**/ Cerita Ida : Serunya Acara Smart Festival 2018 di Bandung

blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

30 Nov 2018

Serunya Acara Smart Festival 2018 di Bandung

Serunya Acara Smart Festival 2018 di Bandung    Suasana cukup cerah hari itu, musim hujan biasanya pagi hari pun awan sudah menggelayut manju.  Menembus dinginnya pagi dengan kecepatan 60 km per jam, karena pagi hari Bandung ternyata cukup sepi.  Perjalanan Cimahi - Bandung tidak sampai 30 menit ternyata....  Gedung Saparua masih cukup sepi, hanya deretan tenda putih boots-boots yang masih kosong yang menandatakan hari itu akan ada acara besar.


Eh sudah ada Bang Aswi ternyata, kusapa ia, senyum khasnya menyambut kedatanganku.  Bang Aswi selain meliput acara, ikut juga acara Smart Plogging Run 5K, yaitu lari sambil memunguti sampah yang bertebaran di jalanan.  Keren dan unik ya?  Yup..ini memang acara asyik, ceritanya hari itu Minggu 25 November 2018 saya dan beberapa teman blogger mendapat kesempatan untuk meliputi sebuah acara keren yang hanya berlangsung satu tahun sekali.  Nama acaranya Smart Festival 2018


Tentang Superbrands 


Acara Smart Festival sendiri digagas oleh Grandindo Konsultama, pemegang lisensi Superbrands Indonesia.  Acara yang diadakan setahun sekali ini dilaksanakan di kota-kota besar yang menjadi tempat survey Nielsen.  Eh kok ada survey Nielsen, apaan tuh? 

Jadi begini teman-teman, kalau teman-teman suka perhatikan di brand brand terkenal suka ada tuh logo Superbrands ? Nah ternyata Superbrands itu merupakan lembaga arbitase independen yang hadir untuk memberikan penghargaan kepada brand terkemuka di Indonesia berdasarkan survey Nielsen yang saya sebutkan di atas.  Jadi Superbrands  tidak langsung melakukan penilaian, hanya sebagai pihak ketiga saja, sedangkan yang langsung memberikan penilaian terhadap brand adalah dari pihak Nielsen.

Kalau kita melihat di sebuah produk ada logo Superbrands nya itu artinya produk tersebut sudah mendapatkan penilaian dari Survey Nielsen yang artinya kualitasnya sudah sangat terjamin.  O ya Superbrands sendiri di Indonesia sudah berdiri sejak tahun 2014.

Bandung Tuan Rumah Smart Festival 2018


Bandung kali ini beruntung menjadi tuan rumah acara ini, ini kedua kalinya acara ini digagas.  Sebelumnya, tahun lalu, acara ini berlangsung di Jakarta.  Menjadi tuan rumah di acara ini tentu saja suatu kehormatan buat Bandung, pastinya mempersiapkan diri semaksimal mungkin dong.  Dan here we are... acaranya memang keren, Bandung sukses deh mengadakan acara ini, meski sempat diselingi hujan di tengah acara.

Acaranya berlangsung di GOR Saparua dengan diawali lari pagi  yang dinamai Smart Plogging Run 5K karena selain berlari para peserta memunguti sampah.  Acara keren yang bertujuan untuk mengkampanyekan membuang sampah pada tempatnya.   Para peserta terlihat asyik dan antusias mengikuti acara ini.  Sedikit menyesal tidak ikut acara ini, padahal sudah ditawari Bang Aswi.  Alasannya sih takut kecapean karena setelah itu harus keliling-keliling juga meliput acara.

Sambil menanti kedatangan para peserta Smart Plogging Run 5 K, saya dan teman-teman blogger mengitari sekitar area acara.  Boots-boots yang bertenda putih masih sepi, panggung besar di area utama sudah terlihat sibuk menset suara.  Tempat talkshow di ruang indoor sedang dipersiapkan pula.  Dimana-mana terlihat panitia yang sibuk mepersiapkan acara.  Sementara Gelora Saparua sudah terlihat ramai dipenuhi pengunjung yang akan mengikuti keseruan acara ini.


Kurang lebih satu jam kemudian para peserta Smart Plogging Run 5 K pun kembali, peluh terlihat bercucuran di wajah mereka.  Di tangannya tampak plastik hitam yang telah dibekali panitia kini telah terisi penuh oleh sampah.  

Satu demi satu peserta yang datang mengantri di depan boots panitia untuk mendapatkan air mineral serta pisang sebagai bentuk apresiasi dari panitia.  Asyiknya lagi para peserta itu mendapat kalungan medali langsung dari CEO Superbrands Ibu Gradtyana Mayasari.  

Usai pengalungan medali, lapangan pun diisi oleh para pesera yang akan mengikuti zumba dan senam poco-poco.  Di sisi lain tepatnya di skate park terlihat persiapan untuk Extreme Sport Festival seperti kompetisi kompetisi Skateboard, Inline Skates dan Sepeda BMX.  Hal ini jugalah yang menjadi salah satu alasan Bandung terpilih menjadi tuan rumah, olah raga ekstrim memang pernah menjadi ikon Kota Bandung.

3 Pilar Utama Superbrands:  Exercise Expression, Education 


Setiap Penyelenggaraan Smart Festival ini memang selalu mengacu pada tiga plar utama.   Apa saja kah itu...? ketiga pilar itu meliputi Exercise, Expression dan Education. Banyaknya komunitas olah raga ekstrim di Kota Bandung dianggap sejalan dengan pilar Exercise yang menjadi salah satau pilar yang diusung Superbrands.

