Tampilkan postingan dengan label Islam. Tampilkan semua postingan
Tampilkan postingan dengan label Islam. Tampilkan semua postingan

13 Jul 2017

Sukseskah Ramadan Kita ?


Sukseskah Ramadan Kita? Ramadan sudah berlalu berbilang minggu,  bahkan sebentar lagi kita pun akan meninggalkan Bulan Syawal.  Masih kah kita bisa berjumpa kembali dengan Bulan Ramadan mubarak?  Entahlah... hanya Allah SWT yang mengetahui.  Tentu kita semua berharap bisa bertemu kembali dengan bulan penuh keberkahan itu.

Rasulullah tercinta Nabi Muhammad SAW beserta para sahabat merasakan perubahan pasca ramadan itu selama enam bulan selanjutnya.  Enam bulan setelah itu mereka persiapkan mencharge diri untuk menghadapi Bulan Ramadan.  Tak heran bila kemudian selama setahun penuh kehidupan mereka penuh dengan kebaikan.  Bulan Ramadan membuat kehidupan mereka penuh kesuksesan selalu berada dalam keridlaan Nya.

Lalu bagaimanakah dengan puasa kita?  Sukses kah?  Tentu hanya Allah SWT yang mengetahuinya, namun kita bisa melihat dari kehidupan kita pasca ramadan.  Apakah setelah ramadan berlalu kita masih mengamalkan amalan-amalan yang kita lakukan selama ramadan? Puasa. tilawah qur'an. qiyamul lail serta amalan sunah lainnya.

12 Jun 2017

7 Tips Menjaga Semangat Ramadan




7 Tips Menjaga Semangat Ramadan  Tak terasa ramadan kali ini telah kita lalui selama 17 hari, hanya tersisa 12 atau 13 hari lagi.  Sudah mulai terasa kendorkah semangat kita? Atau iman di dada sudah semakin membuncah?  Alhamdulillah kalau ternyata ramadan ini semakin semangat, pertanda kita memiliki persiapan yang mantap dan masih memiliki tenaga hingga sukses sampai final nanti.

Sayangnya, melihat secara umum di masyarakat kita yang terjadi justru sebaliknya, shaf di masjid mengalami kemunduran, banyak yang hijrah aktivitas yaitu melakukan thawaf di pertokoan, mall. pasar, dan super market mendadak penuh tak terkira.  Fenomena yang terus terjadi di setiap tahunnya.  Sangat disayangkan ya, Ramadan mubarok ini disia-siakan sedemikian rupa.

26 Mei 2017

11 Tips Agar Sukses di Bulan Ramadhan


11 Tips Agar Sukses di Bulan Ramadhan  Bersyukur sekali kalau masih diberi kesempatan berjumpa dengan Ramadhan kali ini, meski persiapan kurang begitu optimal. Kalau ingat persiapan para sahabat Rasulullah SAW jadi malu, mereka mempersiapkan diri selama enam bulan sebelum Ramadhan dan selama enam bulan setelah Ramadhan mereka menikmati hasil men charge diri selama bulan Ramadhan sebelumnya.  Jadi selama setahun penuh mereka selalu berada dalam kebaikan jauh dari dosa dan perbuatan sia-sia...

Persiapan yang dilakukan oleh para sahabat meliputi persiapan Maaliyah, Fikriyyah, Jasadiah dan Rukhiyah atau bahasa lainnya, harta, keilmuan, fisik dan ruhiyah.  Kalau kita selama ini kurang mempersiapkan diri, seperti misalnya nih, kok jelang ramadhan malah fisik ngga fit, terkena flu, ada yang harus kita lakukan segera.  Sayangkan kalau Ramadhan ini tidak kita optimalkan, bulan bertabur diskon dari Allah SWT harus kita buru agar kita meraih banyak pahala di bulan ini.

Lalu apa dong yang harus kita lakukan agar Ramadhan ini kita bisa sukses?  Berikut 11 Tips Agar di Sukses Ramadhan :

3 Apr 2017

Buah dari Cinta



Buah dari Cinta  Perempuan cantik itu mengungkapkan permasalahan sambil sesekali menyeka air mata yang mengalir dikedua pipi putih mulusnya.  Aih.., sungguh tak kusangka perempuan cantik ini ternyata begitu tersakiti oleh orang yang katanya begitu mencintainya.  Karena cintalah perempuan ini mampu bertahan hingga lebih dari sepuluh tahun lamanya.  Suami yang begitu ia sayangi selama ini, telah menyia-nyiakan diri dan keluarganya.


Jadi teringat sesosok perempuan tangguh, yang sejak awal pernikahannya sudah mengalami KDRT dari sang suami.  Tendangan, pukulan, caci maki dan hinaan kerap ia rasakan dari suaminya yang telah memberinya beberapa orang putra-putri yang cerdas dan cantik.  Tak jarang tubuhnya lebam berdarah-darah akibat siksaan suaminya saat marah meluapkan emosinya hingga perempuan itu harus dirawat di rumah sakit.  Belasan tahun ia bertahan dalam kondisi seperti itu, padahal kedua orang tuanya sudah memintanya untuk bercerai dengan suaminya.

1 Apr 2017

Apa Amalan Unggulan Kita?


Apa Amalan Unggulan Kita? Jum'at sore kemarin memang spesial, spesial karena banyak mengingatkan saya.  Setelah kamis malamnya saya mendengarkan ceramah malam Jum'at Aa Gym di radio, kultum teman saya kali ini kok nyambung sekali.  Jadi seperti diingatkan, jleb gitu... Waktu sessi do'a Aa mengingatkan tentang apa amalan unggulan kita.. Sholat aja masih sering tidak khusyu, kadang tidak on time, malah banyak yang tidak memahami isi sholat, amalan banyak riyanya... de es be..de..es..be..Ah benar benar mengingatkan...

