blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

2 Des 2022

Mengenal Elizabeth Setiaatmadja : Womenpreneur Multitalenta

Elizabeth Setiaatmadja

Mengenal Elizabeth Setiaatmadja :  Womenpreneur Multitalenta  Seperti janji di tulisan Cerita Ida tentang menjadi blogger bahwa saya akan berusaha untuk sering menulis di blog Cerita Ida ini kisah sosok yang menginspirasi.  Sebelumnya sudah saya tulis beberapa sosok yang menginspirasi.  Untuk memudahkan teman-teman pembaca Blog Cerita Ida, nanti postingan kisah inspiratif ini akan kumpulkan dalam label Sosok Inspiratif atau Kisah Inspiratif.

Nah kali ini sosok inspiratif yang saya tampilkan adalah seseorang bernama Elizabeth Setiaamadja. Sosok Elizabeth Setiaatmadja  atau Liz Setiaatmadja ini baik sebagai perempuan pebisnis atau perempuan multitalenta  atau sebagai sociopreuner mungkin belum terlalu banyak dikenal ya.  Padahal sepak terjangnya sebagai womenpreneur Indonesia ternyata luar biasa lho teman-teman.... 

Elizabeth Setiaatmadja Womenpreneur Multitalenta

Mengenal Elizabeth Setiaatmadja ini, saya sebagai ibu dari lima orang putra putri jadi belajar banyak tentang parenting.  Terbentuknya jati diri Elizabeth atau biasa disapa Liz menjadi sosok sekarang ini dengan banyak vibes positif yang dimilikinya tentu tidak terlepas dari didikan kedua orangtuanya.  

Sebagai putri sulung dari Presiden Direktur bank ternama di Indonesia yaitu bank BCA tentulah Liz memiliki banyak previlage.  Namun ternyata previlage yang dimilikinya itu tidak membuatnya menjadi pribadi yang sombong dan manja.  

Elizabeth Setiaatmadja justru tumbuh menjadi perempuan kreatif, pekerja keras dan memiliki rasa percaya diri  yang tinggi.  Menurutnya kesuksesan sang ayah merupakan cambuk baginya untuk meraih kesuksesan sendiri.  Liz berprinsip bahwa bila kita mau pasti bisa yang penting berusaha dan hal ini ia buktikan dari sepak terjangnya selama ini.  

Dikenal sebagai perempuan multitalenta, keahlian yang dimilikinya sangat banyak, mulai dari marketing, networking expert, hingga menjadi pakar komunikasi. Tidak mengherankan jika kemudian Elizabeth sering diundang sebagai pembicara di berbagai acara. 

Liz Setiaatmadja

Kreatifitas tinggi dimilikinya hal ini dimungkinkan karena sejak kecil Liz terbiasa dilibatkan oleh ibunya dalam kegiatan pembuatan event pesta perayaan ulang tahun.  Ia terbiasa membuat souvernir atau hadiah-hadiah yang unik.  Tidak perlu mahal yang penting unik menarik hal ini tentu melatih serta menumbuhkan kreativitas dalam dirinya.

Dari kecil ia sudah banyak mengikuti les seperti musik, bahasa inggris dan menari.  Liz kecil menikmati setiap aktivitas itu hingga mencapai titik dimana ia bisa menjadi asisten gurunya.  Bahkan untuk musik Liz sampai menjadi guru musik. Di sepanjang hari Sabtu saat anak-anak lain bermain, ia asyik menikmati jadi pengajar.  Jadinya sejak kecil ia sudah mendapatkan uang.

Senang Berbisnis dari Kecil

Bukan hanya sebagai asisten guru sejak duduk di kelas empat sekolah dasar Liz sudah senang berbisnis.  Ia mulai dengan membantu saudaranya menjualkan kartu natal, bakatnya sudah terlihat di sini, ia berhasil menjualkan lebih dari 1.000 eksemplar kartu natal. 

Saat duduk di bangku SMP ia membantu guru musiknya berjualan kalung, saat di sekolah sedang musim label nama, Liz mendapatkannya dengan gratisan, ia memanfaatkan promo beli empat gratis satu.  Liz  mencari empat teman yang mau memesan label nama jadilah satu set label nama gratis didapatkannya.