Hal ini terungkap saat Blogger Bandung mendapat kesempatan untuk mewawancari Ibu Grandtya sang CEO Superbrands.  Selain itu juga belio mengungkapkan bahwa Bandung dikenal sebagai pusatnya anak muda dan selalu memberikan kontribusi yang positif, karena selama ini banyak melahirkan produk yang berkualitas.  Hal ini sejalan dengan visi Superbrands Indonesia yaitu Youth Development.

Dalam kesempatan itu Ibu Grandtya juga mengungkapkan bahwa Smart Festival merupakan tempat berkumpulnya para brands, komunitas, konsumen, stakeholder dan entertainer yang didukung oleh pemerintah setempat.


Usai mewawancari Ibu Grandtya kami berkelilling GOR Saparua melihat-lihat boot yang menarik.
Selanjutnya  kami pun menikmati hiburan di panggung utama sambil berteduh karena hujan mulai turun.  Hiburan berupa seni karawitan, pencak silat Pasanggiri Tari Rampak Kendang semuanya dibawakan oleh para pelajar dan mahasiswa yang tergabung dalam sanggar seni Sakata.  Nah kalau ini sesuai dengan pilar kedua Superbrands yaitu Expression.  Mengekspresikan kecintaan pada seni dan budaya.


Smart Seminar 2018 yang Penuh Inspirasi


Saat hujan mulai reda, terburu kami menuju Gedung Indoor Gelora Saparua yang sedang berlangsung Smart Seminar.  Nah kalau seminar ini sesuai dengan pilar yang ketiga yaitu Education.  Menggandeng Dewan Kerajinan Nasional Daerah Jawa Barat (Dekrasnada) dan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Bandung, Superbrands mengadakan smart seminar yang penuh inspirsi ini.

Kami beruntung acara belum terlalu lama dimulai jadi bisa mendengarkan paparan dari Ibu Atalia Ridwan Kamil tentang per UKM an.  Pada kesempatan itu Ibu Atalia juga mendorong para pelaku UKM untuk selalu berinovasi agar tidak tertinggal dan tergerus kemajuan zaman.

Selanjutnya kami mendengarkan paparan dari M Syarif seorang pemuda lulusan SMK yang telah berhasil menjadi seorang pengusaha sukses di usia mudanya.  Mendengarkan paparan M syarief ini membuat saya betul-betul terkesima.  Engga nyangka aja sih pemuda yang cara bicaranya sangat biasa ini ternyata luar biasa.


Membangun usaha dari nol, bermodal kemampuan membuat web karena memang sesuai jurusannya waktu di SMK.  Mendirikan usaha CyberLabs berawal dari kamar kos an, kemudian pindah ke jalan Jakarta dan selanjutnya kini mempunyai kantor pusat di Jalan Buah Batu, dengan desain interior yang unik.  Selain itu CyberLabs kini mempunyai kantor cabang di Singapura dan sedang membuka kantor cabang kedua di Thailand.

Pemuda keren yang menginspirasi, kini ia bekerja sama dengan pemerintah turut serta memajukan UKM di Indonesia dengan program UKM Go Dital.  Memberikan edukasi kepada para pelaku UKM agar bisa mengikuti perkembangan zaman dengan cara go digital.

Selain M Syarif masih banyak pembicara lainnya yang tak kalah menginspirasi.  Hari semakin siang, acara di Gelora Saparua tentu saja masih banyak, rangkaian acara sudah dibuat sampai untuk sore nanti.  Wah pasti makin seru nih.... :)

Semoga tulisan Serunya Acara Smart Festival 2018 di Bandung ini bermanfaat ya teman-teman :)

13 komentar :

  1. Eventnya asik banget, seandainya bisa ikut meramaikan...

    BalasHapus
  2. Melihat keseruan sesama blogger bandung bikin kangen jalan ke bandung nih. Apalagi ada acara keren yang bermanfaat

    BalasHapus
  3. Mas M Syarif benar-benar mulai dari 0 ya mba, semoga dengan kemudahan serba digital memudahkan masyarakat terus maju di sektor ekonomi 😀

    BalasHapus
  4. Lari sambil mengutin sampah, keren banget ya event yang sangat bermanfaat. Sehatnya dapat, sosialnya apa lagi

    BalasHapus
  5. Salut deh dgn kegigihan pemuda bernama M. Syarif, menekuni bisnis mulai dari nol hingga punya cabang hingga di luar negeri.. Semangat berkarya seperti ini mestinya dicontoh nih oleh pemuda2 yg lainnya...

    BalasHapus
  6. Kapan ya terakhir ke Bandung? Lupa hahaha. Zaman digital dikaitkan dengan kegigihan seseorang rasanya gimana gitu.

    BalasHapus
  7. Aku baru tahu kalau brand yang punya logo superbrand ini tandanya sudah diakui kualitas dan kelayakannya. Btw usaha M Syarif membangun cyberlabs ini sangat menginspirasi yaa.

    BalasHapus
  8. Semoga acaranya berlanjut ya mba bikin semangat ptoduksi2 Indonesia agar mndpt logo superbrand

    BalasHapus
  9. Salam Mba sama bang Aswi. Blogger Bandung emang keceh yaaah..semoga makin produktif kalian mua

    BalasHapus
  10. ko yang membatik itu sha gak liat yaa hahaha padahal seru kayaknya

    BalasHapus
  11. Seru banget. Saya suka kegiatan semacam ini. Membaca catatan blogger pun lebih detail jadi bisa bsyangin. Terima kasih Teh Ida

    BalasHapus
  12. Serunya acara ini, blogger2 pada ngumpul sekalian meet up ya.. Btw, sepak terjang pemuda bernama M. Syarif patut diacungi jempol ya..

    BalasHapus
  13. Seru ya paginya ada acara plogging unik, sehat dan bermanfaat. Ada bu atalia juga seruu. Acara smart festival kerennn

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^