Nah kultum teman saya juga agak nyambung dengan do'anya Aa... Teman saya cerita tentang kisah Ustadz Yusuf Mansur yang seolah dibelai oleh Rasulullah.  Beliau itu kalau malam hari lupa tidak witir atau tidak membaca surat Al Mulk, serasa ada yang membelai dan mengingatkan..."Hei..Sup bisa Lu, tidur tanpa witir terlebih dahulu..  atau "Hei Sup..kok bisa Elu tidur sebelum baca al Mulk.."  Saya juga mendengarkan langsung sih waktu belio cerita tentang itu, saat itu belio terhenti ceramahnya dan lama tidak bisa melanjutkan berbicara karena Ustadz Yusuf Mansur menangis...

Luar biasa... seolah dibelai Rasulullah SAW, kenikmatan yang luar biasa.  Percaya banget lah sama blio wong hidupnya banyak memperjuangkan Al Qur'an.  Memang seperti itulah orang-orang yang memiliki amalan yang istiqomah, amalan yang terus menerus ia lakukan tanpa henti faidahnya pasti ada keistimewaan yang dimiliki oleh orang tersebut.  Seperti seorang ibu yang ketika meninggalnya tercium bau yang harum sekali, sampai pakaian anaknya yang digunakan untuk mengurusi jenazah ibunya wangi terus selama tiga hari.  Setelah ditanya oleh seorang ustadz apa gerangan amalan sang ibu hingga bisa harum begitu, ternyata ia mendawamkan membaca surat Al Mulk setiap harinya... Masya Allah...

Baca juga:  8 Tips Agar Ramadhan Lebih Baik

Sebenarnya amalannya gak luar biasa banget ya..hanya membaca satu surat..tapi untuk menjadi istiqomah itulah butuh perjuangan yang luar biasa.  Sulit sekali untuk bisa terus menerus melakukan suatu amalan tanpa henti.  Jadi inget hadist Rasulullah SAW yang isinya “Amalan yang paling dicintai oleh Allah SWT adalah amalan yang berkelanjutan meskipun sedikit.” (HR Muslim).  Seperti itulah..sedikit tapi rutin, justru itulah yang sulit...

Bukan masalah berapa juz dalam sehari yang kita baca, berapa banyak uang yang sudah kita sumbangkan, berapa rakaat shalat-shalat sunnah yang kita kerjakan, tapi ini tentang daya tahan amal yang kita kerjakan.  Sejauh mana kita bisa merutinkan amalan tersebut, terlihat sepele...tapi percayalah butuh perjuangan ekstra untuk bisa merutinkannya.

Bilal bin Rabahtak pernah putus wudhu sehingga bunyi terompahnya terdengar di surga...
Abu Bakar menyedekahkan seluruh hartanya untuk Islam,
Khalid bin Walid memenangkan pasukan Islam
Zaid bin Tsabit sang penulis wahyu,
Ibnu Abbas ulama para sahabat,
Utsman bin Affan sang dermawan dan pemalu,
Umar bin Khattab sang pemberani lagi peduli

Mereka semua telah menorehkan tinta emas dalam sejarah Islam lewat amalan unggulan mereka masing-masing.  Lalu apa amalan unggulanku?  Apa amalan unggulanmu?  Apa amalan unggulan kita?  Mari kita melihat pada diri kita masing-masing.... :D

2 Jul 2016

13 Tanda Orang yang Gagal Meraih Keutamaan Ramadhan


13 Tabda Orang yang Gagal Meraih Keutamaan Ramadhan  Hari Raya Iedul Fitri di depan mata, Ramadhan yang mulia sebentar lagi akan kita tinggalkan.  Entah kita masih diberi waktu atau tidak untuk bisa bertemu kembali dengannya.  Ramadhan yang katanya penuh kemulian, bulan spesial untuk umat Islam, tetapi terkadang kita memperlakukannya tidak spesial.

“Beberapa banyak orang yang berpuasa namun ia tidak mendapatkan apa-apa dari puasanya kecuali lapar dan dahaga…” (HR Bukhari dari Muslim)

Sukseskah Ramadhan kita ? Yuk kita intropeksi dengan tanda-tanda orang yang gagal meraih keutamaan Ramadhan.  Semoga bisa menjadikan kita mengevaluasi diri...

7 Mei 2016

8 Tips Agar Ramadhan Lebih Baik


8 Tips Agar Ramadhan Lebih Baik. Tidak terasa sebulan lagi Ramadhan akan tiba, serasa baru kemarin kita melaksanakan syaum di bulan Ramadhan, sekarang sudah bertemu lagi.  Begitulah sang waktu berlari, serasa begitu cepat datang dan pergi.  Itulah salah satu ciri hari kiamat

 Dari Sa’d bin Sa’id al-Anshari dari Anas bin Malik RA, bahwasanya ia berkata, Rasulullah SAW bersabda: “Tidak akan terjadi hari Kiamat sebelum sampai zaman itu menjadi saling berdekatan. Maka satu tahun seperti satu bulan, satu bulan seperti satu Jum‘at (pekan) dan satu Jum‘at seperti satu hari dan satu hari seperti satu jam dan satu jam seperti nyala api (hanya sekejap)” (HR. Ahmad bin Hambal rahimahullah dalam Musnadnya no.10956, dan At-Tirmidzi dalam al-Jami’ish shahih Sunan at-Tirmidzi no.2332 dari Anas RA dan dinyatakan shahih oleh Syaikh al-Albani dalam Shahih al-Jaami’ no.7422)