Senang berjualan ia jalani sampai SMA,  saat melanjutkan kuliah jurusan Accounting di  Sydney Australia Liz diwanti-wanti untuk fokus belajar oleh orangtuanya.  Liz diminta untuk fokus kuliah, namun itu tidak menjadi halangan Liz untuk tetap berjualan.  

Saat mendapatkan produk yang unik dan murah akhirnya saat kuliah pun Liz tetap berjualan dengan menjual kartu telepon untuk mahasiswa Indonesia.  Saat itu Liz berhasil mendapatkan banyak reseller.  Kemampuan menggaet jaringannya memang keren tak heran kalau kemudian Liz mendapat julukan Networking Expert.

Usai menyelesaikan kuliahnya Liz memutuskan untuk berkarir dan ia bekerja di Ernst and Young, Liz membuktikan bahwa dia  memang pekerja keras, ia pun terbiasa lembur sampai dini hari.  Kerja bagus membuatnya ditawari bekerja di bank Mandiri yang kemudian ia tolak karena memang tidak berniat bekerja di bidang perbankan.

Karena sering sakit setelah menikah Liz memilih merintis usaha bersama suaminya.  Ia mendirikan Studio Production bernama Chronicles Production.  Label pakar komunikasi serta kepiawaian berbisnis dan berkomunikasinya dibuktikan saat mengikuti pameran.  Di pameran yang berlangsung selama tida hari itu ia berhasil menggaet 40 klien.

Tahun 2008  ia mengurusi Chronicles dan banyak menangani wedding, kegiatan ini berlangsung sampai tahun 2012.  Aktivitas bisnis ini terhenti karena ia menderita auto imun.  Selanjutnya di tahun 2014 Liz terjun di dunia MLM produk pakaian untuk kesehatan dimana produk ini  Liz gunakan untuk mengobati auto imunnya.  Sukses di dunia bisnis kembali Liz raih hingga meraih Top Sales Asia dan mendapatkan berbagai hadiah dan bonus.  

Elizabeth Setiaatmadja Womenpreneur yang Sociopreneur

Value yang ditanamkan orang tuanya yaitu memberi lebih baik daripada menerima membuatnya aktif melakukan kegiatan sosial dari sejak kecil.  Selain rutin mengikuti pelayanan dari sejak SMP ia pun banyak memberikan sumbangan kepada yang membutuhkan.  Perempuan multitalenta ini telah berhasil menciptakan sinergi antara bisnis dan kegiatan sosialnya.  

Saat terjadi pandemi, aktivitas bisnis MLM pun turut terhenti, namun sifat senang membantu dan menolong yang dimilikinya membawanya pada aktivitas lain yang mensinergikan antara bisnis dan aktivitas sosial.

Di saat pandemi itu tepatnya di tahun 2020 Liz mendapat kesempatan untuk membantu para tenaga medis yang sedang mengalami kesulitan untuk mendapatkan baju APD.  Tak kurang dari 400.000 baju APD berhasil diproduksi dan disumbangkan Liz yang bekerjasama dengan temannya yang bernama Marta, seorang pengusaha garmen.  Jika dirupiahkan pakaian APD itu bernilai sekitar Rp20 miliar.

Produksi APD ini sedikit banyak telah membantu berbagai pihak tidak hanya petugas medis tapi juga para pegawai garmen karena perusahaannya tetap bisa berproduksi meskipun terjadi pandemi. Tidak hanya itu,  ia pun membantu program rise up yang Liz lakukan saat pelayanan di gereja.

Womenpreneur Indonesia

Rise Up ini adalah program untuk membantu para jemaah gereja yang terpapar pandemi sehingga mengalami kesulitan di bidang finansial.  Di program Rise Up ini Liz memberikan edukasi serta pelatihan-pelatihan  agar para jemaah  gereja yang terpapar pandemi ini bisa kembali bangkit dan mengembangkan bisnisnya.  

Liz juga memiliki kepedulian yang tinggi kepada UKM, hal ini ia tunjukkan dengan kerap memberikan materi mengenai marketing kepada para pelaku UKM.  Selain pemberian materi, Liz pun tak segan memberi pendampingan atau couching kepada mereka, agar mereka bisa sukses menggaet pasar.

Masih di tahun 2020, Liz juga terlibat ikut dalam proyek membantu Suku Anak Dalam, sayangnya karena sifat suku anak dalam ini nomaden proyek ini akhirnya ia hentikan. Kepekaan dan kepedulian Liz juga membuatnya berniat membuka bisnis baru dengan memasarkan snack sehat yang aman untuk para penyandang diabetes dan anak-anak yang selama ini sulit dijumpai di pasaran melalui toko onlinenya di Tokopedia yaitu Belle Couture.

