaan lain-lain. Contohnya saja pembiayaan dalam membangun properti di tempat lain dengan lebih aman dan cepat. Pemakaian internet sebagai media yang paling aman dan mudah dapat digunkan oleh berbagai kalangan.

Fenomena dari digital properti inilah yang memberikan dampak yang begitu hebat bagi para pengembang untuk menemukan pembeli dalam waktu yang sangat singkat. Terlebih lagi, pengembang-pengembang di era sekarang sudah sangat cerdas dalam menggunakan media atau metode promosi yang menarik perhatian pembeli.

Agen properti dalam hal ini akan mendapatkan keuntungan yang besar. Dampak yang tidak bisa dipungkiri lagi adalah pekerjaan yang menjadi lebih mudah dan iklan yang bisa dijangkau dengan lebih mudah.

Demikianlah dampak yang begitu besar dari adanya digital properti bagi masyarakat di zaman sekarang. Semoga saja kemajuan  zaman ini membawa Indonesia ke arah yang lebih baik.  Semoga tulisan Dampak Digital Informasi yang Sangat Berpengaruh Terhadap Pengusah Properti ini bermanfaat ya teman-teman :)



12 komentar :

  1. Dunia digital memang jadinya berdampak ke mana-mana. Tapinya akan jadi bagus kalo pelaku usaha motekar. Merambah dunia digital justru bisa makin membuat jangkauan lebih luas. Potensi untuk berkembang pesat sangat besar.

    BalasHapus
  2. Aamiin.. sangat tercerahkan sekali dengan fenomena terbaru di dunia property, semua bisnis sekarang sudah merambah pada dunia digital, mau tidak mau, suka tidak suka harus mengikuti perkembangan zaman, semoga berdampak positif terhadap perkonomian bangsa.

    BalasHapus
  3. Digital memang berpengaruh besar untuk para pelaku usaha khusuanya properti. masyarakat saat ini lebih senang transaksi lewat digital karena lebih mudah, efisien dan praktis

    BalasHapus
  4. Era perkembangan digital kebermanfaatanya dirasakan hampir di berbagai aspek. Btw itu tipe rumanya menarik mba, konsep design luarnya unik

    BalasHapus
  5. duh Mba,aku suka baget desain luar rumahnya, pengen banget rumah aku kayak gini..kekya masih bisa deh didesain ulang, tukangnya baru mau kerja bulan depan, hihihi

    BalasHapus
  6. Bisnis jual beli rumah memang menjanjikan. Meski jarang deal, tapi sekali closing fee nya wah... Lebih dari kata lumayan :)

    BalasHapus
  7. Alhamdulillah sekarang jadi makin mudah semua ya mbak... Sampe ke urusan jual beli rumah juga udah ada digitalisasi nya

    BalasHapus
  8. Saya malah fokus dengan desain rumahnya, keren banget. Bisa dicontoh. Karena beberapa hari ini saya lagi cari desain rumah mbak...

    BalasHapus
  9. Persis aku banget nih mba, cari apa apa diinternet, termasuk soal rumah. Bener banget sektor digital memang tengah berkmbang ya

    BalasHapus
  10. Keren banget rumahnya, kyknya lingkungannya jg masih asri ya mbak.
    Iya zaman skrng soal rumah pun jual belinya bisa via digital atau online namun tetep sih mbak kalu rmh mau cek fisiknya jg :D

    BalasHapus
  11. emang kerasa banget sih buat saya kemarin pas cari rumah. Jadi cari rumah tinggal klik marketplace property gitu. Nggak perlu ribet dan bisa ketemu penjual tanpa perantara

    BalasHapus
  12. Semua berkesinambungan ya. Nggak bolak balik deh bikin capek dan buang waktu pun kita langsung ketemu pembeli nggak pakai perantara alias calo yang riweuh hahaha

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^