**/ Cerita Ida : Tips Mendapatkan Uang dari Ngeblog

blog perempuan|blog kuliner|blog review|blog fashion|blogger bandung|blogger indonesia

5 Des 2015

Tips Mendapatkan Uang dari Ngeblog

 Tips Mendapatkan Uang dari Ngeblog

Tidak semua blogger memiliki keleluasaan untuk dapat keluar rumah, ada yang terikat oleh anak-anak yang masih kecil, ada yang oleh pekerjaannya dan lain sebagainya.  Saya setuju dengan ungkapan seorang blogger yang lebih mengutamakan keluarganya sehingga ia membatasi dirinya untuk keluar rumah. Seorang teman blogger yang bernama Teh Rinrin menyebut blogger seperti ini sebagai blogger goler ... hihi...

Tips Mendapatkan Uang dari Ngeblog


Bagi seorang perempuan yang sudah menikah dan memiliki anak memang kewajiban utamanya adalah berkiprah di urusan dalam negerinya.  Terutama ketika anak - anak masih kecil, jangan biarkan anak-anak kita di titipkan seharian dan tiap hari bersama seorang assisten rumah tangga yang berpendidikan rendah dan tidak paham bagaimana mendidik anak.  Kelak di akhirat nanti seorang perempuan tidak akan ditanya apakah ia membiayai kebutuhan rumah tangganya atau tidak tetapi ia akan ditanya sesuai tanggung jawabnya yaitu menjadi istri dan ibu bagi anak-anaknya.

Saya pribadi meski sudah bisa keluar rumah dengan cukup leluasa karena anak-anak sudah cukup besar dan sudah ditanamkan basic yang cukup kuat (insya Allah) tentang tanggung jawab kepada Tuhan nya, tetap saja membatasi diri, walau tetap keinginan untuk berkiprah lebih jauh itu ada, tetapi saya harus menekan ego itu.

Sebetulnya  ada banyak cara untuk mendapatkan uang dari ngeblog, tidak harus mengikuti event-event blogger dan membuat kita harus keluar rumah.  Memang syaratnya sih kita harus rajin update blog dan lebih bagus lagi belajar SEO hingga trafik blog kita menjadi tinggi. Kalau blog kita sudah bagus uang akan lebih mudah didapatkan.

Lalu bagaimana caranya agar memperoleh uang dari ngeblog ? Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk me monetize blog kita.

  • Memasarkan produk atau jasa kita.  Ini seperti yang dilakukan oleh teman saya bernama Armyta Fibriyanti yang memasarkan jasanya yang unik yaitu jasa membuatkan nama bayi yang baru lahir. Bagi yang penasaran atau berminat bisa lihat di blognya http://www.arnitaconsultant.com, selain itu masih banyak yang lainnya seperti jasa membuat desain blog misalnya.
  • Menawarkan space iklan di blog kita. Seperti yang diungkapkan di atas untuk menerima jasa ini memang harus memiliki trafik blog yang tinggi.  Blog dengan trafik yang tinggi bisa mendapatkan tawaran ini konon katanya sih berkisar di Rp 500.000 - Rp 1.500.000 per bulannya.  Lumayan ya? 
  • Tahu kan program PPC atau Pay Per Click ? Yang paling terkenal dikalangan blogger adalah Google Adsense ya..Saya juga pernah pakai ini, tapi di Indonesia katanya sih jarang orang yang mau sedekah klik iklan hihi ..entah nanti kalau kuota internet sudah unlimitted dan murah meriah, mungkin program ini akan lebih menghasilkan.  Syaratnya tetap sih trafiknya harus bagus. Di Indonesia ada KLIKSAYA.com katanya siih dibayar Rp 300 -750. syaratnya harus memiliki trafik 10.000 pageview per bulannya. Ada juga Kumpulblogger.com, id.Blognetwork.com (IBN), ada ADPLUS dan lain-lain
  • Bergabung dengan program affiliasi, contohnya Amazon.com kalau di Indonesia ada ratakan.com,  yang harus diingat program affiliasi yang kita ikuti harus sesuai dengan niche kita hingga konten dan keyword nya saling mendukung hingga program affiliasi akan menghasilkan banyak dollar bagi kita.  Semakin selaras dengan program affiliasi, semakin  bermanfaat  konten blog kita bagi pembaca maka akan semakin sukses program ini.  
  • Menjual blog kita, ternyata jual beli blog ini banyak terjadi lho... Ada yang sengaja membuat blog dan membangunnya kemudian menjualnya.  Kalau saya mah sayang ya hihi..tapi kalau sudah jago SEO sih dua bulan tiga bulan juga blog sudah bisa dijual tuh...
  • Kalau blog kita sudah bagus suka ada email yang datang dan meminta kita untuk mereview website atau produk mereka.  Lumayan juga bayarannya Rp 300.000- 500.000 tapi ini juga bisa jauh lebih tinggi tergantung branding kita dan blog kita.
  • Text links ads (titip link)  jasa iklan links di sidebar atau tulisan, ini yang lagi rame, lewat broker biasanya katanya suka dipotong 30%-50% , kalau langsung dari pemintanya lumayan juga tapi ini tergantung blog dan nego kita juga.
  • Pay per download, adalah jasa yang memberikan pembayaran apabila file yang sudah kita upload di tempat yang ditentukan di download oleh orang lain, pembayaran  berdasarkan berapa banyak yang mendownload file tersebut..