Di toko ini selain akan berjualan camilan sehat dari sorgum untuk para penyandang diabetes dan autisme, Liz juga sudah berjualan produk andalannya yaitu masker antivirus Caremax dan penjernih udara Aviair.

Nah teman-teman itulah beberapa fakta menarik tentang sosok Elizabeth Setiaatmadja, perempuan multitalenta yang satu itu memang menginspirasi. Untuk teman-teman yang tertarik mengetahui lebih jauh kiprah dari Elizabeth Setiaatmadja ini teman-teman bisa folow akun instagramnya di @liz_setiaatmadja_official serta akun youtube nya @journaliz dan @showliz.

Akun youtube @journaliz ini banyak memuat tips komunikasi sementara itu akun @showliz banyak memposting wawasan bisnis.  Ke depan di akun youtube nya Liz akan menayangkan web series komedi tentang pengusaha.

Cukup sekian dulu tulisan Cerita Ida kali ini yang berjudul Mengenal Elizabeth Setiaatmadja: Womenpreneur Multitalenta ini.  Semoga bermanfaat ya :D


12 komentar:

  1. Keren banget bu Elizabeth ini yah, walo memiliki privilege karena tumbuh dari keluarga berada, tapi tetap memiliki kepedulian yang tinggi kepada sesamanya yaah!

    BalasHapus
  2. wah keren sekali Elizabeth ini, dari muda sudah terlihat bakatnya untuk berjualan ya, semakin dewasa, semakin terasah seiring dengan jiwa sosialnya yang juga tinggi

    BalasHapus
  3. Wah,, sebagai seseorang yang aktif di dunia sosial, aku kagum sama beliau saat berani memutuskan untuk menghentikan program untuk suku anak dalam karena pertimbangan karakter dan gaya hidup mereka. Dan poin penting adalah beliau dengan gamblang menyampaikannya ke khalayak umum. It's not easy, serius deh.

    BalasHapus
  4. Bakat bisnis ibu Liz memang terlihat dari kecil .Tidak ada salahnya kalau pas dewasa jadi enterpreneur handal

    BalasHapus
  5. seharusnya banyak hal2 yang bisa kita tiru yaa mba, apalagi sesama perempuan.. bisa lebih menyemangati untuk berdaya dan berbagi dengan sesama

    BalasHapus
  6. meski menjadi anak dari seorang pebisnis sukses yang tidak diragukan lagi, tapi Ibu Liz ini punya prinsip dan tekad kuat untuk bisa sukses dengan kaki dan tangannya sendiri ya. Keren, benar-benar inspiratif, bahkan sejak kecil pun sudah sibuk untuk mendapatkan penghasilan sendiri dari hobi dan kemampuannya berkarya ya.

    BalasHapus
  7. Dari kecil sudah terbiasa mandiri, sehingga ketika dewasa mantap memulai karir dan bisnisnya sendiri. Keren sih ini, jadi lebih berdaya dengan skill yang dimiliki

    BalasHapus
  8. hebat ya mba.. banyak hal penting dan inspiratif yang bisa kita pelajari dan camkan dari kisah beliau nih

    BalasHapus
  9. Sejak kecil sudah terbiasa melihat ortunya berbisnis, pas besar pun kyknya emang ada bakat akhirnya terjun ke dunia bisnis juga ya.
    Keren juga kiprahnya gak hanya memebesarkan bisnis tapi juga memiliki kepedualian utk bantu2 UMKM ya.

    BalasHapus
  10. Anak bos besar dengan privilage yang oke ternyata tak melulu menjanjikan kemudahan ya. Nyatanya Elizabeth Setiaatmadja juga berjuang dan memulai karirnya dengan membangun bisnis sendiri. Ini keren dan inspiratif banget

    BalasHapus
  11. Langkahnya yang panjang untuk senantiasa melakukan hal baik dalam hidup. Selain berbisnis juga menyeimbangkan dalam dunia sosial. Menginspirasi sekali sosok womenpreneur, Elizabeth Setiaatmadja.

    BalasHapus
  12. Baru kenal beliau dari tulisan ini. Terima kasih ya untuk tulisannya ♥️

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^