blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

26 Jun 2019

Manfaat SSL untuk Website


Manfaat SSL untuk Website  Jadi
ingat kalau Blog Cerita Ida ini pernah membahas tentang 7 Pentingnya Website untuk Usaha Online.  Tulisan ini membahas tentang pentingnya website di zaman milieneal ini bagi para pengusaha.  Ternyata tak hanya sekedar cukup memiliki website saja lho. tetapi website yang kita miliki harus memiliki kualitas yang baik juga.  Dalam artian bahwa websiste itu harus menarik dan membuat nyaman para pengunjung yang memanfaatkannya.

Oh
Sebuah website yang menarik dan nyaman itu antara lain  harus mudah diakses, mempunyai desain visual yang menarik, konten yang menarik dan bermanfaat ,  loading time yang cepat, memiliki kompabiliti dengan perangkat lain hingga mudah diakses, ada navigasi yang memudahkan para pengunjungnya berselancar di website kita dan masih banyak hal lainnya.

Selain itu juga saat ini Google telah mengumumkan bahwa para pemilik website memiliki waktu sampai bulan Juli untuk menginstal SSL Sertificate.  Bila itu tidak kita lakukan maka website yang kita miliki akan ditandai sebagai website Not Secure atau website tidak aman.  Hal ini dimungkinkan karena diperkirakan pada Bulan Juli nanti Google akan merilis Chrome 68 yang salah satu fiturnya memiliki kemampuan mendeteksi dan akan memberi peringatan jika website yang dikunjungi tidak aman.

Jadi kita harus memastikan sebelum Bulan Juli 2019 ini tiba,  website kita sudah migarsi dari HTTP ke HTTPS atau url yang sudah memiliki SSL ini.  Oya, mungkin diantara teman-teman ada yang masih bingung dengan apa itu sertifikat SSL dan apa manfaatnya Sertifikat SSL ini untuk website kita.  Baiklah Cerita Ida akan sedikit mengulas tentang hal ini ya...



Apa Itu SSL

SSL adalah singkatan dari Secured Socket Layer,  yang merupakan standar internet untuk pengamanan koneksi antar server website dan browser.  Dengan memasang SSL semua data yang melewati link yang diamankan oleh SSL akan dienskripsi sebelum melakukan transmisi di internet.  

Dengan SSL ini pengguna hosting Indonesia melakukan transmisi data seperti inforamsi, nama pengguna, password, kartu debit, keredit serta informasi penting lainnya akan aman.  SSL mengamankan data melalui situs web sehingga informasi penting tersebut aman dari serangan para hacker

HTTP atau url yang belum bersertifikat SSL jika mengikuti standar komputer, kini sudah dianggap kuno.  Protokol ini adalah protokol untuk komunikasi dan bekerja baik untuk beberapa waktu.  Namun sayang HTTP bisa dikatakan tidak aman sebab ketika kita melakukan koneksi HTTP dengan  website yang tidak aman siapa pun dapat memanipulasi atau mencuri data yang digunakan koneksi tersebut.  

Sementara itu HTTPS merupakan pilihan protokol yang lebih aman.  Saat kita membuat koneksi dengan sebuah website data yang dikirim akan dienskripsi.  Hal ini membantu melindungi data-data yang kita kirim.  Karena siapa pun yang tidak memiliki corresponding key tidak bisa masuk, memanipulasi atau mencuri data.

Selain dari itu HTTPS juga akan memblok ISP dari memasukkan ads ke website yang kita miliki.  Jika kita menggunakan HTTPS ini website akan bekerja dengan lebih baik dan lebih cepat dibanding dengan menggunakan HTTP.  

Manfaat SSL untuk Website 

Dengan memiliki sertifikat SSL maka website yang kita miliki akan memiliki kelebihan-kelebihan yaitu diantaranya:

  • Meningkatkan kepercayaan pengunjung website, terlebih lagi website yang kita buat dengan Web Hosting Indonesia ini adalah website toko online yang tentu saja banyak membutuhkan input data penting pengunjungnya, Dengan sertifikat SSL ini membuat pengunjung aman melakukan berbagai macam transaksi.
  • SSL mengamankan transaksi di dalam website melalui enkripsi kuat, menjadikan data kartu kredit, pasword para pengakses website kita aman.
  • Website SSL atau HTTPS akan memperoleh rangking SEO yang lebih baik dalam mesin pencari Google dibandingkan website lain yang tidak diamankan oleh SSL
  • Dapat meningkatkan penjualan di dalam website, hal disebabkan kepercayaan konsumen yang tinggi terhadap keamanan website yang kita miliki.
  • Pengguna Web Hosting Indonesia berhak menampilkan SSL Secured Seal di dalam website, dimana SSL ini menjadi tanda yang dapat ditunjukkan kepada para pelanggan bahwa website kita telah diproteksi oleh SSL.


SSL Website Hosting Indonesia

Setelah kita sebagai pengguna Web Hosting Indonesia memahami apa itu SSL dan manfaatnya untuk website kita maka kita sebagai pemilik website tentu berkewajiban atau memasang SSL ini bila ingin memiliki website yang aman, baik dan dipercaya.  

Banyak penyedia Hosting Indonesia yang menyediakan fitur SSL pada hostingnya.  Biasanya terintegrasi layanan hosting dan domain.yang ditawarkan masing-masing penyedia.  Salah satu penyedia Hosting Indonesia yang memberikan fasilitas SSL pada layanan hosingnya, yang saya rekomendasikan adalah Hosting Indonesia Qwords karena sudah dikenal baik pelayanannya.  

Itulah teman-teman tulisan Cerita Ida tentang Manfaat SSL untuk Website ini, semoga tulisan ini bermanfaat bagi teman-teman yang memerlukan informasi tentang SSL ini.   