Masih ada lagi tentu saja, silakan menambahkan ... ^_^ 

Banyak yang ngeblog hanya untuk senang-senang, tergantung orangnya sih, tapi seneng banget kan kalau hobi kita malah bisa menghasilkan, asal tidak terlalu ngoyo dan tidak memasang target diluar kemampuan kita , ngeblog yang menghasilkan akan tetap menyenangkan bukan....  ? ^_^



42 komentar :

  1. Hihi... haturnuhun sudah mengenalkan blogger goler ke khalayak umum :))

    Ngeblog sekarang memang menghasilkan, sambil ngagoler pun bisa banyak yang transfer. Tapi apapun tujuan ngeblognya, yang penting enjoy ya Teh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi..yap itu dia..... yg penting enjoy..... ngga bapper ngga jiper (naon sih artinya hihi..)

      Hapus
  2. Ada namaku :* :*

    Ikutan lomba belum masuk Teh Ida.. Lumayan juga ini mah..

    BalasHapus
  3. Tips yang sangat bermanfaat sekali #asyikngeblog

    BalasHapus
  4. Thanks insprasinya pagi ini mbak

    BalasHapus
  5. menginspirasi mbak ..!
    dapat uang pertama kali dulu dari adsense dan sampai sekarang..
    kadang ikutan kontes blog juga ..
    salam
    sutopo

    BalasHapus
  6. Akhirnya nemu arti goler di sini. Tadi sempat roaming baca statusnya teh rinrin. Asyik nih tipsnya, secara saya blogger daerah yang sering gegoleran di rumah saja. Makasih mba ida

    BalasHapus
  7. terimakasih tips-tipsnya mak :)
    semoga suatu saat blogku juga bisa menghasilkan uang,amin..

    BalasHapus
  8. aku baru tahu pay per download. ada lagi placement content, lumayan kalau dapet bisa jutaan per bulan hihi

    BalasHapus
  9. Mbak Ila bener, saya pernah dapat placement content. Tapi cuma sekali sih nggak sampe bulanan.

    BalasHapus
  10. kyyaaa keren banget ini mbah, bunda
    perlu diterapkan supaya dollar bisa masuk ke dalam rumah, tanpa kita keluar rumah.
    Amin, Insyaallahh :D

    BalasHapus
  11. asyik.... mau nyobain yang mana ya....?

    BalasHapus
  12. Santai aja sih ngga terlalu ngoyo yg penting ngeblog harus happy dan dari hati

    BalasHapus
    Balasan
    1. Syaa sangat setuju dengan pendapat ini hihihi

      Hapus
  13. Nah iklan ini yang masih sepi. Nunggu yang datang belum nongol juga. Bisa untuk nambah-nambah beli gula jika ada yang pasang iklan.

    BalasHapus
  14. Iya bener yg penting enjoy... aku masih blm ngerti bgt ttg SEO atau apalah itu.. hihi.. rasanya masih sekedar hobi wlo ga nutup kemungkinan jg pengen dpt duit dari hobi.. ^ ^ msh usaha rajin update nih hehe..

    BalasHapus
  15. waaahhh..itu kalau sudah jago ya mba ☺
    ..f..

    BalasHapus
  16. Dari dulu penasaran pengen nawarin space iklan tapi masih bingung nentuin harga & cara promosinya :)

    BalasHapus
  17. Duh, masih awam banget saya. Makasih, Mbak. Semoga bisa deh suatu saat nanti.

    BalasHapus
  18. sejauh ini paling sering yang job review :)
    untuk adsense malah belom tembus
    he he he

    makasiiih informasinya mbak

    BalasHapus
  19. Waah... Blog ku masih belum menghasilkan tapi seneng2 aja ngeblog...
    Makasih tips nya, Um

    BalasHapus
  20. saya banget ini, blogger rumahan
    makasih ilmunya mak

    BalasHapus
  21. Ilmunya bermanfaat banget nih mbak, makasih yaa udah sharing...

    BalasHapus
  22. Alhamdulillah saya juga sudah merasakannya, salam MPers Mbak he3

    BalasHapus
  23. Senang ya kalau blog nya menghasilkan gitu....

    BalasHapus
  24. Selepas apapun plusnya dari blog selain mendapatkan uang tetap berbagi informasi melalui blog ^^

    BalasHapus
  25. Iya sih, emang keluar itu buat yang pada punya anak batita or balita emang gak perlu-perlu banget lah. Tapi itu yang menawarkan space di blog untuk iklan, kumaha carana, hehe... Nuhuun... Blog masih amburadul udah namain yang gini, hehe...gapapa kan, sekedar bertanya. Makasih.

    BalasHapus
  26. Salam kenal mba'. Makasih ilmunya. Nemu istilah Blogger goler. Bagi orang daerah seperti saya, sulit mengikuti event-event blogger, ditambah anak-anak yang masih kecil. Blog masih gado-gado pula.

    BalasHapus
  27. bagus sekali tips nya mbak Ida...kalau saya sih masih jauhh banget deh kayaknya..tapi berharap juga sih... :)

    BalasHapus
  28. Alhamdulillah ya kalo hobi bisa dibayar itu... :)

    BalasHapus
  29. Mba Ida, makasih banyak utk tips2nya..

    salam kenal yaaa...

    BalasHapus
  30. tipsnya menarik, tagi usaha kerang menaikkan trafic nich.

    BalasHapus
  31. Menarik, tapi aku sekarang masih senang untuk berbagi dengan teman-teman.

    BalasHapus
  32. Makasih mba sharingnya. biasanya saya dapat uang dari cara lain mba. mungkin ini bisa dicoba

    BalasHapus
  33. kalau blog yang dijual itu biasanya sdh ada berapa postingan artikel ya? sayang sepertinya ya sdh capek2 bikin banyak artikel tp akhirnya diakui jd milik orang lain... bener gak sih begitu...?

    BalasHapus
  34. Banyak banget cara monetize blog, apalagi sekarang sudah banyak perusahaan yang tak ragu menjalin kerjasama dengan blogger.
    Artikelnya bermanfaat bangets mbak, thanks

    BalasHapus
  35. giman ya dapetin iklan buat blog kita?

    BalasHapus
  36. kalo saya lagi memulai usaha pembuatan jasa karikatur di blo saya, doakan semoga berhasil ya Mbak ... :)

    BalasHapus
  37. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  38. aku sangat ingin dapet transferan lancaaar dari ngeblog... #tapi masih harus belajar

    BalasHapus

Terima kasih telah mampir dan silakan tinggalkan jejak ^_^