21 komentar :

  1. sangat bermanfaat untuk saya yang berkecimpung dan sering berseluncur di dunia maya, walaupun latar belakang teh ida bukan dari IT tapi menjelaskannya mudah dipahami. terima kasih yah teh ida

    BalasHapus
  2. Ini kemarin saya sempet galau SSL btw. Pengajuan permohonan SSL di blog sempet lamaaaa sekali. Dampaknya orang yang mau berkunjung jadi susah. Bounce rate naik parah, traffic anjlok abis-abisan.

    Akhirnya ganti penyedia domain dan minta bantuan mereka. Alhamdulillah bisa. Cenut-cenut juga yaa.. Hahaha..

    Tapi seru sih.

    BalasHapus
  3. Dari awal buat saya sudah pasti harus SSL. Enaknya baik blogspot maupun hosting sudah ada fitur memudahkan

    BalasHapus
  4. Terima kasih. Sangat bermanfaat untuk saya yang masih harus banyak belajar.

    BalasHapus
  5. Manggut2 baca artikel yg sangaaatt mencerahkan ini Mba.
    Iya nih. Penting bgt setiap website agar secure d mata Google ya

    BalasHapus
  6. alhamdulillah akupun udh https sekarang, walau sempet bikin anjlok parah pengunjung blog, alhamdulillah sih skrg udh mulai naik lagi

    BalasHapus
  7. Saya bingung karena meski blog sudah https tapi cuma beli domain saja bukan hosting. Dan saya tidak tahu apakah domain blog saya dilengkapi dengan SSL.
    SSL apakah merupakan paket terpisah dari pembelian domain? Karena saya pakai Niagahoster dan sudah lama tidak buka situsnya apalagi dasbor saya dengan alasan sibuk, maka saya jadi khawatir setelah baca ini.
    Bagaimanapun, penggantian jenis peramban yang dilakukan Chrome akan sangat berdampak karena sekarang saya lebih nyaman pakai Chrome untuk kegiatan blogging setelah dulu lebih suka Firefox biru. Soalnya si biru suka main proteksi, blokir pengguna blogspot secara sembarangan hingga saya tidak bisa komen sampai harus nonaktifkan secara manual proteksinya.

    BalasHapus
  8. Terima kasih sudah diingatkan mba...sayangnya saya gak ngerti yg teknis2 begini..hihi..ntar tanya teman yg kemarin bantu2 blog saya ah..hehe..

    BalasHapus
  9. Saya punya blog yang menggunakan wordpress dan blogspot. Di blogspot migrasi dari http ke https-nya mudah dan saya bisa sendiri. Pas di wordpress, saya mati gaya. Nggak tau mau gimana sampe minta tolong teman :).

    BalasHapus
  10. Jujur aku nggak begitu nggeh SSL. Tapi info ini manfaat banget dan aku jadi tahu banyak tentang SSL. Keren mba Ida :)

    BalasHapus
  11. Sangat manfaat untuk keamanan data pengunjung dan yang punya web berarti ya, mba.
    SSL membuat pengunjung merasa aman berselancar pada sebuah web.

    BalasHapus
  12. Saya pakai blogspot, dan gampang banget ternyata mengubah dari http ke https. Kalau pengguna WordPress harus bayar lagi ya, Mbak, biar bisa SSL?

    BalasHapus
  13. Aku udah pindah ke https sih tapi masih belum ngeh fungsinya kek gimana. Hahahaha. Makasih ya mbak artikelnya mencerahkan

    BalasHapus
  14. Alamat blog sudah pake https nih, tapi di samping kiri masih belum muncul gembok hijaunya (yang ada malah tanda seru, seperti terligat belum aman). Kira-kira apa yang harus saya lakukan yaa, Mba?

    BalasHapus
  15. Baca tulisan mbak Ida jadi deh degan, gimana dg blog saya ya....hrs belajar lg tentang SSL nih. Kalau dulu ngeblog itu cuma iseng aja mbak, buat hepi2...tapi sekarang ada kepentingan lain seperti ikut sponsor post dsb...ini hrs memperhatikan SSL ya.... terimakasih mbak Ida sharing ilmunya.

    BalasHapus
  16. Jadi kalau ke penyedia hosting sekalian tanya untuk biaya SSL nya yaa, teh?
    Apa semuanya dibantu?
    Minim banget ilmu mengenai hal ini, teh...

    BalasHapus
  17. Sama kaya mba Alida aku ga begitu perhatiin SSL jadi ya ngeblog ya ngeblog aja hehe tapi udah ganti https juga sih katanya brand juga lebih percaya kalau udah ganti https.

    BalasHapus
  18. Awal-awal jadi blogger pernah ikutan workshop yang juga jelasin betapa pentingnya SSL itu buat blog kita. Dan langsung ganti dong biar blog makin secure gitu. Makasih infonya yah kak :)

    BalasHapus
  19. Oke , sekarang sku harus mencari tahu bagaimana merubah http menjadi https, secara aku belum begitu berani merubah secara langsung apalagi ngerubah sendiri menjadi https. Makasih ya Mbak, sharingnya

    BalasHapus
  20. Yes. Saya juga udah ganti hhtp ke https berarti blog saya udah aman ya Mbak :) sebelumnya saya memang nggak terlalu ngeh dengan SSL ini tapi kalau dibiarin efeknya juga bisa berbahaya ya bagi keamanan blog kita.

    BalasHapus
  21. Alhamdulillah blogku sudah https nih mba, hanya saja kalau blogspot nggak pakai sertifikal SSL kan ya? Tinggal pindah sendiri ke https udah ada petunjuknya.